Pages

Pages - Menu

Sabtu, 24 September 2022

Jumat, 30 September 2022

            TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU

SUB TEMA 2 WUJUD BENDA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru serta papa/mama salam sehat dan semangat selalu, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi yang akan ibu guru sampaikan hari ini adalah :

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 5

Tujuan Pembelajaran :

1.      Dengan menuliskan pendapat tentang hidup sederhana, siswa dapat memaparkan arti penting hidup sederhana dengan tepat

2.      Dengan kegiatan menulis, siswa dapat menyusun  informasi tetang wujud benda dengan kalimat efektif.

3.      Dengan kegiatan menimbang, siswa dapat menimbang berat dengan satuan baku.

 

Anak anak kalian sudah belajar cara mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan panjang yaitu mm, cm dm ,m,dam hm dan km. Pada hari ini kita akan mempelajari cara mengukur berat  benda  .

   Aneka Wujud Benda sebagai Anugerah Tuhan

Benda diciptakan Tuhan dengan beraneka ragam wujudnya. Pernahkah kamu membayangkan jika wujud benda hanya satu? Apa yang akan terjadi? Setiap benda mempunyai sifat dan fungsinya masing-masing. Kamu telah mempelajari benda dan sifatnya. Coba lengkapilah bagan berikut ini.

Ada beberapa satuan masa yang sehar hari disebut berat. Seprti kg ,gram,dan ons.Ketiga satuan ini saling berhubungan. Lakukan lah percobaan berikut! Percobaan menimbang dengan timbangan kue !perhatikan berat benda 1kg dan1000 gram ! apakah benda tersebut menunjuk kan berat yang sama ?

Perhatikan gambar di atas !

Gambar 1 menunjuk kan bahwa 1 kg sama dengan 10 ons

Gambar 2 menunjukkan bahwa 1 kg sama dengan 1000 gram

Gambar 3 menunjuk kan bahwa 1 ons sama dengan 100 gram 


Contoh satuan berat 

1. Berat badan Udin adalah 30 kg 

2 Ibu membeli telur seberat 1 kg 

3 Berat cincin ibu adalah 3 gram 

4 Gula pasir yang dibutuh kan untuk membuat kue adalah 250 gram 

5 Ibu memerlukan bawang seberat 100 gram untuk memasak .

 

Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan hari ini, semoga anak anak dapat memahaminya dan bu guru akhiri wassalamuallaikum 🙏🥰🙏

Kamis, 29 September 2022

              TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU

SUB TEMA 2 WUJUD BENDA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru serta papa/mama salam sehat dan semangat selalu, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi yang akan ibu guru sampaikan hari ini adalah :

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 5

Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan mengamati aneka jenis timbangan, siswa dapat menyesuaikan jenis timbangan dengan benda yang diukur dengan tepat.

2.  Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat memahami arti penting bergotong royong.

Ayo Mengamati 

Mengenal Benda Gas Lebih Dekat 

Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan. Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap. Untuk mengetahui hal ini, lakukan percobaan berikut!

Benda gas mempunyai sifat antara lain:

  • Terdapat di segala tempat
  • Mengisi seluruh ruangan yang ditempati
  • Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah
  • Menekan ke segala arah
  • Gerakan antar partikel bebas
  • Memiliki massa atau berat
  • Susunan partikel benda gas tidak teratur
  • Gaya tarik menarik benda gas lemah
Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat. 

Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut!

Perhatikan satuan yang digunakan dalam timbangan berikut! 

Ayo Mencoba 

Hari Minggu Dayu dan ibu membuat masakan istimewa. Dayu membantu ibu menimbang bahanbahan

yang diperlukan. Dayu menggunakan timbangan kue. Untuk memasak kue, ibu menggunakan kompor gas. Kompor gas memerlukan tabung gas. Tahukah kalian di dalam tabung terdapat LPG (Liquified Petroleum Gas)? LPG adalah benda berwujud gas. Gas ini dimanfaatkan untuk bahan bakar.

Kelebihan pemakaian LPG dibandingkan bahan bakar lainnya banyak. Misalnya kayu bakar ataupun minyak tanah. Kelebihannya, yaitu mudah dalam penggunaan, lebih bersih, dan lebih praktis.

  

Ayo Mengamati 

Pernahkah kamu memperhatikan asap yang ada di sekitarmu? Banyak asap di sekitarmu. Misalnya

asap kendaran, hasil pembakaran sampah, dan dari sebuah pabrik. Apakah wujud asap itu? 

Asap berwujud gas. Walaupun di dalam asap masih mengandung campuran benda padat. Hal itu ditan dai karena masih dapat dirasakan dan dilihat wujudnya. Padatan yang ada di dalam asap berukur an sangat kecil.

                                     

Udin membaca berita tentang bencana kebakaran. Bencana tersebut terjadi di beberapa wilayah di Indonesia selama tahun 2015.Kondisi ini mengakibatkan asap menutupi berapa wilayah di Indonesia

Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan hari ini, semoga anak anak dapat memahaminya. Bu guru akhiri wassalamuallaikum 👍🥰👍

Rabu, 28 September 2022

            TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU

SUB TEMA 2 WUJUD BENDA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru serta papa/mama salam sehat dan semangat selalu, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi yang akan ibu guru sampaikan hari ini adalah :

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 4

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan melakukan percobaan tentang sifat benda cair dan gas, siswa dapat menyusun informasi secara lisan/tulis/visual dengan kalimat efektif.

2.        Dengan kegiatan pengamatan terhadap timbangan, siswa dapat menentukan satuan berat baku dengan tepat.

Pada pembelajaran kalian sudah mempelajari tentang wujud benda yaitu benda padat , benda cair dan gas pada hari ini kita akan melihat kembali benda cair  lebih dekat .

Ayo Mencoba  

Melihat Benda Cair Lebih Dekat

Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan. Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah?Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas? 

Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifat-sifat benda cair.

Lakukanlah!

Mengetahui sifat benda cair 

Lakukan secara bersama orangtuamu

Alat dan Bahan

1. Air 

2. wadah kecil

3. Gelas

4. Kantong plastik

Langkah-Langkah Percobaan:

1. Masukkan air ke dalam wadah kecil. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.

2. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!

 

Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair?

Ayo Membaca 

Bacalah wacana di bawah ini

Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masingmasing. Bapak-bapak membantu membersihkan lahan.

Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya. Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil.

Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman. Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan. 

 

 Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan hari ini, semoga anak - anak dapat memahaminya. 

Bu guru akhiri Wassalamuallaikum 🙏🥰🙏

Selasa, 27 September 2022


TEMA 3 BENDA DI SEKITARKU

SUB TEMA 2 WUJUD BENDA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru serta papa/mama salam sehat dan semangat selalu, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Adapun materi yang akan ibu guru sampaikan hari ini adalah :

Tema  3                    :  Benda Disekitarku

Subtema  2              :  Wujud Benda 

Pembelajaran         : 2 dan 3

Tujuan Pembelajaran :

1.     Dengan membaca wacana percakapan, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sifat wujud benda dengan benar

2.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menuliskan arti penting menolong.

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati.

Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume?

Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

Ibu Guru : Anakanak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Siti : Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?

Ibu Guru : Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.

Udin : Bola basket lebih berat, Bu!

Ibu Guru : Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.

Siti : Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?

Ibu Guru : Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram  atau kilogram.

Massa diukur dengan alat di bawah ini.



Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu?

Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume.

Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.



Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B.

Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak dapat berdiri.

Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan.

Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan me mapahnya ke UKS. UKS singkatan Unit Kesehatan Sekolah.

Setelah diperiksa, ibu guru menduga kaki Udin terkilir. Oleh karena itu, kakinya perlu diperiksa dokter.

Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji. Apakah kamu mem punyai pengalaman menolong teman atau orang lain?

Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas! Simak dengan baik saat temanmu bercerita!

 Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

 Latihan Soal

1.        Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!

Tuliskan benda – benda dari gambar yang termasuk benda padat, cair dan gas!

2.        Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumah Udin ke kantor pos = ... km ... m

   = ... m

3.        Dalam sebuah tarian selain gerakan tangan ada pula gerakan . . .

4.        Ciri – ciri benda antara lain memiliki . . . dan . . .

5.        Mengapa kita perlu menolong orang lain?


Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Latihan soal :

1.     Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!

A.    Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!

B.    Tuliskan sifat benda padat berdasarkan  pengamatanmu!



2.    Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km. Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya,ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?

Demikian materi yang dapat bu guru sampaikan hari ini, semoga anak anak dapat memahaminya. Bu guru akhiri Wassalamuallaikum wr. Wb 🙏🥰🤲