Senin, 04 Agustus 2025

Selasa, 05 Agustus 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Selasa, 05 Agustus 2025

Mata Pelajaran : B Indonesia & Matematika

Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT

Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang membandingkan bilangan dengan lebih besar, lebih kecil atau sama dengan dan mencari ide pokok pada paragraf, Nah hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita ya. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

MAPEL MATEMATIKA

ELEMEN: BILANGAN

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Murid mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

 Murid dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

Membandingkan Bilangan Cacah

Untuk membandingkan dua bilangan cacah, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Hitung Banyaknya Angka

  • Bilangan dengan lebih banyak angka pasti lebih besar.

    • Contoh: 1.234 (4 angka) vs 987 (3 angka)

      • Maka, 1.234 lebih besar dari 987 ()

Langkah 2: Bandingkan Angka dari Nilai Tempat Terbesar (jika jumlah angka sama)

  • Jika kedua bilangan memiliki jumlah angka yang sama, mulailah membandingkan angka dari posisi nilai tempat terbesar (paling kiri).

  • Terus bandingkan hingga menemukan angka yang berbeda.

    • Contoh 1: Bandingkan 3.456 dan 3.289

      1. Kedua bilangan memiliki 4 angka.

      2. Bandingkan angka ribuan: 3 (pada 3.456) dan 3 (pada 3.289). Keduanya sama.

      3. Bandingkan angka ratusan: 4 (pada 3.456) dan 2 (pada 3.289). Angka 4 lebih besar dari 2.

      4. Jadi, 3.456 lebih besar dari 3.289 ().

    • Contoh 2: Bandingkan 7.123 dan 7.150

      1. Kedua bilangan memiliki 4 angka.

      2. Bandingkan angka ribuan: 7 dan 7. Sama.

      3. Bandingkan angka ratusan: 1 dan 1. Sama.

      4. Bandingkan angka puluhan: 2 dan 5. Angka 2 lebih kecil dari 5.

      5. Jadi, 7.123 lebih kecil dari 7.150 ().

Simbol Perbandingan:

  • > (lebih besar dari)

  • < (lebih kecil dari)

  • = (sama dengan)

Latihan Membandingkan: Isilah titik-titik dengan simbol <>, atau =

  1. 5.678 ... 5.679

  2. 9.001 ... 8.999

  3. 2.345 ... 2.345

  4. 1.000 ... 999


Mengurutkan Bilangan Cacah

Mengurutkan bilangan berarti menata bilangan dari yang terkecil ke terbesar (naik) atau dari yang terbesar ke terkecil (turun).

Langkah-langkah Mengurutkan:

  1. Perhatikan instruksi: Apakah diminta mengurutkan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya?

  2. Bandingkan setiap bilangan menggunakan prinsip perbandingan yang sudah dipelajari. Mulai dengan mencari bilangan terkecil/terbesar terlebih dahulu.

Contoh 1: Urutkan dari Terkecil ke Terbesar Bilangan: 4.567, 4.321, 4.789, 4.012

  1. Semua bilangan memiliki 4 angka.

  2. Bandingkan angka ribuan: Semuanya 4.

  3. Bandingkan angka ratusan:

    • 4.567  5

    • 4.321  3

    • 4.789  7

    • 4.012  0

  4. Angka ratusan terkecil adalah 0 (pada 4.012), diikuti 3 (pada 4.321), 5 (pada 4.567), dan 7 (pada 4.789).

  5. Jadi, urutan dari terkecil ke terbesar adalah: 4.012, 4.321, 4.567, 4.789

Contoh 2: Urutkan dari Terbesar ke Terkecil Bilangan: 1.987, 2.000, 1.500, 2.100

  1. Semua bilangan memiliki 4 angka.

  2. Bandingkan angka ribuan:

    • 1.987  1

    • 2.000  2

    • 1.500  1

    • 2.100  2

  3. Angka ribuan terbesar adalah 2 (pada 2.000 dan 2.100).

  4. Bandingkan 2.000 dan 2.100: angka ratusan 0 dan 1. Angka 1 lebih besar. Jadi 2.100 lebih besar dari 2.000.

  5. Sekarang bandingkan 1.987 dan 1.500. Angka ratusan 9 dan 5. Angka 9 lebih besar. Jadi 1.987 lebih besar dari 1.500.

  6. Urutan dari terbesar ke terkecil: 2.100, 2.000, 1.987, 1.500

MAPEL P PANCASILA

ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :

Pendidikan Pancasila
Murid mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

 TUJUAN PEMBELAJARAN :

Peserta didik dapat memahami makna dan nilai-nilai Pancasila serta proses perumusannya

sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan ideologi Negara. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
Murid memiliki akhlak mulia dengan didasari keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang MaHA Esa.

MA  MATERI AJA: MAKNA DAN PERUMUSAN NILAI-NILAI PANCASILA
        Pancasila adalah dasar negara kita, Indonesia. Pancasila terdiri dari dua kata, yaitu "Panca" yang artinya lima dan "Sila" yang artinya dasar atau asas. Jadi, Pancasila berarti lima dasar yang menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia.

Pancasila pertama kali dirumuskan oleh para pendiri bangsa kita. Mereka bermusyawarah dan berpikir keras agar bangsa Indonesia memiliki pedoman yang kuat. Hasilnya adalah lima dasar yang sangat hebat!


Sila ke-1: Ketuhanan Yang Maha Esa

  • Lambang: Bintang emas.

  • Makna: Kita semua percaya kepada Tuhan. Setiap orang boleh beribadah sesuai dengan agama dan keyakinannya masing-masing. Kita juga harus saling menghormati teman yang berbeda agama.

  • Contoh Penerapan:

    1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar.

    2. Menghormati teman yang sedang beribadah, misalnya tidak berisik saat ada teman yang sedang sholat.

    3. Tidak mengejek teman yang memiliki agama berbeda.


Sila ke-2: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

  • Lambang: Rantai emas.

  • Makna: Kita harus bersikap baik, adil, dan saling menolong sesama manusia. Kita tidak boleh semena-mena atau jahat kepada orang lain.

  • Contoh Penerapan:

    1. Membantu teman yang terjatuh dari sepeda.

    2. Berbagi makanan dengan teman.

    3. Tidak membeda-bedakan teman, entah dari mana asalnya atau bagaimana penampilannya.


Sila ke-3: Persatuan Indonesia

  • Lambang: Pohon beringin.

  • Makna: Kita harus bersatu, rukun, dan tidak mudah bertengkar. Indonesia memiliki banyak suku, budaya, dan bahasa, tetapi kita semua adalah satu bangsa.

  • Contoh Penerapan:

    1. Bekerja sama membersihkan kelas.

    2. Bermain dengan teman tanpa membedakan suku atau daerah.

    3. Mengikuti upacara bendera dengan tertib.

Sila ke-4: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

  • Lambang: Kepala banteng.

  • Makna: Setiap masalah harus diselesaikan dengan musyawarah atau berdiskusi. Kita harus mendengarkan pendapat teman dan mengambil keputusan bersama.

  • Contoh Penerapan:

    1. Saat memilih ketua kelas, kita bermusyawarah dan mengambil suara terbanyak.

    2. Berdiskusi dalam kelompok untuk mengerjakan tugas sekolah.

    3. Menghargai pendapat teman meskipun berbeda dengan pendapat kita.


Sila ke-5: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

  • Lambang: Padi dan kapas.

  • Makna: Semua orang harus diperlakukan sama dan adil. Tidak ada yang boleh diperlakukan istimewa. Semua harus mendapatkan hak dan kewajiban yang sama.

  • Contoh Penerapan:

    1. Membagi tugas piket dengan adil.

    2. Mendapatkan kesempatan yang sama untuk berbicara di depan kelas.

    3. Tidak curang saat bermain agar semua teman merasa adil.


Kesimpulan

Pancasila adalah lima dasar yang hebat untuk negara kita. Setiap sila memiliki makna yang dalam dan mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang baik, rukun, dan adil. Dengan mengamalkan Pancasila, kita akan menjadi warga negara yang lebih baik dan Indonesia akan semakin maju!


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini murid sudah mampu mengurutkan bilangan dari terbesar ke terkecil dan mengurutkan dari kecil keterbesar. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum mampu memahami bagai mana mengurutkan bilangan dengan tepat dan benar. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta siswa diberi latihan kembali. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 16 Agustus 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Jumat, 16 Agustus 2025 Mata Pelajaran : PAK dan P Pancasila Alat Peraga : Lembar soal...