KELAS 4A SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Hari/Tanggal : Senin, 25 Agustus 2025
Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia
Alat Peraga : Lembar soal sumatif
Metode Pembelajaran : Penugasan
Assalamualaikum wr wb
Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin.
Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap disiplin serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran Matematika. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗
BAHASA INDONESIA
TUJUAN PEMBELAJARAN
Alur Tujuan Pembelajaran
- Murid membaca dan mengucapkan kata kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.
Tujuan Pembelajaran
- Melalui kegiatan memasangkan kata, murid dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.
Materi :
1. Pengertian Memasangkan Kata
Memasangkan kata adalah kegiatan mencocokkan dua kata atau lebih yang saling berhubungan, misalnya kata dengan artinya, kata dengan lawan katanya, atau kata dengan gambarnya.
2. Pentingnya Memasangkan Kata
Dengan memasangkan kata, kita:
Bisa mengenal arti kata baru
Menambah kosakata
Memahami hubungan antar kata
3. Memahami Kosakata Baru dari Teks yang Dibacakan
Saat kita membaca atau mendengarkan sebuah teks, kadang ada kata-kata yang belum kita tahu artinya. Cara memahami kata baru itu:
Dengarkan teks dengan seksama
Perhatikan kata yang belum dikenal
Coba cari arti kata tersebut berdasarkan konteks kalimat atau bertanya pada guru/teman
Catat arti kata baru tersebut agar tidak lupa
4. Contoh Kosakata Baru dan Artinya
Misalnya, dalam teks tentang alam, ada kata-kata baru:
Kata Baru | Arti |
---|---|
Menyelimuti | Menutupi sesuatu secara rapat |
Berkelok | Berbelok-belok, tidak lurus |
Mengalir | Bergerak seperti air berjalan |
5. Kegiatan Memasangkan Kata
Pasangkan kata-kata berikut dengan artinya:
Kata | Pasangan Arti |
---|---|
Menyiram | a. Menutupi |
Menyelimuti | b. Memberi air ke tanaman |
Mengalir | c. Bergerak seperti air berjalan |
Jawaban:
Menyiram → b
Menyelimuti → a
Mengalir → c
6. Latihan Membaca dan Menjelaskan Kosakata Baru
Contoh teks singkat:
"Pada pagi hari, embun menyelimuti daun-daun di taman. Air itu mengalir perlahan di sungai kecil."
Tugasmu:
Temukan kata baru dalam teks tersebut
Jelaskan arti kata baru itu dengan kata-katamu sendiri
7. Kesimpulan
Memasangkan kata membantu kita mengenal dan mengingat arti kata baru. Dengan memahami kosakata baru, kita akan lebih mudah mengerti isi teks yang dibaca.
1. Pengertian Kata Panjang
Kata panjang adalah kata yang terdiri dari tiga suku kata atau lebih. Contohnya:
Me-nga-jar (3 suku kata)
Pe-ner-ban-gan (4 suku kata)
Ke-ce-pat-an (4 suku kata)
2. Cara Membaca Kata Panjang
Untuk membaca kata panjang dengan benar, kita harus:
Memecah kata menjadi suku kata
Membaca setiap suku kata dengan jelas
Menggabungkan suku kata menjadi kata utuh
3. Mengenal Kombinasi Huruf dalam Kata
Beberapa kombinasi huruf sering muncul dalam kata panjang, seperti:
ng, contoh: mengajar
ny, contoh: menyanyi
sy, contoh: syarat
kh, contoh: khusus
th, contoh: bertekun
4. Latihan Membaca Kata Panjang
Mari kita baca bersama beberapa kata panjang berikut:
Kata | Suku Kata | Cara Membaca |
---|---|---|
Menjaga | Men - ja - ga | Men - ja - ga |
Pengantar | Peng - an - tar | Peng - an - tar |
Kegiatan | Ki - gi - a - tan | Ki - gi - a - tan |
Perpustakaan | Per - pus - ta - ka - an | Per - pus - ta - ka - an |
5. Latihan Mengucapkan Kata
Coba kamu baca dengan suara keras kata-kata ini:
Mengajar
Penyanyi
Berlari
Perjalanan
Menyusun
6. Tips Membaca Kata Panjang
Kenali suku kata dengan melihat pola vokal dan konsonan
Pelajari kombinasi huruf yang sering muncul
Baca perlahan, lalu tingkatkan kecepatan secara bertahap
1. Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000.
2. Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
Soal Latihan :
1. Bilangan berapakah yang dibaca "tujuh ribu lima ratus dua puluh "?
a. 7.620 c. 7.250
b. 7.520 d. 7.510
2. Bilangan manakah yang tertulis "empat ribu seratus dua belas"?
a. 4.112 c. 4.110a. Delapan ribu tiga ratus enam puluh sembilan
b. Delapan ratus sembilan puluh enam
c. Delapan ratus empat puluh sembilan
d. Delapan ribu dua ratus enam puluh sembilan
a. 428 c. Sama besar
b. 482 d. Tidak bisa dibandingkan
567 ___ 576
a. = c. <
b. > d. ≠
a. 700 c. sama besar
b. 707 d. tidak bisa dibandingkan
a. 812, 821, 182
b. 213, 231, 312
c. 999, 900, 909
d. 456, 465, 546
a. 482 ___ 428
b. 759 ___ 795
c. 600 ___ 600
d. 321 ___ 312
Tidak ada komentar:
Posting Komentar