Pages

Pages - Menu

Senin, 23 September 2019

Tema 3 Kegiatanku Subtema 3 Kegiatan Sore Hari

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 3 Kegiatanku
Subtema 3 Kegiatan Sore Hari

Sore hari saat yang menyenangkan
Kita bisa menyiram tanaman di halaman
Membantu Ibu membuat kue di dapur
Bisa juga bermain bersama teman atau mengulang pelajaran
Tapu mandi sore jangan dilupakan
Mandi sore baik untuk kesehatan

Hari/Tanggal: Senin, 23 September 2019
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru siswa dapat mengidentifikasi kosakata tentang kegiatan sore hari dengan tepat
2.      Dengan permainan mencari kata pada tabel huruf siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang kegiatan sore hari dengan tepat.
3.      Melalui diskusi siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.      Dengan bercerita siswa mampu menunjukkan kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
5.      Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimens, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
6.      Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
7.      Dengan arahan guru, siswa mampu merancang pembuatan karya kolase dari kertas.
8.      Setelah merancang, siswa mampu membuat karya kolase berdasarkan rancangan yang sudah dibuat.
Materi Pembelajaran:
1.      Mempelajari kosa kata yang berhubungan dengan sore hari
2.      Mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang baik di sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
3.      Mengenal dan merancang karya kolase sebagai karya ekspresi 2 dimensi

MATERI

Ayo Mengamati

Simaklah Cerita ini!

Matahari mulai condong ke barat
Tanda hari mulai sore
Udara pun terasa semakin sejuk
Anak-anak bermain di halaman
Siti sedang mengulang pelajaran
Ayah Siti menyiram tanaman
Mereka melakukannya dengan senang hati
Sebagai rasa syukur atas nikmat sore hari

Simak cerita di atas!
Pelajari kata-kata berikut ini
Bacalah dengan nyaring
Sore                matahari                     condong                      udara
Sejuk              mengulang                 pelajaran                    bermain

Ayo Berdiskusi
Setiap orang memiliki kegiatan di sore hari
Antara satu dengan yang lain bisa berbeda
Contoh kegiatan yang baik antara lain:
1.      Mengulang pelajaran di rumah
2.      Menyiram tanaman di halaman
3.      Membereskan kamar tidur
4.      Membantu ibu di dapur
5.      Mandi sore
6.      Berolah raga
Kebiasaan baik berguna bagi diri sendiri dan orang lain

Ayo Berkreasi
Sore ini Beni bersantai di ruang keluarga
Beni bersantai sambil membuat karya kolase
Kolase adalah contoh karya ekspresi dua dimensi
Berikut contoh karya kolase

 

Beni membuat kolase menggunakan kertas origami
Awalnya kertas origami disobek kecil-kecil
Selanjutnya, kertas origami ditempelkan pada bentuk yang sudah disiapkan
Beni membuatnya dengan hati gembira
Nah, sekarang buatlah karya kolase
Buatlah kolase bertema kegiatan sore hari


Hari/Tanggal: Selasa, 24 September 2019
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui tanya jawab siswa mampu menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan sore hari dengan lafal dan ejaan yang tepat.
2.      Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa mampu menyusun kata-kata yang berhubungan dengan sore hari dengan tepat.

Materi Pembelajaran: Bermain huruf menjadi kata terkait kegiatan sore hari

MATERI

Udin dan teman-teman suka bermain lempar dan tangkap bola di sore hari
Sore ini mereka bermain tangkap bola di lapangan
Perhatikan gambar cara Udin menangkap bola
Usai bermain tangkap bola Udin pulang ke rumah
Udin segera mandi sore
Setelah rapi Udin mengulang pelajaran membaca
Udin belajar menyusun huruf menjadi kata
Ayo bantu Udin menyusun huruf menjadi kata!
S r o e              .........................
R u a d a          .........................
H m a l n a a    .........................
T n a a m n a    .........................
M e a r b i n     .........................

Ayo Mendengarkan
Dengarkan gurumembaca cerita berikut
Bermain Gebok
Hari sudah sore
Bela dan teman teman akan bermain di taman
Bela pun berpamitan kepada ibu
Di taman bela dan teman teman bermain bersama
Mereka bermain gebok
Semua anak bermain dengan riang gembira
Ketika hari semakin sore permainan pun berakhir
Bela dan teman teman segera pulang ke rumah

Ayo Menjawab
Jawablah dengan lisan
1.      Pada siapa bela pamit untuk bermain
2.      Di mana bela dan teman teman bermain
3.      Apa nama permainan yang dimainkan bela dan teman teman
4.      Apakah anak anak gembira saat bermain
5.      Pernahkah kamu bermain gebok


Hari/Tanggal: Rabu, 25 September 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu memahami kalimat-kalimat yang menggunakan kosa kata berhubungan dengan kegiatan sore hari dengan tepat.
2.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu melengkapi kalimat rumpang dengan kosa kata yang terkait dengan kegiatan sore hari dengan tepat.
3.      Melalui penjelasan guru dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan-kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di rumah.
4.      Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan yang sesuai dengan aturan di rumah dengan tepat.
5.      Dengan menyimak penjelasan guru dengan menggunakan benda-benda konkret siswa mampu mengidentifikasi perbedaan banyaknya kumpulan benda-benda tersebut.

Materi Pembelajaran:
1.      Membaca pemahaman tentang kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan di sekolah
2.      Membedakan perbuatan yang sesuai aturan dengan yang tidak sesuai dengan aturan berdasarkan teks bacaan
MATERI

Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring!

Sore Yang Menyenangkan 
Sore hari ayah Beni pulang dari kantor
Beni dan ibunya sangat gembira
Ayah Beni membawa oleh-oleh
Betapa senang hati Beni
Ibu menyambut ayah dengan senyum
Beni membawakan tas ayahnya ke dalam
Ibu menyiapkan the manis
Beni membantu ibunya membawa kue
Ayah Beni merasa senang
Mereka merasa gembira dan bersyukur
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1.      Siapakah yang baru pulang dari kantor?
2.      Mengapa Beni sangat gembira?
3.      Apa yang dibuatkan ibu untuk Ayah Beni?
4.      Apa yang dibawa ayah untuk Beni?
5.      Di mana ayah Beni beristirahat?

Ayo Berlatih
Lengkapilah kalimat berikut ini!
Pilihlah kata-kata dalam kotak!
Membuka       pintu       bermain      bekerja           mandi
1.      Setelah ……………….. bela pulang
2.      Bela segera…………….. agar badan segar
3.      Terdengar suara orang mengetuk…………….
4.      Bela segera …………… pintu
5.      Di pintu ada ayah pulang……………..
Ayo Berlatih
Saat di rumah sore hari, kita harus menunjukkan kebiasaan baik
Setiap keluarga mempunyai aturan yang harus dipatuhi
Jika setiap anggotanya mematuhi aturan, rumah terasa tenang dan nyaman
Nah, perhatikan gambar di bawah ini! Sampaikanlah pendapatmu
Apakah gambar tersebut menunjukkan kebiasaan baik atau bukan?
Sampaikan alasanmu!
Ayo Belajar
Setelah mandi sore, Beni bermain di kamarnya
Sambil bermain, Beni belajar berhitung
Dia menghitung benda-benda yang ada di kamar

                                         Kelereng ada 15                      spidol warna ada 12



                                         Mobil-mobilan ada 11             buku tulis ada 12

Beni membandingkan banyak benda-benda itu
Kelereng Beni lebih banyak daripada mobil-mobilan
15 lebih dari 11
11 kurang dari 15

Mobil-mobilan Beni lebih sedikit dari buku tulis Beni
11 kurang dari 12
12 lebih dari 11

Kerjakan soal-soal berikut!
Tentukanlah dengan “kurang dari”atau “lebih dari”
                   16                              14
16 ……………….. dari 14
14………………… dari 16

Perhatikan bilangan di atas!
Bilangan yang lebih dari 18 adalah ………………
Bilangan yang kurang dari 18 adalah……………..

Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan permainan mengacak kartu siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan sore hari
2.      Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan sore hari.
3.      Dengan memperhatikan contoh yang ditunjukkan guru siswa mampu mengidentifikasi kolase sebagai contoh karya seni dua dimensi, mencakup ide, tema, obyek, alat, dan bahan yang digunakan.
4.      Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan untuk membuat karya kolase.
5.      Dengan memperhatikan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi cara membuat karya kolase dari bahan kertas.
6.      Dengan arahan guru siswa mampu merancang pembuatan karya kolase dari kertas.
7.      Setelah merancang pembuatan kolase, siswa mampu menyiapkan alat dan bahan yang digunakan
8.      Setelah menyiapkan alat dan bahan, siswa mampu membuat karya kolase sesuai rancangan yang telah dilakukan.

Materi Pembelajaran:
1.      Bermain menyusun kata menjadi kalimat
2.      Membuat karya kolase sesuai tema

MATERI

Ayo Mencoba
Siti mengajak teman-teman bermain tangkap bola
Dalam permainan ada aturan bagi penangkap bola
Ia harus membuat kalimat sebelum melempar bola ke teman lain
Mereka membentuk dua barisan yang saling berhadapan
Mereka melempar bola kepada teman di barisan depannya
Anak yang dapat menangkap bola dengan baik akan mendapat nilai 1
Kalau dia bisa membuat kalimat mendapat nilai tambahan lagi 1 lagi
Yang paling banyak mendapat nilai itulah pemenangnya
Mereka bermain dengan gembira


Susunlah kata berikut ini menjadi sebuah kalimat
Mulailah dari kata yang dicetak tebal
1.      Sore – bermain – hari – menyenangkan – pada
……………………………………………………….......
2.      Bermain – umpet – petak – bela
............................................................................................
3.      Ular naga – bermain – bernyanyi – sambil – mereka
…………………………………………………………….
4.      Terbuat – bambu – dari – engrang
…………………………………………………………….
5.      Diah – melompat – sedang – tali – di atas

Ayo Berkreasi
                        Membuat kolase dari kertas warna
Alat dan bahan
1.      Pensil
2.      Kertas gambar
3.      Gunting
4.      Lem
5.      Kertas origami aneka warna
Cara membuat
1.      Gambar bentuk atau benda pada kertas gambar
2.      Robek kecil-kecil kertas origami dengan menggunakan gunting
3.      Tempelkan pada gambar yang sudah disiapkan
4.      Perhatikan garis tepi gambar
5.      Mulailah menempel dari bagian tepi gambar



Hari/Tanggal: Kamis, 26 September 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosa kata yang berhubungan dengan sore hari.
2.      Setelah mengidentifikasi siswa mampu membuat cerita yang berisi kali­mat yang berhubungan dengan sore hari.

Materi Pembelajaran: Membuat cerita berdasarkan urutan gambar

MATERI

Ayo Berlatih
Ibu sedang memasak di dapur
Siti membantu ibu menyiapkan peralatan makan
Siti mencoba menghitung banyaknya peralatan dapur ibu
Siti menghitung jumlah piring, sendok, dan garpu
Siti juga menghitung mangkuk dan gelas yang ada di rak piring
Inilah hasil hitungan siti
Mangkuk ada 14
Piring ada 16

 Sedangkan garpu berjumlah 16
Gelas berjumlah 19
Dan sndok berjumlsh 20

1.Mana yang lebih banyak sendok atau piring?
2.Mana yang lebih sedikit mangkuk atau gelas
3.Peralatan apa saja yang sama banyaknya?
4.Peralatan apa yang lebih banyak dari gelas?
5.Peralatan apa yang lebih sedikit dari piring?
6.Tuliskan 1 bilangan yang lebih dari 13
7.Tuliskan 1 bilangan yang kurang dari 19
8.Tuliskan 1 bilangan yang lebih dari 15, tapi kurang dari 18

Ayo Bercerita
Burutkanlah gambar di bawah ini. Lalu susunlah cerita berdasarkan gambar yang kamu susun

Ayo Menulis
1. Buatlah kalimat dari kata berikut
Bermain
…………………………………………………………………
Senja
………………………………………………………………….
2.Carilah sebuah gambar , buatlah kalimat berdasarkan gambar tersebut
3.Carilah beberapa gambar gambar itu sehingga membentuk cerita
   Ceritakanlah secara lisan


Hari/Tanggal : Jumat, 27 September 2019
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui tanya jawab, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kosakata tentang kegiatan sore hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
2.      Dengan menulis cerita, siswa mampu menggunakan kosa kata terkait kegiatan sore hari dalam menyusun kalimat/cerita
3.      Melalui tanya jawab dan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
4.      Melalui bercerita, siswa mampu menunjukkan kegiatan sore hari yang sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
Materi Pembelajaran:
1.      Bercerita tentang kegiatan sore hari di rumah
2.      Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan aturan di rumah di sore hari

MATERI

Ayo Mendengarkan
Dengarkan gurumu membaca cerita berikut
               Menyiram Tanaman
Di belakang rumah bela banyak tanaman
Tanaman tumbuh subur
Ayah mengajak bela menyiram tanaman
Ayah mengatakan pada bela bahwa tanaman butuh air
Tanaman kembali segar setelah disiram

Ayo Jawab
1.      Siapa yang mengajak bela menyiram tanaman
2.      Di mana bela menyiram tanaman
3.      Alat apa yang digunakan untuk menyiram tanaman
4.      Bagaimana tanaman setelah didiram
5.      Tanaman apa saja yang ada di rumahmu

Ayo Mencoba
Kita harus bersikap baik ketika di rumah
Kita harus mengikuti aturan di rumah
Kita harus menghormati dan menyayangi orang tua
Orang tualah yang membiayai hidup kita
Mereka bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan keluarga
Mereka bekerja dengan penuh semangat
Oleh karena itu, kita harus menghormati orang tua
Ketika orang tua pulang kerja, kita menyambutnya dengan sikap yang santun 

Tunjukkanlah gambar mana yang baik saat menyambut orang tua
Berilah tanda (x) pada cara yang kurang baik

Bertengkar dengan adik                      membawakan tas kerja ibu

Menyambut ayah dengan riang           marah-marah karena ayah telat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar