Pages

Pages - Menu

Rabu, 31 Juli 2024

Kamis, 01 Agustus 2024

 TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP)

SUB TEMA 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Assalamualaikum wr wb.

Alhamdulillah wa syukurillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.


Tanggal/ Hari : 01 Agustus 2024/ Kamis
Tema/ Sub Tema : 1/ 2

Pembelajaran : 5

Alat peraga : Video Pembelajaran tentang penjumlahan.

Tujuan Pembelajaran:

         Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi keberagaman kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga setiap individu dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.

·         Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi olahraga dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.
·         Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil pengurangan dengan teknik tanpa meminjam dengan benar.
·         Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan teknik meminjam dengan benar.


D.     MATERI PEMBELAJARAN

·         Menghargai perbedaan kesukaan.
·         Menceritakan olahraga kesukaan.

·         Menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.

Ayo Mengamati



Dalam kehidupan, ini perbedaan akan selalu muncul. Dari perbedaan sederhana seperti kesukaan makanan atau minuman hingga perbedaan suku bangsa, adat istiadat, dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri perbedaan ada dalam banyak hal yang, seperti perbedaan dari segi budaya serta kebiasaan sehari-hari.

Mengapa Kita Harus Saling Menghargai Perbedaan?

Menghargai perbedaan merupakan sikap penting yang memiliki arti berupa sikap menghormati segala sesuatu yang berbeda.

Ayo Berlatih


Untuk melihat video pembelajaran pengurangan dengan tehnik meminjam buka link di bawah ini!

PENJUMLAHAN DENGAN TEKHNIK MEMINJAM

Refleksi :

Beberapa peserta didik masih belum memahami bagaimana cara pengurangan dengan tehnik meminjam. Guru melakukan penjelasan kembali untuk peseta didik yang masih belum memahami pengurangan dengan tehnik meminjam.




Selasa, 30 Juli 2024

Rabu, 31 Juli 2024

 TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP)

SUB TEMA 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Assalamualaikum wr wb.

Alhamdulillah wa syukurillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin

Tanggal/ Hari : 31 Juli 2024/ Rabu
Tema/ Sub Tema : 1/ 2

Pembelajaran 3 & 4

Alat peraga : Video Pembelajaran tentang makanan sehat dan penjumlahan.

Tujuan Pembelajaran:

·         Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah tangan dalam suatu tari dengan benar.
·         Setelah membaca, siswa dapat menjelaskan pengaruh makanan pada proses pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
·         Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari terkait penjumlahan teknik menyimpan dengan benar.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman adanya perbedaan kebiasaan, kesukaan/hobi dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan percaya diri.

Menari
Masih ingatkan kamu dengan gerakan kuat dan lemah tangan pada gerakan tari yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya? Cobalah mempraktikkan gerakan tersebut sambil bernyanyi lagu Tepuk Tangan.
 

Ayo Mengamati
Manusia merupakan salah satu makhluk hidup. Manusia memiliki ciri-ciri yang sama dengan makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri manusia sebagai makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan manusia terjadi sejak di dalam kandungan. Setelah lahir, pertumbuhan manusia bertambah besar dari bayi hingga dewasa. Setelah dewasa pertumbuhan manusia berhenti. Namun, perkembangan emosi dan pikiran manusia terus berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi beberapa faktor.

Adapun faktor - faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang manusia adalah :

1. Makanan
2. Olahraga
3. Rekrasi
4. Istirahat cukup atau tidur
5. Keturunan

Makanan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Makanan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan adalah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan sehat dan bergizi harus memenuhi syarat empat sehat lima sempurna. Makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari:
1. Makanan pokok, misalnya nasi, kentang, jagung, roti, ubi, mie, dan sagu
2. Lauk-pauk misalnya daging, ikan, tahu, tempe, telur, dan cumi
3. Sayur-sayuran, misalnya kangkung, bayam, wortel, dan buncis
4. Buah-buahan misalnya jeruk, apel, anggung, pisang, dan jambu
5. Susu

Makanan-makanan tersebut mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat terdapat pada makanan pokok. Protein terdiri dari dua jenis, ada protein hewani dan nabati. Protein hewani terdiri dari lauk-pauk yang berasal dari hewan seperti ikan, daging, susu, keju dan telur. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti tempe dan tahu.
Vitamin banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Mineral banyak terdapat pada ikan, sayuran, dan susu.

Ayo Berlatih
Bayangkan jika suatu perkebunan dapat menghasilkan 3.400 buah dalam satu kali panen. Berapa jumlah buah yang akan dihasilkan dalam dua kali panen?
Jawabannya:
3.400 + 3.400 = 6.800
Masih ingatkah kamu cara menghitung hasil penjumlahan? Gunakan cara untuk penjumlahan yang kamu anggap paling mudah.

Ayo Mengamati


Ternyata, pagi ini Edo lupa sarapan sehingga badannya terasa lemas. Edo bangun kesiangan dan terburu-buru berangkat ke sekolah. Untuk menjadi kuat kita harus banyak berlatih dan makan dengan cukup.

Ayo Bermain

Kijang dan Rusa

Anak-anak berdiri dalam dua baris. Mereka berdiri saling berhadap-hadapan. Buatlah garis di depan kedua barisan tersebut. Ambil jarak agar tidak berdekatan. Deretan yang satu diberi nama Rusa. Deretan yang lainnya diberi nama Kijang. Apabila guru memanggil Kijang, maka deret Kijang melompat ke depan, sedangkan deret Rusa berjalan ke belakang. Apabila guru memanggil Rusa, maka deret Rusa melompat ke depan, sedangkan deret Kijang berjalan ke belakang. Kelompok yang selalu benar mengikuti instruksi adalah pemenangnya.

Bagaimana perasaanmu setelah bermain? Menyenangkan bukan? Apakah kamu dan teman-teman kuat melakukan gerakan tersebut? Makan dan berlatihlah secara teratur agar kekuatan dan daya tahan tubuhmu bertambah.

Rangkuman :

Makanan 4 sehat 5 sempurna mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Karbohidrat terdapat pada makanan pokok. Protein terdiri dari dua jenis, ada protein hewani dan nabati. Protein hewani terdiri dari lauk-pauk yang berasal dari hewan seperti ikan, daging, susu, keju dan telur. Protein nabati adalah protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti tempe dan tahu.

Vitamin banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Mineral banyak terdapat pada ikan, sayuran, dan susu.

Refleksi :
Sebagian besar peserta didik sudah mampu untuk memberikan alasan makanan yang baik dikonsumsi setiap hari dan makanan yg tidak baik intuk dikonsumsi setiap hari.

Dokumentasi:





Senin, 29 Juli 2024

Selasa, 30 Juli 2024

 TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP)

SUB TEMA 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Assalamualaikum wr wb.

Alhamdulillah wa syukurillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.


Tanggal/ Hari : 29 Juli 2024/ Selasa
Tema/ Sub Tema : 1/ 2
Pembelajaran : 2

. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan prosedur kombinasi gerakan merangkak dan berlari melalui permainan sederhana dengan benar.

·    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan manfaat bersatu dalam keberagaman di sekolah

·    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan pengalaman berkaitan dengan manfaat bersatu dalam menjalankan satu kegiatan di sekolah.

Alat Peraga : gambar simbol sila pancasila (sila ke dua yaitu Rantai)

Materi Pembelajaran:

·         Bermain adu kecepatan berjalan merangkak dan berlari.

·         Menuliskan sikap baik dalam menerima perbedaan.


Ayo Mencoba

.Ikuti langkah-langkah kegiatan seperti berikut!

 1. Buatlah garis lintasan dan beri tulisan garis start dan finish terlebih dahulu.

2. Berbarislah di depan garis start. Bersiaplah berjalan merangkak mulai garis start.

3. Setelah diberi aba-aba oleh gurumu, merangkaklah dari garis start sampai garis finish. Setelah sampai garis finish, kembalilah ke garis start dengan cara berlari.

 4. Siswa yang paling cepat sampai di garis start adalah pemenangnya.

Selain tinggi dan berat badan, setiap orang juga memiliki kekuatan yang berbeda. Kekuatan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya perbedaan pertumbuhan tulang dan otot. Semua perbedaan merupakan anugerah Tuhan, kita wajib mensyukurinya.


Ayo Mengamati
Menghargai Perbedaan
Perubahan tinggi dan berat badan manusia berbeda-beda. Kekuatan manusia juga berbedabeda. Perubahan tinggi dan berat badan serta kekuatan adalah contoh pertumbuhan dan perkembangan manusia.
Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua. Tuhan menciptakan berbagai macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini adalah karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan. Tuliskan sikap yang akan kamu lakukan jika melihat beberapa hal seperti berikut!
Kamu melihat teman yang kesulitan mengambil benda di atas tempat yang tinggi.
Sikap yang akan kamu lakukan adalah...



Bagaimana dengan materi hari ini apakah kalian paham?? semoga kalian paham ya nak. jika kalian paham kalian dapat menjawab soal latihan berikut ini :


Rangkuman :

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, manusia harus saling menghargai sesama tanpa memandang perbedaan.

Hal itu merupakan contoh dari butir kedua yaitu “Kemanusiaan yang adil dan beradab"

Contoh pengamalan di lingkungan sekolah tidak boleh ada saling membedakan terhadap siswa lain yang memiliki perbedaan. Saling menghormati guru dan teman, juga saling tolong menolong jika yang lain mengalami kesulitan.


Refleksi:

Sebagian peserta didik sudah bisa menyebutkan contoh sikap pengamalan pancasila sila ke 2 dengan melihat gambar pada spiner yang telah dibuat guru.




Sabtu, 27 Juli 2024

Senin, 29 Juli 2024

 TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP)

SUB TEMA 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Assalamualaikum wr wb.

Alhamdulillah wa syukurillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.


Tanggal/ Hari : 29 Juli 2024/ Senin
Tema/ Sub Tema : 1/ 2
Pembelajaran : 1
Tujuan : ·        
 -        Setelah membaca, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan tepat.
·         Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dengan benar.
·         Dengan melakukan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah pada tangan dalam suatu tari dengan benar.

Materi Pembelajaran:
·         Mengidentifikasi ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan manusia.
·         Berlatih menari dengan gerakan lambat pada tangan.
·         Berlatih menyelesaian soal penjumlahan tanpa teknik menyimpan.

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Manusia memiliki ciri-ciri yang sama dengan makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri manusia sebagai makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan manusia terjadi sejak di dalam kandungan. Setelah lahir, pertumbuhan manusia bertambah besar dari bayi hingga dewasa. Setelah dewasa pertumbuhan manusia berhenti. Namun, perkembangan emosi dan pikiran manusia terus berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi beberapa faktor. Mari kita pelajari faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Ayo Menulis

Apakah kamu mengalami pertumbuhan dan perkembangan seperti Udin?

Cobalah mencari tahu dari orang tuamu tentang pertumbuhan dan perkembanganmu dari sejak lahir sampai saat ini.

Informasi yang dapat kamu tanyakan tentang pertumbuhan dan perkembangan misalnya berat dan tinggi badan saat lahir. Selain itu kamu juga dapat mencari informasi mengenai kemampuanmu dalam merangkak dan berjalan.

Lakukan kegiatan wawancara kepada orang tua di rumah untuk mendapatkan informasi tersebut!

Tuliskan terlebih dahulu daftar pertanyaan yang ingin kamu tanyakan.

Ayo Menari

  





Rangkuman :
Pertumbuhan dan perkembangan manusia itu berbeda-beda tergantung makanan, kebiasaan, olah raga dan faktor genetik/keturunan dari orangtua walaupun berbeda kita harus tetap saling menghargai karena semua itu  anugerah dari Allah yang wajib kita Syukuri

Kamis, 25 Juli 2024

Jumat, 26 Juli 2024

 TEMA 1 (PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP)

SUB TEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP )

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 


 TEMA 1

SUB. TEMA 1 (CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP)
Pembelajaran 5 dan 6





Wassalamualaikum.wr.wb