Kamis, 19 September 2024

Jumat, 20 September 2024

 TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Jumat, 20 September 2024

Tema/ Sub Tema : 3/1

Pembelajaran : 3

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :

1.   Dengan membaca teks mengenai benda yang terbuat dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat di dalam teks dengan tepat.

2.   Dengan mengamati benda-benda dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas dengan tepat.

3.        Dengan mengiringi lagu, siswa dapat mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.

4.    Dengan mengamati alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mengenal jenis, sifat fisik juga ciri dari benda dan kita juga mengenal benda - benda yang terbuat dari kayu maka hari ini kita akan mempelajari tentang benda - benda yang terbuat dari kertas.

Ayo Mengamati 


Banyak benda yang terbuat dari kertas.Seperti buku tulis yang biasa digunakan.contoh lain tisu,kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.

Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu kayu besardipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu,kayu dipanaskan hingga menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut buburkartas atau pulp.

Peroses selanjutnya, ,pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan air nyahabis.Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait.Kemudian serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.

Cobalah kamu menulis diatas kaca.Apakah hasil tulisan mu di atas kaca seperti di kertas ?kertas memiliki sipat dapat menyerap air . Kertas dapat menyerap tintah pulpen dengan baik.Dengan demikian 'semua yang kamu tulis dikertas dapat dibaca dengan jelas.




Kertas dapat digunakan untuk menulis.Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? ternyata" tidak dapat .mengapa? 

karena" alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan .Contoh nya antara lain gendang . Cara memainkannya dengan dipukul.Kamu dapat bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan. 

Bahan dasar kertas adalah kayu. kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerta" perhatikan gambar di bawah ini 

 Bahan dasar kertas adalah kayu. kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kerta" perhatikan gambar di bawah ini 


pohon manakah yang paling tinggi  ? Bagaiamana caramu mengukur tinggi suatu pohon ?

Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu . Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan  alat ukur yang sama ?

Alat ukur panjang benda bermacam macam . Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.


NO

Bagian Yang Di Ukur

Jenis Alat Ukur Yang Digunakan

1.

Tinggi Badanmu

….

2.

Panjang Lingkar Pinggang

….

3.

Panjang meja kelas

4.

Lebar papan tulis di kelasmu

Meteran Saku

5.

Panjang halaman Sekolah

….

Demikian materi yang bu guru sampaikan hari ini, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT..Aamin 🤲

Bu Guru akhiri Wassalamualaikum.wr.wb.


Kamis, 19 September 2024

 TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Kamis, 19 September 2024

Tema/ Sub Tema : 3/1

Pembelajaran : 1 & 2

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan pembelajaran

1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.

2.  Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.

3.   Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.

4.  Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.

5.     Dengan menjawab pertanyaan pada persiapan bercerita, siswa mampu menceritakan kembali informasi secara lisan tentang benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan percaya diri.

6. Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah dengan tepat.

 

Setiap hari kita melihat aneka benda di lingkungan sekitar. Benda-benda itu dapat membantu aktivitas kita sehari-hari. Benda di sekitar kita beraneka bentuk dan warnanya. Ada benda yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil.

Ayo, perhatikan benda-benda di sekitar kita

Benda-Benda di Sekitar Kita

Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda

hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas? Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang. 

Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.





Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan.

Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca,  plastik, dan lainnya.

benda dapat menghasilkan bunyi yang khajika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.

Musyarawah merupakan salah satu cara untuk mencari keputusan bersama. Apa yang terjadi jika keputusan langsung diambil tanpa musyawarah sebelumnya?

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Refleksi/Kesimpulan :

Alhamdulillah sebagian besar peserta didik  sudah mampu memahami macam-macam alat ukur benda. siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.

(Materi Pengulangan karena belum tuntas)


Minggu, 15 September 2024

Rabu, 18 September 2024

 TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Senin, 28 September 2024

Tema/ Sub Tema : 3/1

Pembelajaran : 1 & 2

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membaca teks berjudul Aneka Benda-benda di Sekitar Kita, siswa dapat mengidentifikasi informasi dari teks.

2.  Dengan pengamatan terhadap alat ukur, siswa dapat menyatakan satuan panjang yang digunakan dengan paling sedikit dua satuan baku dengan tepat.

3.   Dengan mengiringi lagu dengan tepukan, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan tepat.

4.  Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.

5.     Dengan menjawab pertanyaan pada persiapan bercerita, siswa mampu menceritakan kembali informasi secara lisan tentang benda-benda di sekitarnya yang terbuat dari kayu dengan percaya diri.

Setiap hari kita melihat aneka benda di lingkungan sekitar. Benda-benda itu dapat membantu aktivitas kita sehari-hari. Benda di sekitar kita beraneka bentuk dan warnanya. Ada benda yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil.

Ayo, perhatikan benda-benda di sekitar kita

Benda-Benda di Sekitar Kita

Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda

benda

hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang. Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas? Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang. 

Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.





Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan.

Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca,  plastik, dan lainnya.

benda dapat menghasilkan bunyi yang khajika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.

Musyarawah merupakan salah satu cara untuk mencari keputusan bersama. Apa yang terjadi jika keputusan langsung diambil tanpa musyawarah sebelumnya?

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Soal Latihan
1.      Kamu telah mempelajari tentang jenis, sifat fisik, dan ciri benda. Selanjutnya, lengkapilah tabel berikut ini!



2.      Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda-benda di bawah ini!

3.      Alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasil kan irama lagu disebut... 
4.      Musyawarah merupakan satu cara untuk mencari. . .


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menyebutkan benda benda disekitar serta sifat benda tersebut dan pesereta didik dapat menyelesaikan soal denga namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham tentang sifat benda. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal pecahan.



Selasa, 17 September 2024

 MEMPERINGATI MAULID NABI 

SD AL AZHAR 2



Dokumentasi Maulid Nabi 







Kamis, 12 September 2024

Jumat, 13 September 2024

 TEMA 2 (MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN)

 SUB TEMA 4 (MENYAYANGI HEWAN)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Jumat, 13 September 2024

Tema/ Sub Tema : 2/4

Pembelajaran : 6

Tujuan Pembelajaran: 

1.    Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menuliskan tugas anggota keluarga berdasarkan perannya dengan tepat.

2.    Dengan kegiatan review, siswa dapat menentukkan posisi bilangan cacah pada garis bilangan dengan tepat. 

3.    Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat melengkapi teka-teki silang dengan tepat.

Kemarin kita telah mempelajari tentang peran dari anggota keluarga, dimana kalian sudah memahami tugas serta peran dari anggota keluarga kalian, nah sekarang kalian dapat membaca teks di bawah ini untuk mengetahui peran anggota keluarga Beni.
 
Bacalah teks di bawah ini!
Beni tinggal bersama ayah dan ibunya. Setiap hari Beni melakukan tugas-tugas yang menjadi kewajibannya. Salah satu tugas Beni yaitu menyiram tanaman setiap sore. Beni senang memelihara tanaman. Ia menyukai mangga. Karenanya ia menanam mangga di belakang rumahnya. Beni mulai menanam dari biji. Sekarang pohon itu sudah tumbuh besar. Tinggi pohon itu sekitar 3 m.
Setiap hari ayah, ibu, dan Beni bangun pagi. Ibu akan menyiapkan sarapan untuk semua anggota keluarga. Ayah mempersiapkan diri untuk pergi bekerja. Beni juga bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. Beni sudah menyiapkan semua keperluan sekolahnya di malam hari. Buku-buku dan alat tulis yang akan digunakan sudah dimasukkan ke dalam tas.
Ayah berangkat ke tempat kerja dengan sepeda motor. Kadang-kadang ayah mengantar Beni ke sekolah. Ayah Beni rajin bekerja. Ia melakukan itu semua untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Setelah Beni dan ayahnya berangkat, ibu Beni  mulai melakukan aktivitas lainnya. Kegiatan mencuci pakaian, membersihkan rumah, dan memasak dilakukan ibu Beni setiap hari. Pada siang hari akan ada seorang tetangga yang membantu ibu Beni untuk menyetrika pakaian.
Contoh Soal
Ayah memiliki 2 buah tali tambang dengan panjang tali pertama 4 m dan tali kedua 7 m. Berapakah panjang keseluruhan tali tambang ayah?




 



Bagaimana dengan materi hari ini,
semoga kalian dapat memahami materi hari ini dan tugas kalian hari ini adalah mengisi teka teki silang yang ada di buku tema 2 sub tema 3 Pembelajaran 6 halaman 152. Seperti di bawah ini:



Mendatar
1. Warna mangga yang masih muda.
3. Hama yang sering menyerang pohon mangga.
4. Hewan yang makan buah mangga di pohon.
8. Salah satu bentuk buah mangga.
10. Pekerjaan mencabut rumput atau tumbuhan liar
 
Menurun
2. Pupuk yang digunakan untuk pohon mangga.
5. Tempat menanam pohon mangga.
6. …… diberikan pada tanaman untuk
meningkatkan kesuburan tanah.
7. Rasa buah mangga yang masak.
9. Benda ini sangat dibutuhkan tanaman.

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami penjumlahan dalam bentuk garis bilangan dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham dalam menjumlah dalam bentuk garis bilangan. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal penjumlahan pada garis bilangan

Jumat, 20 September 2024

  TEMA 3 (BEDA DISEKITAR KU)   SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU) KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal : Jumat, 20 September 2024 Tema/ Su...