Pages

Pages - Menu

Rabu, 27 Maret 2024

Rabu, 27 Maret 2024

 PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)

KELAS 3 SEMESTER GENAP

 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 



Assalamualaikum 


PTS

1. Tema 6 Subtema 1 dan 2

2. Tema 6 Subtema 3 dan 4

Selasa, 26 Maret 2024

Selasa, 26 Maret 2024

    PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)

KELAS 3 SEMESTER GENAP

 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 



Assalamualaikum 


PTS

1. Tema 5 Subtema 1 dan 2

2. Tema 5 Subtema 3 dan 4

Minggu, 24 Maret 2024

Senin, 25 Maret 2024

      PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)

KELAS 3 SEMESTER GENAP

 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 



Assalamualaikum 


Kisi-kisi Pendidikan Anti Korupsi (PAK)



- jumlah nilai anti korupsi

- contoh sikap 9 nilai anti korupsi 

- mengamalkan nilai adil, sederhana, tanggung jawab dilingkungan sekolah dan dirumah.

Jumat, 22 Maret 2024

Jum'at, 22 Maret 2024

 PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)

KELAS 3 SEMESTER GENAP

 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 




Assalamualaikum 
Berikut jadwal PTS semester 2 (genap)



Kamis, 21 Maret 2024

Kamis, 21 Maret 2024

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                   : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran               : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.

2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.

3. Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.

4. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang disukai tiap individu, siswa dapat membuat daftar keberagaman makanan yang disukai tiap individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan benar.


Perkembangan Teknologi Produksi Pangan 

Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.



Terampilnya warga tempat tinggalku. Bekerja sama mengolah hasil alam. Menggunakan teknologi yang telah maju. Menghasilkan sumber pangan yang beragam. 
Mari, kita pelajari macam-macam pengolahan pangan agar menjadi manfaat bagi sesama!


Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul di teras rumah. Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung. Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti. Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu  tersebut berjudul “Rotiku”.


untuk lagu lebih jelas anada bisa mendengarkan syair lagu Rotiku beriku ini :

Pola Irama Suatu Lagu
Lagu “Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda. Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang  dan teratur dalam sebuah lagu. Nyanyikanlah lagu “Rotiku”! Kamu akan mendengar pola irama yang berbeda pada setiap bait lagu. Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda. 

Ayo Membaca!

Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa arti
teknologi pangan?
Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!

Teknologi Pangan

    Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

    Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.
Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

    Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks

“Teknologi Pangan”!

1. Apa arti dari pangan?

2. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?

3. Apa manfaat dari teknologi pangan?

Ayo Mengamati!

Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman  untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.

Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak  ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak  lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka 

Rabu, 20 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI 

SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 7                           : Perkembangan Teknologi

Subtema 1                   : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran               : 1

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.

2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.

3. Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.

4. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang disukai tiap individu, siswa dapat membuat daftar keberagaman makanan yang disukai tiap individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan benar.


Perkembangan Teknologi Produksi Pangan 

Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.



Terampilnya warga tempat tinggalku. Bekerja sama mengolah hasil alam. Menggunakan teknologi yang telah maju. Menghasilkan sumber pangan yang beragam. 

Mari, kita pelajari macam-macam pengolahan pangan agar menjadi manfaat bagi sesama!


Beni, Edo, Siti, dan Dayu berkumpul di teras rumah. Ibu Dayu menyediakan roti. Roti adalah makanan yang terbuat dari tepung. Dayu dan teman-teman menikmati roti buatan Ibu Dayu. Dayu teringat sebuah lagu tentang roti. Dayu menyanyikannya di depan teman-teman. Lagu  tersebut berjudul “Rotiku”.


untuk lagu lebih jelas anada bisa mendengarkan syair lagu Rotiku beriku ini :

Pola Irama Suatu Lagu
Lagu “Rotiku” memiliki pola irama yang berbeda. Pola irama adalah sekelompok bunyi dengan susunan tertentu. Pola irama muncul secara berulang-ulang  dan teratur dalam sebuah lagu. Nyanyikanlah lagu “Rotiku”! Kamu akan mendengar pola irama yang berbeda pada setiap bait lagu. Warna yang berbeda pada setiap lirik lagu, menunjukkan pola irama yang berbeda. 

Ayo Membaca!

Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa arti
teknologi pangan?
Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!

Teknologi Pangan

    Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

    Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.

    Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

    Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks

“Teknologi Pangan”!

1. Apa arti dari pangan?

2. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?

3. Apa manfaat dari teknologi pangan?




Ayo Mengamati!

Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman  untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.

Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak  ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak  lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka 

Selasa, 19 Maret 2024

Selasa, 19 Maret 2024

 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 4 PENGHEMATAN  ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 6                            : Energi dan Perubahannya

Subtema 4                      : Penghematan Energi

Pembelajaran               : 6

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita yang berkaitan dengan penghematan energi menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

2.  Setelah mengamati gambar dan penjelasan, siswa dapat menuliskan pengalaman mendapatkan hak dan kewajiban disekolah dengan tepat. 

3.  Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan  luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.

Ayo Bercerita!

Perhatikan gambar berikut! Pada gambar menunjukkan pemanfaatan air hujan. Air hujan yang digunakan untuk kegiatan lain termasuk

menghemat air. Buatlah cerita berdasarkan gambar berikut!

Simaklah cerita berikut ini dengan seksama.




Ayo Menulis! 

Perlu kerja sama semua anggota keluarga untuk menghemat energi. Kerja sama untuk saling mengingatkan. Kerja sama untuk mengerjakan. Kalian berhak mendapat saran untuk memperbaiki sikap. Kalian berkewajiban melaksanakan saran yang diberikan. Kalian juga berkewajiban memberikan saran yang baik untuk teman

                                 Gambar 1.1                                          Gambar 1.2

1.1: Proses belajar di kelas berjalan dengan lancar. Hak saya adalah Memperoleh Ilmu yang dibutuhkan  Kewajiban saya adalah Mendengarkan penjelasan guru, dan menjaga ketertiban kelas Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. 

1.2: Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. Hak saya adalah Mendapatkan suasana belajar Kewajiban saya adalah Menjaga kebersihan kelas dengan melaksanakan piket 

                                Gambar. 2.1                                           Gambar  2.2

2.1: Memiliki lingkungan sekolah yang asri. Hak saya adalah Mendapatkan Lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar Kewajiban saya adalah Menjaga dan merawat tanaman yang ada dilingkungan sekolah. 

2.2: Memiliki tempat penyebrangan yang aman. Hak saya adalah  Dapat menyebrang jalan dengan aman Kewajiban saya adalah Mematuhitata tertib 

5. Kamar kecil digambarkan dengan warna merah. Luas kamar kecil adalah 3 persegi satuan. 

 

Hitunglah luas bagian berikut ini!

 

Luas bagian yang berwarna adalah 11 persegi satuan

Luas bagian yang berwarna adalah 20 persegi satuan


Senin, 18 Maret 2024

Senin, 18 Maret 2024

 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 4 PENGHEMATAN  ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



 

Tema 6                            : Energi dan Perubahannya

Subtema 4                      : Penghematan Energi

Pembelajaran               : 4


Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca, Siswa dapat menuliskan informasi yang berkaitan dengan penghematan energi dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat menuliskan pengalaman melaksanakan kewajiban dengan benar.
3. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan pengalaman mendapatkan hak dan kewajiban dengan benar.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.

Ayo Membaca  


Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah. Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman Udin ke sekolah naik sepeda.  
Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan.  Bersepeda menghemat energi bahan bakar  minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar minyak. 
Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat bahan bakar minyak. Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak. 

Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di atas!

1. Sebutkan jumlah kegiatan menghemat energi di atas?
Jawab : Ada tiga kegiatan yaitu berjalan kaki,bersepeda,dan menggunakan tranfortasi umum.

2. Apa saja yang termasuk kegiatan menghemat energi?
Jawab : Berangkat ke sekolah dengan berjalan dan menggunakan tranfortasi umum.

3. Energi apakah yang dihemat?
Jawab: Energi yang dihemat adalah bahan bakar minyak.

4. Mengapa menggunakan kendaraan umum termasuk menghemat energi?
Jawab: karena menggunakan kendaraan umum dapat menguruangi penggunaan kendaraan pribadi

5. Mengapa kalian perlu menghemat energi? 
Jawab: Kita perlu menghemat energi agar persediaan energi tetap ada di masa sekarang hingga masa depan.

Ayo Menulis

Ingatkah kamu dengan kegiatan menghemat energi yang sudah dilakukan?



Ayo Berdiskusisi

Kalian berhak memanfaatkan energi yang tersedia di alam. Kalian berkewajiban menjaga energi yang tersedia di alam. Menjaga kesediaan energi termasuk menjaga kehidupan.


Diskusikan hal berikut bersama orangtuamu!

1. Tuliskan hak yang telah kamu peroleh berkaitan dengan energi!
Hak yang diperoleh : Sebagai masyarakat pemerintah sudah memberikan ketersediaan energi yang cukup, Kemudahan dalam menggunakan energi misalnya listrik, energi yang diperoleh cukup baik. 

2. Tuliskan kewajiban yang telah kamu lakukan berkaitan dengan energi!
Kewajiban yang dilakukan : menjaga ketersediaan energi dengan bijak, tidak boros menggunakan energi yang sudah ada, menggunakan energi yang sudah ada seperlunya saja. 


Ayo Berlatih

Udin dan teman-teman ikut serta menjalankan kewajiban menjaga lingkungan.
Udin dan teman-teman menanam pohon di sekitar sekolah.
Udin dan teman-teman menanam pohon di bagian  yang diberi warna.