Minggu, 24 Agustus 2025

Senin, 25 Agustus 2025

 KELAS 4A SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG



Hari/Tanggal : Senin, 25 Agustus 2025

Mata Pelajaran : Matematika dan Bahasa Indonesia

Alat Peraga : Lembar soal sumatif

Metode Pembelajaran : Penugasan

Assalamualaikum wr wb

Good Morning sholeh sholeha kelas 4A, Apa kabar hari ini? Semoga Anak - anak semua dalam keadaan sehat wal'afiat ya Aamin. 

Baiklah kemarin kita sudah mempelajari tentang mengidentifikasi nilai anti korupsi tentang sikap disiplin serta meneybutkan contoh penerapannya dirumah ataupun disekolah, Nah hari ini kita akan melaksanakan kegiatan sumatif harian 1 pada mata pelajaran Matematika. Mari kita ikuti pelajaran hari ini dengan penuh semangat 🤗🤗

BAHASA INDONESIA

TUJUAN PEMBELAJARAN

Alur Tujuan Pembelajaran

- Murid membaca dan mengucapkan kata kata yang panjang (tiga suku kata atau lebih) menggunakan pengetahuannya terhadap kombinasi huruf.

Tujuan Pembelajaran

- Melalui kegiatan memasangkan kata, murid dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.

Materi :

1. Pengertian Memasangkan Kata

Memasangkan kata adalah kegiatan mencocokkan dua kata atau lebih yang saling berhubungan, misalnya kata dengan artinya, kata dengan lawan katanya, atau kata dengan gambarnya.


2. Pentingnya Memasangkan Kata

Dengan memasangkan kata, kita:

  • Bisa mengenal arti kata baru

  • Menambah kosakata

  • Memahami hubungan antar kata


3. Memahami Kosakata Baru dari Teks yang Dibacakan

Saat kita membaca atau mendengarkan sebuah teks, kadang ada kata-kata yang belum kita tahu artinya. Cara memahami kata baru itu:

  • Dengarkan teks dengan seksama

  • Perhatikan kata yang belum dikenal

  • Coba cari arti kata tersebut berdasarkan konteks kalimat atau bertanya pada guru/teman

  • Catat arti kata baru tersebut agar tidak lupa

4. Contoh Kosakata Baru dan Artinya

Misalnya, dalam teks tentang alam, ada kata-kata baru:

Kata BaruArti
MenyelimutiMenutupi sesuatu secara rapat
BerkelokBerbelok-belok, tidak lurus
MengalirBergerak seperti air berjalan

5. Kegiatan Memasangkan Kata

Pasangkan kata-kata berikut dengan artinya:

KataPasangan Arti
Menyirama. Menutupi
Menyelimutib. Memberi air ke tanaman
Mengalirc. Bergerak seperti air berjalan

Jawaban:

  • Menyiram → b

  • Menyelimuti → a

  • Mengalir → c


6. Latihan Membaca dan Menjelaskan Kosakata Baru

Contoh teks singkat:
"Pada pagi hari, embun menyelimuti daun-daun di taman. Air itu mengalir perlahan di sungai kecil."

Tugasmu:

  • Temukan kata baru dalam teks tersebut

  • Jelaskan arti kata baru itu dengan kata-katamu sendiri


7. Kesimpulan

Memasangkan kata membantu kita mengenal dan mengingat arti kata baru. Dengan memahami kosakata baru, kita akan lebih mudah mengerti isi teks yang dibaca.

1. Pengertian Kata Panjang

Kata panjang adalah kata yang terdiri dari tiga suku kata atau lebih. Contohnya:

  • Me-nga-jar (3 suku kata)

  • Pe-ner-ban-gan (4 suku kata)

  • Ke-ce-pat-an (4 suku kata)


2. Cara Membaca Kata Panjang

Untuk membaca kata panjang dengan benar, kita harus:

  • Memecah kata menjadi suku kata

  • Membaca setiap suku kata dengan jelas

  • Menggabungkan suku kata menjadi kata utuh


3. Mengenal Kombinasi Huruf dalam Kata

Beberapa kombinasi huruf sering muncul dalam kata panjang, seperti:

  • ng, contoh: mengajar

  • ny, contoh: menyanyi

  • sy, contoh: syarat

  • kh, contoh: khusus

  • th, contoh: bertekun


4. Latihan Membaca Kata Panjang

Mari kita baca bersama beberapa kata panjang berikut:

KataSuku KataCara Membaca
MenjagaMen - ja - gaMen - ja - ga
PengantarPeng - an - tarPeng - an - tar
KegiatanKi - gi - a - tanKi - gi - a - tan
PerpustakaanPer - pus - ta - ka - anPer - pus - ta - ka - an

5. Latihan Mengucapkan Kata

Coba kamu baca dengan suara keras kata-kata ini:

  • Mengajar

  • Penyanyi

  • Berlari

  • Perjalanan

  • Menyusun


6. Tips Membaca Kata Panjang

  • Kenali suku kata dengan melihat pola vokal dan konsonan

  • Pelajari kombinasi huruf yang sering muncul

  • Baca perlahan, lalu tingkatkan kecepatan secara bertahap

 MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran

1.     Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000.

2.     Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

Soal Latihan :

1. Bilangan berapakah yang dibaca "tujuh ribu lima ratus dua puluh "?

    a. 7.620                                    c. 7.250

    b. 7.520                                    d. 7.510

2.  Bilangan manakah yang tertulis "empat ribu seratus dua belas"?

    a. 4.112                                   c. 4.110
    b. 4.115                                   d. 3.112
3. Bacalah bilangan 8.269 dengan benar!
    a. Delapan ribu tiga ratus enam puluh sembilan
    b. Delapan ratus sembilan puluh enam
    c. Delapan ratus empat puluh sembilan
    d. Delapan ribu dua ratus enam puluh sembilan
4. Pada bilangan 9.790 manakan yang menempati nilai ratusan...
   a. 9                  b. 7                c. 9                 d. 0
5. Antara bilangan 428 dan 482, bilangan manakah yang lebih kecil?
   a. 428                                   c. Sama besar
   b. 482                                   d. Tidak bisa dibandingkan
6. Pilih tanda yang tepat untuk kalimat berikut....
    567 ___ 576
    a. =                                      c. <
    b. >                                      d. ≠
7. Antara 700 dan 707, mana yang lebih besar.....
   a. 700                                   c. sama besar
   b. 707                                   d. tidak  bisa dibandingkan
8. Manakah pasangan bilangan yang benar jika diurutkan dari yang terkecil ke terbesar?
    a. 812, 821, 182
    b. 213, 231, 312
    c. 999, 900, 909
    d. 456, 465, 546
9. 7.250, 8.100, 5.550, 8.110. urutan bilangan dari terbesar keterkecil yang benar adalah...
   a. 8.100, 5.550, 7.250, 8.110
   b. 8.100, 7.250, 8.110, 5.550
   c. 8.110, 8.110. 7.250, 5.550
   d. 5.550, 8.100, 8.110, 7.250
10. Bandingkan bilangan berikut dengan tanda <, >, atau =:
     a. 482 ___ 428
     b. 759 ___ 795
     c. 600 ___ 600
     d. 321 ___ 312

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagian murid mampu memahami kegiatan memasangkan kata, murid dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar. Namun masih ada murid yg belum mampu memahami arti kosa kata baru yg ditemukan pada teks bacaan. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberi latihan kembali.
Alhamdulillah murid-murid belajar dengan penuh antusias dan gembira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 08 Oktober 2025

  KELAS 4A SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG Hari/Tanggal : Rabu, 08 Oktober 2025 Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Seni Rupa dan IPAS Alat Perag...