Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 2 Kegemaranku
Subtema 2 Gemar Bernyanyi dan Menari
Hari/Tanggal: Senin, 19 Agustus 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan menyanyikan lagu Kebunku, siswa dapat mengidentifikasi perasaan senang dengan tepat
2. Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat berdiskusi kegemaran dalam olahraga dan gemar berkesenian dengan tepat dan percaya diri
3. Dengan menirukan gerakan-gerakan alam, siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat dan percaya diri
Materi Pembelajaran:
1. Menyanyi bersama teman
2. Mendiskusikan dan memeragakan gerakan cepat dan gerakan lambat
Ayo Bernyanyi
Guru mengajak murid murid bernyanyi
Bernyanyi tidak berteriak
Sikap saat menyanyi disesuaikan dengan isi lagu
Ada lagu gembira, Ada lagu sedih
Sikap menyanyikan tentu berbeda
Kebunku
Ciptaan : pak kasur
Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih dan ada yang merah
Setiap hari kusiram semua
Mawar melati semuanya indah
Isilah garis berdasarkan lagu di atas
Lihat
Penuh dengan
Ada yang dan ada yang
Setiap hari semua
Mawar melati indah
Ayo Mengamati
Dengarkan cerita gurumu!
Adik suka menari
Adik menari di depan kaca
Kakak melihat sambil tersenyum
Kakak menasihati adik
Latihan membuat adik pandai menari
Hari/Tanggal: Selasa, 20 Agustus 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks puisi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang diperdengarkan dengan tepat
2. Melalui kegiatan menulis pesan untuk teman, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi yang telah didengar dengan tepat
Materi Pembelajaran: Membaca puisi tentang persahabatan
Simak cerita yang dibacakan gurumu
Dayu dan lani senang menari
Saat menari, tubuh diliukkan
Meliukkan tubuh dapat menjaga kekuatan otot
Dayu dan lani berlatih menggunakan tongkat kayu
Mereka meliukkan badan ke kiri dan ke kanan
Ayo Bernyanyi
Agar lebih seru
Kita gerakkan tubuh sambil bernyanyi
Kita dapat menyanyikan lagu apa saja
Salah satu contohnya adalah lagu
Ampar ampar pisang
Ampar ampar pisang
Lagu daerah Kalimantan selatan
Ampar ampar pisang
Pisangku belum masak
Masak sabigi dihurung bari bari
Masak sabigi dihurung bari bari
Manggalepok manggalepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
Apinya cangcurupan
Bengkok dimakan api
Apinya cangcurupan
Ayo Membaca
Bela senang menari
Bela juga bias membuat puisi
Bela membuat puisi tentang sahabat
Bacalah puisi yang dibuat bela
Bicara sopan dengan sahabat
Aku punya sahabat
Aku dan sahabatku bermain bersama
Saat bicara aku tidak berteriak
Aku berbicara dengan kata yang sopan
Aku dan sahabatku saling menghargai
Hari/Tanggal: Rabu, 21 Agustus 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan saying dalam syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
2. Dengan menceritakan pengalaman bersama adik, siswa mampu mengekspresikan kembali ungkapan saying dalam syair lagu yang telah didengar dengan tepat
3. Melalui kegiatan makan siang bersama adik, siswa dapat membantu adik di rumah dan melakukan sikap-sikap baik terhadap adik yang telah dipelajari dengan tepat
Materi Pembelajaran:
1. Mengenal dan menyanyikan Lagu Makan Jangan Bersuara
2. Menjukkan hal-hal baik yang harus dilakukan terhadap adik
Ayo Bernyanyi
Lana selesai latihan menari
Lana dan kakak pulang ke rumah
Lana dan kakak merasa lapar
Kata kakak sesampai di rumah
Mereka akan makan
Kakak mengajak lana bernyanyi sebelum makan
Ikutilah bernyanyi bersama lana dan kakak
Makan jangan bersuara
Ciptaan pak kasur
Sebelum kita makan dik
Cuci tanganmu dulu
Jagalah kebersihan dik
Untuk kesehatanmu
Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Makan jangan bersuara
Banyak banyak makan
Jangan ada sisa
Ayo makan bersama
Ayo Bercerita
1. Berapa kali kamu makan dalam sehari
2. Apa saja jenis makanan yang biasa kamu makan
3. Pernahkah kamu terlambat makan
4. Apa yang kamu rasakan saat terlambat makan
5. Bersama siapa biasanya kamu makan
Nasihat Kakak
Kaka menasihati lana mengenai aturan makan
Lana mendengarkan nasihat kakak dengan baik
Berikut nasihat kakak untuk lana:
· Makanlah pada waktu makan yang sama secara teratur
· Kunyahlah makanan dengan baik
· Jangan makan terlalu kenyang
· Jangan makan makanan yang tidak tertutup makanan tersebut mungkin mengandung kuman penyakit
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan bergerak sesuai dengan syair lagu yang dinyanyikan dengan irama lambat, sedang, hingga cepat, siswa dapat membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tarian dengan tepat
2. Dengan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan syair lagu “Terima Kasihku”, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan saying dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
Materi Pembelajaran:
1. Bernyanyi dan menari dengan gerakan lamat, sedang dan cepat
2. Mengenal dan menyanyikan lagu Terima Kasihku
Ayo Bernyanyi
Sambil berdiri melingkar nyanyikanlah lagu
Lagu itu adalah lagu gelang sipaku gelang
Lagu gelang sipaku gelang adalah lagu daerah Sumatra barat
Gelang sipaku gelang
Lagu daerah Sumatra barat
Gelang sipaku gelang
Gelang sirama rama
Mari pulang marilah pulang
Marilah pulang
Bersama sama
Anak-anak selesai olahraga dan menari
Wajah mereka berseri, senang sekali
Semua kegiatan sekolah menyenangkan
Itu semua berkat guru kesayangan
Siti dan Lani menyanyikan lagu
Ungkapan kasih saying untuk ibu dan bapak guru
Ayo menyanyikan lagu bersama-sama
Terima Kasihku
Ciptaan Ibu Sud
Terima kasihku kuucapkan
Pada guruku yang tulus
Ilmu yang berguna selalu dilimpahkan
Untuk bekalku nanti
Setiap hari ku dibimbingnya
Agar tumbuhlah bakatku
Kan kuingat selalu nasihat guruku
Terima kasihku guruku
Ayo Menjawab
Jawablah pertanyaan berikut sesuai lagu di atas
1. Apa judul lagu tersebut
2. Apa yang dimaksud dengan bekal pada lagu tersebut
3. Kapan guru membimbing murid muridnya
4. Apa yang akan selalu diingat pada lirik lagu tersebut
5. Apa yang seharusnya kamu ucapkan pada guru
Hari/Tanggal: Kamis, 22 Agustus 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan menulis, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
2. Melalui kegiatan bercerita , siswa mampu mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat
Materi Pembelajaran: Mengenal dan menyanyikan lagu Kasih Ibu
Ayo Bernyanyi
Nyanyikanlah lagu berikut bersama sama
Kasih Ibu
Ciptaan nn
Kasih ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi tak harap kembali
Bagai sang surya menyinari dunia
Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Kepada siapa lagu di atas dinyanyikan
2. Siapa yang dimaksud dengan beta
3. Apa yang dimaksud dengan sang surya
4. Mengapa kasih ibu dikatakan bagai sang surya
5. Apakah kamu saying pada ibumu
Ayo Membaca
Ikuti dengan suara nyaring gurumu membaca teks di bawah
Ka sih ma sih Sa yang ba yang
A dik a kik Ka kak ka tak
I bu i tu sa ling pa ling
Be la jar pe la jar sa lah ka lah
Hari/Tanggal: Jumat, 23 Agustus 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan saying atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat
2. Melalui kegiatan bercerita, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan saying atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengarkan dengan tepat dan percaya diri
3. Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan hal-hal yang harus dilakukan dalam melakukan kegemaran bernyanyi dan menari dengan tepat dan percaya diri.
Materi Pembelajaran:
1. Mengenal dan menyanyikan lagu Adik Tersayang
2. Mendiskusikan hal-hal yang harus dilakukan terhadap adik
Ayo Membaca
Ikutilah gurumu membaca teks berikut
Kakak yang Baik
Aku punya kakak
Kakak pintar bermain congklak
Aku diajari kakak bermain congklak
Kakak sayang padaku
Aku sering bermain bersama
Aku banyak belajar dari kakak
Aku punya kakak yang baik hati
Terima kasih kakak mengajakku bermain
Ayo Jawab
Lengkapilah kalimat berikut
Pilih kata yang tersedia dengan benar
Bermain Sayang Baik Hati Kakak Belajar
1. Pintar bermain congklak
2. Kakak padaku
3. Aku sering bersama kakak
4. Aku banyak dari kakak
5. Aku punya kakak yang
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks berikut
Deni memiliki seorang adik perempuan
Dina nama adik deni
Pada suatu hari deni dan dina membeli roti
Deni dan dina masing masing membeli sebuah roti
Namun roti dina jatuh dina menangis
Deni sedih melihat dina menangis
Deni lalu membagi roti miliknya kepada dina
Dina pun berhenti menangis
Mereka memakan roti dengan gembira
Ayo Bernyanyi
Pelajarilah lagu berikut ini, nyanyikanlah secara bersama sama
Adik Tersayang
Ciptaan frans m
Janganlah menangis o adik tersayang
Ibu pergi sebentar pergi belanja ke pasar
Adik dibelikan kue bolu manis
Buah jeruk segar
Ayolah bermain kejar kejaran
Pastilah riang gembira
Tidak ada komentar:
Posting Komentar