TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA
SUBTEMA 4 PENGHEMATAN ENERGI
KELAS 3 SD AL AZHAR 2

Hari/Tanggal : Senin, 10 Maret 2025
Tema : 6 Energi dan Perubahannya
Subtema : 4 Penghematan Energi
Pembelajaran : 3 dan 4
Alat peraga : Video Pembelajaran, Ppt
Metode : Tanya jawab, kerja kelompok
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi....Apa kabar sholeh sholeha bu guru setelah kita libur sejenak hari ini kita jumpa dalam pembelajaran kembali ya semoga anak anak sehat dan puasanya lancar. Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi ditema 6 subtema 4 ❤
Sebelum melanjutkan pelajaran mari kita laksanakan sholat Dhuha terlebih dahulu ya 🥰
Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya anak anak sudah mempelajari tentang menghitung keliling dan luas satuan tak baku dengan benar. Nah sekarang kita akan mempelajari tentang penghematan energi.
Adapun tujuan pembelajaran hari ini adalah.
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah membaca, Siswa dapat menuliskan informasi yang berkaitan dengan penghematan energi dengan benar.
2. Setelah mengamati gambar, Siswa dapat menuliskan pengalaman melaksanakan kewajiban dengan benar.
3. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan pengalaman mendapatkan hak dan kewajiban dengan benar.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret dengan benar.
Hari ini, Udin dan teman-teman membuat kipas.
Kipas dibuat dari karton bekas. Udin dan temanteman memanfaatkan karton bekas untuk
membuat karyanya. Kipas dari karton bekas tidak
memerlukan listrik. Udin dan teman-teman latihan
berhemat. Berhemat listrik dan kertas. Berhemat
listrik artinya menghemat energi.
Dapatkah kalian membuat
kipas seperti Udin?
Buat kipas seperti
contoh berikut!
Siapkan peralatan seperti berikut. 1. Karton bekas untuk cetakan
kipas
2. Tali rafia/pita
3. Gunting
4. Lem
5. Stik es krim bekas, batang bambu, atau karton
yang lebih tebal untuk pegangan kipas
6. Pembolong kertas


Ayo Berlatih
Barang bekas yang dimanfaatkan menjadi benda
lain termasuk sikap berhemat. Air yang digunakan
secukupnya termasuk menghemat energi.
Perhatikan gambar berikut!
Setiap hari Udin dan Edo berangkat ke sekolah.
Keduanya ke sekolah dengan berjalan kaki. Siti dan
Dayu ke sekolah juga berjalan kaki. Ada juga teman
Udin ke sekolah naik sepeda.
Bersepeda atau berjalan kaki bersama teman
merupakan kegiatan yang menyenangkan.
Bersepeda menghemat energi bahan bakar
minyak. Karena berjalan dan bersepeda tidak
membutuhkan bahan bakar minyak.
Menggunakan transportasi umum termasuk
menghemat bahan bakar minyak. Penggunaan
transportasi umum mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Semakin banyak orang
menggunakan transportasi umum, semakin banyak
penghematan bahan bakar minyak.
Isilah titik-titik berikut berdasarkan bacaan di
atas!
1. Sebutkan jumlah kegiatan menghemat energi
di atas?
2. Apa saja yang termasuk kegiatan menghemat
energi?
3. Energi apakah yang dihemat?
4. Mengapa menggunakan kendaraan umum
termasuk menghemat energi?
Ayo Menulis
Rencanakan kegiatan menghemat energi!
Lakukan kegiatan tersebut selama satu hari!
Tuliskan kegiatan yang akan dilakukan!
Pejalan kaki berhak mendapat keamanan selama
berjalan. Pejalan kaki berkewajiban menaati
peraturan agar selamat di perjalanan.
Ayo Berlatih
Hak dan kewajiban harus dilakukan secara
seimbang. Agar semua dapat berjalan dengan baik.
Perhatikan gambar berikut!
Tuliskan hak dan kewajiban agar tidak terjadi hal
seperti pada gambar!
Ayo Mencoba Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh termasuk
kewajiban. Menjaga kesehatan termasuk sikap
berterima kasih kepada Tuhan. Kalian harus
berterima kasih atas semua pemberianNya. Hal ini
dilakukan dengan cara menjaga kesehatan.
Kesehatan dijaga dengan aktivitas jasmani.
Aktivitas jasmani dapat dilakukan bersama teman.
Lakukan aktivitas jasmani untuk melatih tubuh
menjadi kuat dan sehat.
Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat 5 waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰
REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami dan menentukan luas dalam satuan tak baku
. Namun masih ada beberapa peserta didik yang belum memahami bagaimana cara menentukan luas dalam satuan tak baku. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru menjelaskan kembali materi tersebut serta memberikan contoh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar