Rabu, 06 Agustus 2025

Kamis, 07 Agustus 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Kamis, 07 Agustus 2025

Mata Pelajaran : IPAS dan Seni Rupa

Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang Mengidentifikasi bentuk dan fungsi panca indra manusia serta cara menjaga kesehatannya, Nah hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita ya. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat ๐Ÿค—๐Ÿค—

IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Murid Mengidentifikasi bentuk dan fungsi panca indra manusia serta cara menjaga kesehatannya.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN :

Murid mengidentifikasi gangguan atau penyakit yang bisa terjadi pada panca indra.

Materi :

1. ๐Ÿ‘️ Indra Penglihatan (Mata)

๐Ÿง  Gangguan atau Penyakit:

  • Miopi (rabun jauh): Tidak bisa melihat benda yang jauh dengan jelas.

  • Hipermetropi (rabun dekat): Sulit melihat benda dekat.

  • Katarak: Lensa mata menjadi keruh sehingga penglihatan kabur.

  • Konjungtivitis: Peradangan pada selaput mata (mata merah).

๐Ÿงด Penyebab:

  • Terlalu sering melihat layar (HP/TV) terlalu dekat.

  • Membaca dalam cahaya redup.

  • Infeksi atau iritasi.

๐Ÿงผ Pencegahan:

  • Istirahatkan mata secara rutin (aturan 20-20-20).

  • Konsumsi makanan bergizi (wortel, sayuran).

  • Hindari mengucek mata dengan tangan kotor.


2. ๐Ÿ‘‚ Indra Pendengaran (Telinga)

๐Ÿง  Gangguan atau Penyakit:

  • Tuli: Kehilangan kemampuan mendengar sebagian atau seluruhnya.

  • Infeksi telinga: Disebabkan oleh bakteri atau virus.

  • Telinga berdengung: Akibat suara terlalu keras atau tekanan udara.

๐Ÿงด Penyebab:

  • Mendengarkan suara keras terlalu lama.

  • Tidak menjaga kebersihan telinga.

  • Cedera atau infeksi.

๐Ÿงผ Pencegahan:

  • Jangan memasukkan benda ke dalam telinga.

  • Gunakan penutup telinga di tempat bising.

  • Bersihkan telinga dengan cara yang aman.


3. ๐Ÿ‘ƒ Indra Penciuman (Hidung)

๐Ÿง  Gangguan atau Penyakit:

  • Flu/Pilek: Mengganggu kemampuan mencium.

  • Sinusitis: Radang pada rongga sinus.

  • Anosmia: Tidak bisa mencium bau (sementara atau permanen).

๐Ÿงด Penyebab:

  • Infeksi virus atau bakteri.

  • Alergi debu atau polusi.

  • Cedera pada hidung.

๐Ÿงผ Pencegahan:

  • Gunakan masker di tempat berdebu.

  • Jaga kebersihan lingkungan.

  • Hindari merokok atau menghirup asap.


4. ๐Ÿ‘… Indra Pengecap (Lidah)

๐Ÿง  Gangguan atau Penyakit:

  • Lidah kering: Kurang cairan atau efek obat.

  • Infeksi jamur (sariawan): Lidah terasa sakit dan sulit mengecap.

  • Gangguan pengecap: Tidak bisa merasakan rasa dengan normal.

๐Ÿงด Penyebab:

  • Kurang minum air.

  • Infeksi atau kebersihan mulut yang buruk.

  • Merokok atau konsumsi makanan terlalu panas.

๐Ÿงผ Pencegahan:

  • Menjaga kebersihan mulut dan gigi.

  • Perbanyak minum air putih.

  • Konsumsi makanan sehat.


5. ✋ Indra Peraba (Kulit)

Gangguan atau Penyakit:

  • Luka bakar: Akibat terkena benda panas.

  • Iritasi atau alergi kulit: Karena bahan kimia atau debu.

  • Eksim: Kulit kering, gatal, dan merah.

Penyebab:

  • Paparan bahan kimia.

  • Kurang menjaga kebersihan kulit.

  • Alergi atau infeksi.

Pencegahan:

  • Gunakan pelembap kulit jika perlu.

  • Hindari menyentuh benda panas tanpa pelindung.

  • Mandi secara teratur dan bersih.


Kesimpulan

Panca indra dapat mengalami gangguan atau penyakit jika tidak dijaga dengan baik. Menjaga kebersihan, menghindari kebiasaan buruk, dan menerapkan gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk melindungi panca indra.

SENI RUPA 

Tujuan Pembelajan

Menjelaskan prinsip - prinsip desain (kesatuan, keseimbangan, proporsi, penekanan, keselarasan) berdasarkan pengamatan objek nyata disekitar mereka.

Alur Tujuan Pembelajaran

Murid mengidentifikasi prinsip kesatuan dan keseimbangan dalam benda - benda nyata di sekitarnya.

MATERI :

Apa Itu Prinsip Desain?

Prinsip desain adalah aturan atau pedoman dalam menyusun elemen-elemen seni rupa (garis, warna, bentuk, tekstur, dan ruang) agar karya menjadi menarik, serasi, dan bermakna.


Prinsip-Prinsip Desain dan Contoh Pengamatan

1. Kesatuan 

  • Pengertian: Semua bagian dalam suatu karya saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan yang utuh.

  • Contoh di Sekitar: Taman sekolah yang memiliki berbagai tanaman dan elemen namun terlihat menyatu dan tidak berantakan.

  • Ilustrasi Sederhana: Kolase dari potongan kertas warna yang disusun menjadi gambar hewan.


2. Keseimbangan

  • Pengertian: Penyusunan elemen yang seimbang antara kiri dan kanan, atas dan bawah.

  • Contoh di Sekitar: Lukisan simetris di dinding kelas atau hiasan gantung yang tidak miring.

  • Jenis:

    • Simetris: Dua sisi sama.

    • Asimetris: Dua sisi berbeda tapi tetap terasa seimbang.


3. Proporsi 

  • Pengertian: Perbandingan ukuran antara bagian-bagian dalam karya seni agar tampak wajar dan indah.

  • Contoh di Sekitar: Patung manusia dengan ukuran kepala, badan, dan tangan yang sesuai.

  • Ilustrasi: Menggambar tubuh manusia dengan ukuran kepala lebih kecil dari badan.


4. Penekanan

  • Pengertian: Memberi perhatian khusus pada bagian tertentu agar menarik perhatian.

  • Contoh di Sekitar: Gambar matahari besar di pojok gambar anak-anak, atau tulisan besar di poster.

  • Cara Menonjolkan: Ukuran, warna, bentuk, atau posisi.


5. Keselarasan

  • Pengertian: Semua unsur dalam karya seni terlihat cocok dan tidak bertabrakan.

  • Contoh di Sekitar: Ruang kelas dengan warna tembok, meja, dan hiasan yang serasi.

  • Ciri: Tidak terlalu ramai dan enak dilihat.

Kegiatan Siswa

1. Pengamatan Objek Nyata

Siswa diminta mengamati satu objek nyata, seperti:

  • Taman sekolah

  • Meja belajar

  • Tempat ibadah

  • Ruang tamu

  • Sepeda atau motor

Tugas:
Tuliskan dan gambar objek tersebut, lalu identifikasi 3–5 prinsip desain yang terlihat.


2. Membuat Karya Seni

Siswa membuat karya seni sederhana seperti:

  • Gambar suasana taman atau rumah

  • Kolase dari kertas warna

  • Poster tema kebersihan

Penilaian karya berdasarkan:

  • Apakah ada kesatuan, keseimbangan, proporsi, penekanan, dan keselarasan dalam karya.

  • Kreativitas dan kerapihan.

Kesimpulan:

Prinsip desain membantu karya seni menjadi lebih indah dan bermakna. Dengan mengamati objek nyata, kita bisa belajar langsung bagaimana prinsip ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb ๐Ÿฅฐ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini murid sudah mampu memahami apa itu prinsip - prinsip deasin dan menerapkan dalam sebuah gambar desain baju Formal dan Casual. Namun masih ada beberapa murid yang belum memahami apa itu prinsip - prinsip deasin serta penerapannya dengan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta siswa diberi latihan kembali dan praktik menggambar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 16 Agustus 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Jumat, 16 Agustus 2025 Mata Pelajaran : PAK dan P Pancasila Alat Peraga : Lembar soal...