Senin, 10 Maret 2025

Rabu, 12 Maret 2025

 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret 2025

Tema                : 6 Energi dan Perubahannya

Subtema               :  4 Penghematan Energi

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat peraga           : Video Pembelajaran, Ppt

Metode                 : Tanya jawab, kerja kelompok


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru setelah kita libur sejenak hari ini kita jumpa dalam pembelajaran kembali ya semoga anak anak sehat dan puasanya lancar. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema 6 subtema 4 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menghitung keliling dan luas satuan tak baku dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang penghematan energi.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah.

Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan cerita yang berkaitan dengan penghematan energi menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

2.  Setelah mengamati gambar dan penjelasan, siswa dapat menuliskan pengalaman mendapatkan hak dan kewajiban disekolah dengan tepat. 

3.  Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan  luas dalam satuan tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.

Ayo Menulis 

Ingatkah kamu dengan kegiatan menghemat energi yang sudah dilakukan? Manakah kegiatan berikut yang sudah kamu lakukan?



Ayo Berdiskusi 


Kalian berhak memanfaatkan energi yang tersedia di alam. Kalian berkewajiban menjaga energi yang tersedia di alam. Menjaga kesediaan energi termasuk menjaga kehidupan.


 Diskusikan hal berikut bersama temanmu!
 Tuliskan hak yang telah kamu peroleh berkaitan dengan energi!
Tuliskan kewajiban yang telah kamu lakukan berkaitan dengan energi! Manakah kewajiban yang paling sulit kamu lakukan dalam menjaga kesediaan energi? Jelaskan! Ayo Berlatih Udin dan teman-teman ikut serta menjalankan kewajiban menjaga lingkungan. Udin dan teman-teman menanam pohon di sekitar sekolah. Udin dan teman-teman menanam pohon di bagian yang diberi warna. Lihatlah bagian yang diberi warna! Dapatkah kamu menghitung luas bagian yang ditanami Udin?


Ayo Bercerita Perhatikan gambar berikut! Pada gambar menunjukkan pemanfaatan air hujan. Air hujan yang digunakan untuk kegiatan lain termasuk menghemat air. Buatlah cerita berdasarkan gambar berikut! 


Ayo Menulis! 

Perlu kerja sama semua anggota keluarga untuk menghemat energi. Kerja sama untuk saling mengingatkan. Kerja sama untuk mengerjakan. Kalian berhak mendapat saran untuk memperbaiki sikap. Kalian berkewajiban melaksanakan saran yang diberikan. Kalian juga berkewajiban memberikan saran yang baik untuk teman

                                 Gambar 1.1                                          Gambar 1.2

1.1: Proses belajar di kelas berjalan dengan lancar. Hak saya adalah Memperoleh Ilmu yang dibutuhkan  Kewajiban saya adalah Mendengarkan penjelasan guru, dan menjaga ketertiban kelas Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. 

1.2: Kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. Hak saya adalah Mendapatkan suasana belajar Kewajiban saya adalah Menjaga kebersihan kelas dengan melaksanakan piket 

                                Gambar. 2.1                                           Gambar  2.2

2.1: Memiliki lingkungan sekolah yang asri. Hak saya adalah Mendapatkan Lingkungan sekolah yang mendukung proses belajar mengajar Kewajiban saya adalah Menjaga dan merawat tanaman yang ada dilingkungan sekolah. 

2.2: Memiliki tempat penyebrangan yang aman. Hak saya adalah  Dapat menyebrang jalan dengan aman Kewajiban saya adalah Mematuhitata tertib 

5. Kamar kecil digambarkan dengan warna merah. Luas kamar kecil adalah 3 persegi satuan. 

Hitunglah luas bagian berikut ini!

 

Luas bagian yang berwarna adalah 11 persegi satuan

Luas bagian yang berwarna adalah 20 persegi satuan

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

































Minggu, 09 Maret 2025

Selasa, 11 Maret 2025

 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret 2025

Tema                : 6 Energi dan Perubahannya

Subtema               :  4 Penghematan Energi

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat peraga           : Video Pembelajaran, Ppt

Metode                 : Tanya jawab, kerja kelompok


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru setelah kita libur sejenak hari ini kita jumpa dalam pembelajaran kembali ya semoga anak anak sehat dan puasanya lancar. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema 6 subtema 4 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menghitung keliling dan luas satuan tak baku dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang penghematan energi.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah.

Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca, Siswa dapat menuliskan informasi yang berkaitan dengan penghematan energi dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat menuliskan pengalaman melaksanakan kewajiban dengan benar.
3. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan pengalaman mendapatkan hak dan kewajiban dengan benar.

4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.

Hari ini, Udin dan teman-teman membuat kipas. Kipas dibuat dari karton bekas. Udin dan temanteman memanfaatkan karton bekas untuk membuat karyanya. Kipas dari karton bekas tidak memerlukan listrik. Udin dan teman-teman latihan berhemat. Berhemat listrik dan kertas. Berhemat listrik artinya menghemat energi. Dapatkah kalian membuat kipas seperti Udin? Buat kipas seperti contoh berikut!




Siapkan peralatan seperti berikut. 

1. Karton bekas untuk cetakan kipas 

2. Tali rafia/pita 

3. Gunting 

4. Lem 

5. Stik es krim bekas, batang bambu, atau karton yang lebih tebal untuk pegangan kipas 

6. Pembolong kertas 






Ayo Berlatih 
Barang bekas yang dimanfaatkan menjadi benda lain termasuk sikap berhemat. Air yang digunakan secukupnya termasuk menghemat energi. 
Perhatikan gambar berikut!


Ayo Membaca 

Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah. Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman Udin ke sekolah naik sepeda. Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman merupakan kegiatan yang menyenangkan. Bersepeda menghemat energi bahan bakar minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak membutuhkan bahan bakar minyak. Menggunakan transportasi umum termasuk menghemat bahan bakar minyak. Penggunaan transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang menggunakan transportasi umum, semakin banyak penghematan bahan bakar minyak. 

Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di atas! 

1. Sebutkan jumlah kegiatan menghemat energi di atas? 

2. Apa saja yang termasuk kegiatan menghemat energi? 

3. Energi apakah yang dihemat? 

4. Mengapa menggunakan kendaraan umum termasuk menghemat energi?
Ayo Menulis Rencanakan kegiatan menghemat energi! 
Lakukan kegiatan tersebut selama satu hari! Tuliskan kegiatan yang akan dilakukan!



Pejalan kaki berhak mendapat keamanan selama berjalan. Pejalan kaki berkewajiban menaati peraturan agar selamat di perjalanan. 

Ayo Berlatih 
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang. Agar semua dapat berjalan dengan baik. Perhatikan gambar berikut! 
Tuliskan hak dan kewajiban agar tidak terjadi hal seperti pada gambar! 







Ayo Mencoba 

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh termasuk kewajiban. Menjaga kesehatan termasuk sikap berterima kasih kepada Tuhan. Kalian harus berterima kasih atas semua pemberianNya. Hal ini dilakukan dengan cara menjaga kesehatan. Kesehatan dijaga dengan aktivitas jasmani. Aktivitas jasmani dapat dilakukan bersama teman. Lakukan aktivitas jasmani untuk melatih tubuh menjadi kuat dan sehat.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami dan menentukan luas dalam satuan tak baku
Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami bagaimana cara menentukan luas dalam satuan tak baku. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh.


Sabtu, 08 Maret 2025

Senin, 10 Maret 2025

 TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA

SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret 2025

Tema                : 6 Energi dan Perubahannya

Subtema               :  4 Penghematan Energi

Pembelajaran        : 1 dan 2

Alat peraga           : Video Pembelajaran, Ppt

Metode                 : Tanya jawab, kerja kelompok


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru setelah kita libur sejenak hari ini kita jumpa dalam pembelajaran kembali ya semoga anak anak sehat dan puasanya lancar. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema 6 subtema 4 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang mengidentifikasi istilah-istilah terkait perubahan energi, siswa mampu menyusun informasi berdasarkan istilah-istilah tersebut dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang penghematan energi pada subtema 4

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah,

Tujuan Pembelajaran :

1.       siswa dapat menuliskan kembali pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan konsep penghematan energi dengan menggunakan bahasa sendiri dengan benar.
2.       siswa dapat merancang pembuatan karya dengan teknik sambung (menempel dan menjahit) dengan tepat.
3.       siswa dapat menyebutkan cara menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.


Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia

tidak  lagi  tergantung  pada  bahan  bakar  minyak.  Kita  harus  ikut  serta  menjaga kesediaan energi. Caranya dengan menghemat penggunaan energi.


Ada beberapa cara untuk menghemat energi yaitu :

1.   Menggunakan air dan listrik secukupnya.

2.   Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah.

3.   Menggunakan kendaraan umum

4.   Menggunakan mainan yang tidak memakai listrik

5.   Membuat kipas dari karton bekas

6.   Menggunakan air hujan untuk mencuci kendaraan


Menghitung Luas dengan satuan tidak baku :


Luas     = (4 x 3) persegi satuan


= 12 persegi satuan


MEMBUAT KINCIR ANGIN

Alat dan bahan yang disiapkan untuk membuat kincir angin dari kertas adalah sebagai berikut.

Siapkan :

• Kertas lipat warna-warni (kertas origami)

• Lem

• Sedotan plastik tebal

• Gunting

• Karton atau kain flanel yang telah digunting berbentuk lingkaran kecil

• Paku payung berwarna

• Penggaris


Langkah-langkah membuat kincir angin dari kertas origami :





Ayo Mengamati

Hemat adalah sikap yang sesuai dengan pengamalan sila ke-5 Pancasila. Contoh butir pengamalannya adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan.

Perhatikan gambar berikut!

Apa pendapatmu tentang perilaku anak pada gambar tersebut?
Perilaku anak pada gambar tidak sesuai dengan  sila ke-5 Pancasila. Tuhan juga memerintahkan  manusia agar tidak melakukan pemborosan. Seseorang yang melakukan pemborosan berarti tidak peduli dengan orang lain. Selain itu, juga tidak peduli dengan alam yang kita tempati.  Padahal, alam ini merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup.

Dari gambar di atas ada saran perbaikan untuk perilaku tersebut, yaitu: 

Perilaku pemborosan : Bermain mainan yang menggunakan energi listrik
Saran perbaikan         : Bermain permainan yang tidak menggunakan energi listrik

Ayo Berkreasi!

Hari ini, Udin dan teman-teman membuat kipas. Kipas dibuat dari karton bekas. Udin dan teman-teman memanfaatkan karton bekas untuk  membuat karyanya. Kipas dari karton bekas tidak memerlukan listrik. Udin dan teman-teman latihan berhemat. Berhemat listrik dan kertas. Berhemat  listrik artinya menghemat energi. 
Dapatkah kalian membuat kipas seperti Udin? Buat kipas seperti contoh berikut!

Siapkan peralatan seperti berikut.
1. Karton bekas untuk cetakan kipas
2. Tali rafia/pita
3. Gunting
4. Lem
5. Stik es krim bekas, batang bambu, atau karton yang lebih tebal untuk pegangan kipas
6. Pembolong kertas.

Tahap Membuar Kipas 
                      
1. Buatlah cetakan kipas karton sebanyak 2 buah.Buatlah dengan ukuran sama panjang.                                               
                                                                         
2.Lubang selurah pinggiran karton.
     
3. Tempelkan pegangan kipas pada salah satu permukaan karton.                                                                       
                                                                       

           
4.Tempelkan satu karton lainnya dengan cara dijahit, guanakan tali rafia atau pita.                                                               
Kipas buatan udin dan teman -teman.

Ayo Berlatih 

Udin dan teman teman telah selesai membuat kipas dari bahan karton.

Untuk mencari luas pada gambar berikut, Hitunglah semua jumlah kotak yang berwarna merah. 

 Luas kipas Edo adalah 14 persegi satuan  

 Luas kipas Beni adalah 11 persegi satuan.

Ayo Berlatih !

Barang bekas yang dimanfaatkan menjadi benda lain termasuk sikap berhemat. 
Air yang digunakan secukupnya termasuk menghemat energi.

Perhatikan gambar berikut!


Jawablah pertanyaan berdasarkan gambar!

1. Apa yang sedang mereka lakukan?
Jawab : Mereka sedang mengantri untuk mendapatkan air bersih 

2. Mengapa mereka melakukannya?
Jawab: Kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari

3. Di mana kejadiannya? 
Jawab: Biasanya terjadi di desa-desa terpencil


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami bagaimana cara penghematan energi dengan baik dan benar
Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami bagaimana cara mengehmata energi serta menyebutkan contohnya
 Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh.



Rabu, 12 Maret 2025

  TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Senin, 10 Maret  2025 Tema           ...