Rabu, 27 Agustus 2025

Kamis, 28 Agustus 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Kamis, 28 Agustus 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS

Alat Peraga : Video Pembelajaran, Ppt

Metode Pembelajaran : Diskusi, Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami kosakata bermakna ganda. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

TUJUAN PEMBELAJARAN: 

Menghubungkan dua atau lebih unsur rupa dengan satu prinsip desain dalam satu karya atau objek visual

Materi :

🎨 Seni Rupa: Menggabungkan Unsur dan Prinsip Desain

​Dalam seni rupa, ada dua hal penting yang perlu kamu ketahui: unsur rupa dan prinsip desain.

​1. Unsur Rupa (Apa yang kamu gunakan)

​Unsur rupa adalah bahan-bahan dasar atau "blok bangunan" yang digunakan untuk membuat sebuah karya seni. Unsur-unsur ini bisa kamu lihat dan sentuh.

  • Titik: Bagian terkecil dari sebuah gambar.
  • Garis: Gabungan dari titik-titik yang berderet. Garis bisa lurus, melengkung, tebal, tipis, dan lainnya.
  • Bidang: Gabungan dari garis-garis yang membentuk area tertutup (seperti segitiga, persegi).
  • Bentuk: Objek tiga dimensi (seperti kubus, bola).
  • Warna: Warna primer (merah, kuning, biru) dan warna sekunder (hijau, ungu, oranye).
  • Tekstur: Permukaan yang bisa dirasakan, seperti halus, kasar, atau licin.
  • Gelap Terang: Perbedaan cahaya yang membuat objek terlihat lebih nyata.

​2. Prinsip Desain (Bagaimana kamu menggunakannya)

​Prinsip desain adalah aturan atau cara yang digunakan untuk menyusun unsur-unsur rupa agar terlihat harmonis dan indah. Ini seperti "resep" yang membuat masakan menjadi lezat.

  • Keseimbangan (Balance): Membuat karya terlihat stabil. Bisa simetris (sama di kedua sisi) atau asimetris (berbeda tapi tetap seimbang).
  • Irama (Rhythm): Pengulangan unsur yang teratur untuk menciptakan gerakan, seperti ombak di laut.
  • Kesatuan (Unity): Membuat semua unsur dalam karya terlihat terhubung dan tidak terpisah-pisah.
  • Pusat Perhatian (Emphasis): Menarik perhatian ke satu bagian paling penting dalam karya.
  • Proporsi (Proportion): Perbandingan ukuran antara satu unsur dengan unsur lainnya.
  • Kontras (Contrast): Perbedaan yang kuat antara unsur, misalnya warna terang dan gelap atau garis tebal dan tipis.

​🖼️ Menghubungkan Unsur dan Prinsip

​Sekarang, mari kita coba menggabungkan unsur rupa dengan prinsip desain dalam sebuah karya. Tujuannya adalah membuat karya yang tidak hanya terdiri dari unsur-unsur, tetapi juga memiliki "makna" dan "rasa".

Contoh: Menggunakan prinsip Kontras untuk menggabungkan dua unsur rupa.

​Kamu bisa membuat sebuah karya sederhana dengan menggabungkan unsur garis dan warna menggunakan prinsip kontras.

  1. Siapkan bahan: Kertas gambar, pensil warna, atau spidol.
  2. Pilih dua unsur rupa: Kita akan menggunakan garis dan warna.
  3. Pilih satu prinsip desain: Kita akan menggunakan kontras. Kontras warna yang paling mudah adalah warna yang berlawanan, seperti hitam dan putih atau merah dan hijau.
  4. Proses Berkarya:
    • ​Mulailah dengan membuat pola garis yang tebal dan melengkung di seluruh kertas.
    • ​Lalu, warnai area di dalam garis dengan warna terang (misalnya, kuning).
    • ​Warnai area di luar garis dengan warna yang sangat kontras atau berlawanan (misalnya, biru gelap).
    • ​Lihatlah hasilnya! Karya ini menggabungkan unsur garis dan warna dengan prinsip kontras, sehingga menghasilkan karya yang dinamis dan menarik perhatian. 

TUJUAN PEMBELAJARAN:

 Menunjukkan contoh upaya pelestarian makhluk hidup di lingkungan sekitarnya.

MATERI IPAS

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DAN PERAN MAKHLUK HIDUP DALAM RANTAI MAKANAN

A. CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup adalah semua makhluk yang memiliki kehidupan, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari benda mati.

Ciri-ciri makhluk hidup:

  1. Bernapas
    ➤ Semua makhluk hidup memerlukan oksigen atau karbon dioksida untuk bernapas.
    Contoh: Manusia bernapas dengan paru-paru, ikan dengan insang, tumbuhan dengan stomata.

  2. Membutuhkan Makanan
    ➤ Makanan dibutuhkan untuk mendapatkan energi.
    Contoh: Manusia makan nasi, hewan makan tumbuhan atau hewan lain, tumbuhan membuat makanan sendiri melalui fotosintesis.

  3. Bergerak
    ➤ Makhluk hidup dapat bergerak, baik berpindah tempat atau hanya bagian tubuhnya saja.
    Contoh: Kucing berjalan, tumbuhan matahari bergerak mengikuti arah cahaya.

  4. Tumbuh dan Berkembang
    ➤ Makhluk hidup mengalami perubahan ukuran dan bentuk.
    Contoh: Bayi tumbuh menjadi anak-anak, tunas tumbuh menjadi pohon.

  5. Berkembang Biak (Reproduksi)
    ➤ Makhluk hidup menghasilkan keturunan untuk melestarikan jenisnya.
    Contoh: Ayam bertelur, manusia melahirkan bayi.

  6. Peka terhadap Rangsang
    ➤ Makhluk hidup bisa merespon perubahan di sekitarnya.
    Contoh: Manusia menutup mata saat terkena cahaya terang, daun putri malu menguncup saat disentuh.

  7. Mengeluarkan Zat Sisa
    ➤ Setelah makan, makhluk hidup akan membuang zat yang tidak dibutuhkan.
    Contoh: Manusia mengeluarkan keringat, urin, dan feses.

. PERAN MAKHLUK HIDUP DALAM RANTAI MAKANAN

Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan antar makhluk hidup untuk mendapatkan energi.

Komponen dalam rantai makanan:

  1. Produsen
    ➤ Makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri.
    Contoh: Tumbuhan hijau (membuat makanan melalui fotosintesis).

  2. Konsumen
    ➤ Makhluk hidup yang mendapatkan energi dengan memakan makhluk hidup lain.

    • Konsumen I: Memakan produsen (herbivora). Contoh: Kelinci, sapi.

    • Konsumen II: Memakan konsumen I (karnivora). Contoh: Ular, elang.

    • Konsumen III: Memakan konsumen II (karnivora tingkat tinggi). Contoh: Harimau.

  3. Pengurai (Dekomposer)
    ➤ Menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang mati.
    Contoh: Jamur, bakteri, cacing tanah.


Contoh Rantai Makanan:

🌱 Rumput → 🐇 Kelinci → 🐍 Ular → 🦅 Elang

  • Rumput = Produsen

  • Kelinci = Konsumen I

  • Ular = Konsumen II

  • Elang = Konsumen III

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagian murid mampu memahami peran makhluk hidup pada rantai makanan dan mampu menyebutkan contohnya. Namun masih ada murid yg belum mampu memahami apa itu rantai makanan dan menyebutkan contohnya. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberi latihan kembali.
Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 08 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 08 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Seni Rupa dan IPAS Alat Perag...