Pages

Pages - Menu

Senin, 24 November 2025

Rabu, 26 November 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Rabu, 26 November 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS

Alat Peraga : PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranb hari pada hari ini dengan penuh semangat ๐Ÿค—

SENI RUPA

Tujuan Pembelajaran :

- Memberikan penilaian sederhana terhadap karya seni rupa berdasarkan unsur rupa dan prinsip desain menggunakan kosa kata yang tepat.

Menunjukan sikap menghargai perbedaan gaya, teknik, kreativitas dalam penciptaan karya seni rupa

Soal Latihan :

1. Ketika menilai sebuah gambar, kita memperhatikan garis, warna, dan bentuk. Ketiga hal itu disebut …

A. Teknik
B. Unsur rupa
C. Alat berkarya
D. Prinsip desain

2. Gambar yang memiliki bagian kiri dan kanan tampak seimbang menunjukkan prinsip …
A. Keseimbangan
B. Penekanan
C. Irama
D. Proporsi

3. Ketika menilai sebuah lukisan, hal pertama yang dapat kita perhatikan adalah …
A. Judul gambar
B. Unsur rupa yang digunakan
C. Harga karya
D. Ukuran pigura

4. Jika sebuah gambar memiliki warna yang serasi dan tidak bertabrakan, maka gambar tersebut memiliki prinsip …
A. Kesatuan
B. Tekstur
C. Proporsional
D. Irama

5. Tekstur pada gambar daun tampak kasar. Penilaian ini menggunakan kosakata untuk menilai …

A. Warna
B. Garis
C. Bentuk
D. Tekstur

6. Jika garis pada gambar terlihat tebal dan kuat, kata yang tepat untuk menilainya adalah …
A. Lembut
B. Tipis
C. Tegas
D. Samar

7. Ketika seluruh unsur dalam gambar terlihat saling mendukung dan tidak bertabrakan, berarti gambar tersebut memiliki prinsip …
A. Kesatuan
B. Penekanan
C. Proporsi
D. Kontras

8. Ketika melihat karya teman yang berbeda gaya dengan karya kita, sikap yang tepat adalah …
A. Mengejek karya teman
B. Menghargai perbedaannya
C. Memaksa teman meniru gaya kita
D. Mengabaikan karya teman

9. Setiap orang dapat membuat karya seni dengan cara yang berbeda. Sikap kita sebaiknya …
A. Menyalahkan teknik yang berbeda
B. Menghargai setiap teknik yang digunakan
C. Mengkritik tanpa alasan
D. Meminta semua karya dibuat sama

10.Temanmu membuat poster dengan warna yang sangat cerah, sedangkan kamu memakai warna lembut. Cara menghargai perbedaan ini adalah …
A. Menganggap poster teman terlalu mencolok
B. Mengatakan warna teman salah
C. Menerima bahwa setiap orang punya pilihan warna
D. Meminta teman mengganti warnanya

11.  Ketika teman menggunakan teknik mozaik dan kita menggambar biasa, sikap yang benar adalah …A. Mengatakan tekniknya tidak bagus
B. Mengambil potongan kertas mozaiknya
C. Menghargai teknik yang ia pilih
D. Memaksa teman mengubah tekniknya

12. Saat menilai karya teman, kita harus memberi komentar yang………dan membangun.

13. Apa yang harus diperhatikan ketika memberi penilaian terhadap karya seni teman?

14. Tuliskan 3 jenis gaya pada seni rupa!

IPAS

Tujuan Pembelajaran :

- Mengenal jenis - jenis gaya 

- Mengenal gejala kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari hari

LATIHAN SOAL

1. Gaya yang dihasilkan oleh tarikan atau dorongan otot manusia disebut ...

A. Gaya pegas

B. Gaya magnet

C. Gaya otot

D. Gaya gravitasi

2. Gaya yang membuat benda selalu jatuh ke bawah adalah …

A. Gaya gesek

B. Gaya pegas

C. Gaya otot

D. Gaya gravitasI

3. Gaya yang timbul ketika dua permukaan saling bersentuhan disebut gaya …

A. Gravitasi

B. Gesek

C. Otot

D. Magnet

4. Magnet dapat menarik benda tertentu. Gaya yang bekerja adalah …

A. Gaya pegas

B. Gaya magnet

C. Gaya gesek

D. Gaya listrik

5. Saat kita menekan dan melepaskan pegas, pegas kembali ke bentuk semula karena …

A. Gaya gesek

B. Gaya magnet

C. Gaya pegas

D. Gaya otot

6. Ketika sepeda direm, gaya yang menyebabkan sepeda berhenti adalah gaya …

A. Otot

B. Gravitasi

C. Pegas

D. Gesek

7. Contoh penggunaan gaya otot adalah …

A. Menarik magnet

B. Mengangkat tas

C. Menjatuhkan bola

D. Kapur menempel pada papan

8. Lempar bola ke atas akan kembali turun karena …

A. Gaya magnet

B. Gaya gesek

C. Gaya gravitasi

D. Gaya otot

9. Bahan berikut yang dapat ditarik magnet adalah …

A. Karet
B. Kertas
C. Besi
D. Kayu

10. Salah satu gejala kemagnetan adalah magnet …
A. Dapat menembus semua benda
B. Memiliki dua kutub
C. Selalu berputar
D. Menghasilkan panas

11. Kutub magnet yang berbeda jika didekatkan akan …
A. Saling menolak
B. Tidak bereaksi
C. Saling menarik
D. Meleleh

12. Alat berikut yang memanfaatkan sifat magnet adalah …
A. Sapu
B. Kompas
C. Penggaris
D. Senter

13. Penerapan magnet dalam rumah tangga adalah …
A. Mengangkat batu bata
B. Menempelkan cat
C. Menutup pintu kulkas
D. Membersihkan kaca

14. Pada pintu kulkas terdapat magnet untuk …
A. Menghasilkan listrik
B. Menjaga pintu tetap tertutup rapat
C. Membuat makanan cepat dingin
D. Mengurangi gesekan

15. Gaya tarik magnet paling kuat terdapat pada …
A. Tengah magnet
B. Semua bagian sama kuat
C. Ujung dan tengah
D. Ujung atau kutub magnet

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb ๐Ÿฅฐ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ

Sabtu, 22 November 2025

Senin, 24 November 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Senin, 24 November 2025

Mata Pelajaran : B Indonesia dan Matematika

Alat Peraga : PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranb hari pada hari ini dengan penuh semangat ๐Ÿค—

BAHASA INDONESIA

Latihan Soal

1.    1. Dari teks di atas, kalimat “Ia menyiram bunga itu setiap hari agar tumbuh subur.” termasuk kalimat …

A. Intransitif karena tidak ada objek

B. Transitif karena memiliki objek “bunga”

C. Seru karena mengandung perasaan

D. Tanya karena ada kata tanya

2. Bacalah kalimat berikut!

“Rani berlari menuju halaman sekolah.”
Jenis kalimat tersebut adalah …
A. Transitif
B. Intransitif
C. Majemuk
D. Pasif

3“Ibu memasak sayur di dapur.”

Kalimat tersebut tergolong kalimat transitif karena …
A. Ada kata kerja yang diikuti objek
B. Tidak memiliki objek
C. Hanya memuat kata benda
D. Tidak memiliki predikat

4. Penggunaan kata “antusias” yang benar terdapat pada kalimat …

A. Ia sangat antusiasi mengerjakan ulangan.
B. Ia antusias mengikuti lomba baca puisi.
C. Ia sedang antusiasan dengan tugasnya.
D. Ia antusiasi dengan pelajarannya.

5. Kata “konsisten” paling tepat digunakan dalam kalimat …

A. Ia harus konsisten mengurangi jajan berlebihan.
B. Ia harus mengkonsistenkan teman-temannya.
C. Ia konsistenan dalam berbicara.
D. Ia sedang konsisteni buku itu.

6. Penggunaan kata “motivasi” yang benar terdapat pada kalimat …

A. Saya ingin memotivasi teman untuk belajar lebih giat.
B. Saya memotivasikan barang di meja.
C. Saya termotivasi buku ke dalam tas.
D. Saya sedang memotivasi pulpen ke teman.

7. Tanda baca yang benar untuk mengakhiri salam pembuka surat pribadi adalah …

A. Titik (.)
B. Koma (,)
C. Titik dua (:)
D. Titik koma (;)

8. Bagian surat pribadi yang berisi isi atau pesan inti disebut …

A. Salam pembuka
B. Isi surat
C. Tanda tangan
D. Salam penutup

9. Berikut ini truktur surat pribadi yang benar adalah....

A. Salam pembuka, Isi, penutup
B. Isi surat, penutup
C. Tempat dan tanggal surat, salam pembuka, isi dan penutup
D. tanggal surat, isi, penutup

10. Contoh salam penutup yang tepat pada surat pribadi adalah…

A. Dengan hormat
B. Sahabatku Budi
C. Sampai jumpa ya
D. Halo Dina!

11. Kata berawalan me- yang tepat untuk kata dasar “baca” adalah…

A. mebaca
B. memaca
C. membaca
D. menbaca

12. Kata dasar “tulis” jika diberi awalan me- berubah menjadi…
A. metulis
B. menulis
C. mentulis
D. menutlis

13. Perubahan awalan me- pada kata “sapu” yang benar adalah…
A. menyapu
B. mensapu
C. meyapu
D. mensyapu

14. Kata berawalan me- yang tepat untuk kata dasar “potong” adalah…
A. mepotong
B. memotong
C. menotong
D. mempotong

15. Kata dasar “cat” jika diberi awalan me- menjadi…
A. mecat
B. mencat
C. mengcat
D. men-cat

16. Perubahan awalan me- pada kata dasar “gambar” yang benar adalah…
A. mengambar
B. menggambar
C. megambar
D. menggam­bar

17. Kata dasar “nyanyi” jika diberi awalan me- menjadi…
A. mennyanyi
B. menyanyi
C. memnyanyi
D. me-nyanyi

18. Kata dasar “lihat” setelah mendapat awalan me- menjadi…
A. melikat
B. melihat
C. menlihat
D. melihatkan

19. Kata dasar “ketik” jika diberi awalan me- yang benar adalah…
A. mengetik
B. menketik
C. meketik
D. mengketik

20. Kata berawalan me- yang tepat untuk kata dasar “jarit” adalah…
A. mejari
B. menjari
C. menjarit
D. mejarit

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb ๐Ÿฅฐ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ

Kamis, 20 November 2025

Jumat, 21 November 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Jumat, 21 November 2025

Mata Pelajaran : PAK dan P Pancasila

Alat Peraga : PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranb hari pada hari ini dengan penuh semangat ๐Ÿค—

PENDIDIKAN PANCASILA

Tujuan Pembelajaran

Mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

Latihan Soal

1. Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan kasih sayang dari …

A. Teman
B. Guru
C. Keluarga
D. Tetangga

2. Salah satu kewajiban anak di rumah adalah …

A. Bermain sepanjang hari
B. Membantu orang tua
C. Menonton televisi
D. Tidur siang

3. Contoh hak sebagai warga sekolah adalah …

A. Mendapat teguran
B. Mendapat pelajaran
C. Membuang sampah sembarangan
D. Tidak masuk sekolah

4. Membersihkan kamar sendiri termasuk kewajiban sebagai …

A. Tetangga
B. Guru
C. Anggota keluarga
D. Penonton

5. Hak siswa di sekolah adalah memperoleh …

A. Hadiah setiap hari
B. Pendidikan yang baik
C. Libur tanpa batas
D. Uang saku dari guru

6. Kewajiban siswa terhadap guru adalah …

A. Membantah perintah guru
B. Menghormati guru
C. Menyuruh guru mengajar
D. Mengabaikan nasihat guru

7. Salah satu contoh pelaksanaan hak di rumah adalah …

A. Memaksa orang tua membeli mainan
B. Mendapat makanan yang sehat
C. Menonton TV sampai larut malam
D. Mengabaikan aturan keluarga

8. Kewajiban sebagai warga sekolah adalah …

A. Mengerjakan PR
B. Membuat aturan sendiri
C. Membolos sekolah
D. Mengabaikan guru

9. Membuang sampah pada tempatnya termasuk kewajiban …

A. Di sekolah saja
B. Di rumah saja
C. Di semua tempat
D. Di taman bermain saja

10. Mendapat perlindungan dari orang tua merupakan …

A. Hukuman
B. Kewajiban
C. Hak
D. Ancaman

11. Warga sekolah harus menjaga ketertiban agar …

A. Tidak ada yang belajar
B. Suasana sekolah menjadi nyaman
C. Guru tidak perlu mengajar
D. Semua boleh berteriak

12. Hak seorang anak di rumah adalah …

A. Dipaksa bekerja
B. Mendapat pendidikan
C. Menyetir kendaraan
D. Tidur larut tanpa batas

13. Mengikuti upacara bendera adalah kewajiban siswa dalam rangka …

A. Menjaga kebersihan
B. Menghormati negara
C. Mendapat hadiah
D. Membuang sampah

14. Bila tidak melaksanakan kewajiban, maka hak akan …

A. Tetap didapatkan
B. Bertambah
C. Bisa hilang
D. Tidak berubah

15. Contoh sikap melaksanakan kewajiban di rumah adalah …

A. Merusak barang di rumah
B. Menjaga kebersihan rumah
C. Bermalas-malasan
D. Berteriak-teriak

16. Pada saat belajar di kelas, kewajiban siswa adalah …

A. Bermain sendiri
B. Fokus pada pelajaran
C. Mengobrol dengan teman
D. Tidur

17. Contoh hak sebagai warga sekolah adalah …

A. Mendapatkan nilai baik tanpa belajar
B. Mendapat bimbingan dari guru
C. Tidak masuk kelas
D. Merusak fasilitas sekolah

18. Membantu ibu menyiapkan makanan adalah kewajiban …

A. Di bank
B. Di rumah
C. Di sekolah
D. Di toko

19. Sebagai anggota keluarga, kita wajib menghormati …

A. Hewan
B. Tumbuhan
C. Orang tua
D. Laptop

20. Hak siswa ketika sakit adalah …

A. Tidak diberi perhatian
B. Tetap dipaksa masuk sekolah
C. Mendapat izin tidak masuk
D. Dihukum

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb ๐Ÿฅฐ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ

Rabu, 19 November 2025

Kamis, 20 November 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Kamis, 20 November 2025

Mata Pelajaran : IPAS dan S Rupa

Alat Peraga : PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranb hari pada hari ini dengan penuh semangat ๐Ÿค—

MATERI SENI RUPA KELAS 4 SDTema: Mengeluarkan Pendapat tentang Hasil Karya Orang Lain๐ŸŽจ

 A. Tujuan Pembelajaran

    Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

    1. Mengamati hasil karya seni rupa teman atau orang lain dengan penuh perhatian.

    2. Mengungkapkan pendapat secara sopan dan jujur tentang hasil karya seni rupa.

    3. Memberikan masukan yang membangun (kritik dan saran) terhadap karya seni rupa.

    4. Menghargai setiap karya seni sebagai bentuk ekspresi individu.

  1. ๐Ÿง  D. Contoh Kegiatan di Kelas

    1. Guru membagi siswa menjadi kelompok kecil.

    2. Setiap kelompok menampilkan satu karya seni rupa hasil tugas sebelumnya (misalnya: gambar pemandangan).

    3. Siswa lain mengamati dan memberikan pendapat sesuai langkah-langkah di atas.

    4. Guru memandu diskusi agar semua siswa belajar memberi dan menerima pendapat dengan baik.


    ๐Ÿ† E. Nilai-nilai yang Dapat Dipetik

    • Belajar menghargai karya orang lain

    • Melatih kejujuran dan tanggung jawab

    • Menumbuhkan sikap sopan dan saling menghormati

    • Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif


    ✏️ F. Tugas / Latihan

    1. Amati satu karya temanmu di kelas (boleh gambar atau kerajinan).

    2. Tulislah pendapatmu menggunakan kalimat yang sopan:

      • Apa yang kamu sukai dari karya itu?

      • Apa saranmu agar karya itu lebih baik?

IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN: 

Murid dapat mengenal gejala kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI AJAR: PENERAPAN KEMAGNETAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Penerapan Kemagnetan dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Kompas

  • Memanfaatkan sifat kutub magnet yang selalu menunjuk ke arah utara-selatan bumi.

  • Digunakan untuk navigasi.

2. Speaker dan Headphone

  • Menggunakan interaksi magnet dan arus listrik untuk menggerakkan membran sehingga menghasilkan suara.

3. Motor Listrik

  • Mengubah energi listrik menjadi energi gerak dengan memanfaatkan gaya Lorentz pada kumparan berarus listrik dalam medan magnet.

4. Generator / Dinamo

  • Kebalikan motor: mengubah energi gerak menjadi energi listrik melalui induksi elektromagnetik.

5. Pintu Kulkas

  • Terdapat magnet permanen pada karet pintu agar menutup rapat.

6. Alat Pembatas Gembok Pintu

  • Banyak alat pengunci menggunakan magnet untuk pengoperasian kuncinya.

7. MRI (Magnetic Resonance Imaging)

  • Menggunakan medan magnet sangat kuat untuk menghasilkan citra organ dalam tubuh (peralatan medis).

8. Kartu ATM / Kartu Akses

  • Menggunakan pita magnetik untuk menyimpan data.

9. Sensor Magnetik (Hall Effect)

  • Digunakan pada smartphone, rem ABS, dan sistem keamanan.

10. Logam Pemilah Sampah / Industri

  • Magnet digunakan untuk memisahkan logam besi dari sampah atau material lainnya.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb ๐Ÿฅฐ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ

Rabu, 19 November 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Rabu, 19 November 2025

Mata Pelajaran : B Indonesia, IPAS dan S Rupa

Alat Peraga : PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami cara berpendapat yang baik dalam berdiskusi. Mari kita lanjutkan pembelajaranb hari pada hari ini dengan penuh semangat ๐Ÿค—๐Ÿค—

     MATERI SENI RUPA KELAS 4 SD

    Tema: Mengeluarkan Pendapat tentang Hasil Karya Orang Lain


    ๐ŸŽจ A. Tujuan Pembelajaran

    Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

    1. Mengamati hasil karya seni rupa teman atau orang lain dengan penuh perhatian.

    2. Mengungkapkan pendapat secara sopan dan jujur tentang hasil karya seni rupa.

    3. Memberikan masukan yang membangun (kritik dan saran) terhadap karya seni rupa.

    4. Menghargai setiap karya seni sebagai bentuk ekspresi individu.

  1. ๐Ÿง  D. Contoh Kegiatan di Kelas

    1. Guru membagi siswa menjadi kelompok kecil.

    2. Setiap kelompok menampilkan satu karya seni rupa hasil tugas sebelumnya (misalnya: gambar pemandangan).

    3. Siswa lain mengamati dan memberikan pendapat sesuai langkah-langkah di atas.

    4. Guru memandu diskusi agar semua siswa belajar memberi dan menerima pendapat dengan baik.


    ๐Ÿ† E. Nilai-nilai yang Dapat Dipetik

    • Belajar menghargai karya orang lain

    • Melatih kejujuran dan tanggung jawab

    • Menumbuhkan sikap sopan dan saling menghormati

    • Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif


    ✏️ F. Tugas / Latihan

    1. Amati satu karya temanmu di kelas (boleh gambar atau kerajinan).

    2. Tulislah pendapatmu menggunakan kalimat yang sopan:

      • Apa yang kamu sukai dari karya itu?

      • Apa saranmu agar karya itu lebih baik?

    IPAS
MATERI AJAR: PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM GAYA
     

๐Ÿ” 1. Pengertian Gaya

Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan suatu benda bergerak, berubah bentuk, atau berubah arah.

๐Ÿ‘‰ Dengan kata lain, gaya merupakan usaha untuk mengubah keadaan suatu benda.


๐Ÿ’ก Contoh gaya dalam kehidupan sehari-hari:

  • Mendorong meja ke tempat lain (gaya dorong).

  • Menarik pintu agar terbuka (gaya tarik).

  • Memukul bola agar bergerak (gaya otot).

  • Angin yang membuat daun bergerak (gaya udara).


⚙️ 2. Pengaruh Gaya terhadap Benda

Gaya dapat mengubah keadaan benda, antara lain:

  1. Menyebabkan benda bergerak.
    → Contoh: bola diam menjadi bergerak saat ditendang.

  2. Mengubah arah gerak benda.
    → Contoh: bola yang dipukul dari arah berbeda akan berbelok.

  3. Mengubah bentuk benda.
    → Contoh: plastisin ditekan menjadi pipih.

  4. Menghentikan benda yang bergerak.
    → Contoh: bola yang bergulir berhenti karena ditangkap.

  5. Mengubah kecepatan gerak benda.
    → Contoh: sepeda melaju lebih cepat saat dikayuh lebih kuat.


๐Ÿงฒ 3. Macam-Macam Gaya

Berikut beberapa jenis gaya yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari ๐Ÿ‘‡

Jenis GayaPengertianContoh dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Gaya OtotGaya yang ditimbulkan oleh tarikan atau dorongan dari otot tubuh makhluk hidup.Mendorong meja, mengangkat tas, menarik tali, memeras baju.
2. Gaya GravitasiGaya tarik bumi yang menyebabkan benda jatuh ke bawah.Buah jatuh dari pohon, air mengalir ke bawah, bola menggelinding turun.
3. Gaya GesekGaya yang terjadi saat dua permukaan benda saling bersentuhan dan menghambat gerak.Ban sepeda bergesekan dengan jalan, tangan menggosok meja.
4. Gaya PegasGaya yang dihasilkan oleh benda elastis seperti pegas atau karet.Ketapel, busur panah, pegas pada mainan.
5. Gaya MagnetGaya yang ditimbulkan oleh magnet, dapat menarik atau menolak benda logam tertentu.Menarik paku dengan magnet, kompas menunjukkan arah utara.
6. Gaya ListrikGaya yang dihasilkan dari muatan listrik, dapat menarik benda ringan.Penggaris digosok rambut dapat menarik potongan kertas.
  
;       

๐Ÿงช 4. Percobaan Sederhana

๐Ÿ”น Percobaan 1: Gaya Dapat Mengubah Gerak Benda

Alat dan bahan: bola kecil, papan miring, dan penggaris.
Langkah:

  1. Letakkan bola di atas papan miring.

  2. Lepaskan bola dan amati gerakannya.

  3. Hentikan bola dengan penggaris.

Kesimpulan:

  • Bola bergerak karena gaya gravitasi.

  • Bola berhenti karena gaya dari penggaris.


๐Ÿ”น Percobaan 2: Gaya Dapat Mengubah Bentuk Benda

Alat dan bahan: plastisin atau tanah liat.
Langkah:

  1. Bentuk plastisin menjadi bulat.

  2. Tekan plastisin dengan tangan.
    Kesimpulan:

  • Gaya tangan (otot) mengubah bentuk plastisin.

Senin, 17 November 2025

Selasa, 18 November 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Selasa, 18 November 2025

Mata Pelajaran : Matematik dan P Pancasila

Alat Peraga : PPT

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami penggunaan tanda baca pada kalimat, disekolah maupun dimasyarakat. Mari kita lanjutkan pembelajarann hari pada hari ini dengan penuh semangat ๐Ÿค—

Tujuan Pembelajaran :

Murid mampu melengkapi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100.

Latihan Soal :

1. Perhatikan pola bilangan berikut: 2, 4, 6, 8, …

Bilangan selanjutnya adalah …
A. 9
B. 10
C. 11
D. 12

2. Perhatikan pola bilangan berikut: 5, 10, 15, 20, …

Pola bilangan tersebut bertambah dengan …
A. 2
B. 3
C. 5
D. 10

3. Lengkapi angka yang hilang pada barisan berikut: 1, 4, 9, __, 25, 36

A. 12
B. 15
C. 16
D. 20

4.  Barisan bilangan: 100, 90, 81, 73, …
Bilangan ke-5 adalah …
A. 64
B. 65
C. 66
D. 67

5. Perhatikan pola berikut: 9, 12, 15, 18, …

Bilangan yang hilang selanjutnya adalah …
A. 19
B. 20
C. 21
D. 22

6. kalimat matematika berikut yang benar jika nilai a adalah....

6 + a = 14

A. 5                      B. 6                           C. 7                     D.8

7. a + 9 = 2 x 8

Nilai a adalah......

8. Pola gambar: ▲, ▲▲, ▲▲▲, ▲▲▲▲, …

Banyaknya segitiga pada gambar berikutnya adalah …
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7

9. Pola jumlah benda: ●, ●●, ●●●, ●●●●, …

Banyak titik pada gambar berikutnya adalah …
A. 4
B. 5
C. 6
D. 7

10. Perhatikan barisan: 1, 2, 4, 7, 11, …

Bilangan ke-8 adalah …
A. 28
B. 29
C. 30
D. 31

11. 8 + □ = 15

Nilai □ adalah …
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8

12. 6 × □ = 30

Nilai □ adalah …
A. 4
B. 5
C. 6
D. 8

14. □ ÷ 3 = 7

Nilai □ adalah …
A. 18
B. 20
C. 21
D. 24

15. 4 × 5 = □ + 10

Nilai □ adalah …
A. 5
B. 8
C. 10
D. 12

Latihan hari senin


PENDIDIKAN PANCASILA

Tujuan Pembelajaran

Murid dapat mengidentifikasi hak dan kewajiban anggota keluarga dan warga sekolah.

1. Pengertian Hak dan Kewajiban

Hak

Hak adalah sesuatu yang kita terima atau kita dapatkan sebagai anggota sekolah.
Contoh: mendapatkan pelajaran, menggunakan fasilitas sekolah.

Kewajiban

Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan sebagai anggota sekolah.
Contoh: menjaga kebersihan kelas, mematuhi aturan sekolah.

Hak dan kewajiban harus seimbang. Jika kita menuntut hak, maka kita juga harus melaksanakan kewajiban.


2. Contoh Hak sebagai Warga Sekolah

  1. Mendapatkan pendidikan dan bimbingan dari guru.

  2. Menggunakan fasilitas sekolah, seperti perpustakaan, lapangan, dan ruang kelas.

  3. Merasa aman dan nyaman di lingkungan sekolah.

  4. Mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tertib.

  5. Mendapatkan perlakuan yang adil dari guru dan teman.


3. Contoh Kewajiban sebagai Warga Sekolah

  1. Datang tepat waktu ke sekolah.

  2. Menghormati guru, karyawan sekolah, dan teman.

  3. Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

  4. Mentaati peraturan sekolah, seperti berpakaian rapi dan tidak berkelahi.

  5. Belajar dengan sungguh-sungguh saat pelajaran berlangsung.

  6. Menjaga fasilitas sekolah, tidak merusak meja, kursi, atau peralatan lainnya.


4. Hubungan Hak dan Kewajiban

Hak dan kewajiban selalu berjalan bersama-sama.

Contoh hubungan:

  • Kita berhak belajar dengan nyaman.
    → Maka kita berkewajiban tidak membuat keributan di kelas.

  • Kita berhak memakai buku perpustakaan.
    → Maka kita berkewajiban mengembalikannya tepat waktu dan tidak merusaknya.

  • Kita berhak menggunakan toilet sekolah.
    → Maka kita berkewajiban menjaga agar toilet tetap bersih.


5. Cara Menerapkan Hak dan Kewajiban di Sekolah

✔ Mengikuti aturan piket kelas.
✔ Mengantre dengan tertib di kantin.
✔ Mengembalikan barang yang dipinjam dari teman atau sekolah.
✔ Melaporkan jika melihat teman yang membutuhkan bantuan.
✔ Tidak membuang sampah sembarangan.
✔ Menggunakan kata-kata yang baik kepada guru dan teman.


6. Manfaat Melaksanakan Hak dan Kewajiban

  • Lingkungan sekolah menjadi nyaman dan aman.

  • Semua siswa bisa belajar dengan tenang.

  • Hubungan antar warga sekolah menjadi harmonis.

  • Membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab.

  • Menjadikan sekolah tempat yang menyenangkan.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb ๐Ÿฅฐ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ