Pages

Pages - Menu

Kamis, 21 November 2024

Jumat, 22 November 2025

TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Kamis, 21 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/4

Subtema  4           :  Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran        : 4 dan 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat menyimpulkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan benar. 

2. Setelah mengamati teks “Kalimat Saran”, peserta didik dapat melaksanakan saran untuk memperoleh hak dengan benar. 

3. Setelah mengamati video YouTube “Cara membuat Topi dari Koran Bekas. Kerajinan Tangan Kelas 3 Tema peserta didik dapat membuat topi dari koran bekas dengan benar. 

4. Setelah mengamati cerita “Pembagian”, siswa dapat dapat menentukan permasalahan berkaitan dengan pembagian dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan sendiri dengan benar


Ayo Membaca 

Bacalah teks berikut!

Temukan kalimat yang menunjukkan masalah dan saran! Jalan yang Bersih Beni dan teman-temannya pulang sekolah bersama-sama. Mereka melewati jalan umum. Jalan umum itu tampak kotor. Di sudut jalan ada tumpukan sampah yang menggunung. Sampah juga berserakan di sepanjang jalan. Tukang jajanan membuang sampahnya di pinggir jalan. Mereka sedih melihat kondisi jalan. Beni ingin jalananya terlihat bersih. Semua warga seharusnya mengurangi produksi sampah. Mereka juga seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah seharusnya diolah menjadi barang yang berguna. Beni ingin mengajak temantemannya peduli sampah.


Ayo Berlatih 

Beni bertemu tukang jajan keliling saat pulang sekolah. Beni suka jajan, tetapi ia sangat hatihati dalam memilih jajanan. Ia tidak akan jajan sembarangan. Ia harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Beni memilih jajanan yang sehat. 

Bagaimana cara memilih jajanan yang sehat? 

Amati pernyataan berikut! Beri tanda ( √ ) jika menyatakan makanan sehat! Beri tanda ( X ) jika menyatakan makanan tidak sehat!


Ayo Mencoba 

Mendapat jajanan sehat merupakan hak setiap anak. Beni sangat berhati-hati memilih jajanan. Beni selalu memeriksa kemasan jajanan yang ia beli. Pernahkah kamu mengamati kemasan jajananmu? 

Amatilah kemasan jajanan di bawah ini! Kemasan jajanan mana yang menurutmu paling baik? 

Ceritakan pengalamanmu ketika mengamati kemasan jajananmu! 

Apakah makanan itu baik untuk kesehatanmu?




Apa yang kamu lihat pada gambar? 

Apa kue kesukaanmu? 

Bagaimana kue itu dibungkus?

Ayo Membaca 

Bacalah teks berikut dengan lancar! 

 sampahnya di pinggir jalan. Mereka sedih melihat kondisi jalan. Beni ingin jalananya terlihat bersih. Semua warga seharusnya mengurangi produksi sampah. Mereka juga seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah seharusnya diolah menjadi barang yang berguna. Beni ingin mengajak temantemannya peduli sampah.


Ayo Berlatih 

Beni bertemu tukang jajan keliling saat pulang sekolah. Beni suka jajan, tetapi ia sangat hatihati dalam memilih jajanan. Ia tidak akan jajan sembarangan. Ia harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Beni memilih jajanan yang sehat. 

Bagaimana cara memilih jajanan yang sehat? 

Perayaan Hari Besar Agama Setiap orang wajib menjalankan ajaran agamanya. Udin dan kawan-kawannya selalu taat menjalankan ajaran agamanya. Setiap sore Udin mengaji di masjid. Hari itu ada perayaan Maulid Nabi. Ibu menyiapkan kue untuk dibawa Udin ke masjid. Edo dan Beni kebetulan sedang bermain di rumah Udin. Mereka membantu Udin dan Ibunya menyiapkan kue. Merayakan hari besar agama adalah hak setiap warga negara. Udin merayakan Maulid. Beni dan Edo merayakan Natal. Dayu merayakan hari Nyepi. Lani merayakan hari Waisak. Meli merayakan hari Imlek. Kita wajib menghormati perbedaan. 


Indonesia memiliki banyak perbedaan. Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati. Sikap saling menghargai dan menghormati membuat kita rukun. Amati kembali teks ‘Perayaan Hari Besar Agama’! 

Temukan kalimat saran dan jelaskan maksudnya! 

Ayo Mencoba Udin memiliki teman-teman yang berbeda agama. Udin rukun dengan mereka. Udin wajib menghargai agama teman-temannya. Apa yang harus Udin lakukan agar dapat selalu hidup rukun? 

Tuliskan pada tempat tersedia! 






Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


Rabu, 20 November 2024

Kamis, 21 November 2024

  TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Kamis, 21 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/4

Subtema  4           :  Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran        : 4 dan 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.

Tujuan Pembelajaran :



Ayo Membaca 

Bacalah teks berikut!

Temukan kalimat yang menunjukkan masalah dan saran! Jalan yang Bersih Beni dan teman-temannya pulang sekolah bersama-sama. Mereka melewati jalan umum. Jalan umum itu tampak kotor. Di sudut jalan ada tumpukan sampah yang menggunung. Sampah juga berserakan di sepanjang jalan. Tukang jajanan membuang sampahnya di pinggir jalan. Mereka sedih melihat kondisi jalan. Beni ingin jalananya terlihat bersih. Semua warga seharusnya mengurangi produksi sampah. Mereka juga seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah seharusnya diolah menjadi barang yang berguna. Beni ingin mengajak temantemannya peduli sampah.


Ayo Berlatih 

Beni bertemu tukang jajan keliling saat pulang sekolah. Beni suka jajan, tetapi ia sangat hatihati dalam memilih jajanan. Ia tidak akan jajan sembarangan. Ia harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Beni memilih jajanan yang sehat. 

Bagaimana cara memilih jajanan yang sehat? 

Amati pernyataan berikut! Beri tanda ( √ ) jika menyatakan makanan sehat! Beri tanda ( X ) jika menyatakan makanan tidak sehat!


Ayo Mencoba 

Mendapat jajanan sehat merupakan hak setiap anak. Beni sangat berhati-hati memilih jajanan. Beni selalu memeriksa kemasan jajanan yang ia beli. Pernahkah kamu mengamati kemasan jajananmu? 

Amatilah kemasan jajanan di bawah ini! Kemasan jajanan mana yang menurutmu paling baik? 

Ceritakan pengalamanmu ketika mengamati kemasan jajananmu! 

Apakah makanan itu baik untuk kesehatanmu?




Apa yang kamu lihat pada gambar? 

Apa kue kesukaanmu? 

Bagaimana kue itu dibungkus?

Ayo Membaca 

Bacalah teks berikut dengan lancar! 

Perayaan Hari Besar Agama Setiap orang wajib menjalankan ajaran agamanya. Udin dan kawan-kawannya selalu taat menjalankan ajaran agamanya. Setiap sore Udin mengaji di masjid. Hari itu ada perayaan Maulid Nabi. Ibu menyiapkan kue untuk dibawa Udin ke masjid. Edo dan Beni kebetulan sedang bermain di rumah Udin. Mereka membantu Udin dan Ibunya menyiapkan kue. Merayakan hari besar agama adalah hak setiap warga negara. Udin merayakan Maulid. Beni dan Edo merayakan Natal. Dayu merayakan hari Nyepi. Lani merayakan hari Waisak. Meli merayakan hari Imlek. Kita wajib menghormati perbedaan. 



Indonesia memiliki banyak perbedaan. Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati. Sikap saling menghargai dan menghormati membuat kita rukun. Amati kembali teks ‘Perayaan Hari Besar Agama’! 

Temukan kalimat saran dan jelaskan maksudnya! 

Ayo Mencoba Udin memiliki teman-teman yang berbeda agama. Udin rukun dengan mereka. Udin wajib menghargai agama teman-temannya. Apa yang harus Udin lakukan agar dapat selalu hidup rukun? 

Tuliskan pada tempat tersedia! 







Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Selasa, 19 November 2024

Rabu, 20 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Rabu, 20 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/4

Subtema  4           :  Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran        : 3

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.

Tujan Pembelajaran 


Ayo Membaca 

Bacalah dengan lancar dan percaya diri! 

Di Kantor Kelurahan Siti sangat senang dapat ke sekolah lagi. Siti sudah tidak demam. Siti dan teman-temannya mengunjungi kantor kelurahan. Mereka mengajukan permintaan bibit pohon angsana. Mereka membawa surat dari sekolah. 


Pak Lurah sangat senang dikunjungi anak-anak. Beliau menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau. Setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat. Pak Lurah memberikan anak-anak beberapa bibit pohon angsana untuk ditanam.
Anak-anak merasa sangat senang menerima bibit pohon angsana tersebut. Tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Lurah. Mereka berjanji untuk menanam dan merawat pohonnya dengan baik. 

Amati kembali teks “Di Kantor Kelurahan”! 
Sebutkan kalimat yang menunjukkan saran! 
Apakah saran itu bisa kamu lakukan? Beri pendapatmu!

Ayo Mencoba 

Semua orang berhak mendapat lingkungan yang hijau dan bersih. Akan tetapi, masih banyak saluran air yang tertutup sampah. Pohon-pohon juga banyak yang habis ditebang bukan? Bagaimana perasaanmu mengenai hal ini? Bagaimana pula saranmu mengenai hal ini? 

Sampaikan saranmu kepada teman-temanmu!


Pak Lurah ingin membuat wilayahnya hijau. 
Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon angsana. Di wilayah itu terdapat 10 RT. Beliau menugaskan 10 RT untuk menanam. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Lurah? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT? 

Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Lurah! 

Tentukan banyak bibit yang diterima setiap RT! 

Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!



Ayo Berkreasi!


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰









Senin, 18 November 2024

Selasa, 19 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Selasa, 19 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/4

Subtema  4           :  Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran        : 1 dan 2

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menyimpulkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan benar. 

2. Setelah mengamati teks “Kalimat Saran”, peserta didik dapat melaksanakan saran untuk memperoleh hak dengan benar. 

3. Setelah mengamati video YouTube “Cara membuat Topi dari Koran Bekas. Kerajinan Tangan Kelas 3 Tema peserta didik dapat membuat topi dari koran bekas dengan benar. 

4. Setelah mengamati cerita “Pembagian”, siswa dapat dapat menentukan permasalahan berkaitan dengan pembagian dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan sendiri dengan benar. 

Ayo Membaca!

Aku adalah warga negara Indonesia. Aku lahir dan tinggal di Indonesia. Aku memiliki kewajiban dan hak sebagai warga negara. Aku harus melaksanakan kewajibanku. Aku harus menjadi warga negara yang baik. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Aku harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Aku sudah banyak mendapatkan hakku. Aku tinggal di lingkungan yang aman. Aku bersekolah dengan gembira. Di dekat rumahku ada klinik dan tempat ibadah.

Bacalah teks berikut ini dengan percaya diri!

Lingkungan Hijau

Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah Dayu dipenuhi pohon rindang. Udara terasa sejuk dan segar. Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang. Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu berdiskusi dengan temantemannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerja sama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.

Ayo Mencoba!

Dayu menggunakan buku untuk menutupi kepalanya. Ia ingin memakai topi yang sederhana dan murah. Bantulah Dayu membuat topi! Gunakan kertas koran bekas! Perhatikan urutannya!



1. Ambil selembar kertas koran.

2. Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah. 

3. Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga. 

4. Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan.

5. Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan. 

6. Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!

Ayo Berkreasi 

Buatlah topi menggunakan kertas koran bekas!

Buatlah sesuai ukuran kepalamu! Usahakan rapi dan dapat dipakai! Ayo Berlatih Setiap orang wajib menjaga lingkungannya agar nyaman. Salah satu cara agar lingkungan nyaman adalah dengan menanam pohon. Lingkungan di tempat tinggal Dayu akan ditanami pohon. Pohon yang akan ditanam adalah pohon angsana. Hari ini, kecamatan akan membagikan bibit pohon angsana. Kecamatan akan membagikannya ke seluruh kelurahan. Di kecamatan tempat tinggal Dayu ada 10 kelurahan.



Cobalah hitung berapa banyak bibit pohon angsana yang ada di kecamatan? Hitung juga berapa banyak bibit pohon angsana yang diterima oleh satu kelurahan? Banyaknya kelurahan : 10 Banyaknya bibit :

Jatah untuk 1 kelurahan : ?



Langkah penyelesaian : 

1. Tentukan banyaknya bibit. Banyaknya bibit diwakili oleh bilangan yang harus habis dibagi 10. 

2. Tentukan jatah pohon setiap kelurahan (banyaknya bibit dibagi dengan banyaknya kelurahan).



Ayo Membaca Bacalah teks berikut dengan lancar! Siti Demam Siti kepanasan saat pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya panas. Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis. Siti masih merasa demam saat  bangun tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas. Sebagai warga negara, kita berhak mendapat fasilitas tempat berobat. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan perawat yang bertugas.

Dokter lalu memeriksa Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan vitamin. Dokter menyarankan agar Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak minum air putih hangat. Ia harus memilih jajanan yang sehat. Ia juga harus rajin mencuci tangan. Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka senang berobat di Puskesmas.


Amati kembali teks ‘Siti Demam’! 

Temukan kewajiban dan hak pada teks! Sampaikan hasil temuanmu di depan kelas! Ayo Berdiskusi Dapatkah kamu menemukan kewajiban dan hak lain? Diskusikan dengan teman-temanmu! Tuliskan hasil diskusimu pada selembar kertas! Pajanglah hasil diskusimu pada papan pajangan kelas! 




Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

(Materi belum tuntas)

Sabtu, 16 November 2024

Senin, 18 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Senin, 18 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/4

Subtema  4           :  Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran        : 1 dan 2

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat menyimpulkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan benar. 

2. Setelah mengamati teks “Kalimat Saran”, peserta didik dapat melaksanakan saran untuk memperoleh hak dengan benar. 

3. Setelah mengamati video YouTube “Cara membuat Topi dari Koran Bekas. Kerajinan Tangan Kelas 3 Tema peserta didik dapat membuat topi dari koran bekas dengan benar. 

4. Setelah mengamati cerita “Pembagian”, siswa dapat dapat menentukan permasalahan berkaitan dengan pembagian dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan sendiri dengan benar. 

Ayo Membaca!

Aku adalah warga negara Indonesia. Aku lahir dan tinggal di Indonesia. Aku memiliki kewajiban dan hak sebagai warga negara. Aku harus melaksanakan kewajibanku. Aku harus menjadi warga negara yang baik. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Aku harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Aku sudah banyak mendapatkan hakku. Aku tinggal di lingkungan yang aman. Aku bersekolah dengan gembira. Di dekat rumahku ada klinik dan tempat ibadah.

Bacalah teks berikut ini dengan percaya diri!

Lingkungan Hijau

Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah Dayu dipenuhi pohon rindang. Udara terasa sejuk dan segar. Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang. Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu berdiskusi dengan temantemannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerja sama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.

Ayo Mencoba!

Dayu menggunakan buku untuk menutupi kepalanya. Ia ingin memakai topi yang sederhana dan murah. Bantulah Dayu membuat topi! Gunakan kertas koran bekas! Perhatikan urutannya!



1. Ambil selembar kertas koran.

2. Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah. 

3. Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga. 

4. Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan.

5. Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan. 

6. Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!

Ayo Berkreasi 

Buatlah topi menggunakan kertas koran bekas!

Buatlah sesuai ukuran kepalamu! Usahakan rapi dan dapat dipakai! Ayo Berlatih Setiap orang wajib menjaga lingkungannya agar nyaman. Salah satu cara agar lingkungan nyaman adalah dengan menanam pohon. Lingkungan di tempat tinggal Dayu akan ditanami pohon. Pohon yang akan ditanam adalah pohon angsana. Hari ini, kecamatan akan membagikan bibit pohon angsana. Kecamatan akan membagikannya ke seluruh kelurahan. Di kecamatan tempat tinggal Dayu ada 10 kelurahan.



Cobalah hitung berapa banyak bibit pohon angsana yang ada di kecamatan? Hitung juga berapa banyak bibit pohon angsana yang diterima oleh satu kelurahan? Banyaknya kelurahan : 10 Banyaknya bibit : ? Jatah untuk 1 kelurahan : ?



Langkah penyelesaian : 

1. Tentukan banyaknya bibit. Banyaknya bibit diwakili oleh bilangan yang harus habis dibagi 10. 

2. Tentukan jatah pohon setiap kelurahan (banyaknya bibit dibagi dengan banyaknya kelurahan).



Ayo Membaca Bacalah teks berikut dengan lancar! Siti Demam Siti kepanasan saat pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya panas. Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis. Siti masih merasa demam saat  bangun tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas. Sebagai warga negara, kita berhak mendapat fasilitas tempat berobat. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan perawat yang bertugas.

Dokter lalu memeriksa Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan vitamin. Dokter menyarankan agar Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak minum air putih hangat. Ia harus memilih jajanan yang sehat. Ia juga harus rajin mencuci tangan. Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka senang berobat di Puskesmas.


Amati kembali teks ‘Siti Demam’! 

Temukan kewajiban dan hak pada teks! Sampaikan hasil temuanmu di depan kelas! Ayo Berdiskusi Dapatkah kamu menemukan kewajiban dan hak lain? Diskusikan dengan teman-temanmu! Tuliskan hasil diskusimu pada selembar kertas! Pajanglah hasil diskusimu pada papan pajangan kelas! 




Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan permasalahan dan penyelesaian masalah pada teks bacaan. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami cara menemukan permasalahan dan penyelesaian masalah pada teks cerita. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk menyimak kembali penjelasan guru serta membaca ulang kembali teks bacaan yang ada pada buku bacaan.