Pages

Pages - Menu

Rabu, 04 Oktober 2023

Kamis, 05 Oktober 2023

 TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 2 ( WUJUD BENDA)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Kamis , 5 Oktober 2023

Tema/ Sub Tema : 3/2

Subtema  2           :  wujud benda

Pembelajaran         : 3

Tujuan Pembelajaran :

Dengan membuat prediksi sifat benda padat, siswa terlatih untuk memberikan pendapatnya berdasarkan pengamatan dengan percaya diri.

2.  Dengan memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan jarak, siswa dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan benar.

3.    Dengan memerhatikan tempo musik, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lambat kaki saat menari.

 

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mengetahui wujud benda yaitu padat, cair dan gas. Masing – masing wujud benda memiliki sifatnya yang berbeda – beda mari kita pelajari sifat dari benda padat.

Benda Padat

Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda - benda tersebut digolongkan sebagai benda padat?


Perhatikan tangga satuan di bawah ini!



Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati  uang (volume).

Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.


Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Latihan soal :

1.     Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!

A.    Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!

B.    Tuliskan sifat benda padat berdasarkan  pengamatanmu!



2.    Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km. Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya,ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar