Pages

Pages - Menu

Rabu, 04 September 2024

Rabu, 04 September 2024

 TEMA 2 (MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN)

 SUB TEMA 3 (MENYAYANGI TUMBUHAN)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Rabu, 04 September 2024

Tema/ Sub Tema : 2/3

Pembelajaran : 3 & 4

Alat peraga : contoh video pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran : 

1.       Dapat menuliskan hasil wawancara mengenai cara-cara perawatan tumbuhan dengan kaidah EYD yang tepat.

2.       Dapat menentukan posisi bilangan cacah pada garis bilangan dengan tepat

3.       Dapat mengidentifikasi garis dan warna sebagai unsur karya dekoratif.

4.       Dapat membuat daftar tugas anggota keluarga sesuai perannya dalam kehidupan sehari-hari di rumah sebagai perwujudan pengamalan Pancasila yang di lambangkan dalam “Garuda Pancasila”. 
5.       Dapat mengidentifikasi langkah-langkah cara perawatan tumbuhan dari teks yang dibaca dengan tepat.



Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru, kemarin kita telah mempelajari tentang peran dari setiap anggota keluarga yaitu kewajiban setiap anggota keluarga. Tahukan kalian setelah kalian melaksanakan kewajiban maka kalian akan mendapatkan Hak. Apa Saja Hak dari setiap anggota keluarga mari kita pelajari!



Sekarang Udin dan teman-teman di kelas, akan bermain peran tentang kunjungan ke hutan bakau. Ada yang berperan sebagai penjaga hutan bakau dan ada juga, yang berperan sebagai anak-anak sekolah. Anak-anak sekolah akan mewawancarai penjaga hutan bakau.

Wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih (antara narasumber dan pewawancara) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang tepat.

Narasumber adalah orang yang memberi informasi (orang yang diwawancarai). Pewawancara adalah orang yang memberikan pertanyaan kepada narasumber.

Sebelum bermain peran, buatlah daftar pertanyaayang akan diajukan siswa-siswa. Daftar pertanyaan dibuat berdasarkan teks Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai.


Hari Minggu adalah hari libur. Seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah. Seluruh anggota keluarga dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti yang dilakukan keluarga Siti. Pada saat hari libur, mereka bekerja sama membersihkan rumah dan merawat tanaman.

Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan kewajiban sesuai dengan peran masing-masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan sebagai anggota keluarga.                                                

Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah. Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan untuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk membantu ayah mencari nafkah.

Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram tanaman, atau merawat tanaman.

Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga  memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.

Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupa  kan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi sila kelima Pancasila. Siti menceritakan kegiatannya sehari-hari di rumah. Ia mendapat tugas untuk menyiram tanaman setiap sore. Biasanya Siti menyiram tanaman setelah menyapu dan mengepel lantai.

Bagaimana penjelasan materi hari in semoga dapat kalian pahami dengan baik ya nak. jika ada pertanyaan silahkan kirim pertanyaan di grup ya nak. Jika tidak 

LATIHAN SOAL

1.     Percakapan antara dua orang atau lebih (antara narasumber dan pewawancara) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang tepat disebut . . .

2.    orang yang memberi informasi (orang yang diwawancarai) disebut . . .

3.    Buatlah garis bilangan pada penjumlahan 6 + 7

4.    Buatlah garis bilangan pada penjumlahan 8 + 5

5.    Tuliskan hak kalian di rumah!


REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami penjumlahan dalam bentuk garis bilangan dan menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham dalam menjumlah dalam bentuk garis bilangan. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan untuk menyelesaikan soal penjumlagani pada garis bilangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar