Pages

Pages - Menu

Selasa, 24 September 2024

Rabu, 25 September 2024

 TEMA 3 (BENDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 1 ( ANEKA BENDA DISEKITAR KU)

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Rabu, 25 September 2024

Tema/ Sub Tema : 3/1

Pembelajaran : 5

Alat peraga : contoh video pembelajaran

Tujuan Pembelajaran :


1.  Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat

2. Dengan proses pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang terbuat dari bahan kaca, logam, dan karet dengan tepat.

3.    Dengan melakukan konvensi satuan panjang, siswa dapat mengenal konvensi satuan panjang.

Ayo membaca

 

Bahan untuk membuat benda tidak hanya berasal dari kayau ,kertas, dan pelastik . Perhatikan benda yang ada di rumahmu . Benda yang kamu gunakan sehar hari . Adakah benda yang bukan berasal dari kayu ,kertas,atau pelastik? 

Bacalah informasi berikut ini 

 

Benda dari kaca

                       


 

Adakah benda benda yang dibuat dari kaca . Benda tersebut ,antara lain gelas,piring,mangkuk ,kaca mata , akuarium jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca memiliki sifst kedap air dan tembus cahaya . Oleh karena itu,kaca digunakan untuk membuat benda yang tahan air.

Benda dari logam 



Coba amati benda yang ada di rumahmu ! Adakah benda yang dibuat dari logam ?Benda benda tersebut , antara lain panci ,penggorengan ,sendok sayur,sendok makan ,kerangka mobil ,dan pagar rumah

 

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik.

 Benda dari Karet



 Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tua mu

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam memiliki sifat kuat, dapat dibentuk dan penghantar panas yang baik. Benda dari Karet Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan. Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama orang tuamu

Kamu telah mempelajari aneka bahan pembentubenda. 

Setiap bahan pembentuk benda mempunyaisifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! 

Sebutkan bahan yang biasa digunakanuntuk membuat tempat sampah!

Ya, plastik, kayu, bahkan logam seperti alumunium dapat dibuat tempat sampah. Sekarang perhatikan tempat sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah tempat sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah anak-anak sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah ditempatnya?

Perhatikan bahan yang digunakan untuk membuat penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat penggaris. Mengapa bahan kaca tidak digunakan untuk membuat penggaris?

perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm)

 

Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan latihan berikut ini:

Soal Latihan

1.      Tuliskan benda – benda yang terbuat dari plastik!

2.      Untuk mengurangi sampah plastik dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu: reduce, reuse, dan recycle. Recycle berarti . . .

3.   Saat kamu bermusyawarah bersama anggota keluargamu tentang cara mengurangi sampah pelastik di lingkungan rumahmu. Bagaimana jika hasi musyawarah itu tidak sesuai dengan pendapatmu?
4.      Tuliskan sifat bahan benda dari kaca! 

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami bagai mana cara mengukur benda dan cara menghitung satuan panjang Cm dan meter dengan benar serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham bagai mana menghitung satuan cm dan meter. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab serta peserta didik maju kedepan kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar