Senin, 06 Januari 2020
Tema 5 Pengalamanku Subtema 1 Pengalaman Masa Kecil
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 5 Pengalamanku
Subtema 1 Pengalaman Masa Kecil
Ingatkah kamu saat masih kecil?
Saat kamu menjadi siswa taman kanak-kanak
Bermain bersama teman
Ke sekolah diantar ibu atau ayah
Belajar bersama teman dibimbing bu guru
Tertawa saat digoda kakek dan nenek
Masa kecil sangat menyenangkan
Kasih saying ayah, ibu, kakek dan nenek sangat besar
Kita pun harus menyayangi dan menghormati mereka
Mari belajar sambil mengingat pengalaman masa kecil
Hari/Tanggal : Senin, 6 Januari 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
· Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
· Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
· Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
· Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
· Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membedakan ketukan cepat dan lambat sebuah lagu melalui gerak tubuh
· Menyebutkan bunyi sila ke-2
· Menyalin kalimat pujian
· Membuat kalimat pujian berdasarkan pengalaman
Ayo Bernyanyi
Udin mengenang pengalamannya bersama teman
Saat itu mereka berkumpul di rumah dayu
Mereka mendengarkan lagu sambil bergerak
Jika ketukan lagu lambat, mereka bergerak lambat
Jika ketukan lagu cepat, mereka bergerak cepat
Mereka bergerak bergantian dan saling memuji
Lagu pertama adalah “ Bunda Piara ”
Ayo kita nyanyikan bersama
Udin bergerak mengikuti irama
Udin bergerak lambat dan cepat
Teman-teman udin bertepuk tangan
Mereka bersorak memuji udin
“Bagus, Udin”
“Hebat,Udin”
Mereka bergembira bersama
Lagu kedua adalah “Burung Kakaktua”
Ayo Berlatih
Ungkapan Pujian
Salinlah
Nyanyianmu bagus sekali
Gerakanmu lincah sekali
Ayo Mengamati
Setelah bernyanyi, siti dan teman-teman beristirahat
Lalu siti bercerita kepada teman-teman
Waktu Taman Kanak-kanak, siti senang mengamati gambar burung garuda
Gambar tersebut ada di dinding kelas
Burung itu terlihat gagah sekali
Di dadanya ada perisai, Perisai berisi 5 gambar berbeda
Siti paling suka gambar rantai, Rantai mirip kalung
Siti sangat menyukai kalung
Rantai adalah simbol sila ke dua
Sila kedua berbunyi : “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”
Amatilah teks Pancasila berikut
Lingkari sila kedua dari Pancasila
Susun potongan kata berikut menjadi bunyi sila ke-2 Pncasila
Adil dan yang beradab kemanusiaan
Tuliskan pada kolom di bawah ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar