Pages

Pages - Menu

Rabu, 27 November 2024

Jumat, 29 November 2024

 PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

KELAS 3 SEMESTER GANJIL

 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 


PAS HARI KE 1

Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Anak sholeh dan sholeha hari ini kita akan melaksanakan kegiatan PAS semester 1 tentunya anak anak sudah belajar dan siap untuk mengerjakan soal-soal yang akan diujian ya 🥰❤🥰

Berikut adalah jadwal PAS kelas 3 :



Kisi - Kisi Soal Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) :

Kamis, 28 November 2024

PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)

KELAS 3 SEMESTER GANJIL

 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 


PAS HARI KE 1

Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar.

Anak sholeh dan sholeha hari ini kita akan melaksanakan kegiatan PAS semester 1 tentunya anak anak sudah belajar dan siap untuk mengerjakan soal-soal yang akan diujian ya 🥰❤🥰

Berikut adalah jadwal PAS kelas 3 :



Kisi - Kisi Soal Tema 1 (Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup) :

PPKN

- Disajikan gambar, siswa mampu menjelaskan pengamalan sila pertama pancasila.

- Disajikan soal, siswa mampu mengamalkan sesuai dengan sila kedua Pancasila.

- Disajikan gambar, siswa mampu menunjukkan anak-anak yang saling membantu, sesuai dengan pengamalan sila kedua yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.

- Disajikan soal, siswa mampu mengidentifikasi tindakan yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

- Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi elemen-elemen pada lambang Garuda Pancasila (garuda, pita, bintang, dll.)

- Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi perbedaan keyakinan di antara teman dan saling menghormati.

- Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskan arti dari lambang rantai yang mewakili sila kedua Pancasila.

B. INDONESIA

- Disajikan soal, siswa mampu meyebutkan alat pernapasan manusia dengan baik.

- Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan manusia.

- Disajikan gambar, peserta didik mampu mengetahui perkembangbiakan alami dengan biji.

- Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengetahui hewan herbivora (hewan pemakan tumbuhan)

- Disajikan gambar, peserta didik mampu. memahami perkembangbiakan tumbuhan.

- Disajikan soal, peserta didik mampu. memahami metamorfosis.

- Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu membaca paragraf dan menentukan ide pokok dari paragraf tersebut.

MATEMATIKA

- Disajikan soal, peserta didik mampu memahami tentang aturan nilai tempat dalam bilangan.

- Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan kemampuan siswa dalam operasi penjumlahan dalam konteks soal cerita.

- Disajikan soal cerita, peserta didik mampu mengidentifikasi perkalian dalam cerita.

- Disajikan soal, peserta didik mampu menghitung operasi pembagian.

- Disajikan soal cerita, peserta didik mampu mengidentifikasi perkalian dalam cerita.

- Disajikan soal cerita, peserta didik mampu mengidentifikasi pembagian dalam cerita.

SBDP

- Disajikan soal, peserta didik mampu mengidentifikasi warna laut

- Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi pola dalam gambar dekoratif

- Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengenali alat musik ritmis.

- Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi gerak kepala.

- Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengetahui bahan alam untuk membuat kolase.

- Disajikan soal, peserta didik mampu mengidentifkasikan teknik potong dan melipat

PJOK

- Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi bermain kuda-kudaan untuk melatih otot tangan dan kaki.

- Disajikan soal, peserta didik mampu mengetahui kegiatan berjalan.

- Disajikan soal, untuk mengindentifikasi titik masuk bola dalam pertandingan.

- Disajikan soal, peserta didik dapat mengidentifikasi gerakan naik turun tangga.

- Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskan gerakan tangan dan kaki

- Disajikan soal, peserta didik mampu mengetahui gerakan berjalan untuk manusia

TEMA 2 (Menyayangi Tumbuhan dan Hewan)

PPKN

- Disajikan wacana, peserta didik mampu menentukan dampak positif dari toleransi dan sikap terpuji

- Disajikan wacana, peserta didik mampu memahami keberagaman sifat anggota keluarga. 

- Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan contoh sikap terpuji yang tepat. 

- Disajikan soal, peserta didik dapat mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila.

- Disajikan soal, peserta didik mampu menentukan contoh sikap terhadap keberagaman sifat di rumah dan menyebutkan sikap terpuji

B INDONESIA

- Disajikan wacana, peserta didik dapat memahami tentang wawancara. 

- Disajikan teks, peserta didik dapat menyebutkan tokoh dari dongeng fabel dengan percaya diri dan menyampaikan pesan pada dongen

- Disajikan teks percakapan, peserta didik mampu mengemukakan kata tanya dalam dongeng dengan benar.

- Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menganalisis sifat berdasarkan wacana.

- Disajikan teks bacaan, peserta didik mampu menganalisis sikap tolong menolong di sekolah.

MATEMATIKA

- Disajikan soal cerita, peserta didik dapat menghitung penjumlahan berdasarkan soal cerita.

- Disajikan soal cerita, peserta didik dapat menentukan sifat komutatif berdasarkan soal cerita.

- Disajikan garis bilangan, peserta didik dapat menunjukkan hasil penjumlahan berdasarkan garis bilangan.

- Disajikan gambar, peserta didik mampu menyatakan suatu pecahan berdasarkan gambar.

SBDP

- Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi bunyi.

- Mengetahu salah satu pencipta lagu

- Disajikan gambar batik, peserta didik dapat menafsirkan motif pada batik.

- Disajikan soal, peserta didik dapat menentukan lagu anak yang sesuai gerakan.

- Disajikan gambar tari menirukan hewan, peserta didik dapat mengurutkan langkah-langkah membuat suatu kerajinan.

- Disajikan wacana, peserta didik dapat mennuliskan lirik lagu anak.

PJOK

- Disajikan gambar, peserta didik dapat menyimpulkan manfaat suatu permainan berdasarkan gambar.

- Disajikan wacana, peserta didik mampu menentukan  contoh gerakan pemanasan.

- Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan gerak non lokomotor.

- Disajikan wacana, peserta didik mampu menyimpulkan gerakan lompat tali.

- Disajikan wacana, peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan dari gerakan pendinginan.

- Tujuan gerak menekuk dan manfaat dari sepak bola

Selasa, 26 November 2024

Selasa, 26 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Selasa, 26 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/4

Subtema  4           :  Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran        : 6

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat menyimpulkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan benar. 

2. Setelah mengamati teks “Kalimat Saran”, peserta didik dapat melaksanakan saran untuk memperoleh hak dengan benar. 

3. Setelah mengamati video YouTube “Cara membuat Topi dari Koran Bekas. Kerajinan Tangan Kelas 3 Tema peserta didik dapat membuat topi dari koran bekas dengan benar. 

4. Setelah mengamati cerita “Pembagian”, siswa dapat dapat menentukan permasalahan berkaitan dengan pembagian dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan sendiri dengan benar.



Kita adalah orang Indonesia. Sebagai warga negara kita wajib berbuat baik kepada sesama. Menjaga lingkungan kita merupakan salah satu contoh berbuat baik untuk negara. Bagaimanakah cara kamu berbuat baik untuk negara?


Sebentar lagi hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sekolah Edo juga ikut merayakan. Mereka akan menghias sekolah seindah mungkin. Edo dan teman-temannya juga ingin menghias kelas dengan indah. Edo dan teman-temannya menghias kelas dengan bendera Merah Putih. Sekolah menyediakan bendera Merah Putih plastik. Jumlah kelas di sekolah Edo ada 12.



Edo harus mencintai negaranya. Edo belum banyak tahu tentang Indonesia. Ia berusaha mengenal Indonesia. Ia banyak membaca buku tentang Indonesia. Ia berwisata ke berbagai tempat. Ia juga mengunjungi museum. Ia menggunakan barang buatan Indonesia. Edo sangat bangga menjadi orang Indonesia. 


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰







Kamis, 21 November 2024

Jumat, 22 November 2025

TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Kamis, 21 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/4

Subtema  4           :  Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran        : 4 dan 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat menyimpulkan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) dengan benar. 

2. Setelah mengamati teks “Kalimat Saran”, peserta didik dapat melaksanakan saran untuk memperoleh hak dengan benar. 

3. Setelah mengamati video YouTube “Cara membuat Topi dari Koran Bekas. Kerajinan Tangan Kelas 3 Tema peserta didik dapat membuat topi dari koran bekas dengan benar. 

4. Setelah mengamati cerita “Pembagian”, siswa dapat dapat menentukan permasalahan berkaitan dengan pembagian dua bilangan cacah dengan hasil yang ditentukan sendiri dengan benar


Ayo Membaca 

Bacalah teks berikut!

Temukan kalimat yang menunjukkan masalah dan saran! Jalan yang Bersih Beni dan teman-temannya pulang sekolah bersama-sama. Mereka melewati jalan umum. Jalan umum itu tampak kotor. Di sudut jalan ada tumpukan sampah yang menggunung. Sampah juga berserakan di sepanjang jalan. Tukang jajanan membuang sampahnya di pinggir jalan. Mereka sedih melihat kondisi jalan. Beni ingin jalananya terlihat bersih. Semua warga seharusnya mengurangi produksi sampah. Mereka juga seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah seharusnya diolah menjadi barang yang berguna. Beni ingin mengajak temantemannya peduli sampah.


Ayo Berlatih 

Beni bertemu tukang jajan keliling saat pulang sekolah. Beni suka jajan, tetapi ia sangat hatihati dalam memilih jajanan. Ia tidak akan jajan sembarangan. Ia harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Beni memilih jajanan yang sehat. 

Bagaimana cara memilih jajanan yang sehat? 

Amati pernyataan berikut! Beri tanda ( √ ) jika menyatakan makanan sehat! Beri tanda ( X ) jika menyatakan makanan tidak sehat!


Ayo Mencoba 

Mendapat jajanan sehat merupakan hak setiap anak. Beni sangat berhati-hati memilih jajanan. Beni selalu memeriksa kemasan jajanan yang ia beli. Pernahkah kamu mengamati kemasan jajananmu? 

Amatilah kemasan jajanan di bawah ini! Kemasan jajanan mana yang menurutmu paling baik? 

Ceritakan pengalamanmu ketika mengamati kemasan jajananmu! 

Apakah makanan itu baik untuk kesehatanmu?




Apa yang kamu lihat pada gambar? 

Apa kue kesukaanmu? 

Bagaimana kue itu dibungkus?

Ayo Membaca 

Bacalah teks berikut dengan lancar! 

 sampahnya di pinggir jalan. Mereka sedih melihat kondisi jalan. Beni ingin jalananya terlihat bersih. Semua warga seharusnya mengurangi produksi sampah. Mereka juga seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah seharusnya diolah menjadi barang yang berguna. Beni ingin mengajak temantemannya peduli sampah.


Ayo Berlatih 

Beni bertemu tukang jajan keliling saat pulang sekolah. Beni suka jajan, tetapi ia sangat hatihati dalam memilih jajanan. Ia tidak akan jajan sembarangan. Ia harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Beni memilih jajanan yang sehat. 

Bagaimana cara memilih jajanan yang sehat? 

Perayaan Hari Besar Agama Setiap orang wajib menjalankan ajaran agamanya. Udin dan kawan-kawannya selalu taat menjalankan ajaran agamanya. Setiap sore Udin mengaji di masjid. Hari itu ada perayaan Maulid Nabi. Ibu menyiapkan kue untuk dibawa Udin ke masjid. Edo dan Beni kebetulan sedang bermain di rumah Udin. Mereka membantu Udin dan Ibunya menyiapkan kue. Merayakan hari besar agama adalah hak setiap warga negara. Udin merayakan Maulid. Beni dan Edo merayakan Natal. Dayu merayakan hari Nyepi. Lani merayakan hari Waisak. Meli merayakan hari Imlek. Kita wajib menghormati perbedaan. 


Indonesia memiliki banyak perbedaan. Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati. Sikap saling menghargai dan menghormati membuat kita rukun. Amati kembali teks ‘Perayaan Hari Besar Agama’! 

Temukan kalimat saran dan jelaskan maksudnya! 

Ayo Mencoba Udin memiliki teman-teman yang berbeda agama. Udin rukun dengan mereka. Udin wajib menghargai agama teman-temannya. Apa yang harus Udin lakukan agar dapat selalu hidup rukun? 

Tuliskan pada tempat tersedia! 






Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰


Rabu, 20 November 2024

Kamis, 21 November 2024

  TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Kamis, 21 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/4

Subtema  4           :  Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran        : 4 dan 5

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.

Tujuan Pembelajaran :



Ayo Membaca 

Bacalah teks berikut!

Temukan kalimat yang menunjukkan masalah dan saran! Jalan yang Bersih Beni dan teman-temannya pulang sekolah bersama-sama. Mereka melewati jalan umum. Jalan umum itu tampak kotor. Di sudut jalan ada tumpukan sampah yang menggunung. Sampah juga berserakan di sepanjang jalan. Tukang jajanan membuang sampahnya di pinggir jalan. Mereka sedih melihat kondisi jalan. Beni ingin jalananya terlihat bersih. Semua warga seharusnya mengurangi produksi sampah. Mereka juga seharusnya membuang sampah pada tempatnya. Sampah seharusnya diolah menjadi barang yang berguna. Beni ingin mengajak temantemannya peduli sampah.


Ayo Berlatih 

Beni bertemu tukang jajan keliling saat pulang sekolah. Beni suka jajan, tetapi ia sangat hatihati dalam memilih jajanan. Ia tidak akan jajan sembarangan. Ia harus menjadi anak yang sehat dan kuat. Beni memilih jajanan yang sehat. 

Bagaimana cara memilih jajanan yang sehat? 

Amati pernyataan berikut! Beri tanda ( √ ) jika menyatakan makanan sehat! Beri tanda ( X ) jika menyatakan makanan tidak sehat!


Ayo Mencoba 

Mendapat jajanan sehat merupakan hak setiap anak. Beni sangat berhati-hati memilih jajanan. Beni selalu memeriksa kemasan jajanan yang ia beli. Pernahkah kamu mengamati kemasan jajananmu? 

Amatilah kemasan jajanan di bawah ini! Kemasan jajanan mana yang menurutmu paling baik? 

Ceritakan pengalamanmu ketika mengamati kemasan jajananmu! 

Apakah makanan itu baik untuk kesehatanmu?




Apa yang kamu lihat pada gambar? 

Apa kue kesukaanmu? 

Bagaimana kue itu dibungkus?

Ayo Membaca 

Bacalah teks berikut dengan lancar! 

Perayaan Hari Besar Agama Setiap orang wajib menjalankan ajaran agamanya. Udin dan kawan-kawannya selalu taat menjalankan ajaran agamanya. Setiap sore Udin mengaji di masjid. Hari itu ada perayaan Maulid Nabi. Ibu menyiapkan kue untuk dibawa Udin ke masjid. Edo dan Beni kebetulan sedang bermain di rumah Udin. Mereka membantu Udin dan Ibunya menyiapkan kue. Merayakan hari besar agama adalah hak setiap warga negara. Udin merayakan Maulid. Beni dan Edo merayakan Natal. Dayu merayakan hari Nyepi. Lani merayakan hari Waisak. Meli merayakan hari Imlek. Kita wajib menghormati perbedaan. 



Indonesia memiliki banyak perbedaan. Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati. Sikap saling menghargai dan menghormati membuat kita rukun. Amati kembali teks ‘Perayaan Hari Besar Agama’! 

Temukan kalimat saran dan jelaskan maksudnya! 

Ayo Mencoba Udin memiliki teman-teman yang berbeda agama. Udin rukun dengan mereka. Udin wajib menghargai agama teman-temannya. Apa yang harus Udin lakukan agar dapat selalu hidup rukun? 

Tuliskan pada tempat tersedia! 







Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

Selasa, 19 November 2024

Rabu, 20 November 2024

 TEMA 4 ( KEWAJIBAN DAN HAKKU )

 SUB TEMA 4 (KEWAJIBAN DAN HAKKU SEBAGAI WARGA NEGARA) 

KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal     : Rabu, 20 November 2024

Tema/ Sub Tema : 4/4

Subtema  4           :  Kewajibanku dan Hakku Sebagai Warga Negara

Pembelajaran        : 3

Alat peraga           : Video Pembelajaran/PPT

Metode                 : Diskusi, tanya jawab


Assalamualaikum wr wb

Good morning, selamat pagi 🥰

Apa kabar sholeh dan sholeha bu guru semoga semua dalam keadaan sehat walafiat ya. Anak anak sholeh dan sholeha mari kita buka pembelajaran kita hari ini dengan membaca doa dan sholat Dhuha agar ilmu yang kita dapat pada hari ini dapat dipahami dengan baik sehingga anak anak bisa mengerjakan tugas dengan benar

Apersepsi :  

Jika pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang menemukan kalimat saran serta membuat kalimat saran . Nah sekarang kita akan melanjutkan materi kita tentang menuliskan kalimat penyelesaian masalah serta menentukan bilangan hasil pembagian.

Tujan Pembelajaran 


Ayo Membaca 

Bacalah dengan lancar dan percaya diri! 

Di Kantor Kelurahan Siti sangat senang dapat ke sekolah lagi. Siti sudah tidak demam. Siti dan teman-temannya mengunjungi kantor kelurahan. Mereka mengajukan permintaan bibit pohon angsana. Mereka membawa surat dari sekolah. 


Pak Lurah sangat senang dikunjungi anak-anak. Beliau menyampaikan agar semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus bersih dan hijau. Setiap anak seharusnya memiliki satu pohon untuk dirawat. Pak Lurah memberikan anak-anak beberapa bibit pohon angsana untuk ditanam.
Anak-anak merasa sangat senang menerima bibit pohon angsana tersebut. Tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Lurah. Mereka berjanji untuk menanam dan merawat pohonnya dengan baik. 

Amati kembali teks “Di Kantor Kelurahan”! 
Sebutkan kalimat yang menunjukkan saran! 
Apakah saran itu bisa kamu lakukan? Beri pendapatmu!

Ayo Mencoba 

Semua orang berhak mendapat lingkungan yang hijau dan bersih. Akan tetapi, masih banyak saluran air yang tertutup sampah. Pohon-pohon juga banyak yang habis ditebang bukan? Bagaimana perasaanmu mengenai hal ini? Bagaimana pula saranmu mengenai hal ini? 

Sampaikan saranmu kepada teman-temanmu!


Pak Lurah ingin membuat wilayahnya hijau. 
Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon angsana. Di wilayah itu terdapat 10 RT. Beliau menugaskan 10 RT untuk menanam. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Lurah? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT? 

Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Lurah! 

Tentukan banyak bibit yang diterima setiap RT! 

Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!



Ayo Berkreasi!


Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰