KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Senin, 04 Agustus 2025
Mata Pelajaran : B Indonesia & Matematika
Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT
Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Penugasan
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang perumusan Pancasila dan sikap jujur dalam kehidupan sehari - hari, Nah hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita ya. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran (TP)
Murid mampu membaca, menuliskan, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
Membandingkan bilangan
Membandingkan bilangan cacah menggunakan simbol >, < dan =. Langkah langkahnya meliputi membandingkan jumlah digit terdahulu, lalu jika sama, membandingkan nilai tempat dari digit yang paling kiri.
- Perhatikan jumlah digit: Bilangan dengan lebih banyak digit akan selalu lebih besar.
- Bandingkan nilai tempat: Jika jumlah digit sama, bandingkan nilai tempat dari digit yang paling kiri (ratusan ribu, puluhan ribu, ribuan, ratusan, puluhan, satuan).
- Gunakan simbol:
- > (lebih dari): Contoh: 125 > 120
- < (kurang dari): Contoh: 120 < 125
- = (sama dengan): Contoh: 125 = 125
- Jumlah digit: Keduanya memiliki 5 digit.
- Bandingkan nilai tempat:
- Angka puluhan ribu sama (4).
- Angka ribuan sama (5).
- Angka ratusan berbeda (6 pada 45.678 dan 7 pada 45.789).
- Kesimpulan: Karena 7 lebih besar dari 6, maka 45.789 > 45.678.
BAHASA INDONESIA
ELEMEN: MENYIMAK
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)
MATERI AJAR : Cara Mengidentifikasi Ide Pokok
Mencari ide pokok dari sesuatu yang kita dengar memang butuh latihan. Ikuti langkah-langkah ini:
A. Ide Pokok dari Informasi Lisan (Misalnya: Guru Bercerita, Teman Berbicara)
Dengarkan dengan Seksama!
Fokuslah pada apa yang disampaikan. Jangan terganggu.
Perhatikan Kata Kunci yang Sering Diulang!
Jika seseorang sering menyebutkan kata "kebersihan lingkungan" atau "manfaat buah", bisa jadi itulah topiknya.
Cari Kalimat Utama!
Biasanya, ide pokok disampaikan di awal atau akhir pembicaraan/paragraf. Kadang juga ada di tengah. Ini bisa berupa kalimat yang menjelaskan secara umum tentang apa yang akan dibahas atau yang menjadi kesimpulan.
Contoh: "Penting sekali bagi kita untuk menjaga kebersihan sekolah." (Ini bisa jadi kalimat utama/ide pokok yang akan dijelaskan lebih lanjut).
Tanyakan pada Diri Sendiri:
"Tentang apa sih yang dia bicarakan?"
"Apa pesan utama yang ingin disampaikan?"
Ciri-Ciri Ide Pokok
Ide pokok adalah sebuah ide yang terdapat di dalam suatu paragraf, yang berfungsi sebagai pokok bahasan di dalam paragraf tersebut.
Ide pokok juga bisa disebut gagasan pokok, gagasan utama, atau pikiran utama.
Dengan adanya ide pokok, pembaca akan lebih mudah memahami inti atau informasi penting di dalam satu paragraf.
Ide pokok biasanya bersembunyi di dalam kalimat utama. Kalimat utama ini adalah kalimat yang menjadi inti dari sebuah paragraf. Kalimat lain dalam paragraf itu berfungsi sebagai kalimat penjelas, yaitu kalimat yang memberikan informasi tambahan, contoh, atau alasan untuk mendukung kalimat utama.
Biasanya, kalimat utama bisa kamu temukan di:
Di awal paragraf: Ini yang paling sering kita temui.
Di akhir paragraf: Kadang-kadang, ide pokok baru disimpulkan di akhir.
Di awal dan akhir paragraf: Kalimat di awal menyampaikan ide pokok, lalu diulang atau ditegaskan lagi di akhir.
Bagaimana Cara Menemukan Ide Pokok?
Ini dia 3 langkah mudah untuk menemukan ide pokok:
- Baca Seluruh Paragraf dengan Seksama: Baca paragraf dari awal sampai akhir. Pahami isinya secara keseluruhan.
- Cari Kalimat yang Paling Penting: Setelah membaca, coba tebak, kalimat mana ya yang paling penting? Kalimat yang jika dibuang, paragraf itu jadi tidak lengkap. Itulah kalimat utama!
- Tanyakan: "Paragraf Ini Bicara tentang Apa?" Jawabannya adalah ide pokoknya. Jawaban ini bisa kamu ringkas menjadi satu atau dua kalimat pendek saja.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
Tidak ada komentar:
Posting Komentar