Pages

Pages - Menu

Rabu, 29 Juli 2020

Rabu 29 Juli 2020

MATERI HOME LEARNING KELAS 1 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4 (29 JULI 2020)

TEMA 1 (DIRIKU)
SUB. TEMA 2 (TUBUHKU)
Pembelajaran 4 
     
TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Siswa dapat bertukar informasi tentang bagian bagian tubuh yang  boleh dan tidak   boleh disentuh.

2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh


MATERI AJAR

Menjaga Bagian-bagian Tubuh

Kamu sudah mangenal bagian-bagian tubuh, tubuh harus kita jaga agar sehat.

Ada bagian tubuh yang boleh disentuh orang lain dan ada bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain. Untuk itu kita dapat mengetahui dari contoh  gambar di bawah ini:

Perhatikan lingkaran berwarna merah, itulah bagian-bagian tubuh yang tidak boleh  disentuh orang lain. Jagalah tubuhmu dengan baik. Jika ada yang mau menyentuh bagian-bagian tubuhmu

Tugasmu




Hanya menyimak video pembelajaran, Yuk… simak video dari ibu guru supaya kalian selalu ingat bagian tubuhmu yang harus dijaga! (mengirim foto sedang menonton videonya)

Mengenal Aksara Lampung

Aksara lampung ada 20 huruf induk, melalui video aksara berikut ini, video nama nama aksara dinyanyikan, sambil diikuti ya supaya cepat ingat!

⬇️⬇️⬇️⬇️⬇️



TUGASMU UNTUK DIKERJAKAN

coba tuliskan sebanyak 3 baris saja, tiga huruf yang ada di urutan awal aksara lampung:

Tulis aksaranya huruf pa, ba, ma!

1.

2.

3.

Selasa, 28 Juli 2020

Selasa 28 Juli 2020

MATERI HOME LEARNING KELAS 1 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARN 2 DAN 3 (28 JULI 2020)



TEMA 1 (DIRIKU)
SUB. TEMA (TUBUHKU)2 
Pembelajaran 2 dan 3


TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Siswa dapat menunjukkan anggota tubuhnya.
2. Siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dan kegunaannya.
3. Siswa dapat menggunakan kosa kata tentang panca indera.
4. Siswa dapat menjodohkan gambar panca indera dan bacaannya.
5. Dengan  memperhatikan gambar siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
6. Siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan jarak yang tepat antar mata dan objek sehingga membaca lancar.

MATERI AJAR


Bercerita Tentang Anggota Tubuh

Pada tubuh terdapat bagian-bagian yang termasuk dalam PANCA INDRA

1.      Mata
2.      Hidung
3.      Lidah
4.      Telinga
5.      Kulit

      (Sambil dibaca teks nya ya.. untuk melatih kelancaran membacamu …)

Cara Membaca yang Tepat

Mata adalah panca indera kita, mata untuk melihat.
Mata harus dijaga agar tetap sehat. Perhatikan posisi duduk saat membaca yang benar



Saat membaca bukan hanya posisi duduk yang harus benar, tetapi melalui pencahayaan kita dapat membaca dengan jelas dengan pencahayaan lampu. Usahakan jarak mata dengan buku yang kita baca adalah 30 cm.

Saat membuka buku atau membuka halam baru kita harus perhatikan posisi buku saat dibuka agar buku yang kita baca tidak mudah robek


TUGASMU

A. Penilaian Pengetahuan (soal tertulis)

Jodohkan anggota tubuh dengan kegunaannya.

1.Hidung                                         - (melihat)

2. Mata                                             - (mencium)

3.Kulit                                            -(mendengar)

4. Telinga.                                          -(meraba)

5. Lidah                                                -(merasa)

Senin, 27 Juli 2020

Senin, 27 Juli 2020

MATERI HOME LEARNING KELAS 1 TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 (27 JULI 2020)

TEMA 1 (DIRIKU)
SUB. TEMA 2 (TUBUHKU)
Pembelajaran 1

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui lagu, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh.
2. Siswa dapat menyebutkan nama bagian-bagian tubuh.
3. Siswa dapat menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat.
4. Siswa dapat mengenali kosa kata  bagian-bagian tubuh.


MATERI AJAR

Mengenal Anggota Tubuh

Tubuh kita memiliki bagian-bagian, ada kepala, tangan, dan kaki untuk mengenal anggota tubuh mari  kita bernyayi bersama lagu “Dua Mata Saya”

Dua Mata Saya

Ciptaan Pak Kasur

Dua Mata Saya
Hidung SayaSatu
Dua Kaki Saya
Pakai sepatu baru
Dua tangan saya
Yang kiri dan Kanan
Satu mulut  saya
Untuk berbicara


Setelah kita bernyayi dan ternyata anggota tubuh yang ada pada tubuh kita sangat banyak maka kita harus mengenal bagian-bagian tubuh kita.

Bagian- bagian Tubuh Kita

Tubuh kita adalah pemberian Tuhan.
Maka kita harus bersyukur kepada Tuhan kita

Setelah kita mengenal bagian-bagian tubuh, agar tubuh sehat kita harus merawat anggota tubuh dengan baik. Beberapa cara kita bersyukur atas tubuh kita antara lain:

• Menjaga tubuh sehat kita juga harus menjaga asupan atau makanan yang sehat, dan saat makan kita makanlah dengan sopan dan tertib.
• Berdoa sebelum makan
• Makanlah dengan tangan kanan
• Tidur tidak larut malam, dan masih banyak lagi

Tugasmu!

Penilaian pengetahuan:
Tes tertulis
Soal :
1. Sebelum makan kita harus...
2. Mata kita ada...
3. Makan menggunakan tangan..



Penilaian Keterampilan:
mengikuti gerakan/menggerakkan tubuh dalam sebuah ragam gerak yang diiringi      lagu “Kepala, pundak, lutut, kaki”, dengan kriteria berikut:

Jumat, 24 Juli 2020

Jumat 24 Juli 2020

MATERI HOME LEARNING KELAS 1 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6 DAN EVALUASI SUBTEMA 1 (24 JULI 2020)

TEMA 1 (DIRIKU)
SUB.TEMA 1 (AKU DAN TEMAN BARUKU)  
Pembelajaran 6 

TujuanPembelajaran

Dengan bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat menyusun huruf-huruf penyusun nama dengan benar.
Setelah bermain kartu huruf dan berlatih, siswa dapat mengenali huruf pertama dari sebuah nama, baik itu huruf vokal maupun konsonan.
Dengan bercerita, siswa dapat menggunakan huruf vokal dan konsonan dalam sebuah kata dan menyusunnya menjadi kalimat.
Dengan bercerita, siswa dapat membilang banyaknya huruf penyusun nama sendiri maupun nama teman.
Dengan belajar dan berlatih, siswa dapat membilang benda dan menuliskan lambang bilangannya.
Dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan di sekolah, siswa dapat mempraktikkannya di rumah.

Materi Ajar


Ini adalah teman-teman baru Siti.
Apakah yang sedang mereka lakukan?
Mereka sedang berdoa.
Mereka berdoa sebelum belajar.

Kamu sudah mengenal nama teman Siti.
Kamu sudah mengenal huruf.
Susunlah huruf-huruf sesuai dengan nama teman
Siti.
Kerjakan bersama teman-temanmu.

Kamu sudah mempunyai teman baru.
Berapa banyak teman barumu?
Hitung teman barumu, lalu tuliskan lambang
bilangannya.


COBA SELESAIKAN!

Kamu dan teman baru mempunyai kelas.
Di dalam kelas banyak benda.
Hitung banyaknya benda di dalam kelas.
Lalu tuliskan lambang bilangannya.


Evaluasi tema 1 sub.tema 1/ Ulangan Harian 5 soal (terlampir)

Nama : . . . Hari/Tanggal : . . .
Kelas : . . .

Isilah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Tuliskan nama lengkapmu . . .

2. Urutkan huruf berikut dengan tepat .
     L-I-E-N-P-S  = . . .

3. Sebelum berangkat sekolah sebaiknya kamu . . . orangtua.

4. Ada berapa siswa dibawah ini.


5. Pencipta lagu siapa namamu adalah…

Kamis, 23 Juli 2020

Kamis, 23 Juli 2020

TEMA 1 (DIRIKU) – SUB.TEMA 1 (AKU DAN TEMAN BARUKU) 
Pembelajaran 5

A.    TujuanPembelajaran
  1. Dengan bermain kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1 sampai dengan 10.
  2. Setelah bermain kartu bilangan dan berlatih, siswa dapat menulis bilangan 1 sampai dengan 10.
  3. Dengan bermain kartu huruf, siswa dapat megidentifikasi dan melafalkan huruf konsonan yang hilang dari nama temannya. 
B.     Materi Ajar
Bermain sambil Mengenal Lambang Bilangan
Apakah kamu sudah punya teman baru?
Berapa banyak teman barumu?
Ajak teman barumu bermain bersama.
Bermain tentang lambang bilangan.
Kenali lambang bilangan dari 1 sampai 10.
Hitung banyaknya benda di kelasmu.
Tunjukkan lambang bilangannya.

Bermain sambil Mengenal Huruf

Nama teman baru berbeda-beda.
Hurufnya juga berbeda.
Tahukah kamu huruf apa yang hilang?
Ingat hurufnya lalu sebutkan.
Ayo,coba lakukan untuk nama ayah/ibumu
.
  
Tugas mu

Penilaian pengetahuan:
  •  tertulis (dibuku latihan tema, ditulis soal dan jawaban, dikumpulkan/ jawaban anandanya di fotokan dan dikirim ya!)
Latihan 6 soal, 3 soal hitung/angka dan 3 soal huruf/konsonan 



Perhatikan nama teman Siti, berikut: SITIEDO, DAYU, LANI, BENI, UDIN
Amati huruf-hurufnya.
Huruf apakah yang hilang?
Lingkari huruf yang hilang dari nama teman Siti.

Rabu, 22 Juli 2020

Rabu, 22 Juli 2020

TEMA 1 (DIRIKU) – SUB.TEMA 1 (AKU DAN TEMAN BARUKU) 
Pembelajaran 4

A.    TujuanPembelajaran
  1. Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan berjalan lurus ke satu arah dengan benar.
  2. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.
  3. Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.
  4. Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi suara teman.


      B.     Materi Ajar

Berjalan Berpasangan dengan Teman
Amati gambar di bawah ini.
Apakah yang mereka lakukan?
Bagaimana cara mereka berjalan?
Apa yang mereka kalungkan di leher?


 Siti mengajak teman baru bermain.
Mereka bermain sambil bernyanyi.
Ayo, coba dengarkan suara anggota keluargamu di rumah.
.
Lakukanlah dengan sopan dan gembira. Apakah berbeda suara Ibu dengan Nenek? Atau suara ayah dengan kakek?




Tugas mu
Penilaian pengetahuan:
  •  tertulis (ditulis soal dan jawaban, dikumpulkan/jawaban anandanya difotokan dan dikirim k grup WA atau Japri)
Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan: Setelah kamu bermain tebak suara, kamu dapat mengetahui perbedaan suara ibu dengan nenek atau ayah dengan kakek, dengan cara . . . .


B.LAMPUNG

Mengenal aksara lampung ada 20 huruf induk, melalui video aksara berikut ini, video nama nama aksara dinyanyikan, sambil diikuti ya supaya cepat ingat!



boleh buka link dibawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=Gvb4D0tCGy4



TUGASMU UNTUK DIKERJAKAN

coba tuliskan sebanyak 3 baris saja, tiga huruf yang ada di urutan awal aksara lampung:

tulis aksaranya huruf ka, ga dan nga!

1.

2.


3.

Selasa, 21 Juli 2020

selasa, 21 juli 2020

TEMA 1 (DIRIKU) – SUB.TEMA 1 (AKU DAN TEMAN BARUKU)
Hari Selasa Pembelajaran 2 (PB 2) dan Pembelajaran (PB 3) ya...!

A.    TujuanPembelajaran
  1. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
  2. Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.
  3. Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah permainan.
  4. Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.

B.     Materi Ajar
(Setiap teks dibaca ya.. untuk berlatih kelancaran membacamu…)

Bergerak Bersama Teman
Amati gambar di bawah ini.
Apakah yang sedang mereka lakukan?
Bagaimana mereka berjalan?
Lakukan bersama teman-temanmu.



Bermain sambil Mengenal Teman Baru
Siti bermain bersama teman baru.
Mereka bermain “Cerita Teman”.
Mereka ikuti aba-aba Siti.
Memindah saputangan berkeliling.
Saputangan berhenti pada Udin.
Udin harus mengenalkan teman di sebelahnya.



Tugas mu
Penilaian keterampilan:
Unjuk kerja:
    
·     - Coba ikuti gerakan pada video baby shark  yang sudah Bu guru siapkan, gerakan yang tidak berpindah tempat itu namanya gerakan non lokomotor, gerakan yang membuatmu berpindah tempat itu namanya gerakan lokomotor. (kirim video singkat ya)




TEMA 1 (DIRIKU) – SUB.TEMA 1
Pembelajaran 3 (PB 3)

A.    TujuanPembelajaran
  1. Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.
  2. Setelah bernyanyi dan berlatih, siswa dapat memasangkan kartu nama teman sesuai orangnya dengan tepat.
  3. Dengan permainan kartu huruf, siswa dapat mencari dan menyebutkan huruf vokal (a, i, u, e, o) yang hilang dari nama temannya.
  4. Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1 sampai dengan 10 dengan bantuan benda konkret.
  5. Dengan melakukan permainan siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan 1 sampai dengan 10.

B.     Materi Ajar
Bernyanyi sambil Mengenal Huruf
Ayo, mengenal huruf.
Ayo, berlatih membaca.
(Ayo, ikuti menyanyikan video lagu yang Bu guru berikan)

Bermain Mengenal Huruf
Perhatikan huruf pada badan temanmu.

Sebutkan huruf yang hilang dari nama temanmu.
Cari hurufnya lalu pasangkan.
Sebelum bermain, mari kita berdoa.






Mengenal Bilangan Bersama Teman Baru

Di kelas banyak teman baru.
Ajak teman baru mengenal bilangan.
Membilang gambar, lalu menyebut banyaknya.














Bermain sambil Mengenal Bilangan
Pilih teman yang akan memberi aba-aba.
Ikuti aba-aba dari temanmu itu.
Berkelompok sesuai dengan bilangan yang
disebutkan temanmu.
.


Saat kita pulang sekolah.
Ucapkan salam kepada guru dan teman-teman.
Besok bertemu lagi dengan mereka.
Sampai di rumah, mengetuk pintu.
Memberi salam kepada orang tua.
Terima kasih Tuhan, saya sudah tiba di rumah.


Tugas mu

           Penilaian pengetahuan:
  •  tertulis (Mengenal konsep bilangan)

Sekarang, amati benda-benda di rumahmu.
Carilah benda yang banyaknya tiga dan lima, coba gambarkan benda yang kamu temukan tersebut dengan jumlah yang sesuai peintah!


Senin, 20 Juli 2020

20 juli 2020 TEMA 1 SUB TEMA 1 PB 1

MATERI HOME LEARNING KELAS 1 TEMA 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 (20 JULI 2020)

TEMA 1 (DIRIKU)
SUB. TEMA 1 (AKU DAN TEMAN BARUKU) 
PEMBELAJARAN 1 (PB 1)

Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama lengkap dan panggilannya.
Setelah mendengarkan atau melihat video perkenalan teman, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
Dengan membaca cerita, siswa mendapat informasi tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah.

Materi Ajar
Sambil di baca ya setiap ceritanya supaya semakin lancar kemampuan membacamu …😁


Kita memiliki teman
Teman membuat kita tersenyum.
Teman membuat kita tertawa.
Teman menolong kita.
Kita bermain bersama teman.
Kita belajar bersama teman.
Kita harus sayang kepada teman.
Terima kasih Tuhan, saya memiliki teman.

Teman Baru


Siti senang sekali.
Ini hari pertama Siti bersekolah.
Siti akan bertemu dengan teman baru.
Siti siap pergi ke sekolah.
Siti memberi salam kepada orang tuanya.


Siti sampai di sekolah.
Siti memberi salam kepada guru.
Siti memberi senyum kepada teman baru.
Beri salammu kepada gurumu.
Beri senyummu kepada teman barumu

Sudahkah kamu memiliki teman baru?
Siapa nama teman barumu?
Ayo, sebutkan nama teman barumu.



Berkenalan Sambil Bernyanyi
“Siapa namamu”


Mari kita simak video di bawah
🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽🔽



Tugas mu
1. Penilaian pengetahuan
Tuliskan nama lengkapmu dan asal sekolah TK di kertas atau di buku tulis dengan tulisan tanganmu sendiri dengan rapih!

2. Penilaian keterampilan:
Menyimak video lagu siapa namamu, sambil diikuti ya..!

Jumat, 17 Juli 2020

17 Juli 2020 PJOK

Pengenalan pembelajaran PJOK Jum'at sehat

Assalamulaikum, ananda sholeh dan sholeha
Hari ini kita pembelajaran PJOK, kita akan senam bersama ya, ikuti gerakan ibu guru melalui video ini ya..
Kita senam penguin, ikuti dengan semangat ya! 😄

Klik link dibawah ini utk video senam nya anak anak sayang  😍👍
https://youtu.be/UbawobBOp_w