Pages

Pages - Menu

Rabu, 08 Januari 2020

Tema 5 (Pengalamanku) sub tema 1

Hari/Tanggal   : Rabu, 8 Januari 2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
·         Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat membilang banyak benda sebanyak 21 sampai dengan 40 secara urut.
·         Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai bilangan yang diberikan dari 21 sampai dengan 40.
·         Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan simbol sila kedua dengan tepat.
·         Dengan membuat bentuk rantai dari kertas lipat, siswa dapat menunjukkan simbol sila kedua dengan benar.
·         Dengan mengamati simbol-simbol dari sila Pancasila siswa dapat menuliskan kembali bunyi sila kedua Pancasila.
·         Setelah mengamati teks bacaan tentang sikap saling-menolong, siswa dapat menyebutkan ungkapan pujian dengan tepat.
·         Dengan mengamati bentuk rantai hasil karya teman, siswa dapat mengungkapkan pujian secara lisan dengan tepat.
Materi Pembelajaran
·         Menghitung benda benda yang berada di sekitar sekolah
·         Mengenal lambang sila kedua dengan membuat rantai kertas
·         Mengungkapkan pujian secara lisan

Ayo Mengamati

Edo merayakan ulang tahun yang kelima dip anti asuhan
Ulang tahun Edo di bulan Agustus
Di sana Edo berbagi makanan dan mainan
Edo juga membawa bahan-bahan untuk membuat prakarya
Edo ingin membuat kalung berwarna merah putih
Kalung seperti gambar rantai lambing Pancasila
Bahan-bahannya adalah kertas warna merah dan putih
Selain itu ada juga lem dan gunting
Mainan yang akan dibagikan adalah bola
Ayo bantu Edo menghitung bola dengan tepat



Ayo Berlatih
                        Menghitung Banyak Benda
Hitung kue dan bahan untuk membuat kalung
Lingkari setiap 10 benda
Hitung banyaknya, lalu tulis lambing bilangannya






Ayo Berlatih
               Mengelompokkan Benda
Edo mempunyai banyak kertas putih
Edo ingin mewarnai kertas tersebut dengan warna merah
Warnai sebanyak bilangan yang tertulis

Ayo Mencoba
Edo juga suka berbagi dengan teman berbagi adalah perilaku yang baik
Perbuatan berbagi sesuai dengan sila kedua dalam Pancasila
Amati gambar rantai


Tanyakan kepada teman atau gurumu tenang maksud gambar tersebut
Berapa banyak mata rantainya?
Buatlah rantai dari kertas warna
Tunjukkan hasilnya kepada teman, guru dan keluargamu





Ayo Berlatih
Edo telah selesai membuat kalung merah putih
Hasilnya rapi sekali
Dayu memuji kalung buatan Edo
“Edo, karyamu bagus sekali” kata Dayu
Ungkapan pujian dapat disampaikan secara lisan
Amati ungkapan pujian berikut

“Siti, warna bajumu cerah sekali. Aku menyukainya”
“Beni, suaramu merdu sekali”
“Udin, tulisanmu sangat rapi”
“Dayu, gambar karyamu indah sekali”

Adakah temanmu yang pandai menari?
Coba ungkapkan pujian kepada temanmu


Hari/Tanggal :
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
·         Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
·         Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
·         Dengan melakukan gerak sesuai isi lagu, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Kepala pundak lutut kaki” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
·         Dengan melakukan gerak sesuai isi lagu, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Kepala pundak lutut kaki” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
·         Melalui teks sederhana, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
·         Setelah membaca teks sederhana, siswa dapat menanggapi ungkapan pujian dengan tepat.

Materi Pembelajaran :
·         Membedakan cepat atau lambat tempo lagu ”Kepala pundak lutut kaki”
·         Menanggapi pemberian ungkapan pujian

 Ayo Bernyanyi
Hari ini ibu guru mengajak bernyanyi
Judulnya Kepala Pundak Lutut Kaki
Lagu itu disukai Udin saat masih kecil
Dulu ayah bernyanyi untuk Udin
Ayah bernyanyi dengan ketukan berbeda
Kadang cepat, kadang lambat
Udin merasakan bedanya saa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar