TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )
SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA)
KELAS 3 SD AL AZHAR 2
Hari/Tanggal : Senin, 18 November 2024
Subtema 4 : Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat peraga : Video Pembelajaran/PPT
Metode : Diskusi, tanya jawab
Assalamualaikum wr wb
Good morning, selamat pagi 🥰
Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.
Apersepsi :
Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menyimpulkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan benar.
2. Setelah mengamati teks “Kalimat Saran”, peserta didik dapat melaksanakan saran untuk memperoleh hak dengan benar.
3. Setelah mengamati video YouTube “Cara membuat Topi dari Koran Bekas. Kerajinan Tangan Kelas 3 Tema peserta didik dapat membuat topi dari koran bekas dengan benar.
4. Setelah mengamati cerita “Pembagian”, siswa dapat dapat menentukan permasalahan berkaitan dengan pembagian dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan sendiri dengan benar.
Ayo Membaca!
Aku adalah warga negara Indonesia. Aku lahir dan tinggal di Indonesia. Aku memiliki kewajiban dan hak sebagai warga negara. Aku harus melaksanakan kewajibanku. Aku harus menjadi warga negara yang baik. Aku harus belajar sungguh-sungguh. Aku harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Aku sudah banyak mendapatkan hakku. Aku tinggal di lingkungan yang aman. Aku bersekolah dengan gembira. Di dekat rumahku ada klinik dan tempat ibadah.
Bacalah teks berikut ini dengan percaya diri!
Lingkungan Hijau
Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah Dayu dipenuhi pohon rindang. Udara terasa sejuk dan segar. Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang. Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu berdiskusi dengan temantemannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerja sama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.
Ayo Mencoba!
Dayu menggunakan buku untuk menutupi kepalanya. Ia ingin memakai topi yang sederhana dan murah. Bantulah Dayu membuat topi! Gunakan kertas koran bekas! Perhatikan urutannya!
1. Ambil selembar kertas koran.
2. Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah.
3. Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga.
4. Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan.
5. Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan.
6. Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!
Ayo Berkreasi
Buatlah topi menggunakan kertas koran bekas!
Buatlah sesuai ukuran kepalamu! Usahakan rapi dan dapat dipakai! Ayo Berlatih Setiap orang wajib menjaga lingkungannya agar nyaman. Salah satu cara agar lingkungan nyaman adalah dengan menanam pohon. Lingkungan di tempat tinggal Dayu akan ditanami pohon. Pohon yang akan ditanam adalah pohon angsana. Hari ini, kecamatan akan membagikan bibit pohon angsana. Kecamatan akan membagikannya ke seluruh kelurahan. Di kecamatan tempat tinggal Dayu ada 10 kelurahan.
Cobalah hitung berapa banyak bibit pohon angsana yang ada di kecamatan? Hitung juga berapa banyak bibit pohon angsana yang diterima oleh satu kelurahan? Banyaknya kelurahan : 10 Banyaknya bibit : ? Jatah untuk 1 kelurahan : ?
Langkah penyelesaian :
1. Tentukan banyaknya bibit. Banyaknya bibit diwakili oleh bilangan yang harus habis dibagi 10.
2. Tentukan jatah pohon setiap kelurahan (banyaknya bibit dibagi dengan banyaknya kelurahan).
Ayo Membaca Bacalah teks berikut dengan lancar! Siti Demam Siti kepanasan saat pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya panas. Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis. Siti masih merasa demam saat bangun tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas. Sebagai warga negara, kita berhak mendapat fasilitas tempat berobat. Oleh karena itu, pemerintah mendirikan Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan perawat yang bertugas.
Dokter lalu memeriksa Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan vitamin. Dokter menyarankan agar Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak minum air putih hangat. Ia harus memilih jajanan yang sehat. Ia juga harus rajin mencuci tangan. Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka senang berobat di Puskesmas.
Amati kembali teks ‘Siti Demam’!
Temukan kewajiban dan hak pada teks! Sampaikan hasil temuanmu di depan kelas! Ayo Berdiskusi Dapatkah kamu menemukan kewajiban dan hak lain? Diskusikan dengan teman-temanmu! Tuliskan hasil diskusimu pada selembar kertas! Pajanglah hasil diskusimu pada papan pajangan kelas!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar