Pages

Pages - Menu

Jumat, 19 Mei 2023

Jumat, 19 Mei 2023

           TEMA 8 PRAJA MUDA KARANA

SUBTEMA 4 AKU SUKA BERKARYA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Tema 8             : Praja Muda Karana

Subtema 4      : Aku Suka Berkarya

Pembelajaran         : 3

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi pokok pikiran tentang konsep

delapan arah mata angin dan pemanfaatannya dalam denah dengan benar. 

2. Setelah mengamati, siswa dapat menceritakan kembali ide pokok dari informasi

yang didengar/disajikan tentang  delapan arah mata angin dan pemanfaatannya

dalam denah dengan tepat.

3. Setelah mengamati, siswa dapat menginterpretasikan data yang disajikan dalam

bentuk diagram gambar dengan benar.


Menulis cerita berdasarkan pikiran pokok yang ditetapkan

Pada umumnya dalam menyusun paragraf berdasarkan gambarnya menggunakan gambar gambar seri. Gambar seri ialah rangkaian dari beberapa gambar yang menggambarkan sebuah peristwa. Tiap tiap bagian dari gambar tersebut memiliki ceritanya masing masing.

Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.

Gambar-gambar inilah yang nantinya disusun secara urut hingga membentuk cerita yang runtut dan menarik. Langkah pertama dalam menyusun gambar seri ialah menentukan judul cerita dari gambar tersebut. Langkah selanjutnya ialah penentuan peristiwa pertama pada gambar. Peristiwa tersebut harus disusun dengan urut dan logis.

Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu pikiran pokok. Penulisan paragraf dimulai dengan garis baru. Pikiran pokok adalah ide utama dari sebuah paragraf.
Gambar Seri
Tuliskan karangan sebanyak 4 paragraf! Tuliskan karangan berdasarkan pikiran pokok yang diberikan! Perhatikan gambar untuk membantumu! Berikut ini adalah pikiran pokok dari setiap paragraf.
  1. Hari Minggu Udin melakukan perjalanan di lingkungan sekitar.
  2. Sebelum melakukan perjalanan, Udin mempelajari denah lokasi terlebih dahulu.
  3. Selama perjalanan, Udin dan teman-teman selalu bekerja sama.
  4. Udin dan teman-teman merasa senang melakukan kegiatan perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar