PTS TEMA 5 ( SUBTEMA 1 DAN 2) DAN BAHASA LAMPUNG
PENILAIAN TENGAH SEMESTER
1. Untuk soal tema 5 subtema 1 dan 2 klik link dibawah ini :
https://drive.google.com/file/d/1TBHLmjecZqjLGhcFglK8cQ2eilfjKbpE/view?usp=sharing
2. Untuk soal Bahasa Lampung klik link dibawah ini :
https://drive.google.com/file/d/1hrvUyE0grIU2g8NySVakekDZdAoFmRCl/view?usp=sharing
Contoh Lembar jawaban PTS tema
Contoh Lembar jawaban Bahasa Lampung
Nomor absen siswa kelas 1D SD Al Azhar 2 :
1. A. Irza
2. Afiqah
3. Alesha
4. Almiera
5. Anindya
6. Aqila
7. Atharizz
8. Atiqa Zahra
9. Azzalea
10. Delicia
11. Fachri
12. Fadhil
13. Falah
14. Fathan
15. Ghalih
16. Hakim
17. Kenzi
18. Lutfiah
19. M. Alvaro
20. M. Fahri E
21. M Raza
22. M Rocello
23. Naura
24. Qeanu
25. Queena
26. Rafardhan
27. Raisya
28. Sabila
Profil/Biodata Guru Nama HESTI WINDARI Unit kerja : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung. Kelas yang di ajar : Kelas 3A Jenis Kelamin : Perempuan Medsos : Instagram (@hesti_unikpernik) youtube (hesti windari)
Pages
▼
Pages - Menu
▼
Selasa, 31 Maret 2020
Senin, 30 Maret 2020
Tema 8 Subtema 2 pembelajaran 1 & 2
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 8 Peristiwa Alam
Subtema 2 Kemarau
Musim Kemarau
Indonesia mempunyai dua musim.
Musim hujan dan musim kemarau
Musim kemarau adalah musim jarang terjadinya hujan.
Ciri ciri musim kemarau :
Udara terasa panas
Tanah kering dan tandus
Sungai dan mata air mengering
Tanaman dan tumbuhan mengering
Pada musim kemarau, hampir setiap hari langit cerah
Pada siang hari, matahari bersinar amat terang
Langit tampak biru dihiasi awan putih
Saat matahari terbenam, sinarnya berwarna jingga.
Benda-benda terlihat berwarna keemasan
Pada malam hari, bulan bercahaya indah sekali
Bintang-bintang berkerlip amat cantik
Tetapi, kemarau panjang dapat menyebabkan kekeringan
Di beberapa tempat mengalami kesulitan air bersih
Sawah petani pun menjadi kering
Air sangat penting untuk kehidupan
Kita harus menghemat air agar tidak kekeringan
Hari/Tanggal: Senin, 30 Maret 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
· Melalui teks percakapan, siswa dapat menulis dan menggunakan ungkapan kalimat pujian secara lisan atau tulisan.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat menggali informasi dan menyampaikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan pemanfaatan air.
· Dengan menari, siswa dapat mengidentifikasi dan memeragakan gerak anggota tubuh sesuai iringan.
Materi Pembelajaran:
· Musim kemarau.
· Menulis kalimat ungkapan pujian.
· Menari bersama teman.
Ayo Mendengarkan
Musim Kemarau
Saat musim kemarau hujan jarang turun
Sungai dan mata air mongering
Tanah menjadi kering dan tandus
Tumbuhan dan ninatang banyak yang mati
Sawah tidak bisa ditanami
Sumur milik warga kering
Warga di sekitar rumah Bela kesulitan mendapat air bersih
Warga harus sabar mengantre untuk mendapatkan air bersih
Air didapat dari mata air yang masih ada
Ayo Membaca
Siti dan teman-teman asik bermain
Menikmati cuaca di musim kemarau
Bacalah percakapan siti dan teman-teman
Ayo Berdiskusi
Hari telah siang, matahari bersinar terik
Saatnya pulang untuk beristirahat
Setelah tiba di rumah, Siti langsu cuci tangan
Ayo Kita Menari Menggerakkan Anggota Tubuh
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
· Sambil bermain, siswa dapat melakukan aktivitas air bersama teman.
· Setelah mengamati gambar dan membaca percakapan, siswa dapat mengungkapkan kalimat pujian dan memberikan tanggapan tentang kalimat pujian tersebut.
· Dengan berlatih, siswa dapat menunjukkan kalimat yang termasuk kalimat pujian.
Materi Pembelajaran:
· Beraktivitas air.
· Bercerita dengan kalimat pujian.
· Membedakan ungkapan kalimat pujian.
Ayo Mendengarkan
Saat musim kemarau mataharu bersinar terik
Langit tampak cerah
Udara terasa panas
Badan cepat lelah
Pakaian yang Dikenakan
Kita biasanya memakai baju tipis
Baju tipis terbuat dari katun
Baju ini mudah menyerap keringat
Permainan yang Dimainkan
Saat cerah kita dapat bermain di luar rumah
Banyak permainan yang dapat dimainkan
Contohnya; lompat tali, bermain laying-layang, bermain kelereng dan lain-lain
Minuman yang Disukai
Kita mudah merasa haus saat panas
Segelas es buah terasa menyegarkan
Pedagang es akan laris dagangannya
Namun, ingat!
Jangan minum es terlalu banyak!
Kamu akan terkena sakit batuk.
Penyakit yang Muncul
Saat musim kemarau banyak nyamuk beterbangan
Waspadalah terhadap penyakit yang ditularkan nyamuk
Contoh penyakit itu adalah demam berdarah
Halaman berdebu
Debu menyebabkan gangguan pernapasan
Debu juga menyebabkan gangguan mata.
Tugas Latihan tema no 1
Lengkapi kalimat di bawah ini!
1. Kemarau adalah ……………..
2. Tuliskan ciri-ciri kemarau ………………
3. Saat musim kemarau terjadi kira harus ……………….
4. Tuliskan cara menghemat air saat musim kemarau ……….
5. Saat musim kemarau sebaiknya kita banyak minum ……………..
Tema 8 Peristiwa Alam
Subtema 2 Kemarau
Musim Kemarau
Indonesia mempunyai dua musim.
Musim hujan dan musim kemarau
Musim kemarau adalah musim jarang terjadinya hujan.
Ciri ciri musim kemarau :
Udara terasa panas
Tanah kering dan tandus
Sungai dan mata air mengering
Tanaman dan tumbuhan mengering
Pada musim kemarau, hampir setiap hari langit cerah
Pada siang hari, matahari bersinar amat terang
Langit tampak biru dihiasi awan putih
Saat matahari terbenam, sinarnya berwarna jingga.
Benda-benda terlihat berwarna keemasan
Pada malam hari, bulan bercahaya indah sekali
Bintang-bintang berkerlip amat cantik
Tetapi, kemarau panjang dapat menyebabkan kekeringan
Di beberapa tempat mengalami kesulitan air bersih
Sawah petani pun menjadi kering
Air sangat penting untuk kehidupan
Kita harus menghemat air agar tidak kekeringan
Hari/Tanggal: Senin, 30 Maret 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
· Melalui teks percakapan, siswa dapat menulis dan menggunakan ungkapan kalimat pujian secara lisan atau tulisan.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat menggali informasi dan menyampaikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan pemanfaatan air.
· Dengan menari, siswa dapat mengidentifikasi dan memeragakan gerak anggota tubuh sesuai iringan.
Materi Pembelajaran:
· Musim kemarau.
· Menulis kalimat ungkapan pujian.
· Menari bersama teman.
Ayo Mendengarkan
Musim Kemarau
Saat musim kemarau hujan jarang turun
Sungai dan mata air mongering
Tanah menjadi kering dan tandus
Tumbuhan dan ninatang banyak yang mati
Sawah tidak bisa ditanami
Sumur milik warga kering
Warga di sekitar rumah Bela kesulitan mendapat air bersih
Warga harus sabar mengantre untuk mendapatkan air bersih
Air didapat dari mata air yang masih ada
Ayo Membaca
Siti dan teman-teman asik bermain
Menikmati cuaca di musim kemarau
Bacalah percakapan siti dan teman-teman
Ayo Berdiskusi
Hari telah siang, matahari bersinar terik
Saatnya pulang untuk beristirahat
Setelah tiba di rumah, Siti langsu cuci tangan
Ayo Kita Menari Menggerakkan Anggota Tubuh
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
· Sambil bermain, siswa dapat melakukan aktivitas air bersama teman.
· Setelah mengamati gambar dan membaca percakapan, siswa dapat mengungkapkan kalimat pujian dan memberikan tanggapan tentang kalimat pujian tersebut.
· Dengan berlatih, siswa dapat menunjukkan kalimat yang termasuk kalimat pujian.
Materi Pembelajaran:
· Beraktivitas air.
· Bercerita dengan kalimat pujian.
· Membedakan ungkapan kalimat pujian.
Ayo Mendengarkan
Saat musim kemarau mataharu bersinar terik
Langit tampak cerah
Udara terasa panas
Badan cepat lelah
Pakaian yang Dikenakan
Kita biasanya memakai baju tipis
Baju tipis terbuat dari katun
Baju ini mudah menyerap keringat
Permainan yang Dimainkan
Saat cerah kita dapat bermain di luar rumah
Banyak permainan yang dapat dimainkan
Contohnya; lompat tali, bermain laying-layang, bermain kelereng dan lain-lain
Minuman yang Disukai
Kita mudah merasa haus saat panas
Segelas es buah terasa menyegarkan
Pedagang es akan laris dagangannya
Namun, ingat!
Jangan minum es terlalu banyak!
Kamu akan terkena sakit batuk.
Penyakit yang Muncul
Saat musim kemarau banyak nyamuk beterbangan
Waspadalah terhadap penyakit yang ditularkan nyamuk
Contoh penyakit itu adalah demam berdarah
Halaman berdebu
Debu menyebabkan gangguan pernapasan
Debu juga menyebabkan gangguan mata.
Tugas Latihan tema no 1
Lengkapi kalimat di bawah ini!
1. Kemarau adalah ……………..
2. Tuliskan ciri-ciri kemarau ………………
3. Saat musim kemarau terjadi kira harus ……………….
4. Tuliskan cara menghemat air saat musim kemarau ……….
5. Saat musim kemarau sebaiknya kita banyak minum ……………..
Jumat, 27 Maret 2020
Penilaian Harian tema 8 subtema 1
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi anak-anak sholeh dan soleha, alahamdulillah pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin amin yaa rabal alamin..
Pada hari ini kita akan melaksanakan Penilain Harian Tema 8 Subtema 1
Seperti biasa soal ulangan dapat ditulis di buku latihan tema 1, jawaban diberi garis bawah dan dikerjakan dalam pengawasan orang tua tak lupa untuk selalu mendirikan kejujuran dalam menjawab 10 soal ulangan serta dalam kehidupan sehari-hari .
Sebelum menjawab soal ulangan ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu.
Bismillah hirahmannirahi, .........
PPKN KD: 3.1 (1-2 )
B.Indo KD: 3.7 ( 3-6 )
MTK KD: 3.8 ( 7-8 )
SBDP KD: 3.2 ( 9-10 )
1. Keadilan ………. Bagi seluruh rakyat Indonesia
2. Berbuat adil adalah perilaku yang sesuai dengan sila ke ……….. Pancasila
3. Pada siang hari ada ………. di langit
4. Cahaya matahari bermanfaat untuk ………….. pakaian.
5. Bintang bertaburan di langit.
Bintang muncul pada …………. hari
6. Saat cuaca apa kita merasakan panas………….
7. Sebutkan contoh satuan alat ukur tidak baku………
8. Panjang pensil 5 batang korek api.
Panjang penggaris 8 batang korek api.
Panjang gunting 6 batang korek api.
Urutkan benda dari yang paling panjang…………
9. Lagu “Pemandangan” ciptaan ………
10. Saat bernyanyi kita harus perhatikan nada tinggi dan nada ………..
Setelah mengerjakan tidak lupa untuk memberikan bukti Dokumentasi berupa FOTO, dan FOTO anak sedang merapikan tempat tidur
dapat dikirimkan langsung melalui wa pribadi. Terimakasih
Wassalamualaikum wr wb
- GOOD LUCK -
Selamat pagi anak-anak sholeh dan soleha, alahamdulillah pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin amin yaa rabal alamin..
Pada hari ini kita akan melaksanakan Penilain Harian Tema 8 Subtema 1
Seperti biasa soal ulangan dapat ditulis di buku latihan tema 1, jawaban diberi garis bawah dan dikerjakan dalam pengawasan orang tua tak lupa untuk selalu mendirikan kejujuran dalam menjawab 10 soal ulangan serta dalam kehidupan sehari-hari .
Sebelum menjawab soal ulangan ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu.
Bismillah hirahmannirahi, .........
PPKN KD: 3.1 (1-2 )
B.Indo KD: 3.7 ( 3-6 )
MTK KD: 3.8 ( 7-8 )
SBDP KD: 3.2 ( 9-10 )
1. Keadilan ………. Bagi seluruh rakyat Indonesia
2. Berbuat adil adalah perilaku yang sesuai dengan sila ke ……….. Pancasila
3. Pada siang hari ada ………. di langit
4. Cahaya matahari bermanfaat untuk ………….. pakaian.
5. Bintang bertaburan di langit.
Bintang muncul pada …………. hari
6. Saat cuaca apa kita merasakan panas………….
7. Sebutkan contoh satuan alat ukur tidak baku………
8. Panjang pensil 5 batang korek api.
Panjang penggaris 8 batang korek api.
Panjang gunting 6 batang korek api.
Urutkan benda dari yang paling panjang…………
9. Lagu “Pemandangan” ciptaan ………
10. Saat bernyanyi kita harus perhatikan nada tinggi dan nada ………..
Setelah mengerjakan tidak lupa untuk memberikan bukti Dokumentasi berupa FOTO, dan FOTO anak sedang merapikan tempat tidur
dapat dikirimkan langsung melalui wa pribadi. Terimakasih
Wassalamualaikum wr wb
- GOOD LUCK -
Kamis, 26 Maret 2020
Tema 8 Subtema 1 pembelajaran 5&6
Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 5,6 (Kamis, 26 Maret 2020)
Hari/Tanggal: Kamis, 26 Maret 2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan kegiatan menyanyi lagu Bintang Kecil, siswa mampu menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
· Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi aktivitas yang dilakukan saat malam hari dengan tepat.
· Dengan mengukur panjang benda, siswa mampu menentukan panjang benda-benda yang digunakan untuk peristiwa malam hari dengan satuan tidak baku secara benar.
· Dengan mengamati ukuran panjang benda, siswa dapat mengurutkan hasil ukuran panjang benda dengan istilah kurang dari, lebih dari, atau sama dengan secara benar.
Materi Pembelajaran:
· Menyanyikan lagu “Bintang Kecil” sambil mengenal kosakata peristiwa malam hari
· Mengenal nama-nama benda yang dapat digunakan untuk beraktivitas pada malam hari
· Mengukur panjang benda yang digunakan untuk beraktivitas pada malam hari menggunakan alat ukur tidak baku
· Menentukan urutan panjang benda-benda tersebut berdasarkan hasil pengukuran
Ayo Mencoba
Malam ini langit terlihat lebih terang
Siti berkumpul bersama keluarga di rumah
Siti memandang langit dari jendela
Bulan sakit menyinari langit yang gelap
Bintang-bintang bertaburan di langit
Langit mala mini terlihat lebih indah
Siti mengajak ibu bernyanyi lagu “Bintang Kecil”
Bintang Kecil
Ciptaan Daljono
Bintang kecil di langit yang biru
Amat banyak menghias angkasa
Aku ingin terbang dan menari
Jauh tinggi , Ketempat kau berada
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berseri di bawah ini!
Ceritakan gambar-gambar di atas didepan kelas mu
Berceritalah dengan suara yang jelas.
Ayo Mencoba
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasikan kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata tentang peristiwa siang dan malam hari dengan tepat.
· Dengan kegiatan merangkai gambar, siswa mampu menulis cerita tentang peristiwa siang dan malam berdasarkan gambar dengan benar.
· Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat menentukan urutan panjang benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar.
· Dengan kegiatan melengkapi huruf pada kata, siswa mampu menuliskan bunyi sila kelima Pancasila dengan benar.
· Dengan kegiatan menggambar, siswa mampu menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membuat cerita sederhana tentang peristiwa siang dan malam berdasarkan gambar
· Membacakan cerita tentang Peristiwa malam hari di depan kelas
· Mengukur panjang lapangan menggunakan alat ukur tidak baku kemudian mengurutkan sesuai urutan
· Menuliskan simbol sila kelima Pancasila
· Menggambar simbol sila kelima Pancasila
Ayo Mengamati
Bacalah dengan nyaring
Siang Hari yang Cerah
Hari ini Lani sangat gembira
Lani bermain petak umpet bersama teman-teman
Matahari bersinar cerah
Cuaca cerah menambah semangat Lani mencari teman
yang bersembunyi
Malam Bertabur Bintang
Malam ini terlihat cerah
Lani duduk di serambi rumahnya
Bintang bertaburan di langit yang gelap
Angin bertiup pelan dan udara terasa sejuk
Tuliskan perbedaan antara peristiwa siang hari dan malam hari
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
Ayo Mencoba
Siang ini matahari bersinar tidak terlalu terik
Angin bertiup sepoi-sepoi
Udara terasa sejuk
Lani mengajak teman-teman bermain di lapangan
Mereka bermain sambil mengukur panjang lapangan
Masih ingatkah kalian cara mengukur panjang?
Cara mengukur panjang dengan satuan tidak baku
Tugas, Kamis 26 Maret 2020
Mengukur panjang Benda menggunakan satuan tidak baku.
Salinlah Tabel di bawah ini ke buku latihan tema nomor 1, untuk nomor 6-8 diisi sesuai kesukaan anak-anak dan urutkan hasil pengukuran dari yang terkecil !
- GOOD LUCK -
Hari/Tanggal: Kamis, 26 Maret 2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan kegiatan menyanyi lagu Bintang Kecil, siswa mampu menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
· Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi aktivitas yang dilakukan saat malam hari dengan tepat.
· Dengan mengukur panjang benda, siswa mampu menentukan panjang benda-benda yang digunakan untuk peristiwa malam hari dengan satuan tidak baku secara benar.
· Dengan mengamati ukuran panjang benda, siswa dapat mengurutkan hasil ukuran panjang benda dengan istilah kurang dari, lebih dari, atau sama dengan secara benar.
Materi Pembelajaran:
· Menyanyikan lagu “Bintang Kecil” sambil mengenal kosakata peristiwa malam hari
· Mengenal nama-nama benda yang dapat digunakan untuk beraktivitas pada malam hari
· Mengukur panjang benda yang digunakan untuk beraktivitas pada malam hari menggunakan alat ukur tidak baku
· Menentukan urutan panjang benda-benda tersebut berdasarkan hasil pengukuran
Ayo Mencoba
Malam ini langit terlihat lebih terang
Siti berkumpul bersama keluarga di rumah
Siti memandang langit dari jendela
Bulan sakit menyinari langit yang gelap
Bintang-bintang bertaburan di langit
Langit mala mini terlihat lebih indah
Siti mengajak ibu bernyanyi lagu “Bintang Kecil”
Bintang Kecil
Ciptaan Daljono
Bintang kecil di langit yang biru
Amat banyak menghias angkasa
Aku ingin terbang dan menari
Jauh tinggi , Ketempat kau berada
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berseri di bawah ini!
Ceritakan gambar-gambar di atas didepan kelas mu
Berceritalah dengan suara yang jelas.
Ayo Mencoba
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasikan kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata tentang peristiwa siang dan malam hari dengan tepat.
· Dengan kegiatan merangkai gambar, siswa mampu menulis cerita tentang peristiwa siang dan malam berdasarkan gambar dengan benar.
· Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat menentukan urutan panjang benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar.
· Dengan kegiatan melengkapi huruf pada kata, siswa mampu menuliskan bunyi sila kelima Pancasila dengan benar.
· Dengan kegiatan menggambar, siswa mampu menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membuat cerita sederhana tentang peristiwa siang dan malam berdasarkan gambar
· Membacakan cerita tentang Peristiwa malam hari di depan kelas
· Mengukur panjang lapangan menggunakan alat ukur tidak baku kemudian mengurutkan sesuai urutan
· Menuliskan simbol sila kelima Pancasila
· Menggambar simbol sila kelima Pancasila
Ayo Mengamati
Bacalah dengan nyaring
Siang Hari yang Cerah
Hari ini Lani sangat gembira
Lani bermain petak umpet bersama teman-teman
Matahari bersinar cerah
Cuaca cerah menambah semangat Lani mencari teman
yang bersembunyi
Malam Bertabur Bintang
Malam ini terlihat cerah
Lani duduk di serambi rumahnya
Bintang bertaburan di langit yang gelap
Angin bertiup pelan dan udara terasa sejuk
Tuliskan perbedaan antara peristiwa siang hari dan malam hari
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
…………………………………………………………….
Ayo Mencoba
Siang ini matahari bersinar tidak terlalu terik
Angin bertiup sepoi-sepoi
Udara terasa sejuk
Lani mengajak teman-teman bermain di lapangan
Mereka bermain sambil mengukur panjang lapangan
Masih ingatkah kalian cara mengukur panjang?
Cara mengukur panjang dengan satuan tidak baku
Tugas, Kamis 26 Maret 2020
Mengukur panjang Benda menggunakan satuan tidak baku.
Salinlah Tabel di bawah ini ke buku latihan tema nomor 1, untuk nomor 6-8 diisi sesuai kesukaan anak-anak dan urutkan hasil pengukuran dari yang terkecil !
- GOOD LUCK -
Selasa, 24 Maret 2020
Tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 & 5
Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3,4 (Selasa, 24 Maret 2020)
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 8 Peristiwa Alam
Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam
Hari/Tanggal: Selasa, 24 Maret 2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mengidentifikasi kosakata terkait peristiwa siang hari dengan tepat.
· Setelah memperhatikan contoh, siswa mampu mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan benar.
· Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat mengidentifikasi hasil persamaan dan perbedaan panjang benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar hasil pengukuran dengan benar.
· Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan sila kelima baik simbol maupun bunyi, dengan benar.
Materi Pembelajaran:
· Mencermati kalimat pada bacaan tentang peristiwa pada siang hari
· Mengenal permainan yang dapat dilakukan pada siang hari
· Mengukur panjang benda yang ditemukan di sekitar dengan alat ukur tidak baku
· Berdiskusi untuk mengetahui simbol sila kelima Pancasila
Ayo Mendengarkan
Matahari
Saat cuaca cerah pada siang hari matahari bersinar terik
Matahari adalah salah satu benda langit
Matahari terbit di timur
Matahari terbit sekitar pukul 5 pagi
Matahari terbenam di barat
Matahari terbenam sekitar pukul 6 sore.
Guna Matahari
Matahari memiliki banyak kegunaan
Matahari member kita panas dan cahaya
Sinar matahari menghangatkan bumi
Sinar matahari pagi hari menyehatkan tulang kita.
Ayo Bercerita
Apakah kamu pernah bermain di dalam rumah?
Dengan siapa saja kamu bermain?
Permainan apa yang kamu lakukan?
Coba ceritakan.
Ayo Berlatih
Siti dan teman-teman asyik bersepeda
Mereka mengitari lapangan
Di lapangan banyak anak bermain laying-layang
Udin mengajak teman-teman ikut bermain laying-layang
Lihat laying-layang Udin lebih tinggi daripada Beni
Tahukah kamu mengapa?
Karena tali laying-layang Udin lebih panjang daripada Beni.
Yuk, kita hitung panjang tali laying-layang Udin.
Tugas 1 Selasa, 24 Maret 2020
Kerjakan latihan Tematik dibuku tema no 1
Lengkapilah kalimat dibawah ini dengan kata-kata yang disediakan!
Mata Matahari Timur Tulang Makanan
1. Siang hari terang karena ada sinar………….
2. Matahari terbit dari arah………………..
3. Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk membuat……………..
4. Jika menatap matahari langsung akan merusak……………
5. Sinar matahari pagi menyehatkan …………. Kita
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 8 Peristiwa Alam
Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam
Hari/Tanggal: Selasa, 24 Maret 2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mengidentifikasi kosakata terkait peristiwa siang hari dengan tepat.
· Setelah memperhatikan contoh, siswa mampu mengukur panjang benda menggunakan satuan tidak baku dengan benar.
· Dengan mengamati hasil pengukuran, siswa dapat mengidentifikasi hasil persamaan dan perbedaan panjang benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku dengan benar hasil pengukuran dengan benar.
· Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan sila kelima baik simbol maupun bunyi, dengan benar.
Materi Pembelajaran:
· Mencermati kalimat pada bacaan tentang peristiwa pada siang hari
· Mengenal permainan yang dapat dilakukan pada siang hari
· Mengukur panjang benda yang ditemukan di sekitar dengan alat ukur tidak baku
· Berdiskusi untuk mengetahui simbol sila kelima Pancasila
Ayo Mendengarkan
Matahari
Saat cuaca cerah pada siang hari matahari bersinar terik
Matahari adalah salah satu benda langit
Matahari terbit di timur
Matahari terbit sekitar pukul 5 pagi
Matahari terbenam di barat
Matahari terbenam sekitar pukul 6 sore.
Guna Matahari
Matahari memiliki banyak kegunaan
Matahari member kita panas dan cahaya
Sinar matahari menghangatkan bumi
Sinar matahari pagi hari menyehatkan tulang kita.
Ayo Bercerita
Apakah kamu pernah bermain di dalam rumah?
Dengan siapa saja kamu bermain?
Permainan apa yang kamu lakukan?
Coba ceritakan.
Ayo Berlatih
Siti dan teman-teman asyik bersepeda
Mereka mengitari lapangan
Di lapangan banyak anak bermain laying-layang
Udin mengajak teman-teman ikut bermain laying-layang
Lihat laying-layang Udin lebih tinggi daripada Beni
Tahukah kamu mengapa?
Karena tali laying-layang Udin lebih panjang daripada Beni.
Yuk, kita hitung panjang tali laying-layang Udin.
Tugas 1 Selasa, 24 Maret 2020
Kerjakan latihan Tematik dibuku tema no 1
Lengkapilah kalimat dibawah ini dengan kata-kata yang disediakan!
Mata Matahari Timur Tulang Makanan
1. Siang hari terang karena ada sinar………….
2. Matahari terbit dari arah………………..
3. Tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk membuat……………..
4. Jika menatap matahari langsung akan merusak……………
5. Sinar matahari pagi menyehatkan …………. Kita
Senin, 23 Maret 2020
Tema 8 subtema 1 pembelajaran 1&2
Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1,2 (Senin, 23 Maret 2020)
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 8 Peristiwa Alam
Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam
Siang hari langit terang
Cahaya matahari menerangi bumi
Udara terasa panas
Kita dapat lakukan berbagai kegiatan
seperti bersekolah pada siang hari
Malam hari langit gelap
Terlihat bulan dan kerlip bintang di langit
Udara terasa dingin
Kita beristirahat pada malam hari
Hari/Tanggal : Senin, 23 Maret 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan membaca teks dan menyanyi lagu “Matahari Terbenam”, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
· Dengan berdiskusi siswa dapat menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila dengan benar.
· Dengan percaya diri, siswa mendeklamasikan rumusan sila kelima Pancasila di depan kelas dengan benar.
· Dengan gembira, siswa dapat membedakan tinggi rendah bunyi dalam lagu “Pemandangan” dengan tepat.
· Dengan kegiatan menyanyi bersama, siswa dapat menyanyikan lagu “Pemandangan” sesuai nada yang tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membaca teks tentang peristiwa siang dan malam hari
· Menyanyikan lagu “Matahari Terbenam”
· Menuliskan kosakata tentang peristiwa malam hari yang siswa temukan dalam teks
· Mengamati gambar sila kelima Pancasila
· Menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila
Ayo Mendengarkan
Peristiwa Siang dan Malam
Peristiwa siang dan malam terjadi setiap hari
Pada siang hari sekitar kita tampak terang
Pada malam hari sekitar kita tampak gelap
Siang hari tampak terang karena ada cahaya matahari
Malam hari tampak gelap karena tidak ada cahaya matahari
Cahaya matahari tidak ada karena matahari telah terbenam
Siang hari terasa ramai
Semua orang melakukan aktivitasnya
Malam hari terasa sepi
Semua orang kembali ke rumah untuk beristirahat.
Ayo Lakukan
Tulislah keadaan alam pada tempat yang tersedia!
Pilihlah dari kata-kata yang tersedia
Gelap terang sepi hangat sejuk
Bulan tidur ramai bersekolah matahari
.......................................................................
.......................................................................
.........................................................................
.........................................................................
Ayo Bernyanyi
Matahari mulai terbenam
Tandanya hari mulai malam
Saatnya malam hari kita berada dirumah
Kita berkumpul bersama keluarga
Nenek ingin membacakan cerita
Membaca cerita sambil mendengarkan lagu
Udin, Beni dan Edo tak sabar mendengarkan
Mereka duduk di teras rumah
Bintang dan bulan tampak terang di langit
Suasana malam terasa lebih sepi
Nenek mulai bercerita dan mendengarkan lagu.
Matahari Terbenam
Ciptaan: N.N
Matahari terbenam
Hari mulai malam
Terdengar burung hanta
Suaranya merdu
Ku kuuu... ku kuu..
Ku kuuu... ku kuu.. Ku kuu...
Ku kuuu... ku kuu..
Ku kuuu... ku kuu.. Ku kuuu...
Ayo Belajar
Padi dan kapas melambangkan kemakmuran,
karena menggambarkan kebutuhan pokok yaitu,
sandang dan pangan.
Padi dan kapas adalah lambing sila kelima Pancasila
Bunyi sila kelima Pancasila:
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
· Dengan arahan dari guru, siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.
· Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
· Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menuliskan kosakata yang terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membaca teks tentang tamasya ke pantai saat hari cerah
· Melakukan aktivitas air saat hari cerah
· Membaca cerita bergambar tentang Indahnya Suasana Pantai
· Menuliskan kosakata tentang peristiwa siang hari dari gambar tentang aktivitas air
Ayo Membaca
Hari ini matahari bersinar cerah
Ayah mengajak Dayu tamasya ke pantai
Dayu senang sekali
Angin bertiup sepoi-sepoi
Di pantai banyak pohon kelapa
Burung-burung terbang di sekitar pantai
Dayu mengajak ayah bermain di pingir pantai
Bermain dan membuat rumah-rumahan dari pasir
Dayu ingin belajar berenang
Berenang di pantai sangat menyenangkan
Saat ombak dating, Dayu berpegangan pada ayah
Mereka tertawa gembira.
Jenis-jenis Cuaca
1. Cuaca Cerah: Matahari bersinar terik, siang hari udara terasa panas.
2. Cuaca Berawan: Awan putih tampak menebal, matahari tertutupi awan, udara menjadi lembab.
3. Cuaca Mendung: Langit gelap karena awan hitam, matahari tidak terlihat, cuaca mendung pertanda akan hujan.
4. Cuaca Hujan: Udara terasa dingin, titik titik air hujan mulai turun, terkadang disertai petir dan Guntur.
Tugas Senin, 23 Maret 2020
kerjakan latihan Tematik di buku latihan tema nomor 1, soal ditulis menggunakan tegak bersambung.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Kapan kamu dapat melihat petir dan mendengar Guntur?
2. Saat cuaca apa kamu merasa panas?
3. Apa perbedaan siang dan malam saat cuaca cerah?
4. Saat cuaca apa terlihat awan hitam menggumpal?
5. Saat cuaca apa udara terasa lembab?
- GOOD LUCK -
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 8 Peristiwa Alam
Subtema 1 Peristiwa Siang dan Malam
Siang hari langit terang
Cahaya matahari menerangi bumi
Udara terasa panas
Kita dapat lakukan berbagai kegiatan
seperti bersekolah pada siang hari
Malam hari langit gelap
Terlihat bulan dan kerlip bintang di langit
Udara terasa dingin
Kita beristirahat pada malam hari
Hari/Tanggal : Senin, 23 Maret 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan membaca teks dan menyanyi lagu “Matahari Terbenam”, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang peristiwa malam hari dengan tepat.
· Dengan berdiskusi siswa dapat menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila dengan benar.
· Dengan percaya diri, siswa mendeklamasikan rumusan sila kelima Pancasila di depan kelas dengan benar.
· Dengan gembira, siswa dapat membedakan tinggi rendah bunyi dalam lagu “Pemandangan” dengan tepat.
· Dengan kegiatan menyanyi bersama, siswa dapat menyanyikan lagu “Pemandangan” sesuai nada yang tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membaca teks tentang peristiwa siang dan malam hari
· Menyanyikan lagu “Matahari Terbenam”
· Menuliskan kosakata tentang peristiwa malam hari yang siswa temukan dalam teks
· Mengamati gambar sila kelima Pancasila
· Menyebutkan rumusan sila kelima Pancasila
Ayo Mendengarkan
Peristiwa Siang dan Malam
Peristiwa siang dan malam terjadi setiap hari
Pada siang hari sekitar kita tampak terang
Pada malam hari sekitar kita tampak gelap
Siang hari tampak terang karena ada cahaya matahari
Malam hari tampak gelap karena tidak ada cahaya matahari
Cahaya matahari tidak ada karena matahari telah terbenam
Siang hari terasa ramai
Semua orang melakukan aktivitasnya
Malam hari terasa sepi
Semua orang kembali ke rumah untuk beristirahat.
Ayo Lakukan
Tulislah keadaan alam pada tempat yang tersedia!
Pilihlah dari kata-kata yang tersedia
Gelap terang sepi hangat sejuk
Bulan tidur ramai bersekolah matahari
.......................................................................
.......................................................................
.........................................................................
.........................................................................
Ayo Bernyanyi
Matahari mulai terbenam
Tandanya hari mulai malam
Saatnya malam hari kita berada dirumah
Kita berkumpul bersama keluarga
Nenek ingin membacakan cerita
Membaca cerita sambil mendengarkan lagu
Udin, Beni dan Edo tak sabar mendengarkan
Mereka duduk di teras rumah
Bintang dan bulan tampak terang di langit
Suasana malam terasa lebih sepi
Nenek mulai bercerita dan mendengarkan lagu.
Matahari Terbenam
Ciptaan: N.N
Matahari terbenam
Hari mulai malam
Terdengar burung hanta
Suaranya merdu
Ku kuuu... ku kuu..
Ku kuuu... ku kuu.. Ku kuu...
Ku kuuu... ku kuu..
Ku kuuu... ku kuu.. Ku kuuu...
Ayo Belajar
Padi dan kapas melambangkan kemakmuran,
karena menggambarkan kebutuhan pokok yaitu,
sandang dan pangan.
Padi dan kapas adalah lambing sila kelima Pancasila
Bunyi sila kelima Pancasila:
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan mendengarkan penjelasan dari guru, siswa mampu mengenal berbagai jenis aktivitas air dengan tepat.
· Dengan arahan dari guru, siswa mampu mempraktikkan pengenalan jenis aktivitas air dengan baik.
· Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kosakata berkaitan dengan peristiwa siang/malam hari dengan benar.
· Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menuliskan kosakata yang terkait dengan peristiwa siang/malam hari dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membaca teks tentang tamasya ke pantai saat hari cerah
· Melakukan aktivitas air saat hari cerah
· Membaca cerita bergambar tentang Indahnya Suasana Pantai
· Menuliskan kosakata tentang peristiwa siang hari dari gambar tentang aktivitas air
Ayo Membaca
Hari ini matahari bersinar cerah
Ayah mengajak Dayu tamasya ke pantai
Dayu senang sekali
Angin bertiup sepoi-sepoi
Di pantai banyak pohon kelapa
Burung-burung terbang di sekitar pantai
Dayu mengajak ayah bermain di pingir pantai
Bermain dan membuat rumah-rumahan dari pasir
Dayu ingin belajar berenang
Berenang di pantai sangat menyenangkan
Saat ombak dating, Dayu berpegangan pada ayah
Mereka tertawa gembira.
Jenis-jenis Cuaca
1. Cuaca Cerah: Matahari bersinar terik, siang hari udara terasa panas.
2. Cuaca Berawan: Awan putih tampak menebal, matahari tertutupi awan, udara menjadi lembab.
3. Cuaca Mendung: Langit gelap karena awan hitam, matahari tidak terlihat, cuaca mendung pertanda akan hujan.
4. Cuaca Hujan: Udara terasa dingin, titik titik air hujan mulai turun, terkadang disertai petir dan Guntur.
Tugas Senin, 23 Maret 2020
kerjakan latihan Tematik di buku latihan tema nomor 1, soal ditulis menggunakan tegak bersambung.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
1. Kapan kamu dapat melihat petir dan mendengar Guntur?
2. Saat cuaca apa kamu merasa panas?
3. Apa perbedaan siang dan malam saat cuaca cerah?
4. Saat cuaca apa terlihat awan hitam menggumpal?
5. Saat cuaca apa udara terasa lembab?
- GOOD LUCK -
Jumat, 20 Maret 2020
Penilaian Harian tema 7 Sub tema 4
Assalamualaikum wr wb
Alhamdulillah materi tema 7 Subtema 4 sudah selesai.
Untuk itu pada hari ini kita akan melaksanakan ulangan tema atau Penilaian Harian..
Sebelum mengerjakan soal ulangan, saya berharap agar semua pertanyaan di jawab dengan benar dan JUJUR tanpa melihat buku Tema/Modul tematik.
Untuk itu mohon bimbingan orang tua dalam mengawasi anak-anak dalam mengerjakan soal. Karena sifat kejujuran lebih diutamakan. 💪
Soal ulangan di tulis menggunakan tulisan tegak bersambung dengan benar dan rapih.
Ditulis di buku Latihan Tema nomor 1 dan jangan lupa diberi tanggal dan hari yaa...)
Sebelum mengerjakan jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu yaa... 😇
Ppkn = kd: 3.2 (1-2)
B.Indo = kd: 3.8 (3-4)
Mtk= kd: 3.4 (5-8)
Sbdp= kd: 3.4 (9-10)
1. Menaati peraturan merupakan perbuatan yang.....
2. Sebutkan contoh kegiatan tertib di rumah....
3. Kita dapat mengetahui permukaan benda dengan cara....
4. Meja digunakan untuk menulis
Kursi digunakan untuk.......
5. Jam dinding berbentuk lingkaran
Buku berbentuk.......
6. Hasil penjumlahan dari 35 + 24 adalah....
7. Badi memiliki 45 telur ayam.
Badi memberikan 32 telur ayam kepada. Bela.
Berapa teluar ayam Badi sekarang?
8. 26 + 62 = 88
37 - 22 = .....
9. Pasir merupakan contoh benda yang memiliko permukaan yang....
10. Sebutkan alat dan bahan untuk mbuat pasir warna.....
~ Good Lock 🔐 ~
Jika sudah mengerjakan soal ulangan segera untuk mengirimkan Hasil ulangan beserta dokumentasi saat anak-anak saat mengerjakan PH dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan sholat wajib dan sunnah yaa 💪💞
Terimakasih atas kerjasama antara wali murid semuanya 🙏🙏
Alhamdulillah materi tema 7 Subtema 4 sudah selesai.
Untuk itu pada hari ini kita akan melaksanakan ulangan tema atau Penilaian Harian..
Sebelum mengerjakan soal ulangan, saya berharap agar semua pertanyaan di jawab dengan benar dan JUJUR tanpa melihat buku Tema/Modul tematik.
Untuk itu mohon bimbingan orang tua dalam mengawasi anak-anak dalam mengerjakan soal. Karena sifat kejujuran lebih diutamakan. 💪
Soal ulangan di tulis menggunakan tulisan tegak bersambung dengan benar dan rapih.
Ditulis di buku Latihan Tema nomor 1 dan jangan lupa diberi tanggal dan hari yaa...)
Sebelum mengerjakan jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu yaa... 😇
Ppkn = kd: 3.2 (1-2)
B.Indo = kd: 3.8 (3-4)
Mtk= kd: 3.4 (5-8)
Sbdp= kd: 3.4 (9-10)
1. Menaati peraturan merupakan perbuatan yang.....
2. Sebutkan contoh kegiatan tertib di rumah....
3. Kita dapat mengetahui permukaan benda dengan cara....
4. Meja digunakan untuk menulis
Kursi digunakan untuk.......
5. Jam dinding berbentuk lingkaran
Buku berbentuk.......
6. Hasil penjumlahan dari 35 + 24 adalah....
7. Badi memiliki 45 telur ayam.
Badi memberikan 32 telur ayam kepada. Bela.
Berapa teluar ayam Badi sekarang?
8. 26 + 62 = 88
37 - 22 = .....
9. Pasir merupakan contoh benda yang memiliko permukaan yang....
10. Sebutkan alat dan bahan untuk mbuat pasir warna.....
~ Good Lock 🔐 ~
Jika sudah mengerjakan soal ulangan segera untuk mengirimkan Hasil ulangan beserta dokumentasi saat anak-anak saat mengerjakan PH dan jangan lupa untuk tidak meninggalkan sholat wajib dan sunnah yaa 💪💞
Terimakasih atas kerjasama antara wali murid semuanya 🙏🙏
Kamis, 19 Maret 2020
Tema 7 sub tema 4 pembelajaran 6 (Home Learning)
Hari/Tanggal : Kamis/19-3-2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menggali informasi tentang aturan di rumah berkaitan dengan
benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mendata kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-
benda yang ada di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi hubungan pengurangan dan penjumlahan
dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengubah kalimat matematika pengurangan menjadi
penjumlahan dan sebaliknya dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi berbagai bahan
pembuat benda
2. Mengenal hubungan penjumlahan dan
pengurangan
3. Mengenal aturan penggunaan benda-benda
Ayo diskusi
Benda memiliki ciri dan kegunaan yang berbedabeda.
Ciri dan kegunaan benda berkaitan dengan bahan
benda.
Ada benda yang terbuat dari karet, kaca, atau kertas.
Ada juga benda yang terbuat dari kayu, logam, kain,
atau plastik.
Tahukah kamu terbuat dari apa benda di bawah ini?
Adakah bahan benda lainnya?
Coba sebutkan.
Ayo pahami
Ibu Siti memiliki 30 buah gelas.
Ibu Siti membeli lagi 12 buah gelas.
Gelas ibu Siti semuanya adalah...
Ditulis 30 + 12 = 42
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 12 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-12 = 30
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 30 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-30 = 12
Perhatikan kembali pernyataan berikut.
30 + 12 = 42
42 – 12 = 30
Ayo berlatih
Latihan tematikdi buku tema 1G halaman 153 di kerjakan di buku tema saja
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menggali informasi tentang aturan di rumah berkaitan dengan
benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mendata kegiatan berkaitan dengan aturan tentang benda-
benda yang ada di rumah dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi hubungan pengurangan dan penjumlahan
dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengubah kalimat matematika pengurangan menjadi
penjumlahan dan sebaliknya dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi berbagai bahan
pembuat benda
2. Mengenal hubungan penjumlahan dan
pengurangan
3. Mengenal aturan penggunaan benda-benda
Ayo diskusi
Benda memiliki ciri dan kegunaan yang berbedabeda.
Ciri dan kegunaan benda berkaitan dengan bahan
benda.
Ada benda yang terbuat dari karet, kaca, atau kertas.
Ada juga benda yang terbuat dari kayu, logam, kain,
atau plastik.
Tahukah kamu terbuat dari apa benda di bawah ini?
Adakah bahan benda lainnya?
Coba sebutkan.
Ayo pahami
Ibu Siti memiliki 30 buah gelas.
Ibu Siti membeli lagi 12 buah gelas.
Gelas ibu Siti semuanya adalah...
Ditulis 30 + 12 = 42
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 12 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-12 = 30
Jika ibu Siti memiliki 42 buah gelas dan 30 buah
gelas pecah, gelas ibu Siti yang masih utuh adalah...
Ditulis 42-30 = 12
Perhatikan kembali pernyataan berikut.
30 + 12 = 42
42 – 12 = 30
Ayo berlatih
Latihan tematikdi buku tema 1G halaman 153 di kerjakan di buku tema saja
Rabu, 18 Maret 2020
Tema 7 Subtema 4 pembelajaran 4 & 5 (Home Learning)
Tema 7 subtema 4 pembelajaran 4&5
Hari/Tanggal :Rabu/18-3-2020
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam
membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan
dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal jenis-jenis permukaan benda
2. Mewarnai gambar dengan pasir
3. Mempraktikkan gerak meliukkan badan
Ayo Mencoba
Lani dan Siti bermain seluncur.
Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik.
Permukaan papan seluncur halus.
Edo dan Beni bermain pasir.
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir.
Permukaan pasir kasar.
Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang
halus.
Amati gambar-gambar di bawah ini.
Sekarang amati benda-benda yang ada di sekitarmu.
Adakah benda yang permukaannya kasar?
Adakah benda yang permukaannya halus?
Pasir merupakan contoh benda yang memiliki permukaan kasar.
Pasir dapat digunakan untuk bermain membentuk benda.
Pasir juga dapat digunakan untuk membuat hiasan.
Kertas adalah benda dapat digunakan untuk
membuat karya.
Bentuknya juga dapat diubah-ubah.
Kertas dapat dilipat menjadi berbagai bentuk.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk segitiga.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk pesawat dan
perahu.
Karet ada yang lentur dan ada yang kaku.
Karet yang lentur dapat ditarik.
Karet yang kaku tidak dapat ditarik.
Karet dapat digunakan untuk mengikat.
Benda memiliki permukaan yang berbeda.
Benda terbuat dari bahan yang berbeda.
Ada benda yang aman untuk dimainkan.
Ada pula benda yang berbahaya untuk dimainkan.
Gunakan benda sesuai dengan fungsinya.
Latihan tema di buku tematik 1G
Halaman 141 disalin di buku no 1
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain tebak benda, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah bermain tebak-tebakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan cara pengurangan dua bilangan cacah (41-99)
dengan bantuan benda konkret dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan
pengurangan dua bilangan cacah (41-99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan benda
konkret dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain tebak-tebakan benda
2. Mengenal berbagai bentuk benda
3. Berlatih menulis
4. Menyelesaikan soal-soal pengurangan
Cara mengenali benda dapat dari permukaan atau bentuknya.
Ada benda yang memiliki permukaan halus.
Ada pula benda yang memiliki permukaan kasar.
Bentuk permukaan benda juga berbeda-beda.
Ada yang berbentuk segitiga dan segi empat.
Ada juga yang berbentuk lingkaran.
Hari/Tanggal :Rabu/18-3-2020
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam
membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan
dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal jenis-jenis permukaan benda
2. Mewarnai gambar dengan pasir
3. Mempraktikkan gerak meliukkan badan
Ayo Mencoba
Lani dan Siti bermain seluncur.
Lani dan Siti dapat meluncur dengan baik.
Permukaan papan seluncur halus.
Edo dan Beni bermain pasir.
Mereka membuat berbagai bentuk dari pasir.
Permukaan pasir kasar.
Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang
halus.
Amati gambar-gambar di bawah ini.
Sekarang amati benda-benda yang ada di sekitarmu.
Adakah benda yang permukaannya kasar?
Adakah benda yang permukaannya halus?
Pasir merupakan contoh benda yang memiliki permukaan kasar.
Pasir dapat digunakan untuk bermain membentuk benda.
Pasir juga dapat digunakan untuk membuat hiasan.
Kertas adalah benda dapat digunakan untuk
membuat karya.
Bentuknya juga dapat diubah-ubah.
Kertas dapat dilipat menjadi berbagai bentuk.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk segitiga.
Kertas dapat dilipat menjadi bentuk pesawat dan
perahu.
Karet ada yang lentur dan ada yang kaku.
Karet yang lentur dapat ditarik.
Karet yang kaku tidak dapat ditarik.
Karet dapat digunakan untuk mengikat.
Benda memiliki permukaan yang berbeda.
Benda terbuat dari bahan yang berbeda.
Ada benda yang aman untuk dimainkan.
Ada pula benda yang berbahaya untuk dimainkan.
Gunakan benda sesuai dengan fungsinya.
Latihan tema di buku tematik 1G
Halaman 141 disalin di buku no 1
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain tebak benda, siswa dapat menunjukkan kosa kata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
2. Setelah bermain tebak-tebakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan cara pengurangan dua bilangan cacah (41-99)
dengan bantuan benda konkret dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan
pengurangan dua bilangan cacah (41-99) tanpa teknik meminjam dengan bantuan benda
konkret dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain tebak-tebakan benda
2. Mengenal berbagai bentuk benda
3. Berlatih menulis
4. Menyelesaikan soal-soal pengurangan
Cara mengenali benda dapat dari permukaan atau bentuknya.
Ada benda yang memiliki permukaan halus.
Ada pula benda yang memiliki permukaan kasar.
Bentuk permukaan benda juga berbeda-beda.
Ada yang berbentuk segitiga dan segi empat.
Ada juga yang berbentuk lingkaran.
Selasa, 17 Maret 2020
Tema 7 Subtema 4 pembelajaran 2&3
Tema 7 subtema 4 pembelajaran 2 &3
Hari/Tanggal :Selasa/17-3-2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi benda dan kegunaannya
2. Membuat kalimat berdasarkan kosakata tentang benda
3. Mempraktikkan gerak meliukan badan
Benda-benda di sekitar memiliki berbagai ukuran.
Ada benda yang berukuran besar.
Ada benda yang berukuran kecil.
Bola memiliki ukuran yang berbeda-beda.
Bola tenis dan bola pingpong berukuran kecil.
Bola basket dan bola sepak berukuran lebih besar.
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain peran, siswa dapat menyebutkan aturan di rumah berkaitan dengan benda-
benda dengan benar.
2. Melalui kegiatan bermain peran, siswa dapat mempresentasikan aturan tentang benda-benda
dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
4. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan
bantuan konkret dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan
bantuan konkret dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain peran tentang aturan menggunakan benda
2. Mendeskripsikan benda
3. Menyelesaikan soal pengurangan
Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan berikut dengan cermat.
Ibu : Mengapa kamu sedih, Mutiara?
Mutiara : Penggarisku hilang, Bu.
Ibu : Mungkin kamu lupa menyimpannya.
Tiba-tiba Udin datang.
Udin : Mengapa kamu sedih, Kakak?
Mutiara: Penggarisku hilang, Udin.
Udin : Maksud Kakak, penggaris yang berwarna
merah?
Mutiara : Iya, betul, warnanya merah.
Udin : Maafkan aku, Kakak. Aku tadi
meminjamnya sebentar.
Ibu : Udin, kalau meminjam penggaris Kakak,
harus minta izin.
Udin : Iya, Bu. Maafkan aku, Kakak.
Kakak dan Udin bersalaman.
Kakak memaafkan Udin.
Udin berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Udin akan meminta izin sebelum memakai barang
orang lain.
Ayo Berlatih
Siti anak yang rajin.
Siti merapikan kamar setiap hari.
Hari ini Siti ingin merapikan buku.
Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai.
Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain.
Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan.
Siti memiliki 43 buah buku.
Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku.
Ada berapa buku Siti yang tersisa?
Buku Siti yang tersisa ada 22 buah buku.
Coba selesaikan soal berikut ini.
1. Udin memiliki 54 buah mobil-mobilan.
Udin memberikan 23 buah mobil-mobilan kepada
temannya.
Mobil-mobilan Udin sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
2. Dayu membeli bunga mawar sebanyak 64
tangkai.
Dayu memberikan 34 tangkai bunga mawar
kepada temannya.
Bunga mawar Dayu sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
3. Lani mempunyai pepaya sebanyak 46 buah.
Lani memberikan 42 buah pepaya kepada
temannya.
Buah pepaya Lani sekarang berjumlah... buah
Hari/Tanggal :Selasa/17-3-2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi benda dan kegunaannya
2. Membuat kalimat berdasarkan kosakata tentang benda
3. Mempraktikkan gerak meliukan badan
Benda-benda di sekitar memiliki berbagai ukuran.
Ada benda yang berukuran besar.
Ada benda yang berukuran kecil.
Bola memiliki ukuran yang berbeda-beda.
Bola tenis dan bola pingpong berukuran kecil.
Bola basket dan bola sepak berukuran lebih besar.
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah bermain peran, siswa dapat menyebutkan aturan di rumah berkaitan dengan benda-
benda dengan benar.
2. Melalui kegiatan bermain peran, siswa dapat mempresentasikan aturan tentang benda-benda
dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat .
4. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan
bantuan konkret dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan
pengurangan dua bilangan cacah (41 sampai dengan 99) tanpa teknik meminjam dengan
bantuan konkret dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain peran tentang aturan menggunakan benda
2. Mendeskripsikan benda
3. Menyelesaikan soal pengurangan
Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan berikut dengan cermat.
Ibu : Mengapa kamu sedih, Mutiara?
Mutiara : Penggarisku hilang, Bu.
Ibu : Mungkin kamu lupa menyimpannya.
Tiba-tiba Udin datang.
Udin : Mengapa kamu sedih, Kakak?
Mutiara: Penggarisku hilang, Udin.
Udin : Maksud Kakak, penggaris yang berwarna
merah?
Mutiara : Iya, betul, warnanya merah.
Udin : Maafkan aku, Kakak. Aku tadi
meminjamnya sebentar.
Ibu : Udin, kalau meminjam penggaris Kakak,
harus minta izin.
Udin : Iya, Bu. Maafkan aku, Kakak.
Kakak dan Udin bersalaman.
Kakak memaafkan Udin.
Udin berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.
Udin akan meminta izin sebelum memakai barang
orang lain.
Ayo Berlatih
Siti anak yang rajin.
Siti merapikan kamar setiap hari.
Hari ini Siti ingin merapikan buku.
Ada banyak buku yang sudah tidak dipakai.
Siti ingin menyumbangkan kepada orang lain.
Siti memisahkan buku yang akan disumbangkan.
Siti memiliki 43 buah buku.
Siti ingin menyumbangkan 21 buah buku.
Ada berapa buku Siti yang tersisa?
Buku Siti yang tersisa ada 22 buah buku.
Coba selesaikan soal berikut ini.
1. Udin memiliki 54 buah mobil-mobilan.
Udin memberikan 23 buah mobil-mobilan kepada
temannya.
Mobil-mobilan Udin sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
2. Dayu membeli bunga mawar sebanyak 64
tangkai.
Dayu memberikan 34 tangkai bunga mawar
kepada temannya.
Bunga mawar Dayu sekarang berjumlah... buah
Ditulis ... - ... = ...
...
... -
...
3. Lani mempunyai pepaya sebanyak 46 buah.
Lani memberikan 42 buah pepaya kepada
temannya.
Buah pepaya Lani sekarang berjumlah... buah
- Ditulis ... - ... = ...
Senin, 16 Maret 2020
Jumat, 13 Maret 2020
Tema 7 (Benda, Hewan dan Tanaman di sekitar ku) Subtema 4
Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Manusia tidak hidup sendirian.
Manusia hidup bersama alam.
Ada berbagai benda di alam.
Bentuk dan warna benda berbeda-beda.
Ukuran dan permukaannya pun berbeda.
Setiap benda mempunyai ciri tertentu
Gunakan benda sesuai fungsinya.
Peliharalah benda dengan baik.
Apa saja benda di sekitar yang kamu ketahui?
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar yang ada pada buku, siswa dapat mengelompokkan benda-benda
sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan
sekitar dengan benar.
3. Setelah mewawancarai teman, siswa dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan
benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan kegiatan berkaitan dengan aturan tentang
benda-benda dengan benar.
5. Setelah mengamati langkah-langkah pembuatan karya, siswa dapat mengidentifikasi
pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat
atau pasir warna) dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan
dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
Materi Ajar :
1. Mengelompokkan benda berdasarkan
warna, bentuk, dan ukuran
2. Mengenal aturan menyusun benda
3. Membuat karya mengunakan tanah liat
Udin dan Siti sedang bermain bersama.
Udin bermain mobil-mobilan.
Mobil-mobilan Udin berwarna merah.
Siti senang bermain boneka.
Boneka Siti berukuran besar dan halus.
Mereka senang bermain bersama.
Ada banyak benda di sekitar kita.
Benda berbeda bentuk warna dan ukurannya.
Kamar Lani bersih dan rapi.
Di kamar Lani ada tempat tidur dan meja belajar.
Alat-alat tulis dan mainan tersusun rapi.
Semua benda disimpan pada tempatnya.
Benda-benda itu disusun berdasarkan
kegunaannya.
Lani senang berada di kamar yang rapi dan bersih.
Mari kita mencoba membuat benda kesukaan menggunakan tanah liat.
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda
Manusia tidak hidup sendirian.
Manusia hidup bersama alam.
Ada berbagai benda di alam.
Bentuk dan warna benda berbeda-beda.
Ukuran dan permukaannya pun berbeda.
Setiap benda mempunyai ciri tertentu
Gunakan benda sesuai fungsinya.
Peliharalah benda dengan baik.
Apa saja benda di sekitar yang kamu ketahui?
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati gambar yang ada pada buku, siswa dapat mengelompokkan benda-benda
sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan
sekitar dengan benar.
3. Setelah mewawancarai teman, siswa dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan
benda-benda dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan kegiatan berkaitan dengan aturan tentang
benda-benda dengan benar.
5. Setelah mengamati langkah-langkah pembuatan karya, siswa dapat mengidentifikasi
pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat
atau pasir warna) dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan
dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.
Materi Ajar :
1. Mengelompokkan benda berdasarkan
warna, bentuk, dan ukuran
2. Mengenal aturan menyusun benda
3. Membuat karya mengunakan tanah liat
Udin dan Siti sedang bermain bersama.
Udin bermain mobil-mobilan.
Mobil-mobilan Udin berwarna merah.
Siti senang bermain boneka.
Boneka Siti berukuran besar dan halus.
Mereka senang bermain bersama.
Ada banyak benda di sekitar kita.
Benda berbeda bentuk warna dan ukurannya.
Kamar Lani bersih dan rapi.
Di kamar Lani ada tempat tidur dan meja belajar.
Alat-alat tulis dan mainan tersusun rapi.
Semua benda disimpan pada tempatnya.
Benda-benda itu disusun berdasarkan
kegunaannya.
Lani senang berada di kamar yang rapi dan bersih.
Mari kita mencoba membuat benda kesukaan menggunakan tanah liat.
Kamis, 12 Maret 2020
Tema 7 (Benda, Hewan dan Tanaman disekitar ku) Subtema 3
Tema 7 subtema 3 pembelajaran 6
Hari/Tanggal :Kamis/12-3-2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan aturan merawat tanaman di rumah dengan
benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan merawat tanaman di sekitar sekolah dengan
benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
5. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat mengidentifikasi masalah
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal menggunakan
benda konkret dengan benar.
6. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menjelaskan cara
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 menggunakan benda konkret
dengan benar.
7. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menyelesaikan masalah
dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan cacah dengan
hasil maksimal 100 dengan benar.
8. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret
dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal cara merawat tanaman
2. Berlatih menulis kalimat pujian
3. Menghitung banyak penjumlahan
Ayo Mengamati
Ibu dan Dayu senang berkebun.
Mereka menanam sayuran dalam pot.
Pot yang digunakan terbuat dari kaleng bekas.
Ibu dan Dayu menyusun pot dengan rapi.
Ada pot yang disusun berjajar di atas rak.
Ada juga pot yang digantung.
Setiap hari Ibu dan Dayu merawat kebun sayuran.
Sayuran tumbuh subur dan hijau.
Keindahannya membuat suasana rumah tambah
indah.
Hasil tanaman sayuran sangat bermanfaat.
Ibu dan Dayu memasak sayuran dari hasil berkebun.
Perhatikan kembali bacaan tersebut.
Apa saja yang dilakukan oleh Ibu dan Dayu untuk
merawat tanaman sayuran?
Bagaimana cara mereka mengatur tanaman
sayuran agar membuat rumah lebih indah?
Ayo Mencoba
Cobalah berlatih mempraktikkan cara merawat
tanaman.
Berikan pujian untuk teman yang sudah dapat
menata tanaman.
Mari, berlatih menulis pujian sesuai gambar.
Ikuti sesuai contoh.
Pandai sekali Dayu menata
tanaman itu.
Tanaman terlihat lebih indah dan
rapi.
Ayo Berlatih
1. Pedagang A memiliki 52 buah pepaya.
Pedagang B memiliki pepaya 7 buah lebih
banyak dari pedagang A.
Berapa banyak buah pepaya yang dimiliki
pedagang B?
2. Lani memiliki 25 tangkai bunga matahari.
Dayu memiliki bunga matahari 24 tangkai lebih
banyak dari Lani.
Berapa banyak bunga matahari yang dimiliki
Dayu?
Hari/Tanggal :Kamis/12-3-2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan aturan merawat tanaman di rumah dengan
benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan merawat tanaman di sekitar sekolah dengan
benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
5. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat mengidentifikasi masalah
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal menggunakan
benda konkret dengan benar.
6. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menjelaskan cara
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 menggunakan benda konkret
dengan benar.
7. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menyelesaikan masalah
dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan 2 bilangan cacah dengan
hasil maksimal 100 dengan benar.
8. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret
dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal cara merawat tanaman
2. Berlatih menulis kalimat pujian
3. Menghitung banyak penjumlahan
Ayo Mengamati
Ibu dan Dayu senang berkebun.
Mereka menanam sayuran dalam pot.
Pot yang digunakan terbuat dari kaleng bekas.
Ibu dan Dayu menyusun pot dengan rapi.
Ada pot yang disusun berjajar di atas rak.
Ada juga pot yang digantung.
Setiap hari Ibu dan Dayu merawat kebun sayuran.
Sayuran tumbuh subur dan hijau.
Keindahannya membuat suasana rumah tambah
indah.
Hasil tanaman sayuran sangat bermanfaat.
Ibu dan Dayu memasak sayuran dari hasil berkebun.
Perhatikan kembali bacaan tersebut.
Apa saja yang dilakukan oleh Ibu dan Dayu untuk
merawat tanaman sayuran?
Bagaimana cara mereka mengatur tanaman
sayuran agar membuat rumah lebih indah?
Ayo Mencoba
Cobalah berlatih mempraktikkan cara merawat
tanaman.
Berikan pujian untuk teman yang sudah dapat
menata tanaman.
Mari, berlatih menulis pujian sesuai gambar.
Ikuti sesuai contoh.
Pandai sekali Dayu menata
tanaman itu.
Tanaman terlihat lebih indah dan
rapi.
Ayo Berlatih
1. Pedagang A memiliki 52 buah pepaya.
Pedagang B memiliki pepaya 7 buah lebih
banyak dari pedagang A.
Berapa banyak buah pepaya yang dimiliki
pedagang B?
2. Lani memiliki 25 tangkai bunga matahari.
Dayu memiliki bunga matahari 24 tangkai lebih
banyak dari Lani.
Berapa banyak bunga matahari yang dimiliki
Dayu?
Rabu, 11 Maret 2020
Tema 7 (Benda, Hewan dan tanaman disekitar ku) subtema 3
Tema 7 subtema 3 pembelajaran 5
Hari/Tanggal :Rabu/11-3-2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian lisan atau tulis dengan rapi.
3. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menjelaskan cara
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 menggunakan benda konkret
dengan benar.
4. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret
dengan benar.
Materi Ajar :
1. Manfaat tanaman
2. Mengenal berbagai macam makanan
yang berasal dari tanaman
3. Berlatih menulis kalimat pujian
4. Menghitung banyak
Perhatikan gambar berikut.
Tanaman terdiri atas beberapa bagian.
Ada akar, batang, daun, buah, biji, dan bunga.
Setiap bagian tanaman memiliki manfaat.
Salah satu manfaat tanaman adalah sebagai
makanan.
Ada yang dimakan bagian buahnya.
Contohnya jeruk dan pepaya.
Ada yang hanya dimakan bagian daunnya.
Misalnya bayam dan kangkung.
Ada yang hanya dimakan bijinya.
Misalnya kedelai dan kacang hijau.
Kita juga dapat memanfaatkan akar atau
batangnya untuk dimakan.
Contohnya singkong dan tebu.
Kita harus bersyukur kepada Tuhan yang
menciptakan tanaman.
Ayo Berlatih
Pohon pepaya banyak
manfaatnya.
Bagian buahnya dapat dimakan.
Bagian daunnya juga dapat dimakan.
Biji pepaya dapat ditanam kembali.
Biji pepaya tumbuh menjadi tanaman baru.
Petani menanam biji pepaya.
Petani rajin merawat tanaman pepaya.
Pohon pepaya tumbuh dan berbuah.
Buah pepaya dipanen dan dijual.
Seorang petani membawa
hasil panen pepaya ke
pasar.
Petani membawa dua
keranjang buah pepaya.
Satu keranjang berisi 23
buah pepaya.
Satu keranjang lainnya
berisi 26 buah pepaya.
Berapa banyak buah pepaya semuanya?
Banyak pepaya semuanya adalah 23 + 26 = 49
Cara penyelesaian lainnya dengan cara
penjumlahan susun ke bawah.
23
26 +
...
Hari/Tanggal :Rabu/11-3-2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian lisan atau tulis dengan rapi.
3. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menjelaskan cara
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 menggunakan benda konkret
dengan benar.
4. Dengan menggunakan latihan soal yang ada pada buku, siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dua bilangan cacah dengan hasil maksimal 100 dengan bantuan benda konkret
dengan benar.
Materi Ajar :
1. Manfaat tanaman
2. Mengenal berbagai macam makanan
yang berasal dari tanaman
3. Berlatih menulis kalimat pujian
4. Menghitung banyak
Perhatikan gambar berikut.
Tanaman terdiri atas beberapa bagian.
Ada akar, batang, daun, buah, biji, dan bunga.
Setiap bagian tanaman memiliki manfaat.
Salah satu manfaat tanaman adalah sebagai
makanan.
Ada yang dimakan bagian buahnya.
Contohnya jeruk dan pepaya.
Ada yang hanya dimakan bagian daunnya.
Misalnya bayam dan kangkung.
Ada yang hanya dimakan bijinya.
Misalnya kedelai dan kacang hijau.
Kita juga dapat memanfaatkan akar atau
batangnya untuk dimakan.
Contohnya singkong dan tebu.
Kita harus bersyukur kepada Tuhan yang
menciptakan tanaman.
Ayo Berlatih
Pohon pepaya banyak
manfaatnya.
Bagian buahnya dapat dimakan.
Bagian daunnya juga dapat dimakan.
Biji pepaya dapat ditanam kembali.
Biji pepaya tumbuh menjadi tanaman baru.
Petani menanam biji pepaya.
Petani rajin merawat tanaman pepaya.
Pohon pepaya tumbuh dan berbuah.
Buah pepaya dipanen dan dijual.
Seorang petani membawa
hasil panen pepaya ke
pasar.
Petani membawa dua
keranjang buah pepaya.
Satu keranjang berisi 23
buah pepaya.
Satu keranjang lainnya
berisi 26 buah pepaya.
Berapa banyak buah pepaya semuanya?
Banyak pepaya semuanya adalah 23 + 26 = 49
Cara penyelesaian lainnya dengan cara
penjumlahan susun ke bawah.
23
26 +
...
Selasa, 10 Maret 2020
Tema 7 (Benda, Hewan dan tanaman di sekitarku) Subtema 3
Selasa, 10 Maret 2020
Tema 7 subtema 3 pembelajaran 4
Hari/Tanggal : Selasa/10-3-2020
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik
dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga
dimensi dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk
membuat karya tiga dimensi dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai dengan ide/gagasan, tema,
dan objek yang telah ditentukan dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
7. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Membuat karya tiga dimensi
2. Membuat kalimat pujian
3. Menirukan gerak tumbuhan
Ayo Mencoba
Ayo, mengikuti gerakan sesuai cerita.
Dengarkan ceritanya dan lakukan gerakan sesuai
contoh.
Siti pergi ke rumah nenek saat liburan.
Rumah nenek Siti di daerah pantai.
Di tepi pantai yang indah berdiri pohon
kelapa.
Daunnya bergoyang saat tertiup angin sepoi-sepoi.
Di depan rumah nenek Siti tumbuh pohon
bambu.
Rumah nenek Siti menjadi lebih rindang dan sejuk.
Namun, saat pohon bambu terkena angin badai
sangat menakutkan.
Angin yang sangat kencang membuat pohon
bambu roboh.
Cobalah membuat cerita sendiri.
Cerita yang menunjukkan gerakan tanaman.
Lakukan gerakan sesuai cerita yang dibacakan.
Tema 7 subtema 3 pembelajaran 4
Hari/Tanggal : Selasa/10-3-2020
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik
dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga
dimensi dengan benar.
3. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk
membuat karya tiga dimensi dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai dengan ide/gagasan, tema,
dan objek yang telah ditentukan dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
7. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Membuat karya tiga dimensi
2. Membuat kalimat pujian
3. Menirukan gerak tumbuhan
Ayo Mencoba
Ayo, mengikuti gerakan sesuai cerita.
Dengarkan ceritanya dan lakukan gerakan sesuai
contoh.
Siti pergi ke rumah nenek saat liburan.
Rumah nenek Siti di daerah pantai.
Di tepi pantai yang indah berdiri pohon
kelapa.
Daunnya bergoyang saat tertiup angin sepoi-sepoi.
Di depan rumah nenek Siti tumbuh pohon
bambu.
Rumah nenek Siti menjadi lebih rindang dan sejuk.
Namun, saat pohon bambu terkena angin badai
sangat menakutkan.
Angin yang sangat kencang membuat pohon
bambu roboh.
Cobalah membuat cerita sendiri.
Cerita yang menunjukkan gerakan tanaman.
Lakukan gerakan sesuai cerita yang dibacakan.
Senin, 09 Maret 2020
Tema 7 (Benda, Hewan dan Tanaman disekitar ku) subtema 3
Tema 7 subtema 3 pembelajaran 2&3
Hari/Tanggal : Senin/9-3-2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
3. Dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat menyampaikan ungkapan pujian secara lisan
sesuai teks dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain peran
2. Berlatih menyampaikan ungkapan pujian
3. Mengenal bagian-bagian tanaman
4. Mengenal berbagai macam daun
Perhatikan percakapan di bawah ini.
Bacalah dan lakukan percakapan bersama temanmu.
Perhatikan kembali teks percakapan tersebut.
Temukan kalimat pujian yang ada pada teks.
1. Apa ungkapan pujian yang diberikan Siti kepada Dayu?
2. Apa ungkapan pujian yang diberikan Ibu Dayu kepada Siti?
3. Apa ungkapan pujian yang diberikan ibu Dayu kepada Dayu?
4. Apa yang sebaiknya kita katakan jika ada yang memuji kita?
Kita harus memelihara tanaman di sekitar kita.
Kita harus mengenal tanaman agar dapat merawat dengan baik.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan kembali tanaman yang ada di sekitarmu.
Tunjukkan bagian-bagian tanaman yang kamu ketahui.
Perhatikan gambar di bawah ini.
Pasangkan gambar dan tulisan dengan cara
menarik garis.
Hari/Tanggal : Senin/9-3-2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
3. Dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat menyampaikan ungkapan pujian secara lisan
sesuai teks dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain peran
2. Berlatih menyampaikan ungkapan pujian
3. Mengenal bagian-bagian tanaman
4. Mengenal berbagai macam daun
Perhatikan percakapan di bawah ini.
Bacalah dan lakukan percakapan bersama temanmu.
Perhatikan kembali teks percakapan tersebut.
Temukan kalimat pujian yang ada pada teks.
1. Apa ungkapan pujian yang diberikan Siti kepada Dayu?
2. Apa ungkapan pujian yang diberikan Ibu Dayu kepada Siti?
3. Apa ungkapan pujian yang diberikan ibu Dayu kepada Dayu?
4. Apa yang sebaiknya kita katakan jika ada yang memuji kita?
Kita harus memelihara tanaman di sekitar kita.
Kita harus mengenal tanaman agar dapat merawat dengan baik.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan kembali tanaman yang ada di sekitarmu.
Tunjukkan bagian-bagian tanaman yang kamu ketahui.
Perhatikan gambar di bawah ini.
Pasangkan gambar dan tulisan dengan cara
menarik garis.
Jumat, 06 Maret 2020
Tema 7 (Benda, Hewan dan tanaman disekitar ku) subtema 3
Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 3 Tanaman di Sekitarku
Hari ini udara terasa segar sekali.
Tanaman hijau beraneka ragam menyejukkan
suasana.
Rumput terhampar dan daun-daun melambai
tertiup angin.
Bunga-bunga bermekaran menambah indah
pemandangan.
Tuhan menganugerahkan alam yang indah bagi kita.
Kita wajib bersyukur atas karunia-Nya.
Aneka tanaman hidup berdampingan dengan
hewan dan manusia.
Tanaman termasuk benda hidup.
Mari mengenal berbagai tanaman di sekitar kita.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan mewawancara, siswa dapat menggali informasi tentang aturan merawat
tanaman di rumah dengan baik.
2. Setelah mewawancarai, siswa dapat menyampaikan aturan merawat tanaman di rumah secara
tertulis dengan baik.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian yang terdapat pada
teks/gambar dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menulis ungkapan pemberian pujian dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik
kolase dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga
dimensi dengan benar.
7. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk
membuat karya tiga dimensi dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya tiga
dimensi dengan benar.
9. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai objek yang telah
ditentukan dengan benar.
Materi Ajar :
1. Membaca teks tentang cara merawat tanaman
2. Tata cara merawat tanaman Mewawancarai teman tentang cara merawat tanaman
3. Berlatih menyampaikan ungkapan pujian
4. Membuat karya tiga dimensi
Ayo Membaca
Merawat Tanaman
Udin sedang membantu Ibu merawat tanaman.
Setiap sore Udin bertugas menyiram tanaman.
Udin melaksanakan tugasnya dengan senang.
Udin merawat tanaman dengan baik.
Udin menyayangi tanamannya.
Tanaman di halaman rumah Udin tumbuh subur.
Tanaman tersebut berbunga warna-warni.
Halaman rumah Udin terlihat lebih indah.
Ayo Berlatih
Perhatikan kembali gambar dan teks di atas.
Udin selalu membantu Ibu merawat tanaman.
Ibu sangat senang dan bangga dengan Udin.
Ibu sering memberikan pujian kepada Udin.
Berikut ini contoh pujian yang diberikan Ibu.
Udin juga sangat bangga terhadap Ibunya.
Ibunya sangat rajin dan pintar dalam merawat
tanaman.
Udin sering memberikan pujian kepada ibu.
Tanaman hidup dapat menambah keindahan sekitar.
Tanaman buatan dapat dijadikan hiasan.
Mari berlatih membuat tanaman dari kertas
sebagai hiasan
Siapkan alat-alat berikut terlebih dahulu.
1. Gunting
2. Kertas atau karton berwarna
3. Lem
Lakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Gunting kertas atau karton warna sesuai
kebutuhan.
3. Jiplak pola tanaman seperti contoh.
4. Gunting sesuai pola.
5. Lipat bagian kertas sesuai garis.
6. Cobalah membuat gambar tanaman tersebut berdiri.
Setelah berhasil, cobalah membuat pola tanaman sesuai imajinasimu.
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 3 Tanaman di Sekitarku
Hari ini udara terasa segar sekali.
Tanaman hijau beraneka ragam menyejukkan
suasana.
Rumput terhampar dan daun-daun melambai
tertiup angin.
Bunga-bunga bermekaran menambah indah
pemandangan.
Tuhan menganugerahkan alam yang indah bagi kita.
Kita wajib bersyukur atas karunia-Nya.
Aneka tanaman hidup berdampingan dengan
hewan dan manusia.
Tanaman termasuk benda hidup.
Mari mengenal berbagai tanaman di sekitar kita.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan mewawancara, siswa dapat menggali informasi tentang aturan merawat
tanaman di rumah dengan baik.
2. Setelah mewawancarai, siswa dapat menyampaikan aturan merawat tanaman di rumah secara
tertulis dengan baik.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian yang terdapat pada
teks/gambar dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menulis ungkapan pemberian pujian dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik
kolase dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga
dimensi dengan benar.
7. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk
membuat karya tiga dimensi dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya tiga
dimensi dengan benar.
9. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai objek yang telah
ditentukan dengan benar.
Materi Ajar :
1. Membaca teks tentang cara merawat tanaman
2. Tata cara merawat tanaman Mewawancarai teman tentang cara merawat tanaman
3. Berlatih menyampaikan ungkapan pujian
4. Membuat karya tiga dimensi
Ayo Membaca
Merawat Tanaman
Udin sedang membantu Ibu merawat tanaman.
Setiap sore Udin bertugas menyiram tanaman.
Udin melaksanakan tugasnya dengan senang.
Udin merawat tanaman dengan baik.
Udin menyayangi tanamannya.
Tanaman di halaman rumah Udin tumbuh subur.
Tanaman tersebut berbunga warna-warni.
Halaman rumah Udin terlihat lebih indah.
Ayo Berlatih
Perhatikan kembali gambar dan teks di atas.
Udin selalu membantu Ibu merawat tanaman.
Ibu sangat senang dan bangga dengan Udin.
Ibu sering memberikan pujian kepada Udin.
Berikut ini contoh pujian yang diberikan Ibu.
Udin juga sangat bangga terhadap Ibunya.
Ibunya sangat rajin dan pintar dalam merawat
tanaman.
Udin sering memberikan pujian kepada ibu.
Tanaman hidup dapat menambah keindahan sekitar.
Tanaman buatan dapat dijadikan hiasan.
Mari berlatih membuat tanaman dari kertas
sebagai hiasan
Siapkan alat-alat berikut terlebih dahulu.
1. Gunting
2. Kertas atau karton berwarna
3. Lem
Lakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Gunting kertas atau karton warna sesuai
kebutuhan.
2. Lipat karton sepeti contoh.
3. Jiplak pola tanaman seperti contoh.
4. Gunting sesuai pola.
5. Lipat bagian kertas sesuai garis.
6. Cobalah membuat gambar tanaman tersebut berdiri.
Setelah berhasil, cobalah membuat pola tanaman sesuai imajinasimu.