Pages

Pages - Menu

Rabu, 13 November 2024

Jumat, 15 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Jumat, 15 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/3

Subtema  3           :  Kewajibanku dan Hakku dalam bertetangga

Pembelajaran        : 6

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil perkalian.

Tujuan Pembelajaran:

1. Peserta didik dapat menemukan kalimat penyelesaian masalah pada teks.

2. Peserta didik dapat menuliskan penyelesaian masalah 

3. Peserta didik dapat menentukan bilangan yang hasil perkalian sudah ditentukan



Wabah Demam Berdarah

Ayah Dayu terserang demam berdarah. Tubuhnya demam tinggi dan menggigil kedinginan. Kepalanya terasa berat. Perutnya mual dan ingin  muntah. Ada bintik-bintik merah di kulitnya. Tetangga Dayu pun segera membawanya ke rumah sakitDemam berdarah penyakit berbahaya dan mudah menular. Nyamuk demam berdarah adalah penyebar penyakit demam berdarah. Seluruh warga membersihkan lingkungan. Mereka membersihkan lingkungan untuk memberantas sarang nyamuk demam berdarah. Seluruh warga bekerja dengan bergotong royong. Mereka melakukan 3 M yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur. Mereka juga melakukan penyadapan.







Dalam bertetangga kita wajib tolong-menolong. Semua orang harus membantu orang lain yang kesulitan. Ketika Ayah Dayu sakit demam berdarah, tetangganya yang membawanya ke rumah sakit. Lani dan Udin segera ke rumah sakit untuk menemani Dayu. Di sana mereka melihat Dayu sedang duduk sendirian dengan muka sedih. Dayu merasa sedih karena ayahnya sakit. Ia jugmemikirkan pesanan bibit bunga sedap malam. Ia dan ibunya seharusnya menyiapkan pesanan itu. Apa yang sebaiknya Lani  lakukan? Apa yang akan Lani sampaikan kepada Dayu?

Hari ini Dayu harus menyiapkan pesanan bibit bunga sedap malam. Lani membantu Dayu menyiapkan semuanya. Lani senang dapat membantu Dayu. Lani pun senang dapat membuat Dayu bergembira lagi. Ada 800 buah bibit sedap malam yang harus dikirim. Ibu Dayu sudah menyiapkan beberapa kotak kardus. Setiap kardus harus berisi bunga sedap malam yang sama banyak. Berapa kardus yang dibutuhkan?  Berapa banyak bibit dalam setiap kardus?

Buatlah 2 kemungkinan jumlah kardus yang dibutuhkan dan banyaknya bibit dalam setiap kardus!



Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Kamis, 14 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Kamis, 13 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/3

Subtema  3           :  Kewajibanku dan Hakku dalam bertetangga

Pembelajaran        : 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya pada subtema 3 kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil perkalian.

Tujuan Pembelajaran:

1. Peserta didik dapat menemukan kalimat penyelesaian masalah pada teks.

2. Peserta didik dapat menuliskan penyelesaian masalah 

3. Peserta didik dapat menentukan bilangan yang hasil perkalian sudah ditentukan







Dayu memiliki banyak kelinci. Dayu tidak ingin kelincinya berkeliaran dan mengganggu tetangga. Dayu ingin membuat kandang untuk kelincinya. Dayu membutuhkan banyak bambu. Ayah Dayu memiliki 900 batang bambu. Berapa kira-kira kandang yang dapat dibuat Ayah Dayu. Berapa batang bambu yang dibutuhkan Ayah Dayu untuk satu kandangnya?

Jumlah bambu seluruhnya 900 batang.

Jika ayah Dayu membuat 10 kandang, maka untuk setiap kandang hanya dapat menggunakan 90 batang bambu.



Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


Selasa, 12 November 2024

Rabu, 13 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Rabu, 13 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/3

Subtema  3           :  Kewajibanku dan Hakku dalam bertetangga

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya pada subtema 3 kita telah mempelajari tentang Kewajiban dan Hakku di Sekolah. Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang Kewajiban dan hakku dalam bertentangan pada sub tema 4.

Tujuan Pembelajaran:

1.         Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.

2.         Siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui dengan tepat.

3.         Siswa dapat mengidentifikasi bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan tepat.

4.         Siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga dengan tepat.

 

Panen Rambutan

Lani berkunjung ke rumah Beni. Di rumah Beni sedang panen rambutan. Beni ingin membagi hasil panennya kepada tetangga. Setiap hari tetangga selalu melihat buahnya. Setiap hari ada juga tetangga yang ikut membersihkan daun yang gugur dan bertebaran. Sebaiknya tetangga ikut menikmati hasil panen.

Pada hari itu, hasil panenan Beni sebanyak 500 buah rambutan. Ayah menyarankan tetangga dekat didahulukan. Setiap tetangga harus mendapat rambutan yang sama banyak. Ayah meminta Lani membantu Beni. Mereka bekerja dengan gembira.

 Lani membantu Beni menghitung buah rambutan.

Rambutan yang tersedia ada 500 buah. Berapa banyak tetangga yang akan diberi? Berapa buah yang akan diterima setiap tetangga?


Lani membantu Beni membagikan rambutan. Ia membawakan kantong kertas untuk membawa rambutan. Kantong kertas untuk membawa rambutan. Kantong kertasnya memiliki motif yang sangat indah.


Aku Ingin Lingkungan Bersih

Edo sedang duduk di depan rumahnya. Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal. Anak itu ingin mencoret-coret tembok tetangganya. Edo mengingatkannya dengan santun agar tidak mencoretcoret tembok.  Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan. Dengan santun, Edo mengingatkan tetangganya untuk membuang sampah pada tempatnya. Edo ingin lingkungan tempat tinggalnya bersih. Ia melakukan sesuatu yang  dapat ia lakukan. Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan adalah kewajiban kita. Lakukanlah dengan cara yang santun.

Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih. Bagian mana saja di lingkunganmu yang harus selalu bersih?

Uraikan kewajiban dan hak tentang lingkungan rumah yang bersih!

Tuliskan pada tabel berikut!



Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Latihan Soal !

1.         Berilah saran penyelesaian dari kalimat berikut ini!


2.         Jika Beni hanya membagi kepada lima tetangga,  maka masing-masing tetangga akan mendapat 100 buah rambutan.

Tuliskan kemungkinan lainnya!



3.        Tuliskan Kewajiban dan Hak yang kamu ketahui dalam bertetangga!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu membuat kalimat saran. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami cara membuat kalimat saran. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk menyimak kembali penjelasan guru serta menjawab soal secara langsung dikerjakan di papan tulis.

Minggu, 10 November 2024

Selasa, 12 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Selasa, 12 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/3

Subtema  3           :  Kewajibanku dan Hakku dalam bertetangga

Pembelajaran        : 2

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya pada subtema 3 kita telah mempelajari tentang Kewajiban dan Hakku di Sekolah. Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang Kewajiban dan hakku dalam bertentangan pada sub tema 4.

Tujuan Pembelajaran :

1.        Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.

4.        Siswa dapat membedakan kewajiban dan hak dalam bertetangga dengan tepat.






Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah ditentukan dan belum ditentukan (Perkalian). Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami menentukan dua bilangan yang jumlahnya sudah ditentukan pada perkalian. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk menyimak kembali penjelasan guru serta menjawab soal secara langsung dikerjakan di papan tulis.

Senin, 11 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 2 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Senin, 11 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/3

Subtema  3          :  Kewajibanku dan Hakku dalam bertetangga

Pembelajaran        : 1 

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya pada subtema 3 kita telah mempelajari tentang Kewajiban dan Hakku di Sekolah. Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang Kewajiban dan hakku dalam bertentangan pada sub tema 4.

Tuan Pembelajaran:

1.        Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.

2.        Siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui dengan tepat.

3.        Siswa dapat mengidentifikasi bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan tepat.

4.        Siswa dapat membedakan kewajiban dan hak dalam bertetangga dengan tepat.

 Ayo Membaca!


Orang yang tinggal di dekat rumahmu disebut tetangga. Apakah kamu mengenal tetanggamu?

Apakah kamu suka bermain dengan tetanggamu?

Sukakah kamu memiliki tetangga?

Setiap orang berkewajiban menjadi tetangga yang baik. Kita wajib bersyukur memiliki tetangga yang baik. Jadilah tetangga yang baik!

Tetangga adalah orang yang tinggal di dekat rumahku. Aku mengenal namanya. Aku selalu menyapanya. Aku suka bermain dengannya dan mengunjunginya. Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan  tetangga. Karena tetangga adalah saudara dekatku.

Tetangga adalah orang yang tinggal di dekat rumahku. Aku mengenal namanya. Aku selalu menyapanya. Aku suka bermain dengannya dan mengunjunginya. Ibu menyarankan agar aku baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan agar aku bermain dengan  tetangga. Karena tetangga adalah saudara dekatku.

Lani dan ibunya ingin berkunjung ke rumah tetangga baru mereka. Ibu membuat kue bawang untuk dibawa. Jumlah kue bawang ibu sebanyak 800 batang. Ibu meletakkan kue bawang ke dalam empat buah toples. Masing-masing toples terisi kue bawang yang sama banyak. Berapa kemungkinan toples yang digunakan? Berapa isi kue bawang di masing-masing toples?


Lani senang mengamati rumah tetangganya. Lani melihat di setiap rumah terdapat berbagai bentuk bangun datar. Bentuk-bentuk bangun datar apa saja yang sudah kamu ketahui?

Amati bentuk bangun datar di bawah ini!




Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰