Pages

Pages - Menu

Rabu, 11 Desember 2019

Pengayaan

Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 3 Kegiatanku
Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari

Pagi yang cerah
Matahari bersinar terang
Udara terasa hangat
Semua orang bersiap-siap memulai harinya
Ada yang bersiap ke sekolah, ada yang bersiap ke kantor, ada yang bersiap ke sawah , ada yang bersiap ke pasar.
Banyak sekali kegiatan orang di pagi hari
Semua bersemangat menyambut pagi
Hewan dan tumbuhan pun berseri
Terima kasih Tuhan atas karunia pagi hari



Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan menyimak gambar dan teks yang disampaikan oleh guru dan permainan menyusun kartu huruf menjadi kata, siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat
2. Dengan mengerjakan lembar kerja, siswa dapat menuliskan kosa kata tentang kegiatan pagi hari dengan tepat
3. Dengan mengikuti petunjuk (contoh) guru, siswa mampu melafalkan bunyi sila-sila pancasila dengan tepat
4. Dengan menyimak lagu dan peragaan guru, siswa mampu membedakan panjang pendek bunyi dengan tepat
5. Dengan mengikuti petunjuk guru, siswa mampu memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau dengan alat bantu seperti peluit, markas, dan sejenisnya

MATERI

Ayo Membaca

Saat libur Udin membaca buku di rumah
Udin membaca ditemani ayah
Udin membaca kata-kata yang baru dipelajari
Ayah membantu Udin berlatih membaca

Inilah kata-kata yang dibaca Udin
Perhatikan huruf-hurufnya, lalu bacalah!
Bangun                                   tidur
Berdoa                                    sekolah
Matahari                                mandi
Terbit                                                 sarapan
Ayam                                      berkokok

Kata-kata itu berhubungan dengan keadaan dan kegiatan pagi hari
Sekarang lihatlah kata-kata di bawah ini!
Ada beberapa huruf yang hilang
Tentukan huruf yang tepat pada kata-kata berikut

Contoh: ...  y …  m =  a y a m
B … n g …  n
S a r … p …  n
 B e r k …  k …  k
M …  t a h a r …

Hari ini hari senin
Udin sampai di sekolah lebih pagi
Setiap hari Senin ada kegiatan upacara

Saat bel berbunyi Udin dan teman-teman berkumpul di lapangan


Mereka mengikuti upacara dengan tertib
Kepala sekolah membacakan teks Pancasila
Seluruh siswa mengikutinya
Pancasila adalah dasar Negara kita
Kita harus tahu maksudnya
Supaya dapat mengamalkannya

Ayo Berlatih
Perhatikan bunyi teks Pancasila berikut ini

Pancasila

1    1. Ketuhanan Yang Maha Esa
      2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
      3. Persatuan Indonesia
      4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
      5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Lafalkan bunyi teks Pancasila dengan lantang!
Bacakan di depan teman dan gurumu!

Ayo Berlatih
Susunlah kartu-kartu kata berikut ini!
Susunlah menjadi bunyi teks Pancasila yang benar

1. yang       esa       ketuhanan      maha
2. adil      kemanusiaan     yang    beradab      dan
3. indonesia       persatuan
4. kerakyatan     oleh      yang     dalam      kebijaksanaan      dipimpin     permusyawaratan      perwakilan      hikmat
5. adil      kemanusiaan     yang     beradab      dan

Sekarang kamu sudah tahu bunyi sila Pancasila
Pancasila adalah dasar Negara kita
Kita harus mengamalkan Pancasila
Pancasila adalah pemersatuan bangsa
Mengamalkan Pancasila merupakan tanda syukur

Ayo Bernyanyi
Pagi hari kita harus semangat
Salah satu caranya adalah bernyanyi
Mari nanyikan lagu berikut

Bangun Tidur
 
Cipta. Pak Kasur

Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi kutolong ibu
Membersihkan tempat tidurku

Selasa, 10 Desember 2019

Pengayaan

Pengayaan PAS
Pengayaan dan remedial penilaian akhir semster 1 tema 2 kegemaranku.

Senin, 09 Desember 2019

Pengayaan PAS

Pengayaan dan remedial penilaian akhir semster 1 tema 1 diriku.

Jumat, 06 Desember 2019

Jadwal Penilaian Akhir semester

Jadwal penilaian Akhir semester
07:00 - 09:30 mewarnai



Kamis, 05 Desember 2019

Jadwal pelajaran PAS

hari Kamis, 4 November 2019
07.30-08.30 B.Lampung
09.00-10.00 B. Inggris

Rabu, 04 Desember 2019

Kisi-kisi Soal PAS TEMA 4


Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Tema
Bentuk Soal
No. Soal
Soal
Kunci Jawaban
Skor
PPKn
3.1 Memahami gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”

3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah












3.3 Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah


3.1.4 Menyebutkan rumusan sila pertama pancasila




3.1.5 Menunjukkan symbol sila pertama pancasila


3.2.4 Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan kebersihan rumah.

3.2.7 Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan orang tua di rumah.

3.2.41 Menuliskan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan keberrsihan rumah.


3.3.11 Menuliskan data tentang kedudukan anggota di rumah.


3.3.12 Menyebutkan kedudukan berdasarkan anggota keluarga di rumah.

Tema 4
sub tema 1








Tema 4 Sub Tema 2 & 4








Tema 4 Sub Tema 3

PG





Isian



PG





PG




essay





PG





Isian

1.




1.



2.





3.




1.





4.





2.
Bunyi sila kesatu pancasila adalah….
a.       Ketuhanan yang maha esa
b.      Persatuan Indonesia
c.       Kemanusiaan yang adil dan beradab

Gambarlah lambang sila kesatu pancasila….


Setelah makan sebaiknya..
a.       Menonton TV
b.      Merapikan meja makan
c.       Merapikan tempat tidur


Membantu orang tua dirumah contohnya
a.       Membersihkan badan
b.      Membersihkan kelas
c.       Membersihkan kamar
Tuliskan aturan menjaga kebersihan di rumah!




Orang tua laki-laki dari ibu disebut…
a.       Ayah
b.      Paman
c.       Kakek


Adik laki-laki dari ibu dipanggil…
A





(gambar bintang)



B




C




Menyapu lantai




C





Paman/om

16,7





16,7




16,7




16,7




100





16,7





16,7









B. INDO
3.8 Mengenal ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah


3.9 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.





3.10 Memahami kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

3.8.1 Menunjukkan ungkapan terimakasih lisan atau tulisan dengan tepat.



3.8.3 Menunjukkan ungkapan permintaan tolong.










3.9.4 Menunjukkan penggunaan kosakata dan ungkapan perkenalan keluarga inti dalam suatu kalimat.


3.9.5 Menunjukkan penggunaan kosakata perkenalan dan ungkapan dalam suatu kalimat dengan tepat.


3.10.3 Mengidentifikasi kosakata tentang hubungan kekeluargaan dari kalimat sederhana yang diberikan oleh guru.

Tema 4
Sub Tema 2&4















Tema 4 Sub Tema 1 & 3











Tema 4 Sub Tema 1
PG






PG







Isian



PG






PG






Isian


Essay


5.


.



6.







3.



7.






8.






4.


2.





. ….Kamu telah menolongku.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat diatas adalah…
a.       Maaf
b.      Terimakasih
c.       Tolong

Tolong ambilkan buku itu.
Kalimat diatas adalah kalimat permintaan..…
a.       Terimakasih
b.      Tolong
c.       Maaf


Setelah mendapat bantuan seharusnya mengucapkan….


Yang menjadi kepala keluarga dirumah adalah …
a.       Ayah
b.      Paman
c.       Kakek


Saat berkenalan kita menyebutkan…
a.       Alamat
b.      Nama
c.       Rumah



Orang yang melahirkan kita disebut……


Sebutkan anggota keluargamu!
B






B







Terimakasih



A






B






ibu


Ayah, ibu, adik dan kakak
16,7






16,7







16,7



16,7






16,7






16,7



100



MTK

3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan Kumpulan benda/gambar/ gerakan atau lainnya







3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkrit.






3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret



3.5.2 Menyebutkan baris bilangan berdasarkan pola tertentu.










3.6.3 Menyebutkan benda-benda yang berbentuk segiempat, segitiga dan lingkaran.











3.8.1 Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.











3.8.2 Membandingkan lebih
dari dua objek benda atau situasi konkret dengan menggunakan kalimat sehari-hari(paling berat, ringan).


Tema 4 sub Tema 2










Tema 4 Sub Tema 1












Tema 4 Sub Tema 3 & 4



















PG






Essay





PG







Isian






PG








PG






Isian







9.






3.






10.







5.





11.








12.





6.




  ……… 
  1.      b.       c.

Tuliskan gambar pola yang hilang..








 
                        ……                         …….







Isosceles Triangle: A


Oval: c


b
 
 


       
Bangun yang berbentuk segiempat ditunjukkan gambar…
a.       A
b.      B
c.       C

 



Gambar disamping berbentuk….

Contoh alat ukur yang tidak baku adalah.
a.       Penggaris
b.      Meteran
c.       Jengkal

 
Gambar diatas dapat digunakan sebagai alat ukur..…sederhana.
a.       Panjang
b.      Berat
c.       Suhu

Alat untuk mengukur berat benda adalah…




A













 


        ,

B







Lingkaran




C








B





Timbangan




16,7






100







16,7








16,7




16,7








16,7









16,7


SBdP
3.1 Mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi






3.2 Memahami elemen musik melalui lagu





3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari



3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya

3.1.13 Mengidentifikasi ciri-ciri gambar sebagai karya ekspresi dua dimensi (meliputi ide/gagasan, tema, objek dan komposisi bentuk dan warna).

3.1.14 Mengidentifikasi alat dan bahan yang dapat digunakan membuat gambar ekspresi.

3.2.4 Membedakan tinggi rendah suara.







3.3.4 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh, menirukan gerak hewan dalam suatu tarian.




3.4.2 Mengidentifikasi pemanfaatan hasil dari makhluk dalam membuat karya kerajinan(bross kulit kerang, melukis kulit telur, kemoceng dari bulu ayam atau meronce biji tanaman).
Tema 4 Sub tema 3









Tema 4
Sub tema 1






Tema 4
Sub tema 2






Tema 4
Sub tema 4

PG






essay




PG





Isian


PG





isian


PG





13.






4.




14.





7.


15.





8.


16.




Pensil warna digunakan untuk membuat gambar lebih….
a.       Indah
b.      Jelek
c.       Buruk


Tuliskan 2 alat untuk menggambar…




Lagu “Garuda Pancasila” termasuk lagu....
a.       Anak-anak
b.      Nasional
c.       Remaja

Dalam bernyanyi ada nada tinggi dan nada …

Saat menari menirukan gerak kupu-kupu sebaiknya diiringi lagu ….
a.       Bintang kecil
b.      Burung kutilang
c.       Kupu-kupu yang lucu

Contoh gerakkan hewan yang bisa ditirukan adalah….

Untuk menghias bingkai foto dibutuhkan bahan alam…
a.       Daun basah
b.      Ranting pohon
c.       Plastik
A






Krayon, buku gambar


B





rendah


C





Kupu-kupu, kelinci


B



16,7






100




16,7





16,7


16,7





16,7



16,7


PJOK
3.1 Memahami prosedur gerak dasar sesuai dengan konsep tubuh, ruang usaha, dan keterhubungan dan berbagai bentuk permainan sederhana dan tradisional.








3.1.1 Menjelaskan prosedur gerakan berjalan satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dan berbagai bentuk permainan sederhana dan tradisional.


3.1.2 Menjelaskan prosedur gerakan berlari satu arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dan berbagai bentuk permainan sederhana dan tradisional.






3.1.3Menjelaskan prosedur gerak melompat satu arah sesuai dengan konsep tubuh ,ruang, usaha, dan keterhubungan dan berbagai bentuk permainan sederhana dan tradisional.


Tema 4 Sub tema 1






Tema 4 Sub tema 2










Tema 4 Sub tema 3&4
PG





Isian


PG





PG






PG





Isian


Essay


17.





9.


18.





19.






20.





10.


5.
Berikut ini termasuk gerakan berjalan satu arah,kecuali…..
      a.gerakan berjalan maju
      b.gerakan berjalan mundur
      c.gerakan berjalan melingkar

saat berjalan pandangam mata kearah ….


Posisi badan yang benar saat melakukan gerakan berlari satu arah adalah…
a.       Menyamping ke kanan
b.      Miring ke kanan
c.       Condong ke depan

Gerakan tangan dan kaki saat berlari seperti saat …
a.       Berjalan
b.      Jongkok
c.       Melompat


Permainan lompat tali dapat menggunakan alat berupa …
a.       Egrang
b.      Karet gelang
c.       Karung

Bermain lompat tali dapat menyehatkan …

Gerakkan meniru kelinci dilakukan dengan….
A





Ke depan



C




A






B





Tubuh


Melompat
16,7





16,7



16,7




16,7






16,7





16,7


100