Selasa, 12 November 2024

Rabu, 13 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA ) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Rabu, 13 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/3

Subtema  3           :  Kewajibanku dan Hakku dalam bertetangga

Pembelajaran        : 3 dan 4

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya pada subtema 3 kita telah mempelajari tentang Kewajiban dan Hakku di Sekolah. Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang Kewajiban dan hakku dalam bertentangan pada sub tema 4.

Tujuan Pembelajaran:

1.         Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan atau kalimat saran dengan tepat.

2.         Siswa dapat menentukan dua bilangan cacah yang hasil kalinya diketahui dengan tepat.

3.         Siswa dapat mengidentifikasi bidang dan warna sebagai unsur karya dekoratif dengan tepat.

4.         Siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak ketika bekerja sama dengan tetangga dengan tepat.

 

Panen Rambutan

Lani berkunjung ke rumah Beni. Di rumah Beni sedang panen rambutan. Beni ingin membagi hasil panennya kepada tetangga. Setiap hari tetangga selalu melihat buahnya. Setiap hari ada juga tetangga yang ikut membersihkan daun yang gugur dan bertebaran. Sebaiknya tetangga ikut menikmati hasil panen.

Pada hari itu, hasil panenan Beni sebanyak 500 buah rambutan. Ayah menyarankan tetangga dekat didahulukan. Setiap tetangga harus mendapat rambutan yang sama banyak. Ayah meminta Lani membantu Beni. Mereka bekerja dengan gembira.

 Lani membantu Beni menghitung buah rambutan.

Rambutan yang tersedia ada 500 buah. Berapa banyak tetangga yang akan diberi? Berapa buah yang akan diterima setiap tetangga?


Lani membantu Beni membagikan rambutan. Ia membawakan kantong kertas untuk membawa rambutan. Kantong kertas untuk membawa rambutan. Kantong kertasnya memiliki motif yang sangat indah.


Aku Ingin Lingkungan Bersih

Edo sedang duduk di depan rumahnya. Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal. Anak itu ingin mencoret-coret tembok tetangganya. Edo mengingatkannya dengan santun agar tidak mencoretcoret tembok.  Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan. Dengan santun, Edo mengingatkan tetangganya untuk membuang sampah pada tempatnya. Edo ingin lingkungan tempat tinggalnya bersih. Ia melakukan sesuatu yang  dapat ia lakukan. Mengingatkan teman yang melakukan kesalahan adalah kewajiban kita. Lakukanlah dengan cara yang santun.

Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib menjaga agar lingkungannya tetap bersih. Bagian mana saja di lingkunganmu yang harus selalu bersih?

Uraikan kewajiban dan hak tentang lingkungan rumah yang bersih!

Tuliskan pada tabel berikut!



Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas  berikut ini:

Latihan Soal !

1.         Berilah saran penyelesaian dari kalimat berikut ini!


2.         Jika Beni hanya membagi kepada lima tetangga,  maka masing-masing tetangga akan mendapat 100 buah rambutan.

Tuliskan kemungkinan lainnya!



3.        Tuliskan Kewajiban dan Hak yang kamu ketahui dalam bertetangga!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu membuat kalimat saran. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami cara membuat kalimat saran. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk menyimak kembali penjelasan guru serta menjawab soal secara langsung dikerjakan di papan tulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 15 November 2024

  TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )   SUB TEMA 3 (KEWAJIBAN DAN HAKKU DALAM BERTETANGGA )  KELAS 3 SD AL AZHAR 2 Hari/Tanggal     : Jumat , 15 ...