Pages

Pages - Menu

Minggu, 22 September 2024

Senin, 23 September 2September 2024

 TEMA 3 (BENDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Senin, 23 September 2024

Tema/ Sub Tema : 3/1

Pembelajaran : 3

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :

1.   Dengan membaca teks mengenai benda yang terbuat dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks dengan tepat.

2.   Dengan mengamati benda-benda dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas dengan tepat.

3.        Dengan mengiringi lagu, siswa dapat mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.

4.    Dengan mengamati alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.

Cobalah kamu menulis diatas kaca.Apakah hasil tulisan mu di atas kaca seperti di kertas ?kertas memiliki sipat dapat menyerap air . Kertas dapat menyerap tintah pulpen dengan baik.Dengan demikian 'semua yang kamu tulis dikertas dapat dibaca dengan jelas.




Kertas dapat digunakan untuk menulis.Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? ternyata" tidak dapat .mengapa? 

karena" alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan .Contoh nya antara lain gendang . Cara memainkannya dengan dipukul.Kamu dapat bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan. 

Bahan dasar kertas adalah kayu. kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerta" perhatikan gambar di bawah ini 

Bahan dasar kertas adalah kayu. kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerta" perhatikan gambar di bawah ini 


pohon manakah yang paling tinggi  ? Bagaiamana caramu mengukur tinggi suatu pohon ?

Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu . Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan  alat ukur yang sama ?

Alat ukur panjang benda bermacam macam . Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.


NO

Bagian Yang Di Ukur

Jenis Alat Ukur Yang Digunakan

1.

Tinggi Badanmu

….

2.

Panjang Lingkar Pinggang

….

3.

Panjang meja kelas

4.

Lebar papan tulis di kelasmu

Meteran Saku

5.

Panjang halaman Sekolah

….

Demikian materi yang bu guru sampaikan hari ini, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT..Aamin 🤲

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.

(Materi masih melanjutkan dengan materi yang kemarin karena belum seluruhnya disampaikan)


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik sudah mampu mengenal alat ukur dan pesereta didik dapat menyelesaikan soal bagai mana cara mengukur benda benda disekitar dan menuliskan hasil pengukuran kedalam tabel.
Disini peserta didik praktik langsung cara mengukur benda seperti panjang buku, kotak pinsil, pulpen, penghapus dan botol minum menggunakan penggaris.

Dokumentasi:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar