TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
SUBTEMA 2 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI SANDANG
KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal : Rabu, 16 April 2025
Tema : 7 Perkembangan Teknologi
Subtema : 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan
Pembelajaran : 3
Alat peraga : Video Pembelajaran, Ppt
Metode : Tanya jawab, kerja kelompok
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru semoga semua nya dalam keadaan sehat walafiat ya. Setelah kita mempelajari materi ditema 6 sekarng kita akan mempelajari materi ditema 7 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang cara menghitung volume air menggunakan satuan tak baku. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang
menentukan banyaknya simetri lipat
pada bangun datar dengan menggunakan benda konkret dengan tepat.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah.
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan jenis-jenis kain adat yang
dihasilkan teknologi produksi sandang dengan tepat.
2. Dengan memperagakan gerakan tarian, siswa dapat mengidentifikasi kuat
lemahnya gerak tangan dalam tarian dengan tepat.
3. Dengan melakukan percobaan, siswa dapat menentukan banyaknya simetri lipat
pada bangun datar dengan menggunakan benda konkret dengan tepat.
Dayu suka menari.Ia menggunakan kain adat saat menari daerah.Kain adat saat ini sangat disukai banyak orang.
Ayo Membaca!
Bacalah teks berikut seperti pembaca berita!
Kain Adat Indonesia
Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya budaya. Salah satu sebabnya karena wilayah Indonesia sangat luas. Setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya sendiri.
Salah satu kekayaan budaya Indonesia adalah kain adat. Setiap daerah memiliki kain adat. Kain Songket dikenal sebagai kain adat orang Melayu. Kain Sasirangan dikenal sebagai kain adat suku Banjar di Kalimantan. Orang-orang di Jawa memiliki batik dan lurik. Kain Tenun dikenal sebagai kain adat dari Nusa Tenggara.
Kain adat Indonesia sangat istimewa. Kain adat dibuat dengan menggunakan bahan yang ada di lingkungan tempat tinggal. Warna kain juga berasal dari bahan alam. Kain adat umumnya dibuat dengan cara ditenun tangan.


Kain adat memiliki banyak fungsi. Kain adat dapat digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari. Kain adat biasanya dipakai saat upacara adat. Kainadat juga banyak digunakan sebagai baju tarian daerah. Kain adat sering digunakan dalam upacara perkawinan. Di beberapa daerah kain adat juga digunakan saat ada keluarga yang meninggal.
Kain adat yang paling dikenal adalah batik. Batik ditemukan hampir di semua daerah. Setiap daerah memiliki batik dengan ciri yang berbeda. Batik merupakan pakaian nasional Indonesia. Sebagai rasa syukur akan kekayaan pakaian adat, bangsa Indonesia memperingati hari Batik setiap tanggal 2 Oktober.
Ayo Mencoba!
Masih ingatkah kamu tarian yang Dayu pelajari? Apa yang diceritakan dalam tarian tersebut?
Gerakan apa saja yang di peragakan? Cobalah peragakan kembali gerakan tarian tersebut! Tambahkan dengan gerakan sesuai keinginanmu.
Ayo Menari!
Dayu menarikan tari kreasi menenun. Kamu juga dapat berkreasi seperti Dayu.
Berlatihlah seperti beberapa hari lalu. Lakukanlah dengan riang gembira!
Motif kain adat Indonesia sangat beragam. Ada motif bunga, hewan, dan bentuk bangun datar.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan informasi pada paragraf kemudian menuliskan ide pokok paragraf. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami menuliskan ide pokok pada paragraf. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta memberikan contohnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar