Rabu, 13 Agustus 2025

Jumat, 16 Agustus 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Jumat, 16 Agustus 2025

Mata Pelajaran : PAK dan P Pancasila

Alat Peraga : Lembar soal sumatif

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran seni rupa , Nah hari ini kita akan melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran PAK dan P Pancasila. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

PENDIDIKAN PANCASILA

Tujuan Pembelajaran

- Memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Latihan Soal!

  1. Siapa yang memimpin sidang perumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945?
    a. Soekarno
    b. Mohammad Hatta
    c. Soepomo
    d. Ki Hajar Dewantara

  2. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh siapa?
    a. Soekarno
    b. Mohammad Yamin
    c. Soepomo
    d. Ki Hajar Dewantara

  3. Apa tujuan dari perumusan Pancasila?
    a. Untuk membuat undang-undang baru
    b. Untuk menjadi dasar negara Indonesia
    c. Untuk membuat sekolah baru
    d. Untuk memilih presiden

  4. Berikut ini adalah sila pertama Pancasila, yaitu…
    a. Kemanusiaan yang adil dan beradab
    b. Ketuhanan yang Maha Esa
    c. Persatuan Indonesia
    d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan

  5. Sila kedua Pancasila adalah "Kemanusiaan yang adil dan beradab". Maknanya adalah...
    a. Menolong sesama dengan adil dan sopan
    b. Selalu menang sendiri
    c. Tidak peduli dengan orang lain
    d. Hanya mementingkan diri sendiri

  6. Apa arti sila ketiga Pancasila, "Persatuan Indonesia"?
    a. Saling bekerja sama dan menjaga persatuan bangsa
    b. Selalu bertengkar dengan teman
    c. Mengabaikan teman-teman
    d. Hidup sendiri tanpa teman

  7. Sila keempat Pancasila adalah "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan". Maknanya...
    a. Membuat keputusan bersama dengan bijaksana
    b. Tidak mau mendengarkan pendapat orang lain
    c. Mengambil keputusan sendiri tanpa musyawarah
    d. Menang sendiri tanpa memperhatikan teman

  8. Contoh penerapan sila kedua "Kemanusiaan yang adil dan beradab" adalah...
    a. Membantu teman yang sedang kesulitan
    b. Memukul teman yang berbeda pendapat
    c. Mengabaikan orang yang membutuhkan bantuan
    d. Suka membuli teman di sekolah

  9. Apa contoh penerapan sila ketiga "Persatuan Indonesia"?
    a. Bermain bersama teman dari berbagai suku dan agama
    b. Menolak bermain dengan teman yang berbeda suku
    c. Membuat kelompok sendiri tanpa mengajak orang lain
    d. Saling bertengkar dengan teman

  10. Bagaimana cara menerapkan sila pertama "Ketuhanan yang Maha Esa" dalam kehidupan sehari-hari?
    a. Selalu berdoa dan menghormati agama orang lain
    b. Tidak pernah berdoa sama sekali
    c. Mengganggu orang yang sedang beribadah
    d. Melupakan agama dan kepercayaan

PAK
Tujuan Pembelajaran
- murid dapat memahamki apa itu arti korupsi

Latihan Soal

1. Apa arti korupsi?
a. Membantu teman
b. Mengambil sesuatu yang bukan hak kita
c. Belajar dengan rajin
d. Bermain bersama
  • 2. Apa yang harus kita lakukan jika melihat teman mengambil barang orang lain tanpa izin?
    a. Diam saja
    b. Ikut mengambil barang
    c. Memberitahu guru atau orang tua
    d. Menertawakan teman

  • 3. Mengapa kita harus jujur dalam kehidupan sehari-hari?
    a. Agar disukai teman
    b. Agar bisa menipu
    c. Agar dipercaya orang lain
    d. Agar bisa curang

  • 4. Contoh sikap yang termasuk anti korupsi adalah...
    a. Meminjam barang tanpa izin
    b. Mengembalikan barang yang bukan milik kita
    c. Mencuri uang jajan teman
    d. Berbohong agar tidak dimarahi

  • 5. Apa yang dimaksud dengan suap?
    a. Memberi hadiah kepada guru tanpa alasan
    b. Memberi uang atau barang agar mendapatkan keuntungan tidak jujur
    c. Memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan
    d. Membayar uang sekolah tepat waktu

  • 6. Mengapa korupsi itu buruk?
    a. Membuat orang kaya
    b. Membuat orang susah dan tidak adil
    c. Membuat sekolah lebih baik
    d. Membuat banyak teman

  • 7. Bagaimana cara kita mencegah korupsi di sekolah?
    a. Mencuri uang kantin
    b. Menyimpan uang saku sendiri dengan jujur
    c. Meminta uang lebih dari orang tua
    d. Membagi uang jajan dengan teman tanpa izin

  • 8. Jika kita diminta memberikan uang agar dapat nilai bagus, kita harus...
    a. Memberikan uang tersebut
    b. Menolak dan memberitahu guru atau orang tua
    c. Diam saja
    d. Memberikan uang kepada teman

  • 9. Sikap yang baik agar terhindar dari korupsi adalah...
    a. Suka menipu
    b. Rajin dan jujur
    c. Membolos sekolah
    d. Mengambil barang teman tanpa izin

  • 10. Apa yang harus dilakukan jika kita tahu ada korupsi di lingkungan sekolah?
    a. Mengabaikannya
    b. Ikut melakukan korupsi
    c. Melaporkannya kepada guru atau kepala sekolah
    d. Memberitahu teman saja

  • Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


  • Kamis, 14 Agustus 2025

      KELAS 4A SD AL AZHAR 2

    BANDAR LAMPUNG



    Hari/Tanggal : Kamis, 14 Agustus 2025

    Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS

    Alat Peraga : Lembar soal sumatif

    Metode Pembelajaran : Penugasan

    Assalamualaikum wr wb

    Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

    Baiklah kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran seni rupa , Nah hari ini kita akan melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran IPAS. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

    Tujuan Pelajaran

    Murid dapat memahami apa itu panca indra serta fungsinya

    🔹 Soal Pilihan Ganda (PG)

    1. Indra penglihatan adalah ...
    A. Hidung
    B. Telinga
    C. Mata
    D. Kulit

    2. Fungsi utama telinga adalah untuk ...
    A. Melihat benda
    B. Mendengar suara
    C. Mencium bau
    D. Meraba benda

    3. Organ tubuh yang berfungsi sebagai indra pencium adalah ...
    A. Lidah
    B. Mata
    C. Hidung
    D. Tangan

    4. Rasa asin dapat dirasakan oleh indra pengecap yang terletak di bagian ...
    A. Ujung lidah
    B. Samping lidah
    C. Tengah lidah
    D. Pangkal lidah

    5. Berikut ini adalah contoh menjaga kesehatan mata, kecuali ...
    A. Membaca di tempat terang
    B. Menonton TV terlalu dekat
    C. Tidak membaca sambil tiduran
    D. Menggunakan kacamata jika perlu


    🔹 Soal Isian Singkat

    6. Alat indra manusia ada sebanyak ...

    7. Lidah dapat merasakan rasa manis, asin, pahit, asam, dan ...

    8. Mata dilindungi oleh bagian yang disebut ...

    9. Telinga bagian luar disebut ...

    10. Alat indra peraba adalah ...


    🔹 Soal Uraian Pendek

    11. Sebutkan lima macam indra manusia dan fungsinya!

    12. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga?

    13. Mengapa kita harus menjaga kesehatan indra peraba?

    Latihan Seni Rupa

    Soal 1

    Unsur utama dalam seni rupa yang berupa garis, bidang, dan bentuk disebut ...
    A. Unsur visual
    B. Unsur warna
    C. Unsur teknik
    D. Unsur tekstur

    🔹 Soal 2

    Unsur seni rupa yang paling dasar dan menjadi pembentuk bentuk adalah ...
    A. Warna
    B. Garis
    C. Bidang
    D. Tekstur


    🔹 Soal 3

    Garis yang membentuk sudut dan tegas disebut ...
    A. Garis lurus
    B. Garis lengkung
    C. Garis patah-patah
    D. Garis halus


    🔹 Soal 4

    Unsur seni rupa yang menunjukkan panjang, lebar, dan tinggi adalah ...
    A. Warna
    B. Bidang
    C. Bentuk
    D. Garis


    🔹 Soal 5

    Perbedaan permukaan benda kasar dan halus dalam seni rupa disebut ...
    A. Warna
    B. Garis
    C. Tekstur
    D. Bidang


    🔹 Soal 6

    Unsur warna yang tidak termasuk warna primer adalah ...
    A. Merah
    B. Kuning
    C. Biru
    D. Hijau


    🔹 Soal 7

    Warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer disebut warna ...
    A. Dasar
    B. Netral
    C. Sekunder
    D. Tersier


    🔹 Soal 8

    Unsur seni rupa yang menunjukkan terang dan gelap disebut ...
    A. Tekstur
    B. Gelap terang
    C. Warna
    D. Ruang


    🔹 Soal 9

    Garis yang membentuk lengkungan halus dan lembut disebut ...
    A. Garis patah-patah
    B. Garis miring
    C. Garis lengkung
    D. Garis tegak


    🔹 Soal 10

    Ruang dalam karya seni rupa bisa bersifat nyata dan semu. Contoh ruang nyata adalah ...
    A. Gambar 3 dimensi
    B. Patung
    C. Lukisan
    D. Foto

    Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

    Refleksi dan kesimpulan

    Alhamdulillah kegiatan sumatif pada mata pelajaran Ipas dan Seni Rupa berjalan dengan lancar. Sebagian besar siswa mampu menyelesaikan sumatif dengan baik. 

    Selasa, 12 Agustus 2025

    Rabu, 13 Agustus 2025

     KELAS 4A SD AL AZHAR 2

    BANDAR LAMPUNG



    Hari/Tanggal : Rabu, 13 Agustus 2025

    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Seni Rupa dan IPAS

    Alat Peraga : Lembar soal sumatif

    Metode Pembelajaran : Penugasan

    Assalamualaikum wr wb

    Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

    Baiklah kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran matematika dan bahasa indonesia, Nah hari ini kita akan melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran IPAS. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

    Tujuan Pelajaran

    Murid dapat memahami apa itu panca indra serta fungsinya

    🔹 Soal Pilihan Ganda (PG)

    1. Indra penglihatan adalah ...
    A. Hidung
    B. Telinga
    C. Mata
    D. Kulit

    2. Fungsi utama telinga adalah untuk ...
    A. Melihat benda
    B. Mendengar suara
    C. Mencium bau
    D. Meraba benda

    3. Organ tubuh yang berfungsi sebagai indra pencium adalah ...
    A. Lidah
    B. Mata
    C. Hidung
    D. Tangan

    4. Rasa asin dapat dirasakan oleh indra pengecap yang terletak di bagian ...
    A. Ujung lidah
    B. Samping lidah
    C. Tengah lidah
    D. Pangkal lidah

    5. Berikut ini adalah contoh menjaga kesehatan mata, kecuali ...
    A. Membaca di tempat terang
    B. Menonton TV terlalu dekat
    C. Tidak membaca sambil tiduran
    D. Menggunakan kacamata jika perlu


    🔹 Soal Isian Singkat

    6. Alat indra manusia ada sebanyak ...

    7. Lidah dapat merasakan rasa manis, asin, pahit, asam, dan ...

    8. Mata dilindungi oleh bagian yang disebut ...

    9. Telinga bagian luar disebut ...

    10. Alat indra peraba adalah ...


    🔹 Soal Uraian Pendek

    11. Sebutkan lima macam indra manusia dan fungsinya!

    12. Bagaimana cara menjaga kesehatan telinga?

    13. Mengapa kita harus menjaga kesehatan indra peraba?

    Latihan Seni Rupa

    Soal 1

    Unsur utama dalam seni rupa yang berupa garis, bidang, dan bentuk disebut ...
    A. Unsur visual
    B. Unsur warna
    C. Unsur teknik
    D. Unsur tekstur

    🔹 Soal 2

    Unsur seni rupa yang paling dasar dan menjadi pembentuk bentuk adalah ...
    A. Warna
    B. Garis
    C. Bidang
    D. Tekstur


    🔹 Soal 3

    Garis yang membentuk sudut dan tegas disebut ...
    A. Garis lurus
    B. Garis lengkung
    C. Garis patah-patah
    D. Garis halus


    🔹 Soal 4

    Unsur seni rupa yang menunjukkan panjang, lebar, dan tinggi adalah ...
    A. Warna
    B. Bidang
    C. Bentuk
    D. Garis


    🔹 Soal 5

    Perbedaan permukaan benda kasar dan halus dalam seni rupa disebut ...
    A. Warna
    B. Garis
    C. Tekstur
    D. Bidang


    🔹 Soal 6

    Unsur warna yang tidak termasuk warna primer adalah ...
    A. Merah
    B. Kuning
    C. Biru
    D. Hijau


    🔹 Soal 7

    Warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer disebut warna ...
    A. Dasar
    B. Netral
    C. Sekunder
    D. Tersier


    🔹 Soal 8

    Unsur seni rupa yang menunjukkan terang dan gelap disebut ...
    A. Tekstur
    B. Gelap terang
    C. Warna
    D. Ruang


    🔹 Soal 9

    Garis yang membentuk lengkungan halus dan lembut disebut ...
    A. Garis patah-patah
    B. Garis miring
    C. Garis lengkung
    D. Garis tegak


    🔹 Soal 10

    Ruang dalam karya seni rupa bisa bersifat nyata dan semu. Contoh ruang nyata adalah ...
    A. Gambar 3 dimensi
    B. Patung
    C. Lukisan
    D. Foto

    Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

    Refleksi dan kesimpulan

    Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan untuk kegiatan sumatif belum terlaksana dikarenakan adanya kegiatan perlombaan HUT RI ke 80 dilaksanakn oleh seluruh siswa dan guru.

    Minggu, 10 Agustus 2025

    Selasa, 12 Agustus 2025

      KELAS 4A SD AL AZHAR 2

    BANDAR LAMPUNG



    Hari/Tanggal : Selasa, 12 Agustus 2025

    Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Matematika

    Alat Peraga : Lembar soal sumatif

    Metode Pembelajaran : Penugasan

    Assalamualaikum wr wb

    Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

    Baiklah kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran matematika dan bahasa indonesia, Nah hari ini kita akan melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran IPAS. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

    PENDIDIKAN PANCASILA

    Tujuan Pembelajaran

    - Memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

    Latihan Soal!

    1. Siapa yang memimpin sidang perumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945?
      a. Soekarno
      b. Mohammad Hatta
      c. Soepomo
      d. Ki Hajar Dewantara

    2. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh siapa?
      a. Soekarno
      b. Mohammad Yamin
      c. Soepomo
      d. Ki Hajar Dewantara

    3. Apa tujuan dari perumusan Pancasila?
      a. Untuk membuat undang-undang baru
      b. Untuk menjadi dasar negara Indonesia
      c. Untuk membuat sekolah baru
      d. Untuk memilih presiden

    4. Berikut ini adalah sila pertama Pancasila, yaitu…
      a. Kemanusiaan yang adil dan beradab
      b. Ketuhanan yang Maha Esa
      c. Persatuan Indonesia
      d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan

    5. Sila kedua Pancasila adalah "Kemanusiaan yang adil dan beradab". Maknanya adalah...
      a. Menolong sesama dengan adil dan sopan
      b. Selalu menang sendiri
      c. Tidak peduli dengan orang lain
      d. Hanya mementingkan diri sendiri

    6. Apa arti sila ketiga Pancasila, "Persatuan Indonesia"?
      a. Saling bekerja sama dan menjaga persatuan bangsa
      b. Selalu bertengkar dengan teman
      c. Mengabaikan teman-teman
      d. Hidup sendiri tanpa teman

    7. Sila keempat Pancasila adalah "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan". Maknanya...
      a. Membuat keputusan bersama dengan bijaksana
      b. Tidak mau mendengarkan pendapat orang lain
      c. Mengambil keputusan sendiri tanpa musyawarah
      d. Menang sendiri tanpa memperhatikan teman

    8. Contoh penerapan sila kedua "Kemanusiaan yang adil dan beradab" adalah...
      a. Membantu teman yang sedang kesulitan
      b. Memukul teman yang berbeda pendapat
      c. Mengabaikan orang yang membutuhkan bantuan
      d. Suka membuli teman di sekolah

    9. Apa contoh penerapan sila ketiga "Persatuan Indonesia"?
      a. Bermain bersama teman dari berbagai suku dan agama
      b. Menolak bermain dengan teman yang berbeda suku
      c. Membuat kelompok sendiri tanpa mengajak orang lain
      d. Saling bertengkar dengan teman

    10. Bagaimana cara menerapkan sila pertama "Ketuhanan yang Maha Esa" dalam kehidupan sehari-hari?
      a. Selalu berdoa dan menghormati agama orang lain
      b. Tidak pernah berdoa sama sekali
      c. Mengganggu orang yang sedang beribadah
      d. Melupakan agama dan kepercayaan

    MATEMATIKA

    Alur Tujuan Pembelajaran

    Melalui benda konkret peserta didik dapat menyatakan hasil dengan uang ribuan sebagai satuan dengan benar.

    Tujuan Pembelajaran

    - Murid mampu Melalui benda konkret peserta didik dapat menyatakan hasil dengan uang ribuan sebagai satuan dengan benar.

    Materi :

    Mengenal dan Menggunakan Uang Ribuan sebagai Satuan dengan Benda Konkret

    Peserta didik dapat menyatakan hasil penghitungan dengan uang pecahan ribuan (misalnya Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000) sebagai satuan dengan tepat menggunakan benda konkret.

    Penjelasan:

    • Benda konkret adalah benda nyata yang dapat dilihat dan disentuh, misalnya uang mainan atau kertas yang dibuat menyerupai uang.

    • Dengan menggunakan benda konkret, siswa dapat lebih mudah memahami nilai uang ribuan dan bagaimana menghitungnya.

    Menyatakan Hasil dengan Uang sebagai Satuan

    A. Pengertian

    • Uang sebagai satuan berarti kita menggunakan uang untuk mengukur atau menyatakan jumlah nilai suatu barang atau hasil penghitungan.

    • Misalnya, jika kita membeli 3 permen dengan harga Rp 1.000 per permen, total yang harus dibayar adalah 3 × Rp 1.000 = Rp 3.000.

    • Jadi, uang digunakan sebagai satuan untuk menyatakan hasil perhitungan.

    B. Pecahan Uang Ribuan

    • Uang ribuan terdiri dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, dan seterusnya.

    • Kita dapat menggunakan pecahan ini untuk menghitung jumlah uang total dengan cara mengalikan jumlah lembar uang dengan nilai pecahannya.

    C. Cara Menyatakan Hasil dengan Uang sebagai Satuan

    1. Tentukan harga satuan barang (misalnya Rp 1.000 per buah).

    2. Hitung jumlah barang yang dibeli.

    3. Kalikan jumlah barang dengan harga satuan.

    4. Nyatakan hasilnya dalam bentuk uang (contoh: Rp 5.000).

    D. Contoh Soal dan Penyelesaian

    1. Jika 5 pensil masing-masing berharga Rp 2.000, berapa total uang yang harus dibayar?
      Jawab: 5 × Rp 2.000 = Rp 10.000

    2. Ani membeli 3 buku seharga Rp 7.000 per buku. Berapa uang yang harus Ani siapkan?
      Jawab: 3 × Rp 7.000 = Rp 21.000


    E. Kegiatan Praktik dengan Benda Konkret

    • Gunakan uang mainan pecahan ribuan untuk menghitung total uang yang diperlukan dalam membeli beberapa barang.

    • Contoh: Siswa diberi 4 lembar uang Rp 1.000 dan diminta menghitung totalnya: 4 × Rp 1.000 = Rp 4.000.

    Pengenalan Uang Ribuan

    1. Tunjukkan uang mainan: Perlihatkan berbagai uang kertas ribuan kepada siswa, dimulai dari yang terkecil hingga terbesar. Contohnya, tunjukkan uang Rp1.000, lalu Rp2.000, Rp5.000, dan Rp10.000.

    2. Jelaskan nilai nominal: Jelaskan bahwa setiap lembar uang memiliki nilai yang berbeda. Misalnya, "Ini adalah uang seribu rupiah. Nilainya satu, tapi dibaca seribu."

    3. Latihan berhitung: Ajak siswa menghitung uang ribuan. "Jika kita punya dua lembar uang seribu rupiah, berapa totalnya?"


    Tahap 2: Menghubungkan Benda dengan Uang Ribuan

    1. Tentukan harga benda: Siapkan beberapa benda konkret dan tentukan harganya dalam kelipatan ribuan.

      • Satu pensil = Rp2.000

      • Satu penghapus = Rp1.000

      • Satu buku tulis = Rp5.000

      • Satu kotak pensil warna = Rp10.000

    2. Bermain jual-beli sederhana: Ajak siswa bermain peran. Anda berperan sebagai penjual, dan siswa sebagai pembeli.

      • "Adi, kamu ingin membeli buku tulis. Berapa uang yang harus kamu berikan kepada ibu?"

      • Siswa harus memilih uang mainan yang sesuai, yaitu Rp5.000.

    3. Latihan soal: Berikan soal-soal sederhana, misalnya:

      • "Berapa harga pensil dan penghapus jika digabungkan?" (Rp2.000 + Rp1.000 = Rp3.000).

      • "Jika kamu punya uang Rp10.000 dan membeli pensil warna, berapa uang yang tersisa?" (Rp10.000 - Rp10.000 = Rp0).


    Tahap 3: Menyatakan Hasil dengan Uang Ribuan

    1. Gunakan kata "ribuan": Setelah siswa memahami konsep nilai uang, ajarkan cara menyatakan suatu jumlah dengan satuan ribuan.

      • "Harga satu penghapus adalah satu ribuan rupiah."

      • "Harga satu pensil adalah dua ribuan rupiah."

      • "Harga satu buku tulis adalah lima ribuan rupiah."

    2. Latihan menulis: Minta siswa untuk menuliskan harga setiap benda di kertas.

      • Benda: Pensil, Harga: Rp2.000

      • Nyatakan dalam satuan ribuan: 2 ribuan


    Evaluasi

    Berikan tugas mandiri kepada siswa untuk mengukur pemahaman mereka. Misalnya, siapkan 3 benda konkret dengan harga yang berbeda. Minta siswa untuk:

    1. Menuliskan harga setiap benda.

    2. Menyatakan harga benda tersebut dalam satuan ribuan.

    3. Menghitung total harga jika membeli 2 benda.

    Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

    Refleksi dan kesimpulan
    Alhamdulillah kegiatan sumatif pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia  berjalan dengan lancar. Sebagian besar siswa mampu menyelesaikan sumatif dengan baik. 

    Sabtu, 09 Agustus 2025

    Senin, 11 Agustus 2025

     KELAS 4A SD AL AZHAR 2

    BANDAR LAMPUNG



    Hari/Tanggal : Senin, 11 Agustus 2025

    Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia

    Alat Peraga : Lembar soal sumatif

    Metode Pembelajaran : Penugasan

    Assalamualaikum wr wb

    Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

    Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap adil serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

    BAHASA INDONESIA

    TUJUAN PEMBELAJARAN

    - Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan murid dapat menemukan, menyimpulkan informasi, memahami kosa kata dan menyimpulkan permasalahan yang dihadapi pada teks.

    Latihan Soal :

    1. Siapa saja tokoh pada ceita "Tak Muat Lagi"

       a. Lala                               c. Ayah dan Lala

       b. Kiki dan Lala              d. Lala, Kiki dan Ibu

    2. Apa yang diinginkan Lala saat baru pulang sekolah.

      a. Segelas air dingin                c. Baju baru

       b. Makanan kesukaannya     d. Bermain dengan Kiki

    3. Apa yang bisa kita pelajari dari cerita "Tak Muat Lagi"...
       a. Pentingnya berbagi.                                          c. Pentingnya menghargai barang orang lain
       b. Pentingnya berkomunikasi dengan baik.     d. Pentingnya beli baju baru
    4. Fobia dapat membuat seseorang mersa.....
       a. aman dan nyaman             c. takut dan cemas
       b. tenang dan santai              d. bahagia dan gembira
    5. Jika ada teman yang mengalami fobia, sebaiknya kita....
        a. mengejeknya                      c. menenangkannya dan mendengarkannya.
        b. menjauhinya                      d. menyuruhnya untuk segera sembuh
    6. Contoh kalimat transitif dibawah ini...
       a Adik tidur di kamar.                                     c. Bunga itu tumbuh indah ditaman
       b. Ibu memasak nasi di dapur.                         d. Anak - anak berlarian di lapangan
    7. Ayah membaca koran diteras, merupakan kalimat...
       a. Intransitif                                                     c. Penjelas
       b. Transitif                                                       d. Pelengkap
    8. Kalimat Intransitif adalah....
       a. kalimat yang memerlukan objek untuk melengkapi maknanya.
       b. Kalimat yang hanya mempunyai sabjek saja
       c. Kalimat yang tidak memerlukan objek untuk melengkapi maknanya.
      d. Kalimat yang mempunyai keterangan
    9. "Pagi ini, udara terasa sejuk. Matahari baru saja menampakkan dirinya. Burung-burung berkicau riang di pepohonan. Aku bergegas keluar rumah untuk menikmati suasana pagi yang menyegarkan."
    Ide pokok dari paragraf di atas adalah... 
      a. Matahari baru saja menampakkan dirinya.
      b. Burung-burung berkicau riang di pepohonan.
      c. Pagi ini, udara terasa sejuk dan menyegarkan.
      d. Aku bergegas keluar rumah.
    10. Pada teks di atas meceritakan suasa pada...
      a. Sore hari                                  c. Malam hari
      b. Siang hari                                d. Pagi hari
     MATEMATIKA
    Tujuan Pembelajaran

    1.     Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000.

    2.     Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

    Soal Latihan :

    1. Bilangan berapakah yang dibaca "tujuh ribu lima ratus dua puluh "?

        a. 7.620                                    c. 7.250

        b. 7.520                                    d. 7.510

    2.  Bilangan manakah yang tertulis "empat ribu seratus dua belas"?

        a. 4.112                                   c. 4.110
        b. 4.115                                   d. 3.112
    3. Bacalah bilangan 8.269 dengan benar!
        a. Delapan ribu tiga ratus enam puluh sembilan
        b. Delapan ratus sembilan puluh enam
        c. Delapan ratus empat puluh sembilan
        d. Delapan ribu dua ratus enam puluh sembilan
    4. Pada bilangan 9.790 manakan yang menempati nilai ratusan...
       a. 9                  b. 7                c. 9                 d. 0
    5. Antara bilangan 428 dan 482, bilangan manakah yang lebih kecil?
       a. 428                                   c. Sama besar
       b. 482                                   d. Tidak bisa dibandingkan
    6. Pilih tanda yang tepat untuk kalimat berikut....
        567 ___ 576
        a. =                                      c. <
        b. >                                      d. ≠
    7. Antara 700 dan 707, mana yang lebih besar.....
       a. 700                                   c. sama besar
       b. 707                                   d. tidak  bisa dibandingkan
    8. Manakah pasangan bilangan yang benar jika diurutkan dari yang terkecil ke terbesar?
        a. 812, 821, 182
        b. 213, 231, 312
        c. 999, 900, 909
        d. 456, 465, 546
    9. 7.250, 8.100, 5.550, 8.110. urutan bilangan dari terbesar keterkecil yang benar adalah...
       a. 8.100, 5.550, 7.250, 8.110
       b. 8.100, 7.250, 8.110, 5.550
       c. 8.110, 8.110. 7.250, 5.550
       d. 5.550, 8.100, 8.110, 7.250
    10. Bandingkan bilangan berikut dengan tanda <, >, atau =:
         a. 482 ___ 428
         b. 759 ___ 795
         c. 600 ___ 600
         d. 321 ___ 312

    Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
    Refleksi dan kesimpulan
    Alhamdulillah kegiatan sumatif pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia  berjalan dengan lancar. Sebagian besar siswa mampu menyelesaikan sumatif dengan baik. 

    Jumat, 16 Agustus 2025

      KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Jumat, 16 Agustus 2025 Mata Pelajaran : PAK dan P Pancasila Alat Peraga : Lembar soal...