KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Kamis, 28 Agustus 2025
Mata Pelajaran : Seni Rupa dan IPAS
Alat Peraga : Video Pembelajaran, Ppt
Metode Pembelajaran : Diskusi, Penugasan
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang memahami kosakata bermakna ganda. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Menghubungkan dua atau lebih unsur rupa dengan satu prinsip desain dalam satu karya atau objek visual
Materi :
🎨 Seni Rupa: Menggabungkan Unsur dan Prinsip Desain
Dalam seni rupa, ada dua hal penting yang perlu kamu ketahui: unsur rupa dan prinsip desain.
1. Unsur Rupa (Apa yang kamu gunakan)
Unsur rupa adalah bahan-bahan dasar atau "blok bangunan" yang digunakan untuk membuat sebuah karya seni. Unsur-unsur ini bisa kamu lihat dan sentuh.
- Titik: Bagian terkecil dari sebuah gambar.
- Garis: Gabungan dari titik-titik yang berderet. Garis bisa lurus, melengkung, tebal, tipis, dan lainnya.
- Bidang: Gabungan dari garis-garis yang membentuk area tertutup (seperti segitiga, persegi).
- Bentuk: Objek tiga dimensi (seperti kubus, bola).
- Warna: Warna primer (merah, kuning, biru) dan warna sekunder (hijau, ungu, oranye).
- Tekstur: Permukaan yang bisa dirasakan, seperti halus, kasar, atau licin.
- Gelap Terang: Perbedaan cahaya yang membuat objek terlihat lebih nyata.
2. Prinsip Desain (Bagaimana kamu menggunakannya)
Prinsip desain adalah aturan atau cara yang digunakan untuk menyusun unsur-unsur rupa agar terlihat harmonis dan indah. Ini seperti "resep" yang membuat masakan menjadi lezat.
- Keseimbangan (Balance): Membuat karya terlihat stabil. Bisa simetris (sama di kedua sisi) atau asimetris (berbeda tapi tetap seimbang).
- Irama (Rhythm): Pengulangan unsur yang teratur untuk menciptakan gerakan, seperti ombak di laut.
- Kesatuan (Unity): Membuat semua unsur dalam karya terlihat terhubung dan tidak terpisah-pisah.
- Pusat Perhatian (Emphasis): Menarik perhatian ke satu bagian paling penting dalam karya.
- Proporsi (Proportion): Perbandingan ukuran antara satu unsur dengan unsur lainnya.
- Kontras (Contrast): Perbedaan yang kuat antara unsur, misalnya warna terang dan gelap atau garis tebal dan tipis.
🖼️ Menghubungkan Unsur dan Prinsip
Sekarang, mari kita coba menggabungkan unsur rupa dengan prinsip desain dalam sebuah karya. Tujuannya adalah membuat karya yang tidak hanya terdiri dari unsur-unsur, tetapi juga memiliki "makna" dan "rasa".
Contoh: Menggunakan prinsip Kontras untuk menggabungkan dua unsur rupa.
Kamu bisa membuat sebuah karya sederhana dengan menggabungkan unsur garis dan warna menggunakan prinsip kontras.
- Siapkan bahan: Kertas gambar, pensil warna, atau spidol.
- Pilih dua unsur rupa: Kita akan menggunakan garis dan warna.
- Pilih satu prinsip desain: Kita akan menggunakan kontras. Kontras warna yang paling mudah adalah warna yang berlawanan, seperti hitam dan putih atau merah dan hijau.
- Proses Berkarya:
- Mulailah dengan membuat pola garis yang tebal dan melengkung di seluruh kertas.
- Lalu, warnai area di dalam garis dengan warna terang (misalnya, kuning).
- Warnai area di luar garis dengan warna yang sangat kontras atau berlawanan (misalnya, biru gelap).
- Lihatlah hasilnya! Karya ini menggabungkan unsur garis dan warna dengan prinsip kontras, sehingga menghasilkan karya yang dinamis dan menarik perhatian.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Menunjukkan contoh upaya pelestarian makhluk hidup di lingkungan sekitarnya.
MATERI IPAS
CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DAN PERAN MAKHLUK HIDUP DALAM RANTAI MAKANAN
A. CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
Makhluk hidup adalah semua makhluk yang memiliki kehidupan, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari benda mati.
Ciri-ciri makhluk hidup:
Bernapas
➤ Semua makhluk hidup memerlukan oksigen atau karbon dioksida untuk bernapas.
Contoh: Manusia bernapas dengan paru-paru, ikan dengan insang, tumbuhan dengan stomata.Membutuhkan Makanan
➤ Makanan dibutuhkan untuk mendapatkan energi.
Contoh: Manusia makan nasi, hewan makan tumbuhan atau hewan lain, tumbuhan membuat makanan sendiri melalui fotosintesis.Bergerak
➤ Makhluk hidup dapat bergerak, baik berpindah tempat atau hanya bagian tubuhnya saja.
Contoh: Kucing berjalan, tumbuhan matahari bergerak mengikuti arah cahaya.Tumbuh dan Berkembang
➤ Makhluk hidup mengalami perubahan ukuran dan bentuk.
Contoh: Bayi tumbuh menjadi anak-anak, tunas tumbuh menjadi pohon.Berkembang Biak (Reproduksi)
➤ Makhluk hidup menghasilkan keturunan untuk melestarikan jenisnya.
Contoh: Ayam bertelur, manusia melahirkan bayi.Peka terhadap Rangsang
➤ Makhluk hidup bisa merespon perubahan di sekitarnya.
Contoh: Manusia menutup mata saat terkena cahaya terang, daun putri malu menguncup saat disentuh.Mengeluarkan Zat Sisa
➤ Setelah makan, makhluk hidup akan membuang zat yang tidak dibutuhkan.
Contoh: Manusia mengeluarkan keringat, urin, dan feses.
. PERAN MAKHLUK HIDUP DALAM RANTAI MAKANAN
Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan antar makhluk hidup untuk mendapatkan energi.
Komponen dalam rantai makanan:
Produsen
➤ Makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri.
Contoh: Tumbuhan hijau (membuat makanan melalui fotosintesis).Konsumen
➤ Makhluk hidup yang mendapatkan energi dengan memakan makhluk hidup lain.Konsumen I: Memakan produsen (herbivora). Contoh: Kelinci, sapi.
Konsumen II: Memakan konsumen I (karnivora). Contoh: Ular, elang.
Konsumen III: Memakan konsumen II (karnivora tingkat tinggi). Contoh: Harimau.
Pengurai (Dekomposer)
➤ Menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang mati.
Contoh: Jamur, bakteri, cacing tanah.
Contoh Rantai Makanan:
🌱 Rumput → 🐇 Kelinci → 🐍 Ular → 🦅 Elang
Rumput = Produsen
Kelinci = Konsumen I
Ular = Konsumen II
Elang = Konsumen III
Tidak ada komentar:
Posting Komentar