Pages

Pages - Menu

Jumat, 10 Januari 2020

Tema 5 (Pengalamanku) sub tema 1

Hari/Tanggal : Jumat, 10 Januari 2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
·         Setelah mengamati simbol-simbol sila Pancasila, siswa dapat menuliskan simbol sila kedua Pancasila dengan tepat.
·         Setelah mengenal rantai sebagai simbol dari sila kedua Pancasila, siswa dapat menuangkannya dalam bentuk gambar dengan tepat.
·         Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat menghitung banyak anggota suatu kumpulan objek sebanyak 21 sampai 40 dengan cara mengelompokkan.
·         Dengan menggunakan gambar kumpulan benda dan lambang bilangan, siswa dapat memasangkan lambang bilangan 21 sampai 40 dengan kumpulan objek yang banyak anggotanya sesuai.
·         Setelah membaca cerita sederhana, siswa mampu menemukan ungkapan pujian dengan tepat.
·         Setelah membuat cerita sederhana untuk bermain peran, siswa mampu memerankan ungkapan pujian lisan dengan tepat dan percaya diri.
Materi Pembelajaran:
·         Bermain kartu memasangkan bilangan
·         Bermain Peran tentang ungkapan pujian

Ayo Mengamati

Siti dan Dayu beteman sejak kecil
Mereka selalu tolong-menolong
Jika Siti kesulitan, Dayu siap membantu
Jika Dayu perlu bantuan, Siti langsung menolong
Tolong-menolong adalah sikap yang baik
Perilaku tersebut sesuai dengan Pancasila
Masih ingatkah kamu bunyi sila kedua?
Simbolnya adalah rantai.

Ayo Berlatih
Symbol sila kedua adalah rantai
Salin tulisan berikut
Simbol sila kedua adalah rantai

                                                                                               
 Ayo Mencoba
               Banyak Benda dan Lampang Bilangan
Edo, Udin, dan Beni senang bermain bersama
Mereka sering bermain kelereng. Mereka punya banyak kelereng
Mereka ingin menghitung banyaknya
Kelereng itu dikelompokkan
Kemudian mereka menghitung bersama-sama



Ayo, kita lakukan hal yang sama seperti Udin dan teman-teman
Gunakan benda-benda yang ada di sekitarmu

Ayo Berlatih
Hitung banyaknya
Tuliskan hasilnya di kotak



Ayo Bermain Peran
Udin mengajak Edo bersepeda
Tujuannya adalah lapangan bola
Tapi Edo terlihat bingung

Amati percakapan berikut
Udin       : Edo, kenapa kamu tampak bingung?
Edo        : Rantai sepedaku putus
Udin       : Kalung begitu ayo naik sepedaku
Edo        : Betulkah Udin? Tapi lapangan agak jauh
Udin       : Tidak masalah, Edo. Kita kan harus saling membantu
Edo        : Kamu baik sekali, Udin.
                 Aku senang punya teman sepertimu
Pernahkah kamu mengalami hal yang sama seperti Edo dan Udin?
Buat ceritanya, lalu perankan di depan kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar