KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Senin, 11 Agustus 2025
Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia
Alat Peraga : Lembar soal sumatif
Metode Pembelajaran : Penugasan
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap adil serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
BAHASA INDONESIA
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan murid dapat menemukan, menyimpulkan informasi, memahami kosa kata dan menyimpulkan permasalahan yang dihadapi pada teks.
Latihan Soal :
1. Siapa saja tokoh pada ceita "Tak Muat Lagi"
a. Lala c. Ayah dan Lala
b. Kiki dan Lala d. Lala, Kiki dan Ibu
2. Apa yang diinginkan Lala saat baru pulang sekolah.
a. Segelas air dingin c. Baju baru
b. Makanan kesukaannya d. Bermain dengan Kiki
3. Apa yang bisa kita pelajari dari cerita "Tak Muat Lagi"...
a. Pentingnya berbagi. c. Pentingnya menghargai barang orang lain
b. Pentingnya berkomunikasi dengan baik. d. Pentingnya beli baju baru
4. Fobia dapat membuat seseorang mersa.....
a. aman dan nyaman c. takut dan cemas
b. tenang dan santai d. bahagia dan gembira
5. Jika ada teman yang mengalami fobia, sebaiknya kita....
a. mengejeknya c. menenangkannya dan mendengarkannya.
b. menjauhinya d. menyuruhnya untuk segera sembuh
6. Contoh kalimat transitif dibawah ini...
a Adik tidur di kamar. c. Bunga itu tumbuh indah ditaman
b. Ibu memasak nasi di dapur. d. Anak - anak berlarian di lapangan
7. Ayah membaca koran diteras, merupakan kalimat...
a. Intransitif c. Penjelas
b. Transitif d. Pelengkap
8. Kalimat Intransitif adalah....
a. kalimat yang memerlukan objek untuk melengkapi maknanya.
b. Kalimat yang hanya mempunyai sabjek saja
c. Kalimat yang tidak memerlukan objek untuk melengkapi maknanya.
d. Kalimat yang mempunyai keterangan
9. "Pagi ini, udara terasa sejuk. Matahari baru saja menampakkan dirinya. Burung-burung berkicau riang di pepohonan. Aku bergegas keluar rumah untuk menikmati suasana pagi yang menyegarkan."
Ide pokok dari paragraf di atas adalah...
a. Matahari baru saja menampakkan dirinya.
b. Burung-burung berkicau riang di pepohonan.
c. Pagi ini, udara terasa sejuk dan menyegarkan.
d. Aku bergegas keluar rumah.
10. Pada teks di atas meceritakan suasa pada...
a. Sore hari c. Malam hari
b. Siang hari d. Pagi hari
MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan
(number sense) pada bilangan
cacah sampai 10.000.
2. Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan
komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
Soal Latihan :
1. Bilangan berapakah yang dibaca "tujuh ribu lima ratus dua puluh "?
a. 7.620 c. 7.250
b. 7.520 d. 7.510
2. Bilangan manakah yang tertulis "empat ribu seratus dua belas"?
a. 4.112 c. 4.110 b. 4.115 d. 3.112
3. Bacalah bilangan 8.269 dengan benar!
a. Delapan ribu tiga ratus enam puluh sembilan
b. Delapan ratus sembilan puluh enam
c. Delapan ratus empat puluh sembilan
d. Delapan ribu dua ratus enam puluh sembilan
4. Pada bilangan 9.790 manakan yang menempati nilai ratusan...
a. 9 b. 7 c. 9 d. 0
5. Antara bilangan 428 dan 482, bilangan manakah yang lebih kecil?
a. 428 c. Sama besar
b. 482 d. Tidak bisa dibandingkan
6. Pilih tanda yang tepat untuk kalimat berikut....
567 ___ 576
a. = c. <
b. > d. ≠
7. Antara 700 dan 707, mana yang lebih besar.....
a. 700 c. sama besar
b. 707 d. tidak bisa dibandingkan
8. Manakah pasangan bilangan yang benar jika diurutkan dari yang terkecil ke terbesar?
a. 812, 821, 182
b. 213, 231, 312
c. 999, 900, 909
d. 456, 465, 546
9. 7.250, 8.100, 5.550, 8.110. urutan bilangan dari terbesar keterkecil yang benar adalah...
a. 8.100, 5.550, 7.250, 8.110
b. 8.100, 7.250, 8.110, 5.550
c. 8.110, 8.110. 7.250, 5.550
d. 5.550, 8.100, 8.110, 7.250
10. Bandingkan bilangan berikut dengan tanda <, >, atau =:
a. 482 ___ 428
b. 759 ___ 795
c. 600 ___ 600
d. 321 ___ 312
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
Refleksi dan kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan sumatif pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia berjalan dengan lancar. Sebagian besar siswa mampu menyelesaikan sumatif dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar