Sabtu, 26 April 2025

Selasa, 29 April 2025

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SUBTEMA 4 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

KELAS 3 SD AL AZHAR 2




Hari/Tanggal     : Selasa, 29 April 2025

Tema                : 7 Perkembangan Teknologi 

Subtema               :  4 Perkembangan Teknologi Transportasi 

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, diskusi


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 6 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 7 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang  menemukan informasi pada teks "transportasi". Nah sekarang kita akan mempelajari tentang perkembangan teknologi Transportasi.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat menemukan jenis-jenis produk yang dihasilkan teknologi transportasi di lingkungan setempat dengan tepat.

2. Dengan mencermati kata-kata pada teks, siswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan kata terkait tentang perkembangan teknologi transportasi.

3. Dengan mencermati gambar, siswa dapat menentukan keliling bangun datar dengan satuan baku tertentu.

4. Dengan mencermati gambar, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan karya keterampilan dengan gabungan teknik potong, lipat, dan sambung dengan tepat.

5. Dengan membaca teks, siswa dapat menuliskan jenis-jenis alat transportasi dengan tepat.

6. Dengan berdiskusi, siswa dapat menuliskan kesimpulan tentang pentingnya memahami  keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.


Beni senang menyeberang pulau dengan perahu. Namun, ia punya keinginan naik kereta. Beni teringat cerita Udin tentang asyiknya naik kereta. Bagaimana pengalaman Udin naik kereta? 

Mari kita cari tahu melalui kegiatan berikut ini!

AYO MEMBACA!

Bacalah teks berikut ini dengan senyap!

Perjalanan dengan Kereta 

Ayah dan ibu mengajak Udin dan Mutiara pergi ke Cirebon. Mereka ingin mengunjungi kakek dan nenek. Udin dan Mutiara sangat senang. Udin dan keluarganya pergi ke Cirebon dengan kereta api. Mereka pergi ke stasiun kereta dengan angkutan kota. Ayah sudah menyiapkan tiket kereta untuk mereka. Mereka masuk ke stasiun kereta sambil menunjukkan tiket. Udin dan keluarganya menunggu kereta datang di dekat peron.

Kereta yang Udin tumpangi sangat panjang. Kereta Udin memiliki 10 gerbong. Kereta berjalan di atas rel kereta. Rel kereta terbuat dari besi. Di dalam kereta ada ruang makan. Di dalam kereta juga ada toilet.


Selama di kereta, Udin menikmati pemandangan yang indah. Kereta melintasi jembatan di atas sungai. Ia melihat perkampungan dan sawah yang hijau. Udin juga melihat berbagai kendaraan lalulalang. Ada sepeda motor, mobil, bus, becak, dan dokar. 
Udin sangat bersyukur dapat menikmatiperjalanannya dengan kereta. Udin berterima kasih kepada ayah dan ibu yang sudah mengajaknya bepergian. Ia juga berterima kasih kepada bapak masinis yang membawa ia dan keluarganya sampai di Cirebon



Apakah kamu pernah naik kereta api seperti Udin? Atau naik perahu seperti Beni? Kereta adalah salah satu kendaraan darat yang digemari. Apakah kamu tahu jenis kendaraan darat lainnya? Bagaimana dengan kendaraan air dan udara? 

Ayo, kita pelajari bersama-sama!

Bacalah dengan suara nyaring dan intonasi yang tepat!

Alat Transportasi 

Kakek Udin bercerita tentang bermacam-macam alat transportasi. Kita membutuhkan alat transportasi untuk bepergian. Alat transportasi dapat mempercepat perjalanan kita. Alat transportasi darat digunakan hampir semua orang. Alat transportasi darat ada yang berjalan dijalan raya dan di atas rel. 

Mobil dan motor adalah alat transportasi yang berjalan di jalan raya. Kereta adalah alat transportasi yang berjalan diatas rel. Kita menggunakan alat transportasi darat untuk jarak dekat dan jauh. 

Alat transportasi air digunakan oleh orang yang tinggal di dekat perairan. Alat transportasi air digunakan untuk menyeberang sungai atau laut. Alat transportasi air untuk jarak dekat misalnya perahu. Untuk jarak jauh kita bisa menggunakan feri atau kapal. 

Orang menggunakan alat transportasi udara untuk jarak jauh. Alat transportasi udara adalah alat transportasi yang paling cepat. Kita dapat tiba di tempat yang jauh dalam waktu singkat. Pesawat terbang adalah contoh alat transportasi udara. 

Alat transportasi terus berkembang. Sebagian alat transportasi didatangkan dari negara lain. Sebagian lagi hasil karya anak Indonesia. Anak-anak harus rajin belajar dan berkarya untuk negara.

Setiap orang memiliki alat transportasi yang disukai. Setiap orang juga memiliki alat transportasi yang tidak disukai. 

AYO MENULIS! 

Apakah kamu dapat memaksa temanmu menyukai alat transportasi yang tidak disukainya?

Apa yang akan terjadi jika kamu memaksa?

Apa yang akan terjadi jika kamu tidak memaksa?

3. tulislahlah kesimpulan tentang pentingnya menghargai perbedaan!


AYO MENGAMATI!

Udin menyampaikan perasaannya kepada kakek. Ia merasa aman menggunakan alat transportasi darat. Ia takut menggunakan alat transportasi air. Udin belum pandai berenang. Kakek sangat memahami perasaan Udin. Kakek mengajak Udin dan Mutiara berenang. Kakek ingin melatih Udin berenang.

Udin dan Mutiara sangat senang pergi ke kolam renang. Mereka menunggu kakek membeli tiket. Mereka membaca peraturan yang ada di dekat loket tiket. 




Kakek sangat senang bahwa Udin dan Mutiara membaca peraturan kolam renang. Kakek berpesan agar Udin dan Mutiara menaati peraturan itu. Dengan menaati peraturan di kolam renang, kita sudah menjaga keselamatan diri dan orang lain. 

Kamu sudah mengetahui cara menghitung konsep keliling. Berlatihlah mengerjakan soal-soal berikut!

soal-soal berikut!

1. 
Keliling bangun persegi panjang adalah : 25 cm + 25cm + 15cm + 15 cm = 80 cm

2. 
 
Keliling bangun persegi panjang adalah : 52 cm + 52 cm + 25 cm + 25 cm = 154 cm

3. 
 
Keliling bangun persegi adalah : 10 cm + 10 cm + 10 cm + 10 cm = 40 cm

4. 
 

Keliling bangun persegi adalah : 15 cm + 15 cm + 15 cm + 15 cm = 60 cm



Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu mencari keliling bangun datar. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami cara mencari keliling bangun datar . Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta siswa diberi soal latihan berupa  LKPD 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 04 Mei 2025

  PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) (Remedian dan Pengayaan) KELAS 3 SEMESTER GANJIL  SD AL AZHAR 2 BANDAR  LAMPUNG  Assalamualaikum wr wb Good...