Kamis, 18 Januari 2024

Kamis, 18 Januari 2024

                     TEMA 5 CUACA

SUBTEMA 2 KEADAAN CUACA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2



Tema 5           : Cuaca

Subtema 1      : Keadaan Cuaca

Pembelajaran: 3

Tujuan Pembelajaran:

Tujuan Pembelajaran:

1.   1. Dengan mengamati materi dapat mengetahui pecahan

2    2. Dengan bernyanyi, Siswa dapat memeragakan tari kreasi diiringi lagu Burung Kutilang.  


Sejak pagi hingga siang hari, hujan turun. Sore ini hujan telah reda, cuaca terlihat mendung. Dayu, Lani, Beni, Edo, dan Udin pergi ke rumah Siti. Mereka akan belajar bersama. Mereka membawa payung. Bersiap sedia jika sewaktu-waktu hujan turun kembali.
Siti telah menunggu kedatangan teman-temannya. Siti menyuguhkan dua kotak kue rasa cokelat dan vanila. 
Bacalah percakapan Siti dan teman-teman berikut!

Dayu : Kita mau belajar apa sore ini? Ada yang punya ide?
Beni : Wah, melihat kue suguhan Siti, saya punya ide. Bagaimana kalau kita belajar tentang pecahan? 
Udin : Ide yang bagus. Saya belum mengerti tentang cara membandingkan pecahan.
Lani : Setuju. Bagaimana kalau Siti yang  bertugas menjelaskan? Siti kan  sudah mengerti.
Edo : Iya, Siti yang bertugas menjelaskan.
Dayu : Yuk, kita mulai belajar.

Ayo Mengamati

Siti mengambil dua kotak kue cokelat dan vanilla. Kue-kue tersebut diletakkan di atas meja.
Mula-mula Siti memotong kue cokelat menjadi 2 bagian sama besar seperti berikut.
Lalu, Siti memotong kue vanila menjadi 3 bagian sama besar seperti berikut.

Sekarang bandingkan potongan kue tersebut. Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil? Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia.

Contoh:

Jadi, 1/2 > 1/3

Jadi, 2/2 > 2/3

Ayo Menari

Masih ingatkah kamu dengan Lirik lagu Burung Kutilang yang sudah dipelajari sebelumnya?
Berikut lirik lagu Burung Kutilang 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jumat, 17 Mei 2024

          TEMA 8 PRAJAMUDA KARANA SUBTEMA 3 AKU SUKA BERKARYA  KELAS 3 SD AL AZHAR 2   Tema 8                        : Prajamuda karana Subt...