Pages

Pages - Menu

Senin, 12 Agustus 2019

Tema 2 Kegemaranku Subtema 1 Gemar Berolahraga

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 2 Kegemaranku
Subtema 1 Gemar Olahraga

Hari/Tanggal : Senin, 12 Agustus 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mengamati gambar permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat
2. Dengan menirukan kata-kata yang dibacakan oleh guru, siswa dapat menambah kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat dan percaya diri
3. Melalui kegiatan membaca dan mengajak teman memeragakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat
4. Dengan menyimak teks yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan tepat
5. Dengan mengamati gambar dan menyanyikan lagu tentang tepuk tangan, siswa dapat memeragakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat dan percaya diri
Materi Pembelajaran:
1Mengamati gambar kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh
2. Mendiskusikan aturan yang berlaku ketika bermain dan berolahraga
3. Mengenal bunyi-bunyian alam dan buatan


Gemar Berolahraga


Udin suka berolahraga
Badan udin sehat
Udin sering berolahraga bersama teman-teman
Berolahraga bisa juga sambil bermain
Hati senang dan badan menjadi sehat 

Dengarkan Cerita Gurumu
Siti dan teman-teman senang bersepeda
Mereka bersepeda di hari minggu
Bersepeda bersama menyenangkan
Bersepeda juga menyehatkan
Amatilah Gambar di bawah ini!

Nyanyikan Lagu Berikut ini
Sepeda Baru
Ciptaan: nn
Kring kring kring ada sepeda
Sepedaku roda dua
Kudapat dari ayah
Karena rajin bekerja
Tok tok tok ada sepatu
Sepatuku kulit lembu
Kudapat dari ibu
Karena rajin membantu

Ayo belajar


Bunyi di sekitar kita
Udin, Edo dan Beni berlomba lari
Udin, Edo dan Beni bersiap-siap
Siti meniup peluit tanda mulai
Prit prit prit
Udin, Edo dan Beni berlari cepat sekali
Tahukah kamu bunyi peluit?
Tirukan bunyi peluit bersama dengan temanmu


Ayo Lakukan
Dengarkan gurumu dan tirukan suara suara dari gambar berikut


Hari/Tanggal: Selasa, 13 Agustus 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan menyimakcerita yang dibacakan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek dengan tepat
2.      Dengan membaca nyaring, siswa dapat menambah kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan cara tepat dan percaya diri
3.      Dengan memasangkan kata dengan gambar kegiatan yang sesuai, siswa dapat menjelaskan makna kata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan baik
4.      Dengan bercerita tentang olahraga dan permainan kegemarannya, siswa dapat menggunakan kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat
Materi Pembelajaran : Menyimak cerita tentang manfaat pemanasan sebelum olahraga

Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut
Aula Olahraga
Di sekolah ada aula untuk berolahraga
Aula tersebut bersih
Murid murid berolahraga di aula dengan nyaman
Ada murid yang bermain bulutangkis
Ada murid yang bermain bola basket
Murid murid bermain sesuai dengan olahraga yang disukai

Ayo Berolahraga
Pemanasan Sebelum Berolahraga
Murid murid berkumpul di lapangan
Mereka akan berolahraga
Sebelum olahraga mereka melakukan pemanasan
Pemanasan membuat tubuh siap berolahraga
Otot otot tubuh lentur dan tidak kaku
Pemanasan mencegah otot kita sakit
Perhatikan gerakan gerakan pemanasan berikut

Hari/Tanggal: Rabu, 14 Agustus 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan mengamati gambar jenis-jenis olahraga, siswa dapat menambah kosakaHurrraaaa,,,,,tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
2.      Dengan melengkapi kalimat rumpang, siswa dapat memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri
3.      Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat
4.      Dengan menyimak cerita guru, siswa dapat memahami hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah kemudian dapat menuliskannya dengan tepat
5.      Dengan peragaan di depan kelas, siswa mampu mempraktikkan salah satu contoh kegiatan yang boleh dilakukan di rumah dengan tepat dan percaya diri
Materi Pembelajaran:
1.      Mengamati gambar jenis-jenis olahraga
2.      Menceritakan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika bermain dan berolahraga

Ayo Mendengarkan
Dengarkanlah dan ikuti guru membaca cerita
Berolahraga pagi
Hari masih pagi
Yuda berdiri di teras
Menikmati udara pagi
Tiba tiba deni dating
Deni mengajak yuda untuk berolahraga
Berpamitan pada orang tua
Sebelum berlari pagi yuda berpamitan
Yuda berpamitan kepada ibu
Ibu member izin kepada yuda
Ibu berpesan agar yuda pulang sebelum tengah hari
Yuda patuh pada pesan ibu

Ayo amati gambar olahraga berikut

Sepak Bola 

Jogging/ Lari 

Basket 

Bulutangkis 
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan membaca dan memahami teks, siswa dapat memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara memelihara kesehatan
2.      Siswa dapat mempraktikan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan
3.      Dengan menyimak teks dan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat
4.      Siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat dan percaya diri
Materi Pembelajaran: Membaca cerita tentang manfaat olahraga

Olahraga
Olahraga penting untuk tubuh kita
Olahraga membuat jantung kita sehat
Jantung adalah bagian penting dari tubuh
Tubuh adalah pemberian tuhan
Tubuh harus dirawat agar tetap sehat
Dengan olahraga, tubuh sehat hatipun senang.

Ayo membaca
Dino jarang olahraga
Dino jarang berolahraga
Tubuh dino mudah lelah
Saat diajak berlari dino tidak kuat
Berolahraga sangat penting
Berolahraga harus dilakukan dengan teratur
Berolahraga menyehatkan tubuh
Otot dan jantung kita menjadi kuat

Simak cerita gurumu
Dayu pandai bermain simpai
Dayu mengajari teman-temannya bermain simpai
Pertama, berdiri dengan dua kaki terbuka
Kedua tangan memegang simpai di depan perut
Simpai diputar ke arah kanan liukkan tubuhmu sesuai arah putaran simpai
Gerakkan simpai putar arah bergantian ke kiri

Hari/Tanggal: Kamis, 15 Agustus 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui kegiatan membaca dan mengidentifikasi teks, siswa dapat menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan yang sesuai dengan teks
2.      Melalui kegiatan menceritakan gambar, siswa mampu melafalkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
Materi Pembelajaran: Berdiskusi tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan 

Olahraga Kegemaran
Siti suka berlari
Lani suka bersepeda
Edo suka sepak bola
Dayu suka berenang
Beni dan Udin suka olahraga kasti
Olagraga kegemaran mereka berbeda
Tetapi mereka sering berolahraga bersama
Ayo Mendengarkan
Rukun Bermain Bulutangkis
Sifa, yuda dan lana berteman
Sifa, yuda dan lana tidak pernah bertengkar
Minggu pagi lana dan yuda bermain ke rumah sifa
Sifa mengajak bermain bulu tangkis
Sifa punya duah buah raket
Sifa, yuda dan lana bermain bulu tangkis bergantian
Sifa, yuda dan lana rukun bermain bulu tangkis

Hari/Tanggal: Jumat, 16 Agustus 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan membaca teks informasi, siswa dapat menunjukkan gambar tentang berbagi jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
2.      Melalui kegiatan bercerita tentang olahraga kegemaran, siswa dapat melafalkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
3.      Dengan mengamati teks informasi, siswa dapat menyebutkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah dengan tepat
4.      Siswa dapat memeragakan dua cara melakukan satu kegiatan yang boleh dilakukan di rumah dengan tepat dan percaya diri
Materi Pembelajaran:
1.      Mengamati teks tentang berbagai jenis olahraga
2.      Mendiskusikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika berolahraga

Dengarkan teks yang dibacakan gurumu!
Sepak Bola
Edo suka olahraga sepak bola
Satu tim sepak bola terdiri atas sebelas pemain
Mereka saling bekerja sama
Ada dua tim dalam pertandingan
Setiap pemain membela timnya masing-masing
Dalam permainan tim lain menjadi lawan
Tapi kembali berkawan selesai bermain
Yang menang tidak boleh sombong
Yang kalah tidak perlu sedih
Ayo Membaca
Lapangan Bersih
Olahraga bola basket dilakukan di lapangan
Kebersihan lapangan harus dijaga
Bermain di lapnangan bersih itu nyaman


Lengkapilah kalimat berikut dengan kata yang tersedia
Menjaga         Mencoret        Bersih             Dilarang         Disapu
1.      Lingkungan sekolah harus ................
2.      Kita ............... membuang sampah sembarangan
3.      Lantai dibersihkan dengan cara ................
4.      Jangan ................. dinding sekolah
5.      Setiap orang harus .................. kebersihan
Ayo Mendengarkan
Janji Bermain Bola Basket
Deni pulang sekolah
Deni bertemu badi di lapangan basket
Badi mengajak deni bermain bola basket
Deni setuju ajakan badi
Tapi deni harus pulang lebih dahulu
Deni harus berganti baju
Baju seragam bukan untuk bermain
Setelah bergantia baju deni akan bertemu badi di lapangan basket
Deni dan badi saling mengucapkan salam deni segera pulang










Tidak ada komentar:

Posting Komentar