Pages

Pages - Menu

Kamis, 29 Februari 2024

Kamis, 29 Februari 2024

 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 3 ENERGI ALTERNATIF

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 6                                   : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                              :  Energi Alternatif

Pembelajaran                        : 3

Tujuan Pembelajaran      : 

1. Setelah mengamati, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif  dengan benar. 

2. Setelah mengamati, siswa siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan kejadian lain dengan satuan waktu tertentu dengan benar. 

3. Setelah membaca, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep energi alternatif menggunakan bahasa sendiri dengan benar.

4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai warga dengan benar. 

Ayo Belajar!

Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif. Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut. Carilah kata secara menurun, mendatar, dan  diagonal.

Ibu menemukan 8 kata yang ada di kotak :

1.Listrik            5.Minyak

2.Angin            6.PLTA

3.Air                7.Generator

4.Turbin           8.Matahari


Gerak air termasuk salah satu energi alternatif.  Semakin kuat gerak air, semakin besar pula  energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik dan menggerakkan mesin penggiling gandum.  Pernahkah kamu melihat kincir air?

Perhatikan gambar berikut!


Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air. Kita harus menjaga ketersediaan air. Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. 
Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih.  
Saat ini banyak minuman kemasan yang

Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. 
Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih.  
Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual. Perhatikan tanda khusus pada kemasan. Tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan. 



Kondisi tidak baik disebut juga kedaluwarsa. Perhatikan gambar berikut! Lihatlah tanda 18/07/08.  Artinya, minuman .

sebaiknya digunakan sebelum tanggal 18 bulan Juli tahun 2008. Ada kemasan yang menunjukkan waktu secara lengkap. Ada juga kemasan yang tidak lengkap menunjukkan waktu penggunaan.



Ayo Berlatihh

Amati contoh berikut!


 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 12/17

 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 24/11/18

Perhatikan batas waktu penggunaan makanan dan minuman. Agar kita terhindar dari bahaya.
Makanan atau minuman yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa tidak dapat memberi energi bagi tumbuhan.

Rabu, 28 Februari 2024

Rabu, 28 Februari 2024

       TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 3 ENERGI ALTERNATIF

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 6                                   : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                              :  Energi Alternatif

Pembelajaran                        : 3

Tujuan Pembelajaran           : 

Tujuan Pembelajaran      : 

1. Setelah mengamati, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus yang berkaitan dengan konsep energi alternatif  dengan benar. 

2. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan cara menentukan lamanya suatu kejadian dengan kejadian lain dengan satuan waktu tertentu dengan benar. 

3. Setelah membaca, siswa dapat menceritakan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep energi alternatif menggunakan bahasa sendiri dengan benar.

4. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban sebagai warga dengan benar. 

Ayo Belajar!

Kalian sudah mengetahui beberapa contoh energi alternatif. Kalian juga sudah mendapatkan informasi tentang contoh energi alternatif. Coba temukan 8 kata yang berkaitan dengan energi alternatif. Juga pemanfaatan energi tersebut. Carilah kata secara menurun, mendatar, dan  diagonal.

Ibu menemukan 8 kata yang ada di kotak :

1.Listrik            5.Minyak

2.Angin            6.PLTA

3.Air                7.Generator

4.Turbin           8.Matahari

Gerak air termasuk salah satu energi alternatif.  Semakin kuat gerak air, semakin besar pula  energi yang dihasilkan. Gerak air digunakan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Gerakan turbin dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Di antaranya menghasilkan listrik dan menggerakkan mesin penggiling gandum.  Pernahkah kamu melihat kincir air?

Perhatikan gambar berikut!


Air sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia membutuhkan air. Hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air. Kita harus menjaga ketersediaan air. Menjaga lingkungan tetap bersih termasuk sikap dari menjaga air. 
Kebersihan air berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, gunakanlah selalu air yang bersih.  
Saat ini banyak minuman kemasan yang dijual. Perhatikan tanda khusus pada kemasan. Tanda yang berupa batas waktu penggunaan air. Apabila melebihi waktu tersebut, maka minuman dalam kemasan sudah tidak dapat digunakan. Kondisi air setelah tanggal tersebut sudah tidak baik. Jika tetap diminum dapat menyebabkan keracunan. 



Kondisi tidak baik disebut juga kedaluwarsa. Perhatikan gambar berikut! Lihatlah tanda 18/07/08.  Artinya, minuman .

sebaiknya digunakan sebelum tanggal 18 bulan Juli tahun 2008. Ada kemasan yang menunjukkan waktu secara lengkap. Ada juga kemasan yang tidak lengkap menunjukkan waktu penggunaan.



Ayo Berlatihh

Amati contoh berikut!


 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 12/17

 Minuman tersebut baik digunakan sebelum ... 24/11/18

Perhatikan batas waktu penggunaan makanan dan minuman. Agar kita terhindar dari bahaya.
Makanan atau minuman yang kedaluwarsa berbahaya untuk kesehatan. Makanan atau minuman yang kedaluwarsa tidak dapat memberi energi bagi tumbuhan.

Selasa, 27 Februari 2024

Selasa, 27 Februari 2024

     TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 3 ENERGI ALTERNATIF

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 6                                   : Energi dan Perubahannya

Subtema 3                              :  Energi Alternatif

Pembelajaran                        : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran           : 

1. Setelah membaca siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi dengan benar

2. Setelah mengamati contoh siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait dengan lama waktu berlangsungnya suatu kejadian

3. Setelah mengamati gambar siswa dapat menggunakan kombinasi garis, bidang dan warna untuk membuat karya dekoratif.


Energi Alternatif

Kebutuhan manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Hai ini dikarenakan penduduk dunia semakin banyak. Juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. 
Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) adalah energi yang penggunaannya paling besar selama ini. Karena terlalu banyak digali, maka persediaannya
semakin sedikit. 
Untuk mengatasi hal tersebut dicarilah berbagai energi alternatif. Tujuannya untuk menggantikan bahan bakar minyak.  Marilah pelajari energi alternatif dan manfaatnya!
Ayo Membaca

Apakah energi alternatif itu?
Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak.

Apa sajakah yang termasuk energi alternatif? Perhatikan gambar-gambar berikut! 

 
Pemanfaat energi surya, Pemanfaatan energi air,
dan Pemanfaatan energi angin

Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi 
gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah. 

 Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan. 

Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.

Angin merupakan contoh energi alternatif. Angin  ada di mana-mana. Ada banyak contoh kegiatan
pemanfaatan angin. Angin dapat menggerakkan layang-layang.
Pernahkah kalian bermain layang-layang?
Bermain layang-layang biasanya dilakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang membuat kita bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layang-layang.


Ayo Berlatihh
Bermain layang-layang juga membutuhkan energi. Semakin lama bermain, semakin banyak energi
yang dibutuhkan.
Perhatikan contoh untuk menentukan waktu berikut!
1. Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. Lama waktu dapat digambarkan sebagai berikut!   


Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.

Ayo Membaca

Gerak Angin sebagai Energi Alternatif 

Udin dan kawan-kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Merekamemilih bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga dapat angin yang cukup. 
Angin diperlukan untuk menerbangkan layang- layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain . layang-layang.  Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari. Karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang. 
Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi.  

Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.  
Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB).Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin. 
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang mudah didapat dari alam. Angin juga dapat digunakan untuk menerbangkan layang-layang.  Bermain layang-layang sangat menyenangkan. Bermain layang-layang menggunakan tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga dapat digunakan untuk permainan lainnya.

Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar  dengan benar. 
Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.

                
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua teman mau bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain.

Minggu, 25 Februari 2024

Senin, 26 Februari 2024

    TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 Tujuan Pembelajaran      :

1. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan energi alternatif dengan benar. 

2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menulis berbagai contoh kewajiban dengan benar.

3. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait lama  waktu berlangsungnya suatu kejadian dengan benar.
4. .    Dengan  latihan soal, siswa mampu menentukan lamanya suatu kegiatan dalam satuan  jam dan menit dengan tepat.

Ayo membaca!

Briket adalah bahan bakar pengganti bahan bakar minyak atau BBM. Briket dapat dibuat dari bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Briket dapat dibuat dengan mudah. 

Berikut ini cara pembuatan briket. Alat dan bahan:

 Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji

 Kanji

 Potongan bambu/pipa paralon setinggi 7-10 cm untuk cetakan

 Korek api 

Cara kerja:

1. Siapkan bahan yang akan dijadikan briket. Contoh bahan adalah bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa (tempurung kelapa).

2. Keringkan bahan tersebut sampai benar-benar kering.

3. Bakar di dalam tempat khusus sampai berbentuk arang.

4. Hasil pembakaran berupa arang atau serbuk arang ditumbuk halus.  Kemudian disaring atau diayak.

5. Hasil saringan kemudian dicampur dengan adonan kanji secukupnya. Fungsi kanji sebagai perekat.

6. Adonan kemudian dicetak menggunakan potongan bambu. Bisa juga menggunakan pipa paralon ukuran sedang. Saat dimasukkan ke dalam cetakan, adonan arang tadi dipadatkan.

7.  Tahap terakhir adalah pengeringan. Pengeringan dilakukan untuk mengurangi kadar air. Pengeringan bisa memakan waktu beberapa   hari. Hal ini tergantung terik tidaknya sinar  matahari.

Briket memiliki beberapa kelebihan dibanding bahan bakar minyak. Briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil. Briket mudah terbakar. Namun, briket tidak cepat habis. Penggunaan briket merupakan salah satu cara menghemat bahan bakar minyak.

Setelah membaca mari kita menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini

1.Sebutkan Fungsi briket?

- Fungsi briket adalah sebagai penganti bahan bakar minyak.

2. Sebutkan alat dan bahan yang dapat digunakan untuk membuat briket!

- Batok kelapa/bambu/serbuk gergaji 

- Kanji ( tepung sagu)

- Potongan bambu/pipa paralon/setinggi 7-10 cm untuk cetakan

- Korek api

3. Jelaskan paling sedikit 2 kelebihan briket dari bahan bakar minyak ( BBM)!

 - Kelebihan briket dari bahan bakar minyak antara lain briker dapat mengurangi pencemaran akibat     bahan bakar fosil    
 - Briket mudah terbakar ,namun briket cepat habis

4. Mengapa briket dapat dijadikan energi alternatif?
 
-Briket dapat dijadikan energi arternatif karena dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak.

5.Briket dapat mengurangi sampah.Bagaimana menurut pendapatmu? jelaskan alasannya!

-Briket dapat mengurangi sampah karena briket terbuat dari bahan sisa seperti serbuk gerjaji dan tempurung batok.

Penggunaan briket dapat mengurangi sampah. Pengurangan sampah sangat bermanfaat untuk lingkungan. Menggunakan briket termasuk menjaga lingkungan. Lingkungan yang terjaga baik untuk kehidupan.


Diskusikan cara mengurangi sampah yang bisa kamu lakukan! 


Diskusikan bersama temanmu. Tuliskan dan sampaikan hasil diskusimu di depan kelas. 

1. Kurangi pembelian menggunakan kantong plastik

2. Gunakan botol minum pribadi

3. Gunakan sedotan stainless

Ayo Berlatih

Siti dan teman-teman sedang berkemah. Selama berkemah mereka memasak makanan sendiri. Selama berkemah mereka juga memasak air sendiri. Mereka memasak menggunakan bahan bakar briket.

Selesaikan masalah berikut ini!

Contoh Soal:

Siti menggunakan sebuah briket untuk memasak. Sebuah briket bisa digunakan untuk 2 jam memasak. Jika Siti memasak pukul 14.30, pukul berapa briket akan habis?

Jawab: 2 jam = 02.00



Ayo Mengamati! 

Kalian sudah mempelajari bahwa perubahan energi selalu terjadi kapanpun dan di manapun. Seringkali kita tidak menyadari terjadinya perubahan energi. Contohnya, ketika menonton televisi. Kalian tidak menyadari bahwa telah terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya.

Perubahan energi lainnya yang sering tidak disadari, misalnya saat buah jatuh. Saat buah jatuh juga terjadi perubahan energi. Perubahan tersebut energi gerak menjadi energi bunyi. Perubahan energi adalah peristiwa yang setiap

saat dapat diamati. Sekarang, susunlah informasi perubahan energi. Mulai dari bangun tidur sampai kamu tiba di sekolah. Lihat tabel berikut untuk membantumu!






Kamis, 22 Februari 2024

jumat, 23 Februari 2024

                                             TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 2 PERUBAHAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Tema 6         : Energi dan Perubahannya

Subtema 2   : Perubahan Energi

Pembelajaran   : 5

Tujuan Pembelajaran           :

1.      Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat

2.      Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.

3.      Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.

 

Semua   benda   yang   menghasilkan   energi   disebut   sumber   energi.   Matahari, udara,  air,  tumbuhan,  dan  hewan   merupakan  sumber  energi.  Sumber  energi terbesar   di   bumi    adalah   Matahari.   Tanpa   matahari,   tumbuhan   tidak   bisa melakukan   fotosintesis.   Fotosintesis   ini   menghasilkan   makanan   dan   oksigen. Makanan  dan  oksigen  sangat  penting  untuk  kelangsungan  hidup  manusia  dan makhluk   hidup   lainnya.   Selain   itu,   sinar   matahari   juga   digunakan   sebagai sumber energi listrik melalui PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya).

 

Air  juga  merupakan  sumber  energi.  Tubuh  kita  memerlukan  air  sekitar  3  liter tiap  hari.  Air  dan  makanan  merupakan  sumber  energi  bagi  tubuh.  Selain  itu, tumbuhan  dan  hewan  juga  merupakan  sumber  energi,  karena  sebagian  besar makanan dihasilkan oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan tumbuhan untuk makanannya.

Cara melestarikan sumber energi :

 

⮚   Merawat dan memelihara tanamam/tumbuhan

⮚   Melakukan penghijauan

⮚   Tidak membuang sampah atau limbah ke sumber air

 

Air  bukan  hanya  sumber   energi   bagi   tubuh,  tapi   juga   sumber  energi   listrikBendungan   atau   waduk   yang   dimanfaatkan  untuk   menghasilkan  energi   listrik disebut  Pembangkit  Listrik  Tenaga  Air  atau  (PLTA).  Aliran  air  dari waduk/bendungan    memiliki    kekuatan    yang    disebut    Energi    Kinetik.    Energi kinetik    air    menggerakkan    kincir    atau    turbin.    Gerakan    kincir    air    akan menggerakkan   generator   listrik.   Generator   listrik   inilah   yang   membangkitkan energi    listrik.    Selain    sebagai    pembangkit    listrik,    waduk/    bendungan    juga digunakan   untuk   irigasi   (pengairan   sawah),   perikanan,   dan   sebagai   tempat wisata.

Udara    juga    merupakan    sumber    energi    bagi    tubuh,   yaitu    untuk    bernapas karena udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara juga dimanfaatkan untuk menghasilkan  listrik   yang   dinamakan   Pembangkit   Listrik   Tenaga   Bayu   (PLTB). Udara  yang   bergerak   disebut   bayu   atau   angin.   Bayu   (angin)   memiliki   energi kinetik.   Energi   kinetik   inilah   yang   dapat   menggerakkan   kincir.   Kincir   angin dapat   menggerakkan   generator   listrik.   Generator   listrik   akan   membangkitkan energi listrik.


Sumber   energi   bagi   kendaraan   adalah   BBM   (Bahan   Bakar   Minyak).   BBM berasal  dari  fosil  hewan.  Fosil  hewan  adalah  hewan  yang  mati  dan  tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk menyalakan kompor, untuk mesian-mesin di pabrik.

Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.