Pages

Pages - Menu

Selasa, 30 September 2025

Kamis, 01 Oktober 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Kamis,  02 Oktober 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS

Alat Peraga : lukisan seni rupa, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranbhari pada hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi unsur - unsur Seni Rupa (garis, bentuk, warna, tekstur, dan ruang) dalam sebuah karya seni rupa menggunakan Kosa kata yg sesuai.

📌 Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan diraba. Contohnya seperti lukisan, patung, gambar, kerajinan, dan karya lainnya.


🎨 Unsur-Unsur Seni Rupa

Seni rupa dibentuk oleh beberapa unsur. Unsur adalah bagian penting yang membuat karya seni menjadi indah. Berikut adalah unsur-unsur seni rupa:


1. Garis

  • Garis adalah goresan atau batas dari suatu bentuk.

  • Garis bisa lurus, melengkung, zig-zag, atau bergelombang.

  • Garis digunakan untuk membuat gambar atau membentuk objek.

📌 Contoh: Garis lurus digunakan untuk menggambar rumah. Garis melengkung bisa digunakan untuk menggambar awan atau wajah tersenyum.


2. Bentuk

  • Bentuk adalah wujud dari suatu benda.

  • Bentuk bisa dua dimensi (2D) seperti gambar di atas kertas (panjang dan lebar), atau tiga dimensi (3D) seperti patung (panjang, lebar, dan tinggi).

  • Ada bentuk geometris (seperti segitiga, persegi) dan organik (bentuk bebas seperti daun, awan, atau batu).

📌 Contoh: Lingkaran, persegi, segitiga, bentuk daun, dan bentuk binatang.

  • dari suatu benda, apakah halus, kasar, licin, atau bergelombang.

  • Tekstur bisa nyata (bisa diraba) atau semu (hanya terlihat di gambar, tapi tidak bisa diraba).

📌 Contoh: Daun asli terasa kasar (tekstur nyata), tapi daun di gambar hanya terlihat seperti kasar (tekstur semu).

3. Warna

  • Warna membuat karya seni lebih hidup dan menarik.

  • Ada warna primer (merah, kuning, biru), warna sekunder (hasil campuran dua warna primer), dan warna netral (hitam, putih, abu-abu).

📌 Contoh: Merah bisa digunakan untuk menggambar apel, biru untuk laut, hijau untuk daun.


4. Tekstur

  • Tekstur adalah kesan permukaan dari suatu benda, apakah halus, kasar, licin, atau bergelombang.

  • Tekstur bisa nyata (bisa diraba) atau semu (hanya terlihat di gambar, tapi tidak bisa diraba).

📌 Contoh: Daun asli terasa kasar (tekstur nyata), tapi daun di gambar hanya terlihat seperti kasar (tekstur semu).


5. Ruang

  • Ruang adalah kesan luas atau dalam dalam suatu karya seni.

  • Dalam gambar 2 dimensi, ruang bisa dibuat dengan teknik bayangan, ukuran, atau letak.

  • Dalam karya 3 dimensi, ruang bisa benar-benar ada, seperti ruang kosong di dalam vas bunga atau patung.

📌 Contoh: Dalam gambar pemandangan, gunung yang jauh digambar lebih kecil, sedangkan pohon di depan digambar lebih besar agar terlihat dekat.

MATA PELAJARAN: IPAS

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan pengertian perubahan wujud benda.

  2. Menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis perubahan wujud benda (mencair, membeku, mengembun, menguap).

  3. Memberikan contoh peristiwa perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari.

  4. Mengidentifikasi perubahan wujud benda melalui pengamatan sederhana.


B. Pengertian Wujud dan Perubahan Wujud Benda

Wujud benda ada tiga:

  1. Padat – bentuk dan volume tetap (contoh: batu, meja).

  2. Cair – bentuk mengikuti wadah, volume tetap (contoh: air, susu).

  3. Gas – bentuk dan volume berubah-ubah (contoh: udara, asap).

Perubahan wujud benda terjadi karena adanya perubahan suhu (panas/dingin).


C. Jenis-Jenis Perubahan Wujud Benda

1. Mencair (Meleleh)

  • Pengertian: Perubahan wujud dari padat menjadi cair.

  • Penyebab: Pemberian panas.

  • Contoh:

    • Es batu yang dibiarkan di udara lama-lama mencair.

    • Mentega dipanaskan menjadi cair.

  • Kesimpulan: Benda mencair karena menerima panas.


2. Membeku

  • Pengertian: Perubahan wujud dari cair menjadi padat.

  • PenyebabKehilangan panas atau didinginkan.

  • Contoh:

    • Air dimasukkan ke dalam freezer menjadi es batu.

    • Lilin cair menjadi keras saat dingin.

  • Kesimpulan: Benda membeku karena melepaskan panas.


3. Menguap

  • Pengertian: Perubahan wujud dari cair menjadi gas.

  • Penyebab: Pemberian panas.

  • Contoh:

    • Air yang dipanaskan menjadi uap.

    • Jemuran yang kering karena air menguap terkena matahari.

  • Kesimpulan: Benda menguap karena menerima panas.


4. Mengembun

  • Pengertian: Perubahan wujud dari gas menjadi cair.

  • PenyebabPendinginan gas.

  • Contoh:

    • Uap air dari napas yang menempel di kaca menjadi titik air.

    • Tutup panci yang basah saat memasak air.

  • Kesimpulan: Gas menjadi cair karena suhu dingin (kehilangan panas).


D. Diagram Alur Perubahan Wujud Benda

Padat ⇄ Cair ⇄ Gas

Mencair: Padat → Cair  
Membeku: Cair → Padat  
Menguap: Cair → Gas  
Mengembun: Gas → Cair


E. Kegiatan Sederhana (Praktik Observasi di Rumah atau Sekolah)

  1. Letakkan es batu di dalam mangkuk dan amati apa yang terjadi setelah beberapa menit.

  2. Panaskan air di dalam panci tertutup dan amati uap dan tetesan air di tutup panci.


F. Kesimpulan

  • Perubahan wujud benda dipengaruhi oleh suhu.

  • Ada 4 perubahan wujud yang umum: mencair, membeku, menguap, dan mengembun.

  • Setiap perubahan wujud memiliki ciri khas dan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

KESIMPULAN DAN REFLEKSI

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini  sebagian murid mampu memahami wujud benda beserta ciri - cirinya dan dapat menyebutkan contohnya. Namun masih ada murid yang belum memahami apa itu wujud benda serta menyebutkan contoh contohnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberikan contoh kongkret. Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar