Jumat, 31 Januari 2020
Tema 6 subtema 1 pembelajaran 5&6
Hari/Tanggal:Jumat/31-1-2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk yang ada dalam dialog sosiodrama dengan tepat.
2. Melalui kegiatan bermain peran siswa mampu menggunakan ungkapan petunjuk secara lisan dengan tepat
3. Dengan memisahkan kumpulan benda siswa mampu menjelaskan kembali bagaimana cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar.
4. Dengan mengamati prosedur mengurangi dua bilangan siswa dapat mempresentasikan hasil pengurangan bilangan 21-40 menggunakan benda konkret dengan benar.
Materi Pembelajaran
· Melakukan sosiodrama dengan dialog berisi ungkapan petunjuk
· Menyelesaikan soal-soal pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Merapikan Rumah
Minggu lalu Siti dan orang tuanya menanam bibit cabai.
Mereka menanam di halaman rumah.
Hari ini bibit tersebut sudah tumbuh.
Mereka senang sekali melihat bibit cabai yang tumbuh.
Meskipun ada bibit cabai yang tidak tumbuh.
Simaklah percakapan mereka.
Siti : Ayah, Ibu, lihatlah. Bibit cabai kita sudah tumbuh.
Ibu : Oh, iya benar. Tapi tidak semuanya tumbuh ya.
Ayah : Berarti ada bibit yang kurang baik
Siti : Sayang ya, Yah.
Ayah : Tidak apa-apa. Sekarang bibit yang hidup harus kita rawat dengan baik.
Siti : Bagaimana cara merawatnya, Ayah?
Ayah : Sirami secara teratur pagi dan sore hari.
Siti : Baik, Ayah. Lalu apa lagi?
Ibu : Jangan lupa diberi pupuk secukupnya, Nak.
Siti : Baik, Bu. Aku akan berusaha mengingatnya.
Perhatikan teks percakapan tersebut.
Tunjukkan kalimat ungkapan petunjuknya.
Tunjukkan pula kalimat tanggapannya.
Bersama temanmu perankan percakapan di atas.
Siti merasa senang ikut merawat tanaman.
Sambil merawat tanaman cabai, Siti belaja menghitung.
Pada awalnya Siti menabur 28 bibit cabai. Tetapi 12 bibit capai tidak tumbuh.
Berapakah bibit cabai yang tumbuh?
Beginilah cara Siti menghitungnya.
Hari/Tangan:jum'at/31-1-2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan dan contoh guru, siswa mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk dengan tepat.
2. Melalui pembuatan cerita gambar berseri, siswa mampu menyusun kalimat ungkapan petunjuk dengan benar.
3. Melalui gambar siswa mampu mengidentifikasi aturan-aturan menjaga kebersihan di rumah.
4. Melalui simulasi/pantomim sederhana, siswa mampu memeragakan kegiatan menjaga kebersihan di rumah.
5. Dengan memaknai kalimat pada soal cerita sederhana siswa dapat menjelaskan cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar.
6. Dengan mengamati prosedur penyelesaian soal, siswa dapamenyelesaikan soal cerita sederhana terkait pengurangan dua bilanga(21-40) dengan benar
Materi Pembelajaran
Menyusun cerita berisi ungkapan petunjuk tentang cara-cara menjaga
kebersihan rumah dengan bantuan gambar berseri
• Memeragakan kegiatan di rumah yanberkaitan dengan aturan menjaga
kebersihan
• Menyelesaikan masalah sehari-hari yanmelibatkan pengurangan bilangan 21-40
tanpa teknik meminjam
Profil/Biodata Guru Nama HESTI WINDARI Unit kerja : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung. Kelas yang di ajar : Kelas 3A Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram (@hesti_unikpernik) youtube (hesti windari)
Jumat, 31 Januari 2020
Kamis, 30 Januari 2020
Tema 6 (lingkungan Bersih, sehat dan asri) subtema 1
Kamis, 30 Januari 2020
Tema 6 subtema 1 pembelajaran 4
Hari/Tanggal:Kamis/30-1-2020
Pembelajaran 4
1. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanggapan terhadap ungkapan petunjuk
2. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat berupa ungkapan petunjuk dan membuat kalimat tanggapannya.
3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi
4. Melalui permainan alat musik ritmis siswa mampu memeragakan kuat lemah bunyi pada sebuah lagu.
Mateari Pembelajaran:
• Melakukan gerak guling depan dalam senam lantai
• Menggunakan ungkapan petunjuk dalam suatu percakapan sederhana
• Memeragakan kuat lemah bunyi menggunakan instrumen musik ritmis
Selesai berolahraga Udin dan teman-teman bermain musik.
Mereka memainkan marakas dan rebana.Sambil bermain mereka belajar membedakan bunyi
kuat dan lemah.Ikuti petunjuk cara memainkan marakas dan rebana.Mainkanlah dengan iringan lagu.Bedakan kuat lemah bunyi lewat permainan alat musik
Ayo Mencoba
Ayo M
Ayo Berlatih
Nah, sekarang cobalah membuat kalimat
tanggapan dari petunjuk berikut ini.
1. Petunjuk: Membersihkan debu sebaiknya dengan lap basah
Tanggapan: ……………………………………………..
2. Petunjuk: Letakkan bola di keranjang.
Tanggapan: ……………………………………………….
3. Petunjuk: Selesai digunakan, mainan dikembalikan ke tempatnya.
Tanggapan: ……………………………………………….
4. Petunjuk: Lantai rumah sebaiknya dipel setiap hari.
Tanggapan: ……………………………………………….
5. Petunjuk: Semprot kaca dengan cairan pembersih. Lalu, gosok dengan lap atau karet
pembersih kaca.
Tanggapan: ……………………………………………….
- Januari 30, 2020 Tidak ada komentar:
Tema 6 subtema 1 pembelajaran 4
Hari/Tanggal:Kamis/30-1-2020
Pembelajaran 4
1. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanggapan terhadap ungkapan petunjuk
2. Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat berupa ungkapan petunjuk dan membuat kalimat tanggapannya.
3. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi
4. Melalui permainan alat musik ritmis siswa mampu memeragakan kuat lemah bunyi pada sebuah lagu.
Mateari Pembelajaran:
• Melakukan gerak guling depan dalam senam lantai
• Menggunakan ungkapan petunjuk dalam suatu percakapan sederhana
• Memeragakan kuat lemah bunyi menggunakan instrumen musik ritmis
Selesai berolahraga Udin dan teman-teman bermain musik.
Mereka memainkan marakas dan rebana.Sambil bermain mereka belajar membedakan bunyi
kuat dan lemah.Ikuti petunjuk cara memainkan marakas dan rebana.Mainkanlah dengan iringan lagu.Bedakan kuat lemah bunyi lewat permainan alat musik
Ayo Mencoba
Ayo M
Ayo Berlatih
Nah, sekarang cobalah membuat kalimat
tanggapan dari petunjuk berikut ini.
1. Petunjuk: Membersihkan debu sebaiknya dengan lap basah
Tanggapan: ……………………………………………..
2. Petunjuk: Letakkan bola di keranjang.
Tanggapan: ……………………………………………….
3. Petunjuk: Selesai digunakan, mainan dikembalikan ke tempatnya.
Tanggapan: ……………………………………………….
4. Petunjuk: Lantai rumah sebaiknya dipel setiap hari.
Tanggapan: ……………………………………………….
5. Petunjuk: Semprot kaca dengan cairan pembersih. Lalu, gosok dengan lap atau karet
pembersih kaca.
Tanggapan: ……………………………………………….
- Januari 30, 2020 Tidak ada komentar:
Rabu, 29 Januari 2020
Tema 6 (lingkungan bersih, sehat dan asri) sub tema 1
Rabu, 29 Januari 2020
Tema 6 subtema 1 pembelajaran 2&3
Hari/Tanggal:Rabu/29-1-2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.
2. Menggunakan potongan-potongan cerita bergambar siswa mampu mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.
Materi Pembelajaran
• Menyusun cerita bergambar yang berisi ungkapan petunjuk dengan urutan yang benar
Di bawah ini gambar petunjuk cara mencuci piring, Susunan gambar belum berurutan.Gunting lalu susunlah secara berurutan
.
Hari/Tanggal :Rabu/29-01-2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi siswa mampu menyusun menjelaskan aturan yang harus diterapkan di rumah agar bisa meningkatkan kebersihan di lingkungan rumah.
2. Melalui kerja kelompok siswa mampu menunjukkan aturan yang harus diterapkan untuk menjaga kebersihan rumah dengan percaya diri.
3. Melalui penjelasan guru siswa mampu menunjukkan kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.
4. Melalui permainan siswa mampu menyusun kalimat ungkapan petunjuk dengan benar.
5. Melalui fenomena sehari-hari yang dipilihkan guru siswa mampu mengidentifikasi masalah hari-hari yang melibatkan proses .
6. Dengan mengkaji cara mengurangkan dua bilangan, siswa dapat mengomunikasikan hasil pengurangan dua bilangan 21-40 tanpat teknikmeminjam dengan benar.
Materi Pembelajaran
· Mendiskusikan aturan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan mempresentasikannya di depan kelas
· Bermain menyusun kalimat ungkapan petunjuk dari sebuah kata yang berhubungan
dengan lingkungan rumah yang ditentukan
· Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Ayo Berdiskusi
Perhatikan gambar di bawah ini
Jika kita malas membersihkan rumah, beginilah jadinya.
Suasana rumah jadi kotor dan tidak nyaman ditempati.Banyak semut, lalat, dan serangga lainnya.
Pakaian yang kotor dan menumpuk juga akan mengundang nyamuk
Ayo kita berlatih membaca dan menyusun kalimat.Bacalah kartu-kartu kata berikut ini.Susunlah menjadi ungkapan petunjuk.
Contoh:
Tempatnya - pada - buanglah –sampah
Susunan kalimat yang benar adalah:
Buangkah sampah pada tempatnya
Tema 6 subtema 1 pembelajaran 2&3
Hari/Tanggal:Rabu/29-1-2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.
2. Menggunakan potongan-potongan cerita bergambar siswa mampu mengurutkan suatu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.
Materi Pembelajaran
• Menyusun cerita bergambar yang berisi ungkapan petunjuk dengan urutan yang benar
Di bawah ini gambar petunjuk cara mencuci piring, Susunan gambar belum berurutan.Gunting lalu susunlah secara berurutan
.
Hari/Tanggal :Rabu/29-01-2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui diskusi siswa mampu menyusun menjelaskan aturan yang harus diterapkan di rumah agar bisa meningkatkan kebersihan di lingkungan rumah.
2. Melalui kerja kelompok siswa mampu menunjukkan aturan yang harus diterapkan untuk menjaga kebersihan rumah dengan percaya diri.
3. Melalui penjelasan guru siswa mampu menunjukkan kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.
4. Melalui permainan siswa mampu menyusun kalimat ungkapan petunjuk dengan benar.
5. Melalui fenomena sehari-hari yang dipilihkan guru siswa mampu mengidentifikasi masalah hari-hari yang melibatkan proses .
6. Dengan mengkaji cara mengurangkan dua bilangan, siswa dapat mengomunikasikan hasil pengurangan dua bilangan 21-40 tanpat teknikmeminjam dengan benar.
Materi Pembelajaran
· Mendiskusikan aturan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan mempresentasikannya di depan kelas
· Bermain menyusun kalimat ungkapan petunjuk dari sebuah kata yang berhubungan
dengan lingkungan rumah yang ditentukan
· Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Ayo Berdiskusi
Perhatikan gambar di bawah ini
Jika kita malas membersihkan rumah, beginilah jadinya.
Suasana rumah jadi kotor dan tidak nyaman ditempati.Banyak semut, lalat, dan serangga lainnya.
Pakaian yang kotor dan menumpuk juga akan mengundang nyamuk
Ayo kita berlatih membaca dan menyusun kalimat.Bacalah kartu-kartu kata berikut ini.Susunlah menjadi ungkapan petunjuk.
Contoh:
Tempatnya - pada - buanglah –sampah
Susunan kalimat yang benar adalah:
Buangkah sampah pada tempatnya
Selasa, 28 Januari 2020
Tema 6 (Lingkungan bersih sehat dan asri) sub 1
anuari 28, 2020
Rumah adalah tempat kita tinggal.
Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga.
Setiap anggota keluarga punya tanggung jawab.
Kerja sama menjaga kebersihan rumah harus
dilakukan.
Kasih sayang di lingkungan rumah harus
dipelihara.
Jika demikian rumah menjadi nyaman bagi kita.
Rumah yang bersih membuat kita terhindar dari
penyakit.
Rumah yang sehat membuat kita betah di
dalamnya.
Kita bersyukur memiliki rumah yang bersih, sehat,
dan nyaman.
Hari/Tanggal : 28 januari 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu
menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan
petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
3. Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan
menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan
rumah.
4. Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mendata kegiatan di rumah
yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
5. Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu
mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
6. Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu
mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
Materi Pembelajaran
• Menyebutkan dan menuliskan ungkapan petunjuk yang terdapat di dalam teks tentang lingkungan rumah
• Diskusi tentang aturan menjaga kebersihan di rumah
• Membedakan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu sesuai tema
Ayo Mengamati
Beri tanda (√) pada kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.
1. Setiap hari ibu membersihkan rumah.
2. Cucilah tangan dengan sabun.
3. Ayah membuang sampah di tempatnya.
4. Sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.
5. Gunakan cairan pembersih lantai saat mengepel
Amati gambar berikut ini dan bandingkan.
Rumah manakah yang lebih nyaman untuk
ditinggali?
A B
Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Menurutmu apa yang menyebabkan keadaan rumah pada kedua gambar itu berbeda?
.....................................................................................
2. Apa yang harus dilakukan agar lingkungan rumah pada gambar A menjadi bersih?
.....................................................................................
3. Apa kewajiban kita agar kebersihan rumah terjaga?
.....................................................................................
Rumah tempat kita berkumpul bersama keluarga.Rumah yang bersih membuat kita merasa nyaman.
Kebersihan rumah tanggung jawab semua anggota keluarga.
Saat di rumah kita harus mengikuti aturan rumah.
Jika aturan dilanggar suasana rumah jadi tidak nyaman.
Simaklah lagu berikut ini
Nyanyikan bersama teman-temanmu
Si Nyamuk Nakal
Pencipta lagu: Papa T. Bob
Banyak nyamuk di rumahku
Gara-gara aku malas bersih-bersih
Banyak semut di rumahku
Gara-gara aku malas bersih-bersih
Banyak tikus di rumahmu
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Banyak lalat di rumahmu
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Nyamuk-nyamuk nakal
Semut-semut nakal
Sukanya menggoda aku
Tikus-tikus nakal
Lalat-lalat nakal
Sukanya membikin kotor
Rumah adalah tempat kita tinggal.
Di dalamnya, kita hidup bersama keluarga.
Setiap anggota keluarga punya tanggung jawab.
Kerja sama menjaga kebersihan rumah harus
dilakukan.
Kasih sayang di lingkungan rumah harus
dipelihara.
Jika demikian rumah menjadi nyaman bagi kita.
Rumah yang bersih membuat kita terhindar dari
penyakit.
Rumah yang sehat membuat kita betah di
dalamnya.
Kita bersyukur memiliki rumah yang bersih, sehat,
dan nyaman.
Hari/Tanggal : 28 januari 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampu
menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan ungkapan
petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
3. Melalui kegiatan diskusi siswa mampu menggali informasi dan
menjelaskan aturan di rumah yang berhubungan dengan kebersihan
rumah.
4. Melalui kegiatan wawancara siswa mampu mendata kegiatan di rumah
yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
5. Dengan menyimak lagu dan penjelasan guru siswa mampu
mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
6. Dengan menggunakan instrumen musik ritmis siswa mampu
mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
Materi Pembelajaran
• Menyebutkan dan menuliskan ungkapan petunjuk yang terdapat di dalam teks tentang lingkungan rumah
• Diskusi tentang aturan menjaga kebersihan di rumah
• Membedakan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu sesuai tema
Ayo Mengamati
Beri tanda (√) pada kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.
1. Setiap hari ibu membersihkan rumah.
2. Cucilah tangan dengan sabun.
3. Ayah membuang sampah di tempatnya.
4. Sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.
5. Gunakan cairan pembersih lantai saat mengepel
Amati gambar berikut ini dan bandingkan.
Rumah manakah yang lebih nyaman untuk
ditinggali?
A B
Diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
1. Menurutmu apa yang menyebabkan keadaan rumah pada kedua gambar itu berbeda?
.....................................................................................
2. Apa yang harus dilakukan agar lingkungan rumah pada gambar A menjadi bersih?
.....................................................................................
3. Apa kewajiban kita agar kebersihan rumah terjaga?
.....................................................................................
Rumah tempat kita berkumpul bersama keluarga.Rumah yang bersih membuat kita merasa nyaman.
Kebersihan rumah tanggung jawab semua anggota keluarga.
Saat di rumah kita harus mengikuti aturan rumah.
Jika aturan dilanggar suasana rumah jadi tidak nyaman.
Simaklah lagu berikut ini
Nyanyikan bersama teman-temanmu
Si Nyamuk Nakal
Pencipta lagu: Papa T. Bob
Banyak nyamuk di rumahku
Gara-gara aku malas bersih-bersih
Banyak semut di rumahku
Gara-gara aku malas bersih-bersih
Banyak tikus di rumahmu
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Banyak lalat di rumahmu
Gara-gara kamu malas bersih-bersih
Nyamuk-nyamuk nakal
Semut-semut nakal
Sukanya menggoda aku
Tikus-tikus nakal
Lalat-lalat nakal
Sukanya membikin kotor
Senin, 27 Januari 2020
Tema 5 (Pengalamanku) Sub tema 4
Hari/Tanggal : Senin/27 Januari 2020
Pembelajaran 5&6
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
· Melalui kegiatan menyimak syair lagu, siswa dapat menemukan kata-kata yang ada dalam syair lagu dengan tepat.
· Siswa dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata dari syair lagu dengan tepat.
· Setelah menyimak teks, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
· Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman menyanyikan lagu Bintang Kecil bersama-sama
• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40
Ayo Bernyanyi
Malam ini langit cerah.
Bintang-bintang cemerlang menghiasi langit.
Siti, ayah, dan ibu duduk di teras.
Mereka menikmati suasana malam.
Jagung dibakar sebagai kudapan.
Menambah kesan pengalaman melihat bintang.
Siti teringat lagu yang sering dinyanyikan sejak kecil.
Siti bersenandung menyanyikan lagi bintang kecil.
Ayo Berlatih
Gambarlah bintang-bintang sesuai yang diperintahkan.
Selanjutnya, jumlahkan bintang-bintang itu.
Lakukan sesuai contoh.
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
· Setelah membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang kepada adik dalam sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat.
· Siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam sebuah puisi yang telah didengar dengan tepat.
· Setelah menyimak teks, siswa dapat menuliskan kegiatan-kegiatan kerjasama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.
· Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat berbelanja bersama anggota keluarga dengan percaya diri.
· Siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
· Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman memiliki Adik
• Pengalaman berbelanja bersama keluarga
• Pengalaman menjumlah dengan kegiatan menggunting dan menempel
Ayo Menulis
Ingatkah kamu, pengalaman pertama ya
Pembelajaran 5&6
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
· Melalui kegiatan menyimak syair lagu, siswa dapat menemukan kata-kata yang ada dalam syair lagu dengan tepat.
· Siswa dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata dari syair lagu dengan tepat.
· Setelah menyimak teks, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
· Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman menyanyikan lagu Bintang Kecil bersama-sama
• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40
Ayo Bernyanyi
Malam ini langit cerah.
Bintang-bintang cemerlang menghiasi langit.
Siti, ayah, dan ibu duduk di teras.
Mereka menikmati suasana malam.
Jagung dibakar sebagai kudapan.
Menambah kesan pengalaman melihat bintang.
Siti teringat lagu yang sering dinyanyikan sejak kecil.
Siti bersenandung menyanyikan lagi bintang kecil.
Ayo Berlatih
Gambarlah bintang-bintang sesuai yang diperintahkan.
Selanjutnya, jumlahkan bintang-bintang itu.
Lakukan sesuai contoh.
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
· Setelah membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang kepada adik dalam sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat.
· Siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam sebuah puisi yang telah didengar dengan tepat.
· Setelah menyimak teks, siswa dapat menuliskan kegiatan-kegiatan kerjasama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.
· Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat berbelanja bersama anggota keluarga dengan percaya diri.
· Siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
· Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40 dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman memiliki Adik
• Pengalaman berbelanja bersama keluarga
• Pengalaman menjumlah dengan kegiatan menggunting dan menempel
Ayo Menulis
Ingatkah kamu, pengalaman pertama ya
Udin memiliki kebutuhan yang berbeda dari kakak.
Udin membutuhkan baju kecil yang nyaman.
Udin butuh popok.
Udin juga butuh selimut.
Hari ini ibu dan ayah mengajak Mutiara berbelanja kebutuhan Udin.
Ayah berjanji, Mutiara juga akan dibelikan pakaian baru.
Mutiara senang sekali.
Ayo Bercerita
Apakah kamu pernah berbelanja bersama keluarga?
Apa saja kerja sama yang keluargamu lakukan saat berbelanja.
Ayo ceritakan pengalamanmu.
Ayo Mencoba
Guntinglah gambar baju di halaman terakhir.
Sesuaikan banyaknya dengan perintah.
Jumlahkan semua gambar baju itu.
Jumat, 24 Januari 2020
Tema 5 (Pengalamanku) sub tema 4
Hari/Tanggal : Jumat/24 Januari 2020
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
· Setelah membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang terhadap ibu dengan tepat.
· Melalui kegiatan membaca puisi siswa dapat mengekspresikan ungkapan kasih sayang dalam puisi dengan tepat.
· Setelah menyimak teks, siswa mengenal bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur.
· Siswa dapat membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur dengan rapi dan indah.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman membaca puisi tentang ibu.
• Pengalaman membuat pigura dengan hiasan kulit telur
Ayo Membaca
Siti sangat menyayangi ibunya.
Ibu Siti adalah wanita yang sangat lembut.
Ibu Siti selalu ramah dan baik hati.
Siti memiliki banyak pengalaman bersama ibunya.
Pengalaman yang membuat Siti semakin kagum
dan menghormati ibunya.
Siti pernah menuliskan sebuah puisi untuk ibunya.
Ayo, kita baca puisi Siti untuk ibunya.
Ayo Mengamati
Membuat pigura foto dengan hiasan kulit telur
Siti ingin membingkai untuk puisinya.
Siti pernah melihat hiasan dari kulit telur milik Udin.
Hiasan itu indah sekali.
Siti ingin membuat pigura dengan hiasan kulit telur.
Siti menyiapkan:
1. Kulit telur yang sudah dibersihkan.
2. Kardus bekas yang cukup tebal.
3. Lem kayu.
4. Penggaris.
5. Pensil.
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
· Setelah membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang terhadap ibu dengan tepat.
· Melalui kegiatan membaca puisi siswa dapat mengekspresikan ungkapan kasih sayang dalam puisi dengan tepat.
· Setelah menyimak teks, siswa mengenal bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur.
· Siswa dapat membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur dengan rapi dan indah.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman membaca puisi tentang ibu.
• Pengalaman membuat pigura dengan hiasan kulit telur
Ayo Membaca
Siti sangat menyayangi ibunya.
Ibu Siti adalah wanita yang sangat lembut.
Ibu Siti selalu ramah dan baik hati.
Siti memiliki banyak pengalaman bersama ibunya.
Pengalaman yang membuat Siti semakin kagum
dan menghormati ibunya.
Siti pernah menuliskan sebuah puisi untuk ibunya.
Ayo, kita baca puisi Siti untuk ibunya.
Ayo Mengamati
Membuat pigura foto dengan hiasan kulit telur
Siti ingin membingkai untuk puisinya.
Siti pernah melihat hiasan dari kulit telur milik Udin.
Hiasan itu indah sekali.
Siti ingin membuat pigura dengan hiasan kulit telur.
Siti menyiapkan:
1. Kulit telur yang sudah dibersihkan.
2. Kardus bekas yang cukup tebal.
3. Lem kayu.
4. Penggaris.
5. Pensil.
Kamis, 23 Januari 2020
Tema 5 (Pengalamanku) sub tema 4
Hari/Tanggal : Kamis/21 Januari 2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
· Melalui kegiatan membaca teks, siswa dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.
· Siswa dapat membuat gambar sesuai dengan syair lagu ”Hujan Rintik Rintik”.
· Setelah menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
· Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
· Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.
· Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.
• Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil
maksimal 40.
• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.
Ayo Mengamati
Hujan turun rintik-rintik.
Edo dan Beni sedang bermain di halaman rumah Beni.
Saat itu matahari masih bersinar.
Tiba-tiba Edo dan Beni melihat pelangi.
Mereka senang dan bersorak melihat pelangi yang indah.
Ini merupakan pengalaman mereka yang pertama.
Pengalaman ini sangat mengesankan bagi mereka.
Mereka melompat-lompat senang sambil bernyanyi.
Ayo Mencoba
1.Dayu melihat ada 10 burung nuri dan 16 burung kakaktua.
Berapa banyak burung yang ada di kandang burung tersebut?
2. Siti melihat ada 11 orang utan dewasa dan 18 anak orang utan.
Berapa banyak orang utan yang ada di kandang itu?Jawaban
3. Di depan kandang gajah, ada 15 pengunjung laki-laki dan 13 pengunjung perempuan.
Berapakah banyak pengunjung yang ada di kandang gajah?Jawaban
4. Di sekitar tempat sampah ada 14 sampah. Diatas tutup tempat sampah ada 10 sampah.
Berapa banyak sampah tersebut?Jawaban
5. Sebelum pulang, Beni menghitung buaya yang ada di kandang.
Ada 11 buaya di dalam air dan 13 buaya di luar kolam.
Berapa banyak buaya yang ada di kandang tersebut?
Ayo Mengamati
Tulis huruf B untuk kalimat yang sesuai dengan cerita Edo Sakit.
Tulis S untuk kalimat yang tidak sesuai.
Sepulang dari kebun binatang Edo merasa baik-baik saja.
Edo dibawa ke dokter oleh ayah dan ibunya.
Edo sakit flu.
Ayah dan ibu memarahi Edo karena terlalu lelah main hujan dan pergi ke kebun
binatang.
Seluruh keluarga Edo bekerja sama merawat selama Edo sakit.
Ibu membuatkan sup untuk Edo.
Ayah membiarkan Edo lupa minum obat.
Ayah dan ibu menyayangi Edo.
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
· Melalui kegiatan membaca teks, siswa dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.
· Siswa dapat membuat gambar sesuai dengan syair lagu ”Hujan Rintik Rintik”.
· Setelah menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
· Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
· Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam keberagaman di rumah dengan tepat.
· Siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.
• Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil
maksimal 40.
• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.
Ayo Mengamati
Hujan turun rintik-rintik.
Edo dan Beni sedang bermain di halaman rumah Beni.
Saat itu matahari masih bersinar.
Tiba-tiba Edo dan Beni melihat pelangi.
Mereka senang dan bersorak melihat pelangi yang indah.
Ini merupakan pengalaman mereka yang pertama.
Pengalaman ini sangat mengesankan bagi mereka.
Mereka melompat-lompat senang sambil bernyanyi.
Ayo Mencoba
1.Dayu melihat ada 10 burung nuri dan 16 burung kakaktua.
Berapa banyak burung yang ada di kandang burung tersebut?
2. Siti melihat ada 11 orang utan dewasa dan 18 anak orang utan.
Berapa banyak orang utan yang ada di kandang itu?Jawaban
3. Di depan kandang gajah, ada 15 pengunjung laki-laki dan 13 pengunjung perempuan.
Berapakah banyak pengunjung yang ada di kandang gajah?Jawaban
4. Di sekitar tempat sampah ada 14 sampah. Diatas tutup tempat sampah ada 10 sampah.
Berapa banyak sampah tersebut?Jawaban
5. Sebelum pulang, Beni menghitung buaya yang ada di kandang.
Ada 11 buaya di dalam air dan 13 buaya di luar kolam.
Berapa banyak buaya yang ada di kandang tersebut?
Ayo Mengamati
Tulis huruf B untuk kalimat yang sesuai dengan cerita Edo Sakit.
Tulis S untuk kalimat yang tidak sesuai.
Sepulang dari kebun binatang Edo merasa baik-baik saja.
Edo dibawa ke dokter oleh ayah dan ibunya.
Edo sakit flu.
Ayah dan ibu memarahi Edo karena terlalu lelah main hujan dan pergi ke kebun
binatang.
Seluruh keluarga Edo bekerja sama merawat selama Edo sakit.
Ibu membuatkan sup untuk Edo.
Ayah membiarkan Edo lupa minum obat.
Ayah dan ibu menyayangi Edo.
Rabu, 22 Januari 2020
Tema 5(pengalamanku) subtema 4(pengalaman yang berkesan)
Bahan ajar dan materi pembelajaran
Tema 5 Pengalamanku
Subtema 4 Pengalaman yang berkesan
Banyak pengalaman yang tidak bisa kita lupakan.
Pengalaman yang menyenangkan dan tidak bisa dilupakan.
Pengalaman itu disebut pengalaman yang berkesan.
Pengalaman belajar bersepeda bersama Ayah.
Pengalaman dibacakan cerita oleh Ibu.
Pengalaman bermain lempar bola bersama teman.
Pengalaman berkunjung ke kebun binatang.
Semua itu merupakan pengalaman yang berkesan.
Kamu pasti mempunyai pengalaman yang berkesan.
Ceritakan kepada temanmu.
Hari/Tanggal : Rabu, 20 Januari 2020
Pembelajaran 1 & 2
Tujuan Pembelajaran
:
·
Setelah
menyanyikan lagu ‘Kasih Ibu’, siswa dapat menuliskan ungkapan hormat kepada ibu
dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
·
Melalui
kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau
persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat.
·
Setelah
menyimak teks, siswa dapat menggali informasi tentang contoh kegiatan kerja
sama dalam keberagaman di rumah.
·
Setelah
mengumpulkan informasi, siswa dapat menceritakan pengalaman kerja sama
membersihkan rumah bersama keluarga.
·
Melalui
kegiatan menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan bahan berasal
dari hewan yaitu melukis kulit telur.
Siswa
mampu membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan bahan yang berasal dari
hewan (melukis kulit telur).
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal ungkapan kasih sayang dalam lagu Kasih Ibu
• Pengalaman mengenal kegiatan kerja sama di rumah
• Pengalaman mengenal pemanfaatan kulit telur untuk dibuat hiasan
Ayo Bernyanyi
Udin dan kakaknya senang bernyanyi.
Udin, kakak, ayah, dan ibu sering bernyanyi bersama.
Mereka bernyanyi lagu gembira.
Suasana menjadi lebih ceria saat satu keluarga bernyanyi bersama.
Bernyanyi bersama merupakan pengalaman yang mengesankan.
Ayo, kita bernyanyi bersama.
Ayo Mengamati
Berilah tanda (v) pada kegiatan kerja sama dalam keluarga, dan berilah tanda (x) pada kegiatan yang
bukan kerja sama.
Ayo Membaca
Udin dan keluarga juga sedang membersihkan rumah.
Udin mendapat tugas membuang sampah.
Sebelumnya Udin memisahkan sampah kulit telur.
Kulit telur sisa ibu membuat kue banyak sekali.
Udin teringat akan Paman Panji.
Paman Panji pernah membuat hiasan dari kulit telur.
Paman Panji mengajarkan Udin cara membuatnya.
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
melakukan kegiatan membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan rasa
persahabatan dengan tepat.
·
Melalui
kegiatan menulis puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan rasa
persahabatan dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman membaca dan membuat puisi untuk sahabat
Ayo Membaca
Siti berhasil melakukan gerakan keseimbangan. Bapak guru memujinya.
Siti bersyukur. Dukungan teman-teman membuat Siti berani mencoba lagi.
Siti merasa senang memiliki teman seperti Lani dan Dayu.
Di kelas, Siti menulis puisi tentang persahabatan.
Ayo, baca puisi karangan Siti.
Ayo Menulis
Ayo, tuliskan puisi sederhana tentang persahabatan dengan temanmu.
Hari/Tanggal : Kamis/21 Januari 2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
·
Melalui
kegiatan membaca teks, siswa dapat menuliskan ungkapan kekaguman terhadap
kondisi alam yaitu hujan, dengan tepat.
·
Siswa
dapat membuat gambar sesuai dengan syair lagu ”Hujan Rintik Rintik”.
·
Setelah
menyimak teks, siswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah dalam kehidupan
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40
dengan tepat.
·
Siswa
dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan
penjumlahan dua bilangan cacah sampai dengan 40 dengan tepat.
·
Setelah
membaca teks, siswa dapat menyebutkan contoh kegiatan kerja sama dalam
keberagaman di rumah dengan tepat.
·
Siswa
dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit
dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman mengenal ungkapan kekaguman dalam lagu Hujan Rintik Rintik.
• Pengalaman mengenal masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil
maksimal 40.
• Pengalaman kerja sama saat ada anggota keluarga yang sakit.
Ayo Mengamati
Hujan turun rintik-rintik.
Edo dan Beni sedang bermain di halaman rumah Beni.
Saat itu matahari masih bersinar.
Tiba-tiba Edo dan Beni melihat pelangi.
Mereka senang dan bersorak melihat pelangi yang indah.
Ini merupakan pengalaman mereka yang pertama.
Pengalaman ini sangat mengesankan bagi mereka.
Mereka melompat-lompat senang sambil bernyanyi.
Ayo Mencoba
1.Dayu melihat ada 10 burung nuri dan 16 burung kakaktua.
Berapa banyak burung yang ada di kandang burung tersebut?
2. Siti melihat ada 11 orang utan dewasa dan 18 anak orang utan.
Berapa banyak orang utan yang ada di kandang itu?Jawaban
3. Di depan kandang gajah, ada 15 pengunjung laki-laki dan 13 pengunjung perempuan.
Berapakah banyak pengunjung yang ada di kandang gajah?Jawaban
4. Di sekitar tempat sampah ada 14 sampah. Diatas tutup tempat sampah ada 10 sampah.
Berapa banyak sampah tersebut?Jawaban
5. Sebelum pulang, Beni menghitung buaya yang ada di kandang.
Ada 11 buaya di dalam air dan 13 buaya di luar kolam.
Berapa banyak buaya yang ada di kandang tersebut?
Ayo Mengamati
Tulis huruf B untuk kalimat yang sesuai dengan cerita Edo Sakit.
Tulis S untuk kalimat yang tidak sesuai.
Sepulang dari kebun binatang Edo merasa baik-baik saja.
| |
Edo dibawa ke dokter oleh ayah dan ibunya.
| |
Edo sakit flu.
| |
Ayah dan ibu memarahi Edo karena terlalu lelah main hujan dan pergi ke kebun
binatang.
| |
Seluruh keluarga Edo bekerja sama merawat selama Edo sakit.
| |
Ibu membuatkan sup untuk Edo.
| |
Ayah membiarkan Edo lupa minum obat.
| |
Ayah dan ibu menyayangi Edo.
|
Hari/Tanggal : Jumat/22 Januari 2020
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang terhadap ibu dengan
tepat.
·
Melalui
kegiatan membaca puisi siswa dapat mengekspresikan ungkapan kasih sayang dalam
puisi dengan tepat.
·
Setelah
menyimak teks, siswa mengenal bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat
pigura dengan hiasan dari kulit telur.
·
Siswa
dapat membuat pigura dengan hiasan dari kulit telur dengan rapi dan indah.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman membaca puisi tentang ibu.
• Pengalaman membuat pigura dengan hiasan kulit telur
Ayo Membaca
Siti sangat menyayangi ibunya.
Ibu Siti adalah wanita yang sangat lembut.
Ibu Siti selalu ramah dan baik hati.
Siti memiliki banyak pengalaman bersama ibunya.
Pengalaman yang membuat Siti semakin kagum
dan menghormati ibunya.
Siti pernah menuliskan sebuah puisi untuk ibunya.
Ayo, kita baca puisi Siti untuk ibunya.
Ayo Mengamati
Membuat pigura foto dengan hiasan kulit telur
Siti ingin membingkai untuk puisinya.
Siti pernah melihat hiasan dari kulit telur milik Udin.
Hiasan itu indah sekali.
Siti ingin membuat pigura dengan hiasan kulit telur.
Siti menyiapkan:
1. Kulit telur yang sudah dibersihkan.
2. Kardus bekas yang cukup tebal.
3. Lem kayu.
4. Penggaris.
5. Pensil.
Hari/Tanggal : Senin/25 Januari 2020
Pembelajaran 5&6
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
·
Melalui
kegiatan menyimak syair lagu, siswa dapat menemukan kata-kata yang ada dalam
syair lagu dengan tepat.
·
Siswa
dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata dari syair lagu dengan tepat.
·
Setelah
menyimak teks, siswa dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah
dengan hasil maksimal 40 menggunakan benda konkret.
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40
dengan bantuan benda konkret.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman menyanyikan lagu Bintang Kecil bersama-sama
• Pengalaman menjumlah dua bilangan cacah sampai dengan 40
Ayo Bernyanyi
Malam ini langit cerah.
Bintang-bintang cemerlang menghiasi langit.
Siti, ayah, dan ibu duduk di teras.
Mereka menikmati suasana malam.
Jagung dibakar sebagai kudapan.
Menambah kesan pengalaman melihat bintang.
Siti teringat lagu yang sering dinyanyikan sejak kecil.
Siti bersenandung menyanyikan lagi bintang kecil.
Ayo Berlatih
Gambarlah bintang-bintang sesuai yang diperintahkan.
Selanjutnya, jumlahkan bintang-bintang itu.
Lakukan sesuai contoh.
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah
membaca puisi, siswa dapat menuliskan ungkapan kasih sayang kepada adik dalam
sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat.
·
Siswa
dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang dalam sebuah puisi yang telah
didengar dengan tepat.
·
Setelah
menyimak teks, siswa dapat menuliskan kegiatan-kegiatan kerjasama dalam
keberagaman di rumah dengan tepat.
·
Siswa
dapat menceritakan pengalaman kerja sama saat berbelanja bersama anggota
keluarga dengan percaya diri.
·
Siswa
dapat menjelaskan cara penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40
menggunakan benda konkret.
·
Siswa
dapat menentukan hasil penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 40
dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
• Pengalaman memiliki Adik
• Pengalaman berbelanja bersama keluarga
• Pengalaman menjumlah dengan kegiatan menggunting dan menempel
Ayo Menulis
Ingatkah kamu, pengalaman pertama yang mengesankan?
Tuliskan puisi tentang pengalamanmu, di dalam kotak berikut.
Ayo Mengamati
Udin memiliki kebutuhan yang berbeda dari kakak.
Udin membutuhkan baju kecil yang nyaman.
Udin butuh popok.
Udin juga butuh selimut.
Hari ini ibu dan ayah mengajak Mutiara berbelanja kebutuhan Udin.
Ayah berjanji, Mutiara juga akan dibelikan pakaian baru.
Mutiara senang sekali.
Ayo Bercerita
Apakah kamu pernah berbelanja bersama keluarga?
Apa saja kerja sama yang keluargamu lakukan saat berbelanja.
Ayo ceritakan pengalamanmu.
Ayo Mencoba
Guntinglah gambar baju di halaman terakhir.
Sesuaikan banyaknya dengan perintah.
Jumlahkan semua gambar baju itu.
Langganan:
Postingan (Atom)
Jumat, 22 November 2025
TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU ) SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal : Kamis , 21 ...
-
TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP) SUB TEMA 4 PERTUMBUHAN TUMBUHAN KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal : Rabu, 14 Agustus ...
-
TEMA 8 PRAJAMUDA KARANA SUBTEMA 3 AKU SUKA BERPETUALANG KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Tema 8 : Prajamuda karan...
-
PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) KELAS 3 SEMESTER GENAP SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG PTS HARI KE 2 Assalamualaikum wr wb Good morning, se...