Pages

Pages - Menu

Rabu, 11 September 2019

Tema 3 sub tema 1 pembelajaran 3 dan 4

Hari/Tanggal: Rabu, 11 September 2019
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
1.      Melalui kegiatan membaca siswa mampu mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
2.      Melalui kegiatan menjiplak siswa mampu menuliskan kosa kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat
3.      Melalui pengamatan dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi simbol sila-sila Pancasila pada lambang negara Garuda Pancasila
4.      Melalui permainan “Berburu Harta Karun” siswa mampu menentukan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila
Materi Pembelajaran:
1.      Mendiskusikan simbol yang sesuai dengan bunyi sila-sila Pancasila
2.      Membaca pemahaman tentang kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari.

MATERI

Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring!

Pagi Hari yang Ceria
Matahari terbit di pagi hari
Sinarnya hangat sampai ke bumi
Pohon dan bunga aneka warna
Ayam dan burung bersuka ria
Udara pun sejuk terasa
Mari sambut pagi ceria
Karunia Tuhan yang kuasa



Ayo Berlatih
Pagi hari Lani berolah raga
Lani jalan pagi di sekitar rumahnya
Sambil jalan pagi Lani melihat sekeliling
Lani menghitung benda-benda yang dilihatnya
Coba hitung banyak benda-benda tersebut




Ayo Mengamati
Senin pagi anak-anak mengikuti upacara
Kepala sekolah menjelaskan tentang Pancasila
Sila-sila Pancasila memiliki simbol
Berikut ini adalah simbol sila-sila Pancasila



1.      Bintang                       : Ketuhanan Yang Maha Esa
2.      Rantai                          : Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.      Pohon Beringin           : Persatuan Indonesia
4. Kepala Banteng   : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5.      Padi dan Kapas           : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
1.      Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang berasal dari kosa kata yang terkait dengan tema

2.      Melalui permainan merangkai kata siswa mampu menyusun kalimat sederhana dari kosa kata tentang kegiatan pagi hari.
3.      Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru siswa mampu mengidentifikasi panjang pendek bunyi
4.      Melalui bernyanyi siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi pada sebuah lagu.
Materi Pembelajaran:
1.      Bermain merangkai kata menjadi kalimat
2.      Memeragakan panjang pendek bunyi dengan menggunakan alat musik tradisional

MATERI

Ayo Berlatih
Setelah berolahraga pagi
Udin mengulang pelajaran bersama teman
Mereka bermain membuat kalimat dari satu kata
Kata-katanya tentang pagi hari




Nah, ayo berlatih membuat kalimat sambil bermain
Permainannya yaitu merangkai kata menjadi kalimat
Siswa paling depan memulai dengan menyebutkan satu kata.
Teman di belakangnya menambah satu kata
Seterusnya sampai terbentuk kalimat
Satu kalimat yang benar akan mendapat nilai 1
Setiap kelompok berlomba mengumpulkan nilai

Sekarang salinlah kalimat dari kata berikut!
Saya bangun pagi
..........................................................
Sesudah mandi Udin sarapan
...........................................................
Matahari pagi bersinar
...........................................................
Pagi ini Siti sarapan nasi goreng
...........................................................
Lani pergi ke sekolah
...........................................................

Pagi hari adalah waktu yang baik untuk belajar
Rajinlah belajar agar menjadi anak pintar

Ayo Bernyanyi
Pagi hari Siti pergi ke sekolah dengan riang
Sebelum berangkat Siti pamit kepada ayah dan ibu
Sambil berjalan ia bernyanyi
Ia bernyanyi lagu berikut ini
Mari nyanyikan lagu yang dinyanyikan Siti!


Pergi Belajar
Cip. Ibu Sud

O Ibu dan Ayah selamat pagi
Kupergi belajar sampaikan nanti
Selamat belajar Nak penuh semangat
Rajinlah selalu tentu kau dapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar