Pages

Pages - Menu

Rabu, 07 Mei 2025

Kamis, 08 Mei 2025

 TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 2 AKU ANAK MANDIRI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Kamis, 08 Mei 2025

Tema                : 8 Praja Muda Karana

Subtema               :  2 Aku Anak Mandiri

Pembelajaran        : 1, 2 dan 3

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, VC


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 7 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 8 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  menggambar jenis jenis sudut. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis  lambang/simbol lalu lintas dengan benar.

2. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi data yang disajikan dalam diagram gambar dengan benar.

3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur garis, dan warna dalam sebuah karya dekoratif dengan benar.

4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat merancang penggunaan kombinasi garis, bidang, dan warna untuk membuat karya dekoratif dengan benar.

5. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh sikap yang sesuai arti teks Bhinneka Tunggal Ika dengan benar.

6. Setelah mengamati, siswa dapat mengklasifikasi jenis lambang/simbol lalu lintas dengan benar.   


       Ayo Membaca!

Bacalah dengan nyaring! Perhatikan intonasi pada saat membaca!

Aku Anak Mandiri


Aku anggota pramuka yang mandiri. Anggota pramuka dilatih untuk dapat bekerja secara mandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Aku selalu menyiapkan peralatan sendiri. Aku menyiapkan dan mengenakan seragam pramuka sendiri.
Aku mengenakan kelengkapan seragam pramuka secara mandiri. Seragam pramuka memiliki banyak kelengkapan. Diantaranya baju seragam lengkap dengan celana atau rok. Baju dilengkapi dengan tanda-tanda pramuka. Ada juga tutup kepala dan setangan leher. Dilengkapi dengan ikat pinggang, kaus kaki, dan sepatu.
Latihan pramuka membuatku menjadi mandiri. Aku sudah dapat mandiri melakukan kegiatan. Aku selalu menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Aku mengerjakan tugas dan merapikan kamar secara mandiri. Untuk dapat mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan akan menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. Dalam pramuka, aku berlatih mengerjakan tugas secara mandiri bersama teman-teman.

Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?

Kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri

-Memakai baju

-Memakai kaos kaki

-Memakai sepatu

-Memakai tali sepatu

-Memakai ikat pinggang

-Menyiapkan peralatan sekolah

Mari kita simak video berikut:




Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga. 
Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!

                                              


Aku anggota pramuka yang suka bertualang. Bertualang berarti pergi ke mana-mana mencari pengalaman. Anggota pramuka senang bertualang. Mereka mengunjungi berbagai tempat untuk
belajar. Mereka juga senang mengunjungi tempat yang belum dikenal.


Mengunjungi berbagai tempat di Indonesia termasuk bertualang. Indonesia negara yang sangat kaya dengan budaya. Indonesia juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.
Mengenal budaya Indonesia sebagai tanda cinta pada tanah air. Melihat keindahan alam Indonesia juga merupakan kegiatan yang  mengasyikkan.

Mari kita bertualang untuk mengenal budaya dan keindahan di Indonesia. Bertualang juga dapat mengenal berbagai permainan tradisional di Indonesia. Saat bertualang, kita dapat mengenal berbagai rambu lalu lintas. Menaati  peraturan lalu lintas membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan. 


Ayo Membaca

Hari ini Udin dan kawan-kawan akan bertualang. Mereka akan mencari tahu tentang lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan melalui permainan mencari jejak. 

Udin memperhatikan tanda yang sudah disepakati agar aman bertualang. Tanda yang digunakan berupa bendera kertas berwarna. Bendera berwarna merah menunjukkan perintah belok kiri. Bendera berwarna kuning menunjukkan perintah belok kanan. Bendera warna hijau menunjukkan perintah berjalan lurus.

Semua anggota kelompok juga mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Mereka menyeberang jalan di zebra
cross. Mereka selalu berjalan di sebelah kiri jalan. Mereka juga memperhatikan keadaan lalu lintas saat menyeberang jalan.


Udin dan teman-teman selalu mematuhi peraturan lalu lintas. Mereka menyeberang jalan pada tempat
yang seharusnya. Sebelum menyeberang jalan, mereka selalu menengok ke kanan dan ke kiri. Mereka memastikan keamanan saat menyeberang jalan. Mereka juga selalu berjalan di bagian jalan sebelah kiri. Udin dan kawan-kawan patuh pada peraturan.

Ayo Berlatih

Udin dan teman-teman melaporkan catatan hasil perjalanan. Laporan berisi banyak bendera yang ditemukan selama perjalanan.


Laporan tersebut disajikan juga dalam bentuk diagram. Laporan dalam bentuk diagram terlihat seperti berikut!


Ada banyak kendaraan di jalan raya. Ada mobil dan ada motor.

Semua pengendara harus mematuhi aturan lalu lintas. Semua pengendara kendaraan bermotor harus memiliki surat izin mengemudi. Semua harus mengikuti peraturan lalu lintas, agar selamat di perjalanan.

Hiasan pada benda seni ada berbagai bentuk. Ada hiasan berbentuk titik-titik dan ada  juga yang berbentuk garis. Contoh benda seni berhias titiktitik sebagai berikut!
 
Ayo Membaca

Mengenal Budaya Indonesia

Indonesia negara yang kaya akan budaya. Ada berbagai macam suku dan agama di Indonesia. Masyarakat memiliki kebiasaan dan budaya yang sangat beragam.

Bertualang untuk mengenal budaya Indonesia merupakan tanda cinta tanah air. Bertualang untuk mengenal keindahan juga merupakan kegiatan menyenangkan. 

Keragaman budaya dipengaruhi oleh letak wilayah  Indonesia. Indonesia negeri yang sangat luas dan kaya. Indonesia yang luas terdiri atas lautan dan daratan. Indonesia juga memiliki pantai dan pegunungan yang sangat indah. Kebiasaan masyarakat di pegunungan berbeda dengan masyarakat di pesisir pantai. 

Meskipun berbeda-beda bangsa Indonesia tetap hidup rukun. Semua bekerja sama menjaga Indonesia. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.  Semboyan tersebut terdapat pada lambang negara Garuda Pancasila. Semboyan tersebut tertulis pada pita yang dicengkram burung garuda.

Keberagaman harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan. Menerima dan menghormati perbedaan termasuk sikap yang disukai Tuhan. 


Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?

Kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri

-Memakai baju

-Memakai kaos kaki

-Memakai sepatu

-Memakai tali sepatu

-Memakai ikat pinggang

-Menyiapkan peralatan sekolah


Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga. 
Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!

Ayo Berlatih!
Perhatikan pula tanda/atribut yang dikenakan seperti gambar berikut ini.


Perhatikan bentuk tanda pramuka tersebut. Bentuk tanda pramuka merupakan bentuk bangun datar.
Ada lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang.

Ayo Menari!


Pernahkah kamu menari tari tempurung? Cobalah ikuti kegiatan berikut ini.

Siapkan dua buah tempurung kelapa. Benturkan kedua bagian punggung tempurung sehingga berbunyi.


Mandiri dalam Mengambil Keputusan

Anggota pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan mengambil keputusan dalam menentukan nama kelompok. Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi. Setiap anggota kelompok dapat menyampaikan pendapat. Diskusi kelompok dipimpin oleh ketua kelompok. Setelah selesai berdiskusi, semua anggota setuju. Nama kelompok telah ditetapkan.

Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah.

Bermusyawarah juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.


Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila.

Ayo Mencoba!
Anggota pramuka yang baik selalu mengenakan seragam dengan rapi. Saat latihan anggota pramuka selalu berpakaian rapi. Latihan merapikan seragam bagian dari persiapan baris berbaris. Anggota pramuka merapikan seragam mulai dari alas kaki sampai tutup kepala. Berikut ini gambar kegiatan merapikan seragam pramuka.


Mari, mencoba berlatih mengikuti gerakan membungkukkan badan! Gerakan membungkukkan badan sambil menyentuh kaki. Gerakan membungkukkan badan termasuk melatih kelentukan badan. Gerakan membungkukkan badan bertujuan melemaskan otot pinggang. Lakukan tahapan gerakan seperti berikut ini!


1. Berdiri tegap dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.
2. Bungkukkan badan ke depan bawah sampai kedua tangan menyentuh lantai. Pandangan ke arah lutut. Pertahankan sampai hitungan kelima.
3. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka kedua kaki selebar bahu.
4. Bungkukkan badan ke sebelah kiri. Kedua tangan menyentuh kaki kiri. Pertahankan sampai hitungan kelima.
5. Kembali ke posisi semula berdiri tegap. Buka  kedua kaki selebar bahu.
6. Bungkukkan badan ke sebelah kanan. Kedua tangan menyentuh kaki kanan. Pertahankan sampai hitungan kelima.
7.  Selama melakukan gerakan ini, lutut tidak ditekuk.
8. Lakukan gerakan secara berulang.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mmenggambar jenis sudut dengan tepat. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu menggambar jenis sudut dengan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.

15 komentar:

  1. Assalamualaikum bu Guru
    Alkalisya Mozar...Hadir🙏

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum..
    Nayyara arsyila azzahra putri hadir bu 🙏

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum...Anindya Sofia 3B hadir ya bu 🙏

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr.wb, Muhammad fadlan Atharsyah Kelas 3B, hadir Bu Hesti 🙏🥰

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Bu, Daffa Naufal Hade kls 3B hadir Bu 🙏

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Nauranisa fauzi wibowo hadir

    BalasHapus
  7. Assalammu'alaikum M.Sultan aZfar hadir bu hesti🙏

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Fadil Pranaja 3B hadir

    BalasHapus
  9. Assallammu'alaikum...Adeeva Shakila Rafanda 3b hadir bu....

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Bu guru,,, Ratu Ayu Dewi Anggi Rengganis Wisesa 3B hadir 🙏🏻

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum bu guru Muhammad Alfa Rizal hadir

    BalasHapus
  12. Waalaikumsalam terimakasih sholeh sholeha bu guru yg sudah absen. Yg belum.absen jangan lupa absen ya 🥰🥰

    BalasHapus
  13. Waalaikumsalam wr wb Bu guru M Raffa Alfarizqi hadir

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum.
    Ibad hadir Bu Hesti.
    Terimakasih🙏

    BalasHapus
  15. assalamu'alaikum wr wb
    Kenzo Amor Nugroho
    hadir

    BalasHapus