Pages

Pages - Menu

Senin, 30 September 2024

Selasa, 01 Oktober 2024

 TEMA 3 (BENDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 2 ( WUJUD BENDA )

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Selasa, 01 Oktober 2024

Tema/ Sub Tema : 3/2

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 3

Alat peraga             : Video Pembelajaran 

Metode                    : Kerja kelompok

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membuat prediksi sifat benda padat, siswa terlatih untuk memberikan pendapatnya berdasarkan pengamatan dengan percaya diri.

2.  Dengan memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan jarak, siswa dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan benar.

3.   Dengan memerhatikan tempo musik, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lambat kaki saat menari.

 

Assalamualaikum 

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Mari kita simak materi hari ini ya 🥰🥰

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mengetahui wujud benda yaitu padat, cair dan gas. Masing – masing wujud benda memiliki sifatnya yang berbeda – beda mari kita pelajari sifat dari benda padat.

Benda Padat

Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda - benda tersebut digolongkan sebagai benda padat?


Perhatikan tangga satuan di bawah ini!



Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati  uang (volume).

Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.



Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak.

Latihan soal :

1.     Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!

A.    Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!

B.    Tuliskan sifat benda padat berdasarkan  pengamatanmu!



2.    Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km. Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya,ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat benda Padat, cair dan gas serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham mengenai sifat wujud benda. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab.

Minggu, 29 September 2024

Senin, 30 September 2024

 TEMA 3 (BENDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 2 ( WUJUD BENDA )

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Senin, 30 September 2024

Tema/ Sub Tema : 3/2

Subtema  2               :  Wujud Benda

Pembelajaran         : 1 & 2

Alat peraga             : Video Pembelajaran 

Metode                    : Diskusi

Tujuan Pembelajaran :

1.    Dengan membaca wacana tentang wujud benda, siswa dapat mengidetifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.

2.  Dengan mengerjakan latihan soal, siswa dapat mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat.

3.   Dengan mengamati contoh gerakan tari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki dengan tepat.

4.     Dengan membaca wacana percakapan, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sifat wujud benda dengan benar

5.      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menuliskan arti penting menolong.

 

Manusia tidak dapat lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah manusia melaksanakan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibuat oleh manusia. Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibuat oleh manusia.

Apakah kamu memperhatikan perbedaan dari benda-benda tersebut? Benda dapat dikelompokkan dalam tiga wujud. Wujud apa sajakah itu? Yuk, kita pelajari bersama.

Wujud Benda

Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas.

digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini digunakan untuk mengukur tinggi pesawat saat terbandarpermukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang berhubungan dengan ketinggian.

Pernahkah kamu memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin adalah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun dapat dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin putting beliung, dan lain-lain.

Sekarang, coba kamu bergerak seolah-olah seperti kertas yang tertiup angin!

Perhatikan gambar berikut!

Gerakan angin sepoisepoi bergeraklah lemah ke kiri dan ke kanan.

Jika angin kencang, bergeraklah dengan hentakan yang kuat ke kiri

dan ke kanan. Jika angin putting beliung, bergeraklah berputar.



Dengan mengikuti gerakan di atas, kamu dapat membedakan gerakan kuat dan lemah. Dalam tarian, selain gerak tangan ada juga gerakan         langkah kaki. Gerakan tangan dan kaki harus selaras dengan irama yang mengiringi.  Sekarang, coba kamu berlatih gerakan kaki terlebih dahulu. Iringilah dengan lagu yang kalian suka.

Berlatihlah gerakan kaki dengan gerak lembut. Seperti pohon yang melambai ditiup angin sepoisepoi dan gerakan pohon yang ditiup angin kencang!


 

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati.

Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume?

Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Simak percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!

Ibu Guru : Anakanak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?

Siti : Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?

Ibu Guru : Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.

Udin : Bola basket lebih berat, Bu!

Ibu Guru : Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.

Siti : Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?

Ibu Guru : Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram  atau kilogram.

Massa diukur dengan alat di bawah ini.



Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu?

Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume.

Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.



Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B.

 

Edo dan teman-teman berlatih memantulkan dan menangkap bola di sekolah. Ketika tengah asyik berlatih, tiba-tiba Udin terjatuh. Kakinya sakit dan tidak dapat berdiri.

Edo dan teman-teman melihat Udin kesakitan. Edo dan teman-teman segera menghentikan permainan.

Kemudian, Edo dan Beni menolong Udin dengan me mapahnya ke UKS. UKS singkatan Unit Kesehatan Sekolah.

Setelah diperiksa, ibu guru menduga kaki Udin terkilir. Oleh karena itu, kakinya perlu diperiksa dokter.

Perbuatan Edo dan Beni menolong Udin sangat terpuji. Apakah kamu mem punyai pengalaman menolong teman atau orang lain?

Ceritakanlah pengalamanmu di depan kelas! Simak dengan baik saat temanmu bercerita!

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Latihan Soal

1.        Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!

Tuliskan benda – benda dari gambar yang termasuk benda padat, cair dan gas!

2.        Perhatikan gambar di bawah ini!

Rumah Udin ke kantor pos = ... km ... m

   = ... m

3.        Dalam sebuah tarian selain gerakan tangan ada pula gerakan . . .

4.        Ciri – ciri benda antara lain memiliki . . . dan . . .

5.        Mengapa kita perlu menolong orang lain?

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami macam-macam wujud benda (Padat, cair dan gas) serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham mengenai macam-macam wujud benda. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan kelas.

Dokumentasi:






Kamis, 26 September 2024

Jumat, 27 September 2024

 TEMA 3 (BENDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Jumat, 27 September 2024

Tema/ Sub Tema : 3/1

Pembelajaran : 6

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :

1.        Dengan melakukan musyawarah, siswa dapat memahami pentingnya menghargai pendapat orang lain dengan tepat.
2.        Dengan menuliskan pengalaman melakukan musyawarah, siswa dapat menceritakan pengalamannya bermusyawarah secara lisan dengan rinci.
3.        Dengan menuliskan informasi tentang deskripsi benda, siswa dapat menyusun informasi terkait bahan pembentuk benda dengan tepat.

4.        Dengan berlatih mengerjakan soal konversi satuan m ke cm, siswa dapat mengkonversikan satuan m ke cm dengan tepat.

 

Kamu sudah mempelajari aneka bahan pembentuk benda. Selanjutnya, kita akan menyelidiki bahan yang sesuai untuk benda-benda tertentu.

Untuk mengerjakan projek ini, kamu dan keluargamu harus melaksanakan musyawarah.

 

Kamu dan kelurgamu telah memilih benda. Lakukan penyelidikan bahan yang terbaik untuk membentuk benda tersebut!

Kamu harus memilih bahan yang tepat untuk membuat benda. Karena pemilihan bahan dapat menjadikan benda berfungsi maksimal.

Apa bahan yang baik untuk membuat daun jendela?

Apakah dari kayu, alumunium atau kaca?


Hal-hal berikut harus termuat dalam tulisanmu.

1.      Penjelasan bentuk benda (warna, ukuran, dan  bentuk).

2.      Fungsi benda.,Alasanmu memilih bahan tertentu untuk membuat benda tersebut.
4.      Menyebutkan kelebihan bahan tersebut.

5.    Menyebutkan kekurangan bahan tersebut.


Meteran gulung disebut juga meteran saku. Meteran gulung berfungsi untuk mengukur panjang benda yang lebih dari satu meter. Meteran ini biasa digunakan pekerja bangunan atau tukang kayu.

akan menata ulang kamar tidurnya. Sebelum menata, Siti mengukur benda-benda di kamarnya. Ukuran yang diperoleh Siti seperti berikut ini!

Bantulah Siti menemukan ukurannya!

a.  254 cm = .2. m + .54. cm

 b.  390 cm  = .3. m + .90. cm

               


   Bagaimana Shole/Sholeha Bu guru semoga materi hari ini dapat kalian pahami dengan baik ya nak berikut tugas kalian yaitu,

Ceritakanlah hasil musyawarahmu dengan anggota keluarga dirumah sesuai dengan pertanyaan di bawah ini! atau sama dengan yang ada di buku tema 3 kalian halaman 50 dan 51


2 .Ceritakan keuntungan melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan bersama!

 3.Bagaimana cara menghormati  pendapat dari anggota keluargamu?

 4.Apa yang terjadi jika kita menghormati pendapat anggota keluargamu?                  
 
 5.Ceritakan pengalaman menghargai pendapat orang lain!      

(Melanjutkan materi yang belum tuntas atau belum tersampaikan)

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami mengapa dalam musyawarah perlu menghargai pendapat orang lain serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham bagai mana menghargai pendapat orang lain dalam bermusyawarah. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan kelas.