PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
Profil/Biodata Guru Nama HESTI WINDARI Unit kerja : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung. Kelas yang di ajar : Kelas 3A Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram (@hesti_unikpernik) youtube (hesti windari)
Pages
Pages - Menu
Rabu, 27 Maret 2024
Selasa, 26 Maret 2024
Selasa, 26 Maret 2024
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
KELAS 3 SEMESTER GENAP
SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
PTS
1. Tema 5 Subtema 1 dan 2
2. Tema 5 Subtema 3 dan 4
Minggu, 24 Maret 2024
Senin, 25 Maret 2024
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
KELAS 3 SEMESTER GENAP
SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
- mengamalkan nilai adil, sederhana, tanggung jawab dilingkungan sekolah dan dirumah.
Jumat, 22 Maret 2024
Jum'at, 22 Maret 2024
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS)
KELAS 3 SEMESTER GENAP
SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Kamis, 21 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 1 dan 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.
3. Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
4. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang disukai tiap individu, siswa dapat membuat daftar keberagaman makanan yang disukai tiap individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan benar.
Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
“Teknologi Pangan”!
1. Apa arti dari pangan?
2. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?
3. Apa manfaat dari teknologi pangan?
Ayo Mengamati!
Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.
Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
SUBTEMA 1 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI PANGAN
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Tema 7 : Perkembangan Teknologi
Subtema 1 : Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.
3. Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.
4. Dengan mengetahui berbagai jenis makanan yang disukai tiap individu, siswa dapat membuat daftar keberagaman makanan yang disukai tiap individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar dengan benar.
Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Lihatlah tempat tinggalku! Udaranya sejuk, tanahnya subur. Dikelilingi sawah dan kebun. Tempat hewan ternak bermain dan berkumpul. Inilah tempat tinggalku. Kaya hasil kebun dan sayur mayur. Berlimpah susu, daging, dan telur.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks
“Teknologi Pangan”!
1. Apa arti dari pangan?
2. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?
3. Apa manfaat dari teknologi pangan?
Ayo Mengamati!
Ibu Edo sedang membuat tahu. Edo mengajak teman-teman untuk melihatnya. Semua tertarik dan ingin belajar membuat tahu.
Cara membuat tahu cukup mudah. Pertama, ibu menghaluskan dan merebus kedelai. Hasil rebusan disaring hingga tak ada ampas. Kemudian, hasil rebusan dimasak lagi hingga menjadi susu kedelai. Setelah diberi cuka
Selasa, 19 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA
SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 4 : Penghematan Energi
Pembelajaran : 6
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita yang berkaitan dengan penghematan energi menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
2. Setelah mengamati gambar dan penjelasan, siswa dapat menuliskan pengalaman mendapatkan hak dan kewajiban disekolah dengan tepat.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita yang berkaitan dengan penghematan energi menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
2. Setelah mengamati gambar dan penjelasan, siswa dapat menuliskan pengalaman mendapatkan hak dan kewajiban disekolah dengan tepat.
3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
Ayo Bercerita!
Perhatikan gambar berikut! Pada gambar menunjukkan pemanfaatan air hujan. Air hujan yang digunakan untuk kegiatan lain termasuk
menghemat air. Buatlah cerita berdasarkan gambar berikut!
Simaklah cerita berikut ini dengan seksama.
Ayo Menulis!
Perlu kerja sama semua anggota keluarga untuk menghemat energi. Kerja sama untuk saling mengingatkan. Kerja sama untuk mengerjakan. Kalian berhak mendapat saran untuk memperbaiki sikap. Kalian berkewajiban melaksanakan saran yang diberikan. Kalian juga berkewajiban memberikan saran yang baik untuk teman
Gambar 1.1 Gambar 1.2
1.1: Proses belajar di kelas berjalan dengan lancar. Hak saya adalah Memperoleh Ilmu yang dibutuhkan Kewajiban saya adalah Mendengarkan penjelasan guru, dan menjaga ketertiban kelas Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar.
1.2: Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. Hak saya adalah Mendapatkan suasana belajar Kewajiban saya adalah Menjaga kebersihan kelas dengan melaksanakan piket
Gambar. 2.1 Gambar 2.2
2.1: Memiliki lingkungan sekolah yang asri. Hak saya adalah Mendapatkan Lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar Kewajiban saya adalah Menjaga dan merawat tanaman yang ada dilingkungan sekolah.
2.2: Memiliki tempat penyebrangan yang aman. Hak saya adalah Dapat menyebrang jalan dengan aman Kewajiban saya adalah Mematuhitata tertib
5. Kamar kecil digambarkan dengan warna merah. Luas kamar kecil adalah 3 persegi satuan.
Hitunglah luas bagian berikut ini!
Luas bagian yang berwarna adalah 11 persegi satuan
Luas bagian yang berwarna adalah 20 persegi satuan
Ayo Bercerita!
Perhatikan gambar berikut! Pada gambar menunjukkan pemanfaatan air hujan. Air hujan yang digunakan untuk kegiatan lain termasuk
menghemat air. Buatlah cerita berdasarkan gambar berikut!
Simaklah cerita berikut ini dengan seksama.
Ayo Menulis!
Perlu kerja sama semua anggota keluarga untuk menghemat energi. Kerja sama untuk saling mengingatkan. Kerja sama untuk mengerjakan. Kalian berhak mendapat saran untuk memperbaiki sikap. Kalian berkewajiban melaksanakan saran yang diberikan. Kalian juga berkewajiban memberikan saran yang baik untuk teman
Gambar 1.1 Gambar 1.2
1.1: Proses belajar di kelas berjalan dengan lancar. Hak saya adalah Memperoleh Ilmu yang dibutuhkan Kewajiban saya adalah Mendengarkan penjelasan guru, dan menjaga ketertiban kelas Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar.
1.2: Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. Hak saya adalah Mendapatkan suasana belajar Kewajiban saya adalah Menjaga kebersihan kelas dengan melaksanakan piket
Gambar. 2.1 Gambar 2.2
2.1: Memiliki lingkungan sekolah yang asri. Hak saya adalah Mendapatkan Lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar Kewajiban saya adalah Menjaga dan merawat tanaman yang ada dilingkungan sekolah.
2.2: Memiliki tempat penyebrangan yang aman. Hak saya adalah Dapat menyebrang jalan dengan aman Kewajiban saya adalah Mematuhitata tertib
5. Kamar kecil digambarkan dengan warna merah. Luas kamar kecil adalah 3 persegi satuan.
Hitunglah luas bagian berikut ini!
Luas bagian yang berwarna adalah 11 persegi satuan
Luas bagian yang berwarna adalah 20 persegi satuan
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA
SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 4 : Penghematan Energi
Pembelajaran : 4
Ayo Membaca