Jumat, 18 April 2025

Senin, 21 April 2025

 TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

SUBTEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Hari/Tanggal     : Senin, 21 April 2025

Tema                : 7 Perkembangan Teknologi 

Subtema               :  1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Pembelajaran        : 6

Alat peraga           : Video Pembelajaran, alat peraga bangun datar.

Metode                 : Tanya jawab, kerja kelompok, praktek


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 6 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 7 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menemukan informasi pada teks atau paragraf. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang menentukan banyaknya simetri lipat

pada bangun datar dengan menggunakan benda konkret dengan tepat.

Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah.

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan mencermati teks, siswa dapat menjelaskan manfaat dan menceritakan kembali informasi mengenai teknologi produksi sandang di lingkungan setempat dengan tepat
2. Siswa dapat bersyukur kepada Tuhan dan menyadari keberadaannya sebagai mahluk Tuhan di tengah keragaman suku, agama, dan adat istiadat.
3. Dengan melakukan percobaan terhadap beberapa bentuk bangun datar, siswa dapat mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri putar dengan menggunakan benda konkret.

Baiklah yuk kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, semangat 💪

Edo sangat senang karena tahu asal pakaiannya. Edo ingin belajar tentang pakaian profesi. 

Ikutilah kegiatan Edo dan teman-temannya!

Ayo Membaca

Pakaian Profesi

Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini.  

Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter memakai pakaian dokter saat praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi saat bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara saat bersidang. Pakaian profesi tidak dipakai setiap saat.

Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi adalah seorang polisi. Kita dapat membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.

Amatilah teks “Pakaian Profesi”!

1. Jawablah pertanyaan berikut ini!


Ayo Berlatih!

Edo dan teman-temannya sangat senang belajar tentang pakaian profesi. Mereka berencana mengadakan kegiatan menarik. Mereka ingin memakai pakaian profesi sesuai cita-cita Setiap anak memiliki cita-cita. Mereka memiliki cita-cita yang berbeda. Udin ingin menjadi dokter. 

Dayu ingin menjadi pilot. Lani ingin menjadi perawat. Edo ingin menjadi polisi. Siti ingin menjadi perancang busana. Beni ingin menjadi penyiar televisi.

Amatilah gambar Edo dan teman-temannya!
2. Jawablah pertanyaan berikut!


Edo dan teman-temannya mempunyai cita-cita yang berbeda. Perbedaan itu tidak membuat mereka berpecah belah. Mereka berbeda, tetapi tetap rukun. 

Ayo Mencoba!

Masih ingatkah kamu dengan motif kain kesayangan ibu Udin? Salah satu motifnya adalah persegi. 

Ikutilah langkah-langkah berikut!

1. Gambarlah persegi di atas karton dengan panjang sisi 5 cm. 

2. Guntinglah gambarmu dengan rapi.

3. Jiplaklah bangun persegi yang kamu buat di buku latihanmu.

4. Tentukan titik pusatnya.

5. Letakkan karton persegimu tepat di atas gambar persegi yang kamu buat.

6. Cobalah memutar karton persegimu searah jarum jam. 

7.  Apakah bangun datar tersebut dapat memenuhi garis yang kamu buat dengan tepat?

8. Cobalah putar lagi sampai menempati posisi semula.

9. Berapa kali putaran persegi dapat menempati bingkainya, apabila diputar satu kali putaran penuh? 



Apakah persegi termasuk bangun datar yang memiliki simetri putar?

Berapakah jumlah simetri putarnya?

Isilah Tabel percobaan berikut ini ya nak...

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami cara mencari simetri putar pada bangun datar dengan cara menggantikannya. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami bagaimana mempraktikan cara mencari simetri putar pada bangun datar Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya siswa disuruh mempraktikkan satu per satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 04 Mei 2025

  PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) (Remedian dan Pengayaan) KELAS 3 SEMESTER GANJIL  SD AL AZHAR 2 BANDAR  LAMPUNG  Assalamualaikum wr wb Good...