Pages

Pages - Menu

Senin, 30 September 2024

Selasa, 01 Oktober 2024

 TEMA 3 (BENDA DISEKITAR KU)

 SUB TEMA 2 ( WUJUD BENDA )

KELAS 3 SD AL AZHAR 2


Hari/Tanggal : Selasa, 01 Oktober 2024

Tema/ Sub Tema : 3/2

Subtema  1              :  Aneka Benda di Sekitarku 

Pembelajaran         : 3

Alat peraga             : Video Pembelajaran 

Metode                    : Kerja kelompok

Tujuan Pembelajaran :

1. Dengan membuat prediksi sifat benda padat, siswa terlatih untuk memberikan pendapatnya berdasarkan pengamatan dengan percaya diri.

2.  Dengan memecahkan soal cerita yang berkaitan dengan jarak, siswa dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan benar.

3.   Dengan memerhatikan tempo musik, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lambat kaki saat menari.

 

Assalamualaikum 

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Mari kita simak materi hari ini ya 🥰🥰

Pada pembelajaran sebelumnya kita sudah mengetahui wujud benda yaitu padat, cair dan gas. Masing – masing wujud benda memiliki sifatnya yang berbeda – beda mari kita pelajari sifat dari benda padat.

Benda Padat

Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda - benda tersebut digolongkan sebagai benda padat?


Perhatikan tangga satuan di bawah ini!



Apakah suara musik termasuk benda? Tentu saja tidak. Mengapa? Karena suara musik tidak mempunyai massa ataupun menempati  uang (volume).

Mari kita menyanyikan lagu “Barisan Musik”.



Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak.

Latihan soal :

1.     Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!

A.    Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!

B.    Tuliskan sifat benda padat berdasarkan  pengamatanmu!



2.    Udin pergi ke sekolah dengan bersepeda. Jarak yang ditempuh Udin dari rumah ke sekolah 3 km. Setelah menempuh jarak 2 km dari rumahnya,ban sepeda Udin bocor. Akhirnya, Udin menuntun sepedanya sampai ke sekolah. Berapa km jarak yang ditempuh Udin menuntun sepeda sampai ke sekolah?

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami sifat benda Padat, cair dan gas serta peserta didik sudah mampu untuk menyelesaikan soal dengan baik, namun masih ada beberapa peserta didik yang belum paham mengenai sifat wujud benda. Untuk mengatasi hal tersebut maka sebelum pembelajaran berlangsung guru selalu mengajak peserta didik untuk melakukan tanya jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar