Sabtu, 26 April 2025

Selasa, 29 April 2025

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Hari/Tanggal     : Selasa, 29 April 2025

Tema                : 7 Perkembangan Teknologi 

Subtema               :  4 Perkembangan Teknologi Transportasi 

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 6 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 7 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  menentukan banyaknya keliling pada bangun datar. Nah sekarng kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi Transportasi.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi transportasi di lingkungan setempat dengan tepat.

2. Dengan mencermati kata-kata pada teks, siswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi transportasi.

3. Dengan membaca uraian, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

5. Dengan mencermati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan karya keterampilan dengan gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dengan tepat.

6. Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan jenis-jenis alat transportasi dengan tepat.

7. Dengan berdiskusi, siswa dapat menuliskan kesimpulan tentang pentingnya memahami  keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.


Beni senang menyeberang pulau dengan perahu. Namun, ia punya keinginan naik kereta. Beni teringat cerita Udin tentang asyiknya naik kereta. Bagaimana pengalaman Udin naik kereta? 

Mari kita cari tahu melalui kegiatan berikut ini!

AYO MEMBACA!

Bacalah teks berikut ini dengan senyap!

Perjalanan dengan Kereta 

Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron.

Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.


Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalulalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. 
Udin sangat bersyukur dapat menikmatiperjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon



Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Senin, 28 April 2025

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Hari/Tanggal     : Senin, 28 April 2025

Tema                : 7 Perkembangan Teknologi 

Subtema               :  4 Perkembangan Teknologi Transportasi 

Pembelajaran        : 1 dan 2

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 6 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 7 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  menentukan banyaknya keliling pada bangun datar. Nah sekarng kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi Transportasi.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah

Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks

perkembangan teknologi transportasi di lingkungan sekitar.

2. Dengan mencermati gambar, siswa dapat berkreasi dengan menggabungkan teknik potong, lipat, dan sambung dalam suatu karya keterampilan dengan rapi.

3. Dengan memahami konsep keliling, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu dengan benar.

4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar

dengan satuan baku tertentu dengan benar.

5. Dengan mengidentifikasi keberagaman pada teks, siswa dapat membuat daftar

keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.

AYO MEMBACA!

Liburan yang lalu, Beni dan keluarganya berkunjung ke rumah paman. Apa saja yang mereka lakukan disana?

Ayo, kita cari tahu bersama! Bacalah teks berikut dengan intonasi yang tepat!




AYO MENGAMATI!

1. Bacalah kembali teks “Berlibur di Rumah Paman” dengan teliti!  Garis bawahi kalimat pertama dari setiap paragraf! Tuliskan isi cerita dari setiap paragraf!


AYO MENGAMATI! 

Salah satu alat transportasi yang banyak digunakan adalah mobil. Apakah kamu suka naik mobil?

Maukah kamu menjadi perancang mobil? Sebelum kamu menjadi perancang mobil terkenal, ayo kita

buat dulu mobil dari kardus bekas! Amati proses membuat mobil berikut ini! 

Peralatan yang dibutuhkan: 

- Pisau, gunting, selotip, lem, kardus bekas (bekas 

kotak sepatu atau yang seukuran), 1 lembar

kertas putih polos, penggaris, dan spidol, dan lem





Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


Kamis, 24 April 2025

Jumat, 25 April 2025

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Hari/Tanggal     : Jumat, 25 April 2025

Tema                : 7 Perkembangan Teknologi 

Subtema               :  3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran        : 6

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 6 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 7 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  menentukan banyaknya keliling pada bangun datar. Nah sekarng kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi komunikasi.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah

Tujuan Pembelajaran 

1. Dengan membaca teks “Alat Komunikasi masa kini”, siswa dapat menemukan kosakata produk yang dihasilkan teknologi komunikasi dengan tepat.

2. Dengan menghitung jumlah ukuran sisi dari bangun datar yang dibuat pada pola sentimeter blok, siswa dapat menyajikan hasil pengukuran keliling bangun datar dengan tepat.

berkomunikasi. Salah satunya melalui aplikasi penyampai pesan! Mari kita temukan informasi mengenai aplikasi penyampai pesan.


Setelah membaca dan memahami teks, dapatkah kamu menemukan macam-macam alat komunikasi masa kini? Tuliskan di bawah ini!
Jawab: Whatsapp, Facebook, dan Messenger.

Tuliskan informasi dari setiap paragraf berdasarkan teks yang telah kamu baca!
Jawab: 
setiap orang terhadap perkembangan teknologi tertulis sebagai berikut!

1. Paragraf 1: Manusia membutuhkan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan.
2. Paragraf 2: Yang termasuk ke dalam aplikasi penyampaian pesan adalah Whatsapp, Facebook dan Messenger.
3. Paragraf 3: Percakapan dapat dilakukan secara tertulis, pesan suara, maupun panggilan video.
4. Penggunaan aplikasi penyampai pesan memiliki aturan khusus. 



AYO BERDISKUSI! 


Diskusikan hal yang akan terjadi akibat adanya

AYO MENGAMATI!


Kita dapat mengukur keliling suatu bangun datar.
Kita dapat mengukur keliling suatu bangun datar. Salah satu alat ukur yang dapat digunakan adalah salah satu alat ukur yang digunakan adalah menggunakan satuan panjang 



Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mencari keliling bangun datar. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami cara mencari keliling bangun datar . Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta siswa diberi soal latihan beripa LKPD 

Rabu, 23 April 2025

Kamis, 24 April 2025

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Hari/Tanggal     : Kamis, 24 April 2025

Tema                : 7 Perkembangan Teknologi 

Subtema               :  3 Perkembangan Teknologi Komunikasi

Pembelajaran        : 4

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 6 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 7 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  menentukan banyaknya keliling pada bangun datar. Nah sekarng kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi komunikasi.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah

Tujuan Pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mengamati poster bergambar pesan untuk menjaga keselamatan diri,siswa dapat menjelaskan cara menjaga keselamatan diri saat melakukan aktivitasair dengan runtut dan tepat.

 2. Dengan membaca teks “Alat Komunikasi Tulisan”, siswa dapat menemukan kosakata

produk yang dihasilkan teknologi komunikasi dengan tepat.

3. Dengan membaca teks berupa surat, siswa dapat mengetahui salah satu contoh bentuk komunikasi tulisan dengan tepat.

4. Dengan mengamati gambar peta lokasi pada buku siswa, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan tepat.

5. Dengan menghitung jumlah ukuran sisi dari bangun datar yang dibuat pada pola sentimeter blok, siswa dapat menyajikan hasil pengukuran keliling bangun datar dengan tepat.

6. Dengan mengamati ragam budaya Indonesia melalui gambar, siswa dapat menemukan keragaman karakteristik individu dengan benar.

 

 


Pagi hari, Siti menerima pesan singkat (SMS) dari Lani melalui ponsel milik ibu. Rupanya, Lani mengajak Siti untuk berenang bersama. Siti meminta izin kepada Ibu untuk pergi berenang bersama Lani dan Dayu. Ibu mengizinkan Siti pergi berenang. Ibu meminta Bibi untuk menemani Siti pergi berenang. Berenang merupakan olahraga air yang baik. Pada saat berenang semua otot tubuh bergerak. Namun, kita harus waspada akan bahaya berkegiatan di air. Bahaya yang mungkin terjadi di kolam renang adalah tenggelam. Agar tetap selamat saat berenang, kita harus ditemani oleh orang yang sudah mahir.

Apa saja upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga keselamatan diri saat berenang?

Lakukan tahapan-tahapan berikut sebelum
berenang:
1. Pastikan pakaian yang dikenakan adalah pakaian renang.
2. Lakukan pemanasan sebelum masuk ke kolam renang.
3. Lakukan kegiatan bersama teman yang sudah bisa berenang.
4. Lakukan latihan meluncur dan mengambang di kolam dangkal.
5. Kenakan pelampung agar lebih aman.

AYO MEMBACA!
Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok dirumah Siti. Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu. Telepon adalah alat komunikasi secara lisan. Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.


AYO MENULIS!
1. 



AYO MEMBACA!
Setelah berenang, Dayu meminjam telepon kantor kolam renang untuk menelepon Ibu. Dayu minta izin kepada Ibu untuk mengerjakan tugas kelompok dirumah Siti. Dayu sangat bersyukur karena ada alat bantu yang memudahkan dalam berkomunikasi. Dengan telepon, Dayu dapat langsung berbicara dan mendengarkan suara ibu. Telepon adalah alat komunikasi secara lisan. Selain alat komunikasi lisan, hingga saat ini alat komunikasi tulisan juga masih terus berkembang.


AYO MENULIS!
1. 



AYO MEMBACA!

Hari ini Beni kedatangan tamu istimewa. Tamu itu adalah Bang Andi. Dia adalah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang. Beberapa waktu yang lalu, Ayah menunjukkan 

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mengidentifikasi/ mencari ide pokok pada paragraf. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami mencari ide pokok pada paragraf. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta siswa disuruh membaca ulang teks paragraf.

Selasa, 29 April 2025

  TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Selasa, 29 April  2025 ...