Pages

Pages - Menu

Minggu, 21 September 2025

Senin, 22 September 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Senin, 22 September 2025

Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap disiplin serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗BAHASA INDONESIA


ELEMEN : 

Berbicara dan mempresentasikan

Tujuan Pembelajaran 

Melalui diskusi kelompok, peserta didik dapat mengemukakan pendapat dengan jelas, dengan suara dan intonasi yang baik

CP

Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal-hal di lingkungan sekitar. 

 MATERI

 *Materi Bahasa Indonesia* Kelas 4

Mengemukakan Pendapat dalam Diskusi Kelompok

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

Mengemukakan pendapat dengan jelas dalam diskusi kelompok.

Menggunakan suara yang cukup keras dan intonasi yang tepat saat berbicara.

Menghargai pendapat teman dalam diskusi.

 *B. Pengertian Diskusi Kelompok* 

Diskusi kelompok adalah kegiatan bertukar pikiran atau membahas suatu topik bersama beberapa orang dalam satu kelompok.


 *Tujuannya adalah:* 

Menyelesaikan masalah bersama.

Mendapatkan ide atau pendapat yang beragam.

Melatih kerja sama dan rasa saling menghargai.


C. Cara Mengemukakan Pendapat yang Baik

Agar pendapat kita mudah dipahami dalam diskusi, perhatikan hal-hal berikut:

1. Berbicara dengan Jelas

Ucapkan kata-kata dengan benar dan tidak terburu-buru.

Gunakan kalimat yang mudah dipahami.


2. Gunakan Suara yang Cukup Keras

Jangan terlalu pelan atau terlalu keras.

Pastikan teman satu kelompok bisa mendengarkan dengan nyaman.


3. Gunakan Intonasi yang Tepat

Naik-turunkan suara sesuai dengan bagian penting dari kalimat.

Jangan berbicara dengan nada datar.


4. Sampaikan Pendapat dengan Sopan

Gunakan kata-kata seperti:

“Menurut saya...”

“Saya berpendapat bahwa...”

“Kalau saya boleh menyarankan...”

5. Hargai Pendapat Orang Lain

Jangan memotong pembicaraan teman.

Dengarkan dengan baik.

Tidak mengejek pendapat orang lain, walaupun berbeda.


D. Contoh Situasi Diskusi

Topik: "Apakah kantin sekolah sebaiknya menjual jajanan sehat saja?"

Contoh siswa menyampaikan pendapat:

“Menurut saya, kantin sekolah sebaiknya hanya menjual jajanan sehat, karena bisa menjaga kesehatan kita. Makanan tidak sehat bisa membuat sakit.”

 *Perhatikan:* 

- Kalimat jelas.

- Suara terdengar oleh semua teman.

- Intonasi tegas dan tidak monoton.

- Pendapat disampaikan dengan sopan.

 *E. Latihan* 


Tugas Kelompok:

Bentuk kelompok kecil (4–5 orang). Diskusikan topik berikut:

“Apakah kita perlu membawa bekal dari rumah setiap hari?”

Setiap siswa harus menyampaikan pendapatnya.

 *Penilaian:* 

1. Apakah pendapat disampaikan dengan jelas?

2. Apakah suara cukup terdengar?

3. Apakah intonasi digunakan dengan baik?

4. Apakah menghargai pendapat teman?

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan      operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000.

MATERI AJAR MATEMATIKA

PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN CAMPURAN (SOAL CERITA)

1. Pengertian Operasi Campuran Penjumlahan dan Pengurangan

Operasi campuran adalah soal yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan dalam satu soal.

Contoh operasi campuran sederhana:

  • 250 + 150 – 100 = 300

  • 1.200 – 500 + 100 = 800

 Urutan mengerjakan:
Kerjakan dari kiri ke kanan (jika hanya ada penjumlahan dan pengurangan).


2. Langkah-langkah Menyelesaikan Soal Cerita

  1. Baca dan pahami soal cerita dengan teliti.

  2. Tentukan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan.

  3. Tentukan operasi yang digunakan (penjumlahan/pengurangan atau keduanya).

  4. Hitung langkah demi langkah.

  5. Tulis jawaban lengkap dengan satuan.


3. Contoh Soal Cerita dan Pembahasannya

 Contoh 1:
Dina memiliki 350 kelereng. Ia membeli lagi 120 kelereng, lalu memberi 100 kelereng kepada adiknya.
Berapa kelereng yang dimiliki Dina sekarang?

Contoh 2:
Sebuah perpustakaan memiliki 1.500 buku. Dalam satu bulan, mereka menerima sumbangan 300 buku dan membuang 100 buku yang rusak.
Berapa jumlah buku sekarang?

Penyelesaian:

  • Awal: 1.500

  • Sumbangan: +300 → 1.500 + 300 = 1.800

  • Dibuang: –100 → 1.800 – 100 = 1.700

 Jawaban: Sekarang ada 1.700 buku di perpustakaan.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini  sebagian murid mampu melakukan oprasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Namun masih ada murid yg belum mampu cara melakukan penjumlahan dan pengurangan (operasi hitung campuran) . Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberi latihan kembali. Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar