Pages

Pages - Menu

Senin, 27 Oktober 2025

Selasa, 28 Oktober 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Selasa, 28 Oktober 2025

Mata Pelajaran : Matematika & P Pancasila

Alat Peraga : Teks cerita, Video, PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan, diskusi

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang menemukan dan menjelaskan kalimat transitif dan intransitif pada teks cerita, Nah hari ini kita akan melanjutkan pemebelajaran kita. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

MAPEL MATEMATIKA

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika dengan benar. 

SOAL LATIHAN ULANGAN:

Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!


I. Pecahan Senilai

  1. Pecahan senilai dengan 12 adalah ...

    • A. 24

    • B. 23

    • C. 35

    • D. 13
      ✅ Jawaban: A

  2. Manakah yang termasuk pecahan senilai dengan 34?

    • A. 610

    • B. 912

    • C. 58

    • D. 45
      ✅ Jawaban: B

  3. Jika 56=x12, maka nilai x adalah ...

    • A. 8

    • B. 9

    • C. 10

    • D. 11
      ✅ Jawaban: B

  4. Pecahan yang tidak senilai dengan 23 adalah ...

    • A. 46

    • B. 69

    • C. 812

    • D. 914
      ✅ Jawaban: D

  5. Nilai dari 710 jika dijadikan pecahan senilai dengan penyebut 100 adalah ...

    • A. 70100

    • B. 75100

    • C. 80100

    • D. 65100
      ✅ Jawaban: A


  6. II. Pecahan Campuran

    1. Bentuk pecahan biasa dari 213 adalah ...

      • A. 43

      • B. 53

      • C. 63

      • D. 73
        ✅ Jawaban: D

    2. Hasil dari 325+115 adalah ...

      • A. 435

      • B. 515

      • C. 535

      • D. 615
        ✅ Jawaban: C

    3. Pecahan campuran dari 114 adalah ...

      • A. 234

      • B. 224

      • C. 314

      • D. 214
        ✅ Jawaban: A

    4. Nilai dari 412223 adalah ...

      • A. 112

      • B. 156

      • C. 146

      • D. 1512
        ✅ Jawaban: B

    5. 538+258= ...

    • A. 768

    • B. 818

    • C. 828

    • D. 778
      ✅ Jawaban: B

III. Pecahan Desimal

  1. Pecahan 12 dalam bentuk desimal adalah ...

  • A. 0,2

  • B. 0,5

  • C. 0,3

  • D. 0,7
    ✅ Jawaban: B

  1. Pecahan desimal dari 34 adalah ...

  • A. 0,25

  • B. 0,5

  • C. 0,75

  • D. 1,25
    ✅ Jawaban: C

  1. Bilangan 0,6 jika diubah menjadi pecahan adalah ...

  • A. 35

  • B. 25

  • C. 15

  • D. 45
    ✅ Jawaban: A

  1. Bilangan desimal dari 58 adalah ...

  • A. 0,5

  • B. 0,6

  • C. 0,625

  • D. 0,75
    ✅ Jawaban: C

  1. Bentuk desimal dari 3110 adalah ...

  • A. 3,01

  • B. 3,1

  • C. 3,01

  • D. 3,11
    ✅ Jawaban: B


IV. Campuran Konsep

  1. Pecahan 45810, dan 1215 adalah ...

  • A. Tidak senilai

  • B. Senilai

  • C. Sama besar

  • D. Desimal
    ✅ Jawaban: B

  1. Hasil dari 35+210 adalah ...

  • A. 510

  • B. 710

  • C. 810

  • D. 910
    ✅ Jawaban: D

  1. Urutan dari yang terkecil ke terbesar: 0,4 ; 23 ; 12 adalah ...

  • A. 0,4 ; 12 ; 23

  • B. 23 ; 12 ; 0,4

  • C. 12 ; 23 ; 0,4

  • D. 12 ; 0,4 ; 23
    ✅ Jawaban: A

  1. Pecahan desimal yang senilai dengan 910 adalah ...

  • A. 0,09

  • B. 0,9

  • C. 0,99

  • D. 0,91
    ✅ Jawaban: B

  1. 2310 jika diubah menjadi desimal adalah ...

  • A. 2,13

  • B. 2,3

  • C. 2,03

  • D. 2,33
    ✅ Jawaban: B

Pendidikan Pancasila
Murid mampu mengidentifikasi hak dan kewajiaban


📘 Mata Pelajaran: Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)

📗 Kelas: 4 SD

📚 Materi: Hak dan Kewajiban


🔹 A. Pengertian Hak dan Kewajiban

  1. Hak adalah sesuatu yang kita terima atau kita peroleh setelah kita melakukan kewajiban, atau sesuatu yang memang menjadi milik kita sejak awal.
    ➤ Contoh:

    • Hak untuk mendapatkan pendidikan.

    • Hak untuk bermain dengan teman.

    • Hak untuk mendapatkan kasih sayang dari orang tua.

  2. Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan atau tunaikan dengan penuh tanggung jawab.
    ➤ Contoh:

    • Kewajiban belajar dengan rajin.

    • Kewajiban menghormati orang tua dan guru.

    • Kewajiban menjaga kebersihan lingkungan.


🔹 B. Hubungan antara Hak dan Kewajiban

Hak dan kewajiban harus seimbang.
Artinya, kita tidak boleh hanya menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban.

💡 Contoh:

  • Kita berhak belajar di sekolah, tetapi juga wajib menaati peraturan sekolah.

  • Kita berhak bermain di taman, tetapi wajib menjaga kebersihan taman.

Jika kita melaksanakan kewajiban dengan baik, maka hak kita akan terpenuhi.


🔹 C. Contoh Hak dan Kewajiban di Lingkungan Sekitar

LingkunganHakKewajiban
Di RumahMendapat kasih sayangMembantu orang tua
Di SekolahBelajar dengan nyamanMenghormati guru dan menaati aturan
Di LingkunganBermain dan bergaul dengan temanMenjaga kebersihan dan ketertiban
Di NegaraMendapat perlindungan dan keadilanMentaati hukum dan menjaga persatuan

🔹 D. Akibat Tidak Melaksanakan Kewajiban

Jika kita tidak melaksanakan kewajiban, maka:

  • Hak kita bisa terbatas atau tidak terpenuhi.

  • Orang lain bisa dirugikan.

  • Lingkungan menjadi tidak nyaman.

💬 Contoh:
Jika kita membuang sampah sembarangan, lingkungan jadi kotor dan semua orang jadi tidak nyaman.


🔹 E. Nilai-Nilai yang Dapat Dipelajari

  • Tanggung jawab

  • Disiplin

  • Peduli terhadap sesama

  • Menghargai hak orang lain

  • Gotong royong


🔹 F. Soal Latihan

  1. Apa yang dimaksud dengan hak?

  2. Sebutkan tiga contoh kewajiban di sekolah!

  3. Apa akibat jika seseorang hanya menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban?

  4. Mengapa kita harus menghargai hak orang lain?

  5. Berikan contoh hak dan kewajibanmu di rumah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar