Pages

Pages - Menu

Selasa, 02 September 2025

Rabu, 03 September 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Rabu, 03 September 2025

Mata Pelajaran : B Indonesia, Seni Rupa dan Ipas

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang menjumlah dengan tekhnik tanpa menyimpan. Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

BAHASA INDONESIA

TUJUAN PEMBELAJARAN

Alur Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan membaca cerita "Awas! " Murid dapat memahami dan menggunakan kata - kata dengan tepat. 

Materi

Imbuhan ber -

Materi Bahasa Indonesia Kelas 4: Imbuhan "ber-"

Pengertian Imbuhan "ber-"

Imbuhan "ber-" adalah awalan (prefix) yang ditambahkan di depan kata dasar untuk membentuk kata kerja atau kata sifat. Imbuhan ini biasanya menyatakan:

  • Melakukan suatu kegiatan atau keadaan

  • Memiliki atau menggunakan sesuatu

  • Mengeluarkan bunyi

  • Menunjukkan keadaan

Fungsi dan Makna Imbuhan "ber-"

FungsiContoh KataArti
Menyatakan melakukan kegiatanberlari, berjalanmelakukan kegiatan lari atau jalan
Menyatakan memiliki atau menggunakanbersenjata, berpakaianmemiliki senjata, memakai pakaian
Menyatakan bunyi atau suarabersuara, berteriakmengeluarkan suara, berteriak
Menyatakan keadaanbersih, beraniberada dalam keadaan bersih atau berani

Contoh Kata Berimbuhan "ber-"

Kata DasarKata BerimbuhanArti
lariberlarisedang melakukan kegiatan lari
jalanberjalansedang melakukan kegiatan jalan
pakaianberpakaianmenggunakan pakaian
suarabersuaramengeluarkan suara
senjatabersenjatamembawa senjata
kerjabekerjamelakukan pekerjaan
bicaraberbicaramelakukan kegiatan berbicara

Ciri-Ciri Kata Berimbuhan "ber-"

  1. Diletakkan di awal kata (awalan).

  2. Tidak mengubah arti kata dasar secara drastis, tetapi menambahkan makna kegiatan, keadaan, atau kepemilikan.

  3. Kata hasil imbuhan bisa langsung digunakan dalam kalimat.

Contoh Kalimat

  1. Adik sedang bermain di halaman.

  2. Ayah berangkat kerja setiap pagi.

  3. Ibu selalu berbelanja di pasar tradisional.

  4. Polisi itu berseragam rapi.

  5. Siswa-siswa berbaris di lapangan.


Latihan Soal (Isian Singkat)
  1. Kata dasar “jalan” → kata berimbuhan: _______

  2. Kata dasar “bicara” → kata berimbuhan: _______

  3. Ibu sedang _______ di dapur. (kata berimbuhan dari "masak")

  4. Siswa diminta untuk _______ dengan rapi. (kata berimbuhan dari "baris")

  5. Kakak sedang _______ bola di lapangan. (kata berimbuhan dari "main")


Seni Rupa

Tujuan Pembelajaran

TUJUAN PEMBELAJARAN: 

Menghubungkan dua atau lebih unsur rupa dengan satu prinsip desain dalam satu karya atau objek visual

Materi :

​🎨 Seni Rupa: Menggabungkan Unsur dan Prinsip Desain

​Dalam seni rupa, ada dua hal penting yang perlu kamu ketahui: unsur rupa dan prinsip desain.

​1. Unsur Rupa (Apa yang kamu gunakan)

​Unsur rupa adalah bahan-bahan dasar atau "blok bangunan" yang digunakan untuk membuat sebuah karya seni. Unsur-unsur ini bisa kamu lihat dan sentuh.

  • Titik: Bagian terkecil dari sebuah gambar.
  • Garis: Gabungan dari titik-titik yang berderet. Garis bisa lurus, melengkung, tebal, tipis, dan lainnya.
  • Bidang: Gabungan dari garis-garis yang membentuk area tertutup (seperti segitiga, persegi).
  • Bentuk: Objek tiga dimensi (seperti kubus, bola).
  • Warna: Warna primer (merah, kuning, biru) dan warna sekunder (hijau, ungu, oranye).
  • Tekstur: Permukaan yang bisa dirasakan, seperti halus, kasar, atau licin.
  • Gelap Terang: Perbedaan cahaya yang membuat objek terlihat lebih nyata.

​2. Prinsip Desain (Bagaimana kamu menggunakannya)

​Prinsip desain adalah aturan atau cara yang digunakan untuk menyusun unsur-unsur rupa agar terlihat harmonis dan indah. Ini seperti "resep" yang membuat masakan menjadi lezat.

  • Keseimbangan (Balance): Membuat karya terlihat stabil. Bisa simetris (sama di kedua sisi) atau asimetris (berbeda tapi tetap seimbang).
  • Irama (Rhythm): Pengulangan unsur yang teratur untuk menciptakan gerakan, seperti ombak di laut.
  • Kesatuan (Unity): Membuat semua unsur dalam karya terlihat terhubung dan tidak terpisah-pisah.
  • Pusat Perhatian (Emphasis): Menarik perhatian ke satu bagian paling penting dalam karya.
  • Proporsi (Proportion): Perbandingan ukuran antara satu unsur dengan unsur lainnya.
  • Kontras (Contrast): Perbedaan yang kuat antara unsur, misalnya warna terang dan gelap atau garis tebal dan tipis.

​🖼️ Menghubungkan Unsur dan Prinsip

​Sekarang, mari kita coba menggabungkan unsur rupa dengan prinsip desain dalam sebuah karya. Tujuannya adalah membuat karya yang tidak hanya terdiri dari unsur-unsur, tetapi juga memiliki "makna" dan "rasa".

Contoh: Menggunakan prinsip Kontras untuk menggabungkan dua unsur rupa.

​Kamu bisa membuat sebuah karya sederhana dengan menggabungkan unsur garis dan warna menggunakan prinsip kontras.

  1. Siapkan bahan: Kertas gambar, pensil warna, atau spidol.
  2. Pilih dua unsur rupa: Kita akan menggunakan garis dan warna.
  3. Pilih satu prinsip desain: Kita akan menggunakan kontras. Kontras warna yang paling mudah adalah warna yang berlawanan, seperti hitam dan putih atau merah dan hijau.
  4. Proses Berkarya:
    • ​Mulailah dengan membuat pola garis yang tebal dan melengkung di seluruh kertas.
    • ​Lalu, warnai area di dalam garis dengan warna terang (misalnya, kuning).
    • ​Warnai area di luar garis dengan warna yang sangat kontras atau berlawanan (misalnya, biru gelap).
    • ​Lihatlah hasilnya! Karya ini menggabungkan unsur garis dan warna dengan prinsip kontras, sehingga menghasilkan karya yang dinamis dan menarik perhatian. 
IPAS

Tujuan Pembelajaran :

Menunjukan contoh upaya pelestarian makhluk hidup di lingkungan sekitarnya.

Materi IPAS Kelas 4

Upaya Pelestarian Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar


🌱 Pengertian Pelestarian Makhluk Hidup

Pelestarian makhluk hidup adalah usaha yang dilakukan untuk menjaga agar tumbuhan dan hewan tetap hidup, tidak punah, dan tetap bisa berkembang biak di lingkungan alamnya.

🐾 Tujuan Pelestarian Makhluk Hidup

  • Mencegah kepunahan tumbuhan dan hewan.

  • Menjaga keseimbangan ekosistem.

  • Menjaga keberagaman hayati (keanekaragaman makhluk hidup).

  • Memberikan manfaat jangka panjang bagi manusia dan lingkungan.

🏡 Contoh Upaya Pelestarian Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar

🌳 1. Menanam Pohon dan Merawat Tanaman

  • Menanam pohon di sekitar rumah atau sekolah.

  • Merawat tanaman dengan menyiram dan memberi pupuk.

  • Tidak merusak tumbuhan di taman atau hutan.

🐢 2. Melindungi Hewan

  • Tidak membunuh hewan sembarangan.

  • Memberi makan hewan liar secara bijak.

  • Tidak menangkap hewan yang dilindungi.

🚯 3. Menjaga Kebersihan Lingkungan

  • Tidak membuang sampah sembarangan.

  • Membersihkan sungai dan selokan agar ikan bisa hidup.

  • Mengurangi penggunaan plastik.

📚 4. Edukasi dan Kampanye Lingkungan

  • Mengajak teman untuk ikut menjaga lingkungan.

  • Membuat poster atau brosur tentang pentingnya pelestarian makhluk hidup.

  • Mengikuti kegiatan pecinta alam atau komunitas lingkungan.

🌿 5. Mendukung Pelestarian Tumbuhan dan Hewan Langka

  • Mengunjungi kebun raya atau taman nasional.

  • Mendukung penangkaran hewan langka.

  • Tidak membeli produk dari hewan yang dilindungi (misalnya: gading, sisik trenggiling).


🌏 Contoh Makhluk Hidup yang Perlu Dilestarikan

TumbuhanHewan
Rafflesia arnoldii (bunga bangkai)Harimau sumatra
Anggrek bulanGajah asia
Pohon merantiOrangutan
MangroveBurung cendrawasih

📌 Kesimpulan

Pelestarian makhluk hidup adalah tanggung jawab semua orang. Dengan menjaga tumbuhan dan hewan di sekitar kita, kita ikut menjaga kehidupan di bumi agar tetap seimbang dan berkelanjutan.


✏️ Latihan Soal (Jawaban Singkat)

  1. Sebutkan dua contoh hewan yang perlu dilestarikan!

  2. Mengapa kita harus menanam pohon di lingkungan rumah?

  3. Apa manfaat menjaga kebersihan lingkungan bagi makhluk hidup?

  4. Apa yang bisa kamu lakukan jika melihat teman membuang sampah sembarangan?

  5. Sebutkan satu upaya pelestarian tumbuhan dan satu untuk hewan!


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini  sebagian murid sudah mampu membuat pola batik dengan menggabungkan dua unsur rupa. Namun masih ada murid yang belum dapat membuat pola batik pada unsur rupa. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang dan memberikan contoh macam macam pola batik. lhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar