Selasa, 12 November 2024

Rabu, 13 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Selasa, 12 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/3

Subtema  3           :  Kewajibanku dan Hakku dalam bertetangga

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya pada subtema 3 kita telah mempelajari tentang Kewajiban dan Hakku di Sekolah. Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang Kewajiban dan hakku dalam bertentangan pada sub tema 4.

Tujuan Pembelajaran:

1.         Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.

2.         Siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui dengan tepat.

3.         Siswa dapat mengidentifikasi bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan tepat.

4.         Siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga dengan tepat.

 

Panen Rambutan

Lani berkunjung ke rumah Beni. Di rumah Beni sedang panen rambutan. Beni ingin membagi hasil panennya kepada tetangga. Setiap hari tetangga selalu melihat buahnya. Setiap hari ada juga tetangga yang ikut membersihkan daun yang gugur dan bertebaran. Sebaiknya tetangga ikut menikmati hasil panen.

Pada hari itu, hasil panenan Beni sebanyak 500 buah rambutan. Ayah menyarankan tetangga dekat didahulukan. Setiap tetangga harus mendapat rambutan yang sama banyak. Ayah meminta Lani membantu Beni. Mereka bekerja dengan gembira.

 Lani membantu Beni menghitung buah rambutan.

Rambutan yang tersedia ada 500 buah. Berapa banyak tetangga yang akan diberi? Berapa buah yang akan diterima setiap tetangga?


Lani membantu Beni membagikan rambutan. Ia membawakan kantong kertas untuk membawa rambutan. Kantong kertas untuk membawa rambutan. Kantong kertasnya memiliki motif yang sangat indah.


Aku Ingin Lingkungan Bersih

Edo sedang duduk di depan rumahnya. Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal. Anak itu ingin mencoret-coret tembok tetangganya. Edo mengingatkannya dengan santun agar tidak mencoretcoret tembok.  Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan. Dengan santun, Edo mengingatkan tetangganya untuk membuang sampah pada tempatnya. Edo ingin lingkungan tempat tinggalnya bersih. Ia melakukan sesuatu yang  dapat ia lakukan. Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan adalah kewajiban kita. Lakukanlah dengan cara yang santun.

Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih. Bagian mana saja di lingkunganmu yang harus selalu bersih?

Uraikan kewajiban dan hak tentang lingkungan rumah yang bersih!

Tuliskan pada tabel berikut!



Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Latihan Soal !

1.         Berilah saran penyelesaian dari kalimat berikut ini!


2.         Jika Beni hanya membagi kepada lima tetangga,  maka masing-masing tetangga akan mendapat 100 buah rambutan.

Tuliskan kemungkinan lainnya!



3.        Tuliskan Kewajiban dan Hak yang kamu ketahui dalam bertetangga!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Minggu, 10 November 2024

Selasa, 12 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Selasa, 12 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/3

Subtema  3           :  Kewajibanku dan Hakku dalam bertetangga

Pembelajaran        : 2

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya pada subtema 3 kita telah mempelajari tentang Kewajiban dan Hakku di Sekolah. Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang Kewajiban dan hakku dalam bertentangan pada sub tema 4.

Tujuan Pembelajaran :

1.        Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.

4.        Siswa dapat membedakan kewajiban dan hak dalam bertetangga dengan tepat.






Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah ditentukan dan belum ditentukan (Perkalian). Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah ditentukan pada perkalian. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk menyimak kembali penjelasan guru serta menjawab soal secara langsung dikerjakan di papan tulis.

Senin, 11 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Senin, 11 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/3

Subtema  3          :  Kewajibanku dan Hakku dalam bertetangga

Pembelajaran        : 1 

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya pada subtema 3 kita telah mempelajari tentang Kewajiban dan Hakku di Sekolah. Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang Kewajiban dan hakku dalam bertentangan pada sub tema 4.

Tuan Pembelajaran:

1.        Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.

2.        Siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui dengan tepat.

3.        Siswa dapat mengidentifikasi bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan tepat.

4.        Siswa dapat membedakan kewajiban dan hak dalam bertetangga dengan tepat.

 Ayo Membaca!


Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga. Apakah kamu mengenal tetanggamu?

Apakah kamu suka bermain dengan tetanggamu?

Sukakah kamu memiliki tetangga?

Setiap orang berkewajiban menjadi tetangga yang baik. Kita wajib bersyukur memiliki tetangga yang baik. Jadilah tetangga yang baik!

Tetangga adalah orang yang tinggal di dekat rumahku. Aku mengenal namanya. Aku selalu menyapanya. Aku suka bermain dengannya dan mengunjunginya. Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan  tetangga. Karena tetangga adalah saudara dekatku.

Tetangga adalah orang yang tinggal di dekat rumahku. Aku mengenal namanya. Aku selalu menyapanya. Aku suka bermain dengannya dan mengunjunginya. Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan  tetangga. Karena tetangga adalah saudara dekatku.

Lani dan ibunya ingin berkunjung ke rumah tetangga baru mereka. Ibu membuat kue bawang untuk dibawa. Jumlah kue bawang ibu sebanyak 800 batang. Ibu meletakkan kue bawang ke dalam empat buah toples. Masing-masing toples terisi kue bawang yang sama banyak. Berapa kemungkinan toples yang digunakan? Berapa isi kue bawang di masing-masing toples?


Lani senang mengamati rumah tetangganya. Lani melihat di setiap rumah terdapat berbagai bentuk bangun datar. Bentuk-bentuk bangun datar apa saja yang sudah kamu ketahui?

Amati bentuk bangun datar di bawah ini!




Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Kamis, 07 November 2024

Jumat, 08 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Jumat, 08 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/2

Subtema  2          :  Hak dan Kewajibanku di Sekolah

Pembelajaran        : 6

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menuliskan tentang kewajiban dan hak disekolah serta menyebutkan contoh-contoh nya. Dan pada hari ini kita akan mempelajari tentang pengalaman melaksanakan kewajiban dan hak disekolah.

Tujuan Pembelajaran:

1. Dengan berdiskusi peserta didik dapat mengetahui apa yang harus dilakukan saat orang berbicara kepada mu.

2. Dengan membaca teks peserta didik dapat menuliskan pengalaman melaksanakan kewajiban dan hak di sekolah.








Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Rabu, 06 November 2024

Kamis, 07 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DI SEKOLAH ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Kamis, 07 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/2

Subtema  2           :  Hak dan Kewajibanku di Sekolah

Pembelajaran        : 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menuliskan kemungkinan pada pengurangan yang bilangannya sudah ditentukan. Dan pada hari ini kita akan mempelajari tentang menyebutkan kewajiban dan hak sebagai warga sekolah.

Tujuan Pembelajaran:

1.        Siswa dapat menunjukkan ungkapan  atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan tepat.

2.        Siswa dapat menyebutkan kewajiban dan hak sebagai warga sekolah dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

3.        Siswa dapat mengetahui dua bilangan cacah yang selisihnya diketahui.

 

Setiap anak berhak merasa nyaman berada di sekolah. Mereka berhak diperlakukan dengan baik.

Aku Ingin Senang di Sekolah

Setiap warga sekolah wajib membuat sekolah menjadi tempat yang menyenangkan. Guru dan siswa ingin merasa bahagia di sekolah. Udin dan teman-temannya juga ingin senang saat berada di sekolah. Kepala Sekolah memberi saran kepada Udin dan teman-temannya. Berikut saran Kepala Sekolah.

1. Berteman dengan siapa saja

2. Saling berbagi

3. Saling menghormati

4. Saling membantu dan bekerja sama

5. Hormat kepada guru  dan sayangi teman

6. Menaati aturan sekolah

Udin dan teman-temannya mengikuti saran Kepala Sekolah. Sekarang setiap siswa berteman dengan siapa saja. Siswa selalu berbicara dengan sopan. Siswa tidak segan mengucapkan terima kasih kepada siapa pun. Siswa juga selalu meminta maaf jika berbuat salah. Udin merasa senang berada di sekolah. 

Guru sedang berbicara di depan kelas. Semua siswa melihat ke arah guru. Mereka memperhatikan setiap ucapan guru. Lani bertanya kepada guru. Guru melihat ke arah Lani dan mendengarkan pertanyaan Lani. Setiap orang wajib mendengarkan saat orang lain

berbicara. Apa yang biasa kamu lakukan saat orang lain berbicara kepadamu?

Yang harus dilakukan saat orang berbicara kepada kita aaa:

1. Melihat lawan bicara

2. Mendengarkan apa yang dibicarakan

3. Tidak mencela pembicaraan


Yang harus dilakukan saat kita berbicara kepada orang lain:

1. Melihat lawan bicara

2. Berbicara dengan sopan

3. Gunakan kata – kata yang mudah dimengerti.

 

Kewajiban di kelas:

1. Menaati peraturan sekolah

2. Melaksanakan tugas piket

3. Mengerjakan tugas

4. Menjaga kebersihan

5. Giat belajar

Hak:

1. Mendapatkan nilai yang baik

2. Mendapatkan lingkungan yang nyaman untuk belajar

3. Dapat belajar dengan baik

4. Mendapat lingkungan yang bersih

 

SD Nusantara ingin siswanya merasa senang di sekolah. Mereka membuat daftar kewajiban dan hak sebagai warga sekolah.



Belajar adalah kewajiban setiap siswa. Udin belajar di sekolah yang

menyenangkan. Ia dan teman-temannya selalu disambut guru saat tiba di sekolah. Penyambutan dimulai 30 menit sebelum bel masuk.

Penyambutan berakhir saat bel masuk berbunyi. Banyak siswa yang disambut setiap harinya berbeda.  

Jika siswa yang disambut ada 500 siswa, tentukan banyak siswa di sekolah dan banyak siswa yang tidak di sambut!

Langkah menjawab:

Banyak siswa yang disambut adalah hasil pengurangan banyak siswa di sekolah dengan banyak siswa yang tidak disambut.

1. Tuliskan banyak siswa yang disambut

2. Tentukan banyak siswa di sekolah

3. Tentukan banyak siswa yang tidak di sambut

Setiap orang memiliki kewajiban mendengarkan saat orang lain berbicara. Saat upacara di sekolah siswa mengikuti pembina upacara membacakan teks Pancasila. Mereka seharusnya mengikuti

dengan suara senada. Kadang kala ada siswa yang mengikuti dengan suara nyaring, ada juga yang bersuara lembut. Jika pada saat upacara terdapat 580 anak mengikuti dengan suara lembut, berapa










Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah ditentukan dan belum ditentukan (Pengurangan). Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah ditentukan. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk menyimak kembali penjelasan guru serta menjawab soal secara langsung dikerjakan di papan tulis.


Rabu, 13 November 2024

  TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )   SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA )  KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Selasa , 12...