Pages

Pages - Menu

Selasa, 29 Oktober 2024

Kamis, 31 Oktober 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 1 (KEAJAIBAN DAN HAKKU DI RUMAH) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Kamis, 31 Oktober 2024

Tema/ Sub Tema : 4/1

Subtema  1           :  Hak dan Kewajibanku di Rumah

Pembelajaran        : 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Kerja Kelompok, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang membuat kalimat saran serta menentukan dua bilangan yang hasilnya telah ditentukan. Hari ini kita akan mempelajari tentang kewajiban dan hakku sebagai anggota keluarga berkaitan dengan tempat tinggal.

Adapun tujuan pembelajaran kita hari ini adalah,

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dapat menunjukkan ungkapan  atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

2.        Dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan tempat tinggal dengan tepat.

3.        Dapat menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah diketahui dengan benar.

 

Rumah Tempat Berlindung

Setiap orang wajib melindungi dirinya dari bahaya. Salah satu tempat berlindung adalah tempat tinggal. Setiap orang berhak mendapatkan tempat tinggal. Tempat tinggal biasanya berbentuk rumah. Rumah memiliki bentuk yang berbeda-beda, tetapi  manfaatnya sama. Rumah merupakan tempat berlindung dan beristirahat. Rumah juga tempat berkumpul bersama keluarga. Kita tidur, mandi, makan, dan melepas lelah di rumah. Kita juga belajar banyak hal di rumah. Udin dan Mutiara  mengeluhkan rumah mereka yang bocor. Ibu menasihati mereka agar bersyukur atas semua yang dimiliki. Ibu menyarankan mereka agar melihat orang-orang yang lebih susah.

Banyak anak yang tidak memiliki rumah. Banyak anak yang tetap bahagia meski rumahnya banjir. Dengan bersyukur, hati akan senang.


Kamu wajib bersyukur memiliki tempat tinggal.

Tempat tinggal akan melindungi dirimu dari bahaya. Kamu juga wajib merawat dan melindungi tempat tinggalmu.


Kewajiban dan Hak di Rumah

1. Bersyukur karena memiliki tempat tinggal.

2. Mendapat rumah yang bersih dan rapi.

3. Bicara lembut dan sopan.

4. Membantu merapikan dan menata rumah.

5. Dicintai, dijaga, dilindungi, dan dihargai.

6. Saling mencintai, menjaga, melindungi, dan menghargai.

7. Diperlakukan dengan lembut dan sopan.

8. Saling menolong dan memaafkan.

9. Mendapat tempat tinggal.

10. Menjaga kebersihan dan kerapian rumah.

contoh:

. . .  + . . .  = 898

kamu bisa tentukan bilangan pertama, misalkan 416

416 + . . . = 898

Untuk mencari bilangan yang belum diketahui = 898 – 416 = 482

Rumahku Bersih dan Nyaman

Rumah adalah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menjadikan rumah terasa sejuk. Ayah menjadikan rumah terasa aman. Anak-anak menjadikan rumah terasa menyenangkan.

Setiap anggota keluarga wajib menjaga tempat tinggal agar bersih. Tempat tinggal bersih membuat mereka nyaman. Tempat tinggal bersih juga mencegah mereka dari sakit.

Bagaimana kita bisa mendapatkan tempat tinggal yang bersih?

Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan rumah bersih. Mereka bersama-sama menjaga lantai agar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur bersih dari sampah. Halaman tertata rapi.

Bermain adalah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya baru selesai mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng tempat menyimpan kelereng jatuh. Oleh karena itu, kelereng berserakan di ruang tengah.

Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang bisa dikumpulkan kakak Udin?

Pola Irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang dan pendeknya bunyi dapat di hitung melalui ketukan. ketukan tersebut digambarkan seperti bunyi detak jarum jam. Pola irama akan berjalan menurut Birama. Birama adalah kuat dan lemahnya bunyi dalam lagu. 

Setiap lagu mempunyai irama. ada yang bunyinya tinggi ada yang rendah, dan ada yang sedang. Bunyi yang memiliki getaran yang teratur disebut dengan Nada. Nada - nada yang di rangkai akan menjadi sebuah lagu yang indah jika di dengarkan. 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Udin dan Mutiara ingin rumahnya selalu rapi.

Apa saja kewajiban yang harus Udin dan Mutiara lakukan? Apa saja hak Udin dan Mutiara?

Jawablah pertanyaan di atas dengan video menjelaskan Hak dan Kewajiban yang harus di lakukan Udin dan Mutiara jika ingin rumahnya selalu rapi!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu membuat kalimat saran. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami bagai mana cara membuat kalimat saran. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar